Cara Membasmi Kecoa dan Serangga Lainnya di Rumah

Apakah rumahmu sering didatangi serangga? Tidak jarang banyak rumah yang didatangi serangga sumber penyakit, seperti kecoa, nyamuk, atau lalat. Kehadirannya akan memberikan dampak negatif dan membahayakan kesehatan. Selain itu, adanya kecoa berkeliaran di rumah akan memberikan kesan kotor dan jorok. Namun, jangan khawatir! Flokq punya cara membasmi kecoa dan serangga lainnya di rumah. Dijamin, cara-cara ini lebih aman dibanding selalu menggunakan racun serangga yang mungkin bisa membahayakan pernapasanmu dan keluarga.

1. Jaga kebersihan rumah

cleaning the house
Sumber: Unsplash

Membersihkan rumah harus dilakukan setiap hari, karena rumah yang bersih tidak disukai kecoa dan serangga atau hama lainnya. Jika kamu perhatikan, kecoa dan serangga sering bersarang di tempat yang kotor dan lembab. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan setiap sudut rumah seperti kamar, toilet, dapur, dan lemari penyimpanan agar terhindar dari kecoa atau serangga seperti nyamuk.

2. Gunakan kapur barus

Kapur barus juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk membasmi serangga. Kamu hanya perlu meletakkan kapur barus di sudut-sudut ruangan, dan bau jam kapur barus itulah yang akan mengusir kecoa dari dalam rumah. Namun, perlu diingat untuk tidak meletakkan kapur barus di dekat lemari makanan, ya.

3. Singkirkan barang yang tidak terpakai

get rid of unused items
Sumber: Unsplash

Singkirkan barang yang sudah tidak kamu pakai untuk menghindari kecoa dan serangga atau hama lainnya bersembunyi di sana. Tumpukan barang yang tidak terpakai seperti baju bekas, perabotan bekas, dan kayu bekas, bisa menarik perhatian kecoa, nyamuk, rayap, hingga tikus, lho! Serangga suka bersarang di tumpukan kayu, terutama saat musim hujan. Belum lagi tikus yang suka bersembunyi di tumpukan barang. Oleh karena itu, salah satu cara membasmi atau mengusir kecoa dan serangga dari rumah adalah dengan menghindari menyimpan tumpukan barang bekas.

4. Buang telur kecoa

Salah satu cara membasmi kecoa secara khusus adalah dengan memusnahkan telurnya. Kecoa sering menyembunyikan telurnya di lubang kecil atau retakan di sekitar rumah. Telur kecoa, yang bentuknya seperti kapsul kecil berwarna coklat kehitaman, mungkin sulit diidentifikasi. Namun, jika kamu menemukannya, segera buang jauh-jauh dan semprot dengan semprotan anti serangga, ya.


Baca juga: Sukulen dan Kaktus untuk Hiasan Rumah


5. Tutup saluran air

Leaking drains illustration
Sumber: Unsplash

Tempat yang lembab dan basah sangat disukai serangga, terutama kecoa. Tahukah kamu, bahwa kecoa bisa bertahan hidup tanpa makan selama sebulan? Nah, tetapi tidak tanpa air. Oleh sebab itu, salah satu cara membasmi kecoa adalah dengan rutin mengecek saluran air di rumah. Periksa pipa wastafel, saluran air di kamar mandi, hingga dapur. Tutup salurannya kalau sedang tidak digunakan. Jika ada kebocoran, segera perbaiki saluran airnya.

6. Bersihkan sisa makanan

Seringkali, serangga bahkan tikus masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan. Jika ada sisa makanan di rumahmu, segera bersihkan! Biasanya, kecoa dan serangga lain seperti lalat dan nyamuk juga mencari makan di piring dan gelas bekas, sisa makanan yang jatuh, genangan air, spons basah, dan tempat sampah. Oleh karena itu, cara untuk mengusir kecoa, lalat, dan tikus adalah dengan langsung membersihkan meja dan alat makan setelah makan, dan jangan menumpuk sampah basah di tempat sampah terbuka.

7. Sapu dan pel lantai secara rutin

Mopping the floor illustration
Sumber: Unsplash

Remah-remah makanan mungkin saja masih tercecer di lantai. Remah-remah ini sering dijadikan sumber makanan oleh kecoa dan serangga lain seperti semut atau lalat. Nah, jangan lupa untuk menyapu dan mengepel lantai rumah secara rutin sebagai cara untuk membasmi kecoa dan mengusir serangga pengganggu!

8. Buang sampah dapur secara rutin

Bau sampah bisa menarik datangnya kecoa dan serangga seperti lalat. Agar bau sampah tidak kemana-mana, lebih baik gunakan tempat sampah yang memiliki tutup. Selain itu, jangan terlalu lama menumpuk sampah, terutama sampah basah, sebagai cara untuk membasmi kecoa, lalat, atau tikus. Pastikan kamu rajin membuang sampah secara rutin, ya.


Baca juga: Tanaman Terbaik untuk Membasmi Nyamuk


9. Gunakan tumbuhan pengusir serangga

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengusir kecoa dan serangga lain seperti nyamuk dengan bahan alami, misalnya menggunakan aroma daun sereh, daun salam, minyak kayu putih, atau lavender. Aroma tumbuhan yang kuat ini bisa untuk mengusir serangga dan kecoa.

Satu tips terakhir, jangan membunuh kecoa dengan cara meremas atau memukulnya. Ini akan menyebabkan semua racun dan cacing pita di tubuhnya keluar dan menempel di seluruh rumah. Sebaiknya mulai dengan hidup bersih agar rumah tidak didatangi serangga dan kecoa, atau gunakan cara-cara sederhana di atas.

Itulah 9 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kecoa dan serangga lainnya di rumah. Jaga kebersihan rumahmu sebaik mungkin ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *