11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

Museum adalah cara terbaik bagi orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah suatu negara. Keberadaan museum dapat mempromosikan warisan sejarah kolektif, juga untuk melestarikan budaya suatu tempat. Salah satu hal terbaik tentang Jakarta adalah kota ini sangat kaya akan sejarah dan budaya. Itulah sebabnya ada begitu banyak monumen dan museum nasional yang tersebar di seluruh penjuru kota; masing-masing memiliki cerita unik untuk diceritakan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah Jakarta yang luas atau hanya ingin mencari aktivitas seru di Sabtu sore, berikut adalah daftar 11 museum terbaik untuk Anda kunjungi:

Baca Juga: When in North Jakarta: Things to Do

When in West Jakarta: Things to Do

Best Free Things to Do in Jakarta

1. Museum Nasional

national museum jakarta front entrance sculpture

Source: Wikipedia

Berlokasi di pusat kota Jakarta, kamu tidak boleh melewatkan museum yang menakjubkan ini. Museum ini dinilai sebagai museum terbaik di Jakarta oleh penduduk lokal dan turis. Di sini kamu dapat menemukan banyak sekali koleksi patung dan artefak dari seluruh nusantara. Ini adalah tempat yang tepat bagi kamu untuk mengenal budaya dan sejarah Indonesia. Kamu perlu setidaknya menghabiskan 3-4 jam untuk menghargai dan mengenal semua yang ada dalam museum ini.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat 10110, Indonesia

Nomor Telepon: (+62) 21-3447778

Jam Operasional

  • Selasa – Kamis: 8.00 – 16.00
  • Jumat: 8.00am – 11.30 & 13.00 – 16.00
  • Akhir Pekan (Sabtu, Minggu): 8.00 – 17.00
  • Tutup pada hari libur nasional dan hari Senin

Tiket Masuk

Warga Indonesia: Rp5.000,00

Turis: Rp10.000,00 

2. Museum Bank Indonesia

museum bank indonesia jakarta eagle view

Source: Wikipedia

Meski namanya bertuliskan “Bank”, museum ini bukanlah tentang bagaimana uang kertas pertama kali digunakan di Jakarta atau bagaimana bank-bank di Indonesia muncul. Museum ini menunjukkan lebih banyak tentang sejarah perdagangan dan perkembangan ekonomi di Indonesia; mulai dari pedagang rempah-rempah awal pada masa penjajahan Belanda.

Bangunan itu sendiri adalah situs bersejarah. Ini dirancang oleh arsitek Belanda terkenal Eduard Cuypers lebih dari 100 tahun yang lalu. Dengan demikian, museum ini juga akan memberi Anda pengenalan tentang dimulainya 100+ tahun pemerintahan Belanda atas Indonesia.

Alamat: 6, Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110 (Museum ini terletak di Kota Tua, dekat Taman Fatahillah dan di seberang stasiun kereta Kota.)

Nomor Telepon: (+62) 21 2600 158 

Jam Operasional

  • Selasa – Kamis: 8.00 – 15.30
  • Jumat: 8.00 – 11.30am & 13.00 pm – 15.30
  • Akhir Pekan (Sabtu, Minggu): 8.00 – 16.00
  • Tutup di hari Senin dan hari libur nasional 

Tiket Masuk: Rp5.000,00

3. National Monument (MONAS)

sculpture national monument museum jakarta

Source: Google Maps

Monas dikenal sebagai ikon kota Jakarta. Museum Tebasan Tugu ini terbagi menjadi 3 bagian utama. Ada menara observasi di atasnya, lantai mezanin berisi podium besar yang menghadap ke Alun-Alun Monas, dan ruang bawah tanah tempat kamu bisa melihat 30 diorama yang menunjukkan sejarah Indonesia. Di dalam mezanin, kamu juga akan menemukan replika bendera nasional dan mendengarkan rekaman teks proklamasi yang dibacakan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno.

monas

Terletak hanya 100 meter berjalan kaki dari Monumen Nasional, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia patut kamu kunjungi. Baca lebih lanjut: Perpustakaan Terbaik di Jakarta

Alamat: Gambir, Kota Jakarta Pusat, Jakarta

Nomor Telepon: +62 21 3822255

Jam Operasional: Senin – Minggu: 08.00 – 22.00

Tiket Masuk: Rp15.000,00

4. Museum Sejarah Jakarta (Fatahillah Museum) 

fatahillah museum jakarta

Terletak di Kota Tua / Kota Tua Jakarta, Museum Fatahilah menampilkan objek dan replika yang berasal dari zaman prasejarah Jakarta, melalui era kolonial Belanda, hingga kemerdekaan Indonesia. Kamu dapat menemukan hal-hal seperti peta bersejarah, lukisan, keramik, furnitur, dan artefak arkeologi yang unik. Bangunannya sendiri dibangun pada tahun 1710 sebagai balai kota pada masa penjajahan Belanda. Jadi, luangkan waktu untuk mengagumi arsitekturnya karena kamu benar-benar dapat merasakan seperti apa bangunan Batavia pada tahun 1900-an.

Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Tamansari, 11110, Indonesia

Nomor Telepon: (+62) 21 692 9101

Jam Operasional

  • Selasa – Minggu: 8.00 – 17.00
  • Tutup di hari Senin dan hari libur nasional

Tiket Masuk: Rp5.000,00

5. Museum Tekstil Indonesia

museum tekstil jakarta batik

Source: Google Maps

Tekstil adalah aspek budaya Indonesia yang sangat penting. Di sini Anda bisa menemukan banyak jenis Batik dari seluruh Indonesia, beserta keterangan informatif tentang asal muasal dan sejarah di balik masing-masing desain. Museum ini juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan di mana Anda dapat benar-benar mempelajari makna dan perkembangan dari sudut pandang artistik dan teknologi tekstil Indonesia sepanjang sejarah.

Sebelum Anda pergi, Anda juga dapat belajar bagaimana membuat batik. Mulai dari menggunakan pensil untuk menggambar desain, menguraikan desain Anda dengan lilin menggunakan canting, dan terakhir memberi warna pada desain Anda dengan merendam kain dalam pewarna. Secara keseluruhan, kunjungan ke museum ini akan menjadi pengalaman yang bermanfaat, Flokqers!

Alamat: Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Sel., Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11420

Nomor Telepon: (+62) 21 560 6613

Jam Operasional

  • Selasa – Minggu: 9.00 – 15.00
  • Tutup di hari Senin dan hari libur nasional 

Tiket Masuk: Rp5.000,00

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

musum seni rupa ceramicmuseum jakarta art painting collection

Museum of Fine Arts and Ceramics Jakarta

Museum ini menyimpan koleksi seni terbesar di negara ini, mulai dari lukisan tradisional hingga patung dan instalasi seni lainnya, semuanya dibuat oleh seniman terkenal Indonesia. Seperti beberapa museum di Jakarta, arsitektur menjadi sesuatu yang juga harus Anda perhatikan. Bangunan itu dulunya adalah pengadilan, dan ada taman yang indah tepat di tengahnya.

Museum ini akan sangat menyenangkan bagi mereka yang mencintai seni dan tertarik untuk melihat perkembangan seni di Indonesia, karena mereka menyusun lukisan berdasarkan periode-periode penting dalam sejarah seni rupa Indonesia. Selain itu, museum ini menawarkan kelas keramik bagi pengunjung yang ingin mengotori tangan dan mencoba tembikar.

Alamat: Jl. Pos Kota No.2, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Nomor Telepon: (+62) 216 929 560

Jam Operasional

  • Selasa – Minggu: 8.00 – 17.00
  • Tutup di hari Senin dan hari libur nasional

Tiket Masuk: Rp2.000,00

7. Museum Wayang 

museum wayang jakarta collection

museumjakarta.com

Wayang adalah bagian besar dari budaya Jawa. Mereka adalah wayang kulit tradisional yang berasal dari Jawa. Setiap pertunjukan Wayang memiliki makna tersendiri dan menyampaikan pelajaran moral berharga yang berbeda. Oleh karena itu, tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media edukasi bagi anak-anak maupun orang dewasa. Di museum ini kamu akan menemukan banyak jenis dan desain wayang tidak hanya dari Jawa tetapi juga di seluruh Indonesia.

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, RT.3/RW.6, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Nomor Telepon: (+62) 216 929 560

Jam Operasional

  • Selasa – Minggu: 9.00 – 16.30
  • Tutup di hari Senin dan hari libur nasional 

Tiket Masuk: Rp2.000,00 

8. Museum Joang ’45

gedung joang 45 menteng

Terletak di Jalan Menteng Raya nomor 31, Museum Joang ’45 wajib dikunjungi jika Anda adalah pecinta sejarah. Di museum ini Anda akan menemukan catatan sejarah dan lukisan tentang peristiwa-peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Anda juga bisa melihat tiga kendaraan kepresidenan yang digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia. Mobil-mobil tersebut diproduksi pada tahun 1938-1939 dan telah disimpan di museum selama sekitar 70 tahun.

Alamat: Jl. Menteng Raya No.31, RW.10, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340.

Nomor Telepon: (021) 3909148

Jam Operasional:
Selasa sampai Minggu: 9.00 – 16.00
Tutup pada hari Senin dan Hari Libur

Tiket Masuk: Rp5.000,00 untuk dewasa, Rp2.000,00 untuk anak-anak.

9. Museum Perangko Indonesia

melihat koleksi perangko di TMII
Museum Perangko Indonesia, TMII

Perangko memiliki sejarahnya tersendiri di Indonesia, berkaitan dengan masa kolonial sebelum kemerdekaan Indonesia. Di museum ini, terdapat 6 ruang pameran yang bisa Anda jelajahi, masing-masing dibagi secara kronologis seiring perangko yang disebarkan atau dibuat di Indonesia. Anda bisa melihat banyak sekali desain dengan berbagai warna dan ukuran dengan informasi mengenai sejarahnya, juga bagaimana perangko didistribusikan pada masa kolonial.

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, RW.2, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820

Nomor Telepon: (021) 8409286

Jam Operasional:
Senin sampai Minggu: 8.00 – 16.00

Tiket Masuk: Rp5.000,00

10. Museum Layang-layang

koleksi layang-layang aneka warna dan bentuk
Museum Layang-layang Indonesia

Berawal dari industri rumahan yang memproduksi layang-layang untuk ekspor, Endang W. Puspoyo resmi mengubahnya menjadi Museum Layang-layang pada Maret 2003. Dengan kecintaannya yang tak bersyarat terhadap layang-layang, museum swasta ini memamerkan lebih dari 600 layang-layang untuk melestarikan budaya layang tradisional yang unik dari setiap daerah di Indonesia. Indonesia. Anda bisa melihat layang-layang dengan berbagai ukuran dan desain, mulai dari yang berukuran 2 sentimeter hingga yang berukuran 26 meter!

Tidak hanya melihat layang-layang, Anda juga bisa membuat layang-layang sendiri dan mencoba menerbangkannya ke angkasa! Ada juga ruangan yang memamerkan batik dan Anda juga bisa menggambar batik Anda sendiri! Atau jika Anda lebih menyukai kerajinan tangan dengan warna yang tidak begitu banyak, museum ini juga menyediakan kegiatan pembuatan gerabah.

Alamat: Jl. H. Kamang No.38, RT.8 / RW.10, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450

Nomor Telepon: (021) 7658075

Jam Operasional:
Senin sampai Minggu: 9.00 – 16.00, tutup pada hari libur

Tiket Masuk: Rp15.000,00

11. Museum MACAN

Museum MACAN adalah museum seni di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni rupa modern dan kontemporer Indonesia dan internasional. Bahkan, mereka memasukkan museum tersebut ke dalam daftar 100 Tempat Terbesar Dunia 2018 yang dirilis oleh majalah Time.

Museum ini menampilkan sekitar 90 karya dari total 800 karya seni Indonesia modern dan kontemporer dari seluruh dunia, termasuk ‘Infinity Mirrored Room’ karya seniman Jepang Yayoi Kusama. Seni kontemporer dan modern yang bisa Anda temukan di museum ini tidak hanya lukisan, tetapi juga berbagai media, teknik, dan instalasi seni.

Alamat: AKR Tower, Level M, Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat – 11530

Nomor Telepon: + 62-21-2212-1888

Jam Operasional:
Selasa sampai Minggu, 10.00 – 18.00, masuk terakhir jam 17.00.

Tiket Masuk:

AnggotaGratis
DewasaRp100.000
PelajarRp90.000
Lansia (usia 65 tahun ke atas)Rp90.000
Anak (usia 3 – 12 tahun)Rp80.000
Anak (di bawah usia 3 tahun)Gratis

Baca juga: 13 Galeri Seni dan Art Space di Jakarta


Nah itulah 11 museum yang bisa Anda kunjungi di Jakarta. Tidak hanya Anda bisa melihat dan terhubung dengan budaya dan sejarah tradisional Jakarta, tetapi Anda juga bisa mengenal Jakarta lebih baik di era modern ini. Beberapa tempat mungkin menerapkan kebijakan terkait pandemi, Anda dapat menghubungi mereka untuk info lebih lanjut. Sampai jumpa di Jakarta, Flokqers!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *