7 Industri yang Menjanjikan untuk Berinvestasi di Indonesia

7 Industri yang Menjanjikan untuk Berinvestasi di Indonesia

Apakah kamu seorang ekspatriat atau warga lokal, seringkali kita tidak tahu di industri mana yang baik untuk berinvestasi. Meskipun istilah umum ‘berinvestasi’ tidak selalu berarti menginvestasikan uang, hal itu juga dapat berarti berinvestasi dalam mempelajari keterampilan baru untuk meningkatkan karir di dunia kerja modern. Namun demikian, ada banyak sekali industri yang menjanjikan di Indonesia — dari yang tradisional seperti tekstil, perdagangan, manufaktur, hingga yang lebih kompleks, teknis seperti sistem informasi, media, dan teknik.

Oleh karena itu, kami telah menyusun daftar tempat agar kamu dapat membandingkan industri terbaik di Indonesia — jadi kamu tidak akan membuat kesalahan perhitungan apapun terkait tempat kamu menginvestasikan uang, waktu, atau energi.

Oil & Gas Industry

Daftar industri yang menjanjikan di Indonesia ini tidak akan lengkap tanpa yang pertama ini. Karena Indonesia memiliki sumber energi yang sangat besar — terutama minyak karena terletak di negara kepulauan dengan lautan yang luas — industri minyak dan gas masuk dalam daftar sebagai salah satu industri yang paling menguntungkan untuk diinvestasikan. Selain itu, kurangnya sumber daya manusia lokal (misalnya ahli kimia, perminyakan) membuat industri ini terbuka untuk sumber daya manusia outsourcing.

Selain itu, karena Indonesia termasuk negara padat penduduk, konsumsi harian BBM untuk berbagai alat transportasi semakin menggarisbawahi alasan industri migas menjadi tambang emas yang diinginkan masyarakat tertentu.

Maritime Industry

Lebih dari separuh wilayah Indonesia adalah lautan, namun pembangunan selama dua atau tiga dekade terakhir difokuskan di darat. Baru belakangan ini kita menyadari pentingnya lautan kita. Didukung oleh pemerintah, investor kini bekerja bersama para pemimpin industri untuk memaksimalkan potensi industri maritim negara guna memaksimalkan aspek-aspek yang tak terlihat ini.

Hal ini juga menjadikan industri maritim sebagai bidang investasi yang menonjol. Di tahun-tahun mendatang, bidang ini akan menjadi salah satu mata pelajaran yang paling menjanjikan — karena kita tidak hanya berbicara tentang manfaat lingkungan saat ini seperti perikanan & pariwisata, tetapi juga keberlanjutan pabrik energi, transportasi laut, serta produksi & pemrosesan minyak.

Tech Industry

Dengan banyaknya startup yang bermunculan setiap tahun — dan beberapa di antaranya berhasil dinobatkan sebagai unicorn — tidak diragukan lagi bahwa industri teknologi berkembang pesat di Indonesia. Sebagian untuk mengatasi masalah utama revolusi industri keempat, tetapi sebagian juga untuk meningkatkan daya saing bangsa secara global.

Sebagai gantinya, persaingan yang sehat sering terjadi antara startup baru dan lama dalam menjawab metode paling inovatif dan efisien untuk mengatasi masalah. Selain itu, industri teknologi tidak hanya dapat diterapkan pada dirinya sendiri, tetapi juga untuk beragam industri lain seperti pendidikan dan manufaktur.

Dengan begitu banyak permintaan dan sedikit bakat teknis, selalu ada ruang untuk perbaikan di bidang ini.

Tobacco & Cigarette Industry

Tobacco & Cigarette Industry

Perokok aktif lebih dominan di kota dan pedesaan. Inilah sebabnya mengapa industri tembakau & rokok selalu berkembang pesat di tanah air, meskipun terdapat berbagai regulasi dan kelemahan kesehatan. Baik di lingkungan perkotaan maupun di pedesaan, rokok sering kali tersedia dan hanya dalam beberapa menit menjangkau konsumennya. Dipasangkan dengan konsumsi harian dari komoditas umum ini, tidak heran jika industri tembakau menjadikannya sebagai salah satu bidang yang paling menonjol untuk diinvestasikan.

Dengan permintaan yang tinggi — dan kemungkinan besar akan meningkat di tahun-tahun mendatang, terlihat jelas seberapa besar industri tembakau di Indonesia sebenarnya. Jadi, jika kamu ingin menginvestasikan uang atau energi ke dalam industri ini, kemungkinan besar kamu membuat pilihan yang tepat.

Tourism Industry

Tourism Industry

Untuk mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak keindahan alam sebagai atraksi adalah pernyataan yang tidak terlalu berlebihan. Karena itu, banyak agen pariwisata bermunculan dalam beberapa tahun terakhir, dengan harapan bisa menjual jasa tamasya dan tur baik kepada turis lokal maupun mancanegara. Selain itu, karena iklim tropis Indonesia, banyak perusahaan pariwisata internasional sering menyebut Indonesia dalam daftar kunjungan wajib teratas mereka.

Dengan berinvestasi di bidang ini, investor tidak hanya akan mendapatkan keuntungan, tetapi mereka juga akan meningkatkan industri lebih jauh — yang membuat mereka mendapatkan lebih banyak keuntungan sebagai imbalannya. Secara keseluruhan, industri ini adalah win-win cycle bagi investor dan pemegang saham itu sendiri.

Agriculture Industry

Agriculture Industry

Banyak masyarakat yang tinggal di pedesaan Indonesia masih memilih kegiatan pertanian tradisional sebagai sumber penghasilan utama mereka — terutama di daerah yang jauh dari kota besar seperti Jakarta. Meskipun hal ini menjadi perhatian karena sangat sulit bagi orang-orang tersebut untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik, industri pertanian telah membuat banyak ruang untuk perbaikan — terutama yang berkaitan dengan kemajuan keseluruhan dari aktivitas berbasis teknologi.

Misalnya drone untuk pupuk tanaman, prediksi hasil panen menggunakan machine learning, serta identifikasi penyakit tanaman menggunakan kecerdasan buatan. Oleh karena itu, berinvestasi di seluruh bidang ini akan menguntungkan baik bagi orang-orang yang bergelut dibidang tersebut maupun bagi para investor — asalkan para investor mengetahui cara untuk melaksanakan gagasan di atas.

Automobile Industry

Automobile Industry

Interkoneksi, terutama di kota-kota besar, terbukti menjadi faktor kunci dalam menentukan efektifitas berbagai sistem. Industri otomotif menjawabnya, karena banyak orang mencari kendaraan LCGC (Low-Cost Green Car) untuk memenuhi kebutuhan mobilitas mereka. Meskipun hal ini berkontribusi pada peningkatan kemacetan di kota-kota besar, industri otomotif tumbuh dengan kecepatan eksponensial karena keluarga baru cenderung berharap untuk membeli mobil pertama mereka setelah membeli rumah pertama mereka.

Jadi, jelas bahwa industri otomotif akan menjadi pilihan tepat untuk investasi potensial di masa depan. Ada banyak permintaan yang harus dipenuhi, dan ada masa depan yang cerah untuk mengembangkan bidang ini.Menurut kami inilah tujuh industri terbaik di Indonesia untuk berinvestasi. Namun, ada lebih banyak industri yang memiliki potensi besar untuk meroket di tahun-tahun mendatang. Jadi dengan merujuk daftar ini dan mempercayai nalurimu, semoga dapat memberikan wawasan yang lebih besar daripada yang telah kami bahas di artikel ini.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *