Jangan Lewatkan! Panduan Lengkap untuk Menemukan Kost Terbaik di Bali

Berlibur ke Bali mengharuskan kamu untuk memilih penginapan. Memilih penginapan salah satunya dipengaruhi oleh anggaran yang kamu miliki. Di Bali, tersedia berbagai jenis penginapan yang dapat kamu pilih dan menyesuaikan dengan anggaran serta standar dan kriteria yang kamu inginkan.

Salah satu pilihan penginapan yang tersedia di Bali adalah kost. Umumnya, kost digunakan untuk menginap atau tinggal dalam durasi yang cukup panjang, namun di Bali, tersedia kost yang menawarkan sewa harian atau mingguan sesuai dengan tujuan berlibur kamu di Bali. Penasaran tentang kost? Simak bacaan berikut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kost di Bali.

Apa itu Kost?

Kost atau indekost merupakan sebuah layanan sewa kamar yang umumnya disewakan untuk durasi tertentu dan dengan sejumlah harga yang ditetapkan. Kost telah menjadi pilihan tempat tinggal yang sangat umum di Indonesia, dan umumnya menjadi pilihan utama bagi mahasiswa sehingga banyak kost yang berlokasi dekat dari sebuah kampus.

Sebagian besar kost biasanya berada pada sebuah rumah yang khusus dibuat dan dijadikan hunian kost. Beberapa kost lainnya berupa satu kamar di sebuah rumah, atau dengan kata lain, kamu tinggal bersama anggota keluarga dari pemilik kost tersebut. Kost biasanya dilengkapi dengan kamar mandi di dalam kamar guna meningkatkan kenyamanan penghuninya.

Fasilitas Dasar Kamar Kost

Meskipun hanya berupa penyewaan sebuah kamar, namun kamu tetap perlu memperhatikan fasilitas yang tersedia di kamar kost. Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut tentu akan mempengaruhi harga kost, tapi utamakan selalu kenyamanan agar kamu betah tinggal di sana. Berikut beberapa fasilitas dasar kamar kost yang perlu kamu ketahui.

1. Kamar Mandi yang Bersih dan Nyaman

kamar mandi kost di bali yang bersih dan nyaman
sumber: Unsplash

Fasilitas terpenting dari sebuah kost adalah kamar mandi. Kamu tentu lebih memilih tinggal di kost yang dilengkapi dengan kamar mandi bersih dan nyaman, bukan? Untuk itu, pastikan kamu memilih kost yang memiliki kamar mandi bersih dan nyaman, terutama jika kamu berencana untuk menginap dalam jangka waktu cukup lama. Kebersihan dan kenyamanan kamar mandi dapat dilihat dari lantainya, serta perabotan yang ada di dalamnya seperti toilet, shower dan lain-lain.

2. Sirkulasi Udara yang Baik

Kost sebagai tempat tinggal perlu dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik. Hal ini guna menunjang kesehatan pernapasan kamu dan untuk mencegah timbulnya bau yang tidak sedap. Pastikan kamu memilih kamar kost yang memiliki jendela atau ventilasi. Meskipun kecil, namun akan sangat berguna untuk sirkulasi udara yang baik.

3. Akses Internet

kost di bali dengan internet cepat
sumber: Unsplash

Di zaman yang serba cepat dan instan ini, internet telah menjadi salah satu faktor penting dari sebuah kost. Sebagian besar kost telah dilengkapi dengan internet sebagai fasilitas yang menarik para penyewa, jadi tentu tidaklah sulit bagi kamu menemukan kost yang dilengkapi dengan internet. Fasilitas ini juga dapat membantu kamu menghemat biaya internet bulanan di ponsel.

4. Dapur Umum

dapur umum kost bali

Kost Bali pada umumnya menyediakan fasilitas dapur yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni, karena keterbatasan ruang dan tidak memungkinkan masing-masing kamar kost dilengkapi dapur pribadi. Hadirnya dapur umum di kost dapat memudahkan kamu untuk memasak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan dapur umum di rumah kost demi kenyamanan bersama.

5. Jasa Laundry

Meski tidak wajib ada, namun sebagian kost Bali telah menawarkan jasa laundry bagi penghuninya. Umumnya, jasa laundry yang tersedia di kost memiliki harga yang bervariasi namun tetap terjangkau. Variasi harga ini juga dipengaruhi oleh jenis pakaian yang ingin kamu cuci. Beberapa kost bahkan telah memasukkan fasilitas laundry ke dalam harga sewa kostnya.

Pertimbangan sebelum Memilih Kost

Selain fasilitas dasar yang disediakan, memilih kost juga memerlukan pertimbangan atas beberapa faktor pendukung lainnya. Berikut beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan sebelum menyewa kamar kost.

1. Kemudahan Akses

Kost yang baik biasanya terletak di daerah yang mudah diakses. Kemudahan akses dari suatu kost menjadi faktor penting karena akan berpengaruh pada biaya transportasi yang kamu keluarkan. Di Bali, kost yang terletak pada area dengan akses mudah akan membantu kamu berwisata di sekitar Bali menjadi lebih mudah.

2. Fasilitas yang Memadai

Memilih kost juga harus mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan. Apabila fasilitasnya memadai, maka kamu akan semakin nyaman selama tinggal di kost tersebut. Sebelum menyewa kost, pastikan kamu mencari tahu mengenai fasilitas yang tersedia disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki.

3. Keamanan dan Kebersihan Lingkungan Kost

Keamanan dan kebersihan kost menjadi faktor pendukung dalam memilih kost. Kamu perlu memperhatikan bagaimana lingkungan sekitar kost tersebut, mulai dari intensitas kasus pencurian, hingga keberadaan kamera CCTV di area. Kebersihan lingkungan kost dapat dilihat dari sampah di sekitar kost.

4. Budaya Warga di Sekitar Kost

Budaya warga sekitar kost perlu untuk kamu ketahui sebelum kamu memilih tempat kost. Beberapa hal terkait budaya warga sekitar yang perlu kamu perhatikan adalah cara menyapa orang lain di jalan, cara berpakaian, ataupun cara menolak ajakan secara halus.

5. Keramahan Pemilik Kost

Hal terakhir yang juga penting untuk kamu perhatikan sebelum memilih kost adalah sikap dari pemilik kost. Demi kenyamanan kamu selama tinggal, kamu tentu menginginkan pemilik kost yang ramah, bukan? Untuk itu pastikan kamu perhatikan dengan teliti sikap pemilik kost sebelum menyewa kost.

Baca juga tentang Rekomendasi Coliving Space di Bali

Kost Mewah di Bali

Sebagai kota dengan tingkat pariwisata yang tinggi, Bali menyediakan berbagai pilihan dan kenyamanan akan penginapan. Begitu juga dengan kost. Meskipun kost identik dengan harga yang terjangkau, namun di Bali juga terdapat kost yang tergolong mewah dengan fasilitas yang lengkap dan akan membuat penghuninya semakin nyaman.

Jika kamu berlibur di Bali dan bertujuan untuk eksplor Bali, kamu pasti menginginkan tempat istirahat yang nyaman dan mampu menunjang pengalaman berlibur kamu, dan kost mewah adalah jawabannya. Bagi kamu yang berencana menginap untuk jangka panjang, kost mewah juga pilihan tepat untuk membuat kamu nyaman selama tinggal.

Kost di Bali yang masuk kategori kost mewah menyediakan berbagai fasilitas dengan harga yang juga bervariasi. Kost mewah di Bali juga dapat kamu sewa secara harian. Beberapa fasilitas lengkap yang tersedia di kost mewah adalah AC, TV, kamar mandi dalam ruangan, layanan keamanan, dan akses Wifi.

Area dengan Kost Mewah di Bali

Di Bali, kost mewah mudah ditemui terutama di kota-kota yang terkenal akan pariwisatanya. Umumnya, kost mewah terletak di kawasan yang strategis dan dekat dari tempat wisata. Selain dapat memudahkan perjalanan wisata, menyewa kost mewah juga dapat memberikan kenyamanan bagi kamu. Berikut beberapa daerah di Bali yang menyewakan kost mewah: 

1. Jalan Raya Kampus Unud 

Berlokasi di wilayah Jimbaran, Jalan Raya Kampus Unud adalah salah satu daerah yang menyediakan banyak pilihan kost mewah. Daerah ini sangat cocok bagi mahasiswa karena terletak dekat dari Universitas Udayana, atau bagi pekerja karena di kawasan ini terdapat banyak ATM/Bank, minimarket, toko alat tulis, toko kelontong, dan warung makan murah.

2. Jalan Imam Bonjol

Berada di wilayah Denpasar sebagai ibu kota Bali, Jalan Imam Bonjol dikelilingi oleh berbagai pilihan kost mewah. Jika kamu memilih kost di area Jalan Imam Bonjol, kamu akan mendapatkan akses mudah terhadap apotek, toko elektronik, restoran, serta ATM/Bank.

3. Jalan Raya Kuta 

Jalan Raya Kuta adalah pilihan area kost mewah yang tepat bila kamu menginginkan kemudahan akses untuk berbelanja atau melepas penat. Jalan Raya Kuta terletak dekat dengan Mal Bali Galeria, Cinema Galeria XXI, Kuta Central Park dan beberapa pusat perbelanjaan lainnya.

4. Jalan Pulau Kawe

Jalan Pulau Kawe terletak di wilayah Denpasar dan di area ini terdapat banyak pilihan tempat makan bagi kamu berwisata kuliner di Bali. selain itu, butik dan beberapa toko pakaian juga dekat dari Jalan Pulau Kawe. Di area ini juga terdapat minimarket, gereja, kafe, toko elektronik, dan lain-lain.

5. Jalan Sunset Road

Berada di kawasan Kuta, Jalan Sunset Road dikelilingi oleh pilihan restoran mewah dan juga restoran yang lebih murah dengan harga terjangkau. Selain itu, area ini juga berlokasi strategis dan memiliki kemudahan akses terhadap SPBU, ATM/Bank serta toko baju.

Kisaran Harga Kost di Bali

Harga kost di Bali tentu bervariasi berdasarkan fasilitas yang ditawarkan dan lokasi keberadaan kost tersebut. Namun umumnya, harga-harga tersebut tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh, tinggal bagaimana kamu memilih yang sesuai anggaran dan standard kamu. Berikut panduan kisaran harga kost yang dapat kamu temukan di Bali.

Harga Sewa Kost Bali Harian

Jika kamu membutuhkan tempat menginap untuk durasi yang singkat, kamu dapat memilih kost di Bali yang dapat disewa secara harian. Harga termurah kost harian di Bali yang dapat kamu temui saat ini adalah mulai dari Rp50.000, dan kamu akan mendapatkan kamar seluas 3×4 meter persegi dengan fasilitas pendukung berupa kamar mandi dalam ruangan.

Harga Sewa Kost Bali Mingguan

Bagi kamu yang menginap untuk jangka waktu cukup lama, kamu dapat menjadikan kost sewa mingguan sebagai pilihan tempat menginap. Di Bali, kamu dapat menemukan pilihan kost yang dapat disewa secara mingguan dengan harga mulai dari Rp300.000, dan kamu akan mendapat kamar seluas 3×4 meter persegi yang dilengkapi kamar mandi dalam ruangan dengan kloset duduk.

Harga Sewa Kost Bali Bulanan

Kost di Bali yang dapat kamu sewa bulanan menjadi pilihan tepat bagi kamu yang berencana tinggal untuk jangka panjang. Kamu dapat menemukan kost dengan ukuran kamar seluas 3×4 meter persegi dilengkapi kamar mandi dalam dan kloset duduk dengan harga mulai dari Rp500.000 per bulan.

Harga Sewa Kost Mewah Bali

Kost mewah dengan fasilitas lengkap cocok bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan. Di Bali, kamu dapat menemukan kost mewah dengan harga terjangkau, mulai dari Rp2.000.000 per bulan, kamu akan mendapatkan kamar luas dengan fasilitas pendukung seperti AC, WiFi, TV, kamar mandi dalam ruangan dengan water heater, serta fasilitas bersama seperti laundry, balkon dan dapur.

Demikianlah panduan lengkap seputar kost di Bali untuk membantu kamu menemukan kost yang akan membuatmu tinggal dengan nyaman.

Read also: 10 Tempat Wisata Keluarga Terbaik Di Bali Untuk Liburan Keluarga Yang Menyenangkan


Kamu juga bisa lho tinggal di Bali selama liburan dengan akomodasi dari Flokq! Akomodasi yang ditawarkan Flokq berkonsep co-living yang bisa kamu sewa dan pastinya seru banget untuk pengalaman baru!

Bali - Find My Home

Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini, ya!

Klik disini untuk lihat unit dari Flokq di Bali

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

5 Apartemen Kalibata Murah Terbaik Versi Flokq!

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

Apartemen Mewah di Sudirman: 7 Rekomendasi Terbaik

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

10 Rekomendasi Kost Jakarta Selatan: Sewa Kamar Apartemen Mewah di Bawah 6 Juta

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

9 Rekomendasi Sewa Apartemen Jakarta Timur Dengan Akses Strategis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *