8 Perpustakaan Terbaik di Jakarta

8 Perpustakaan Terbaik di Jakarta

Tidak semua orang tahu bahwa Jakarta sebenarnya adalah rumah bagi banyak perpustakaan yang keren dan lengkap. Di tempat ini, kamu bisa bekerja atau belajar dengan tenang. Selain itu, kamu juga bisa terhanyut dalam buku-buku yang menakjubkan dan melarikan diri dari kehidupan kota Jakarta yang ramai. Berikut daftar perpustakaan terbaik di Jakarta yang bisa kamu datangi:

1. Perpustakaan Nasional RI (The National Library of Indonesia)

perpustakaan nasional best library jakarta
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Menampung koleksi buku terlengkap se-kota, Perpustakaan Nasional RI (PNRI) adalah jantung ilmu di Jakarta. Kamu akan menemukan banyak sekali buku dengan berbagai genre mulai dari novel fiksi romantis hingga panduan geopolitik.

Bangunannya sendiri terdiri dari 27 lantai – semuanya berisi buku. Setiap lantai memiliki bagiannya sendiri untuk genre dan subjek yang berbeda. Misalnya, kamu dapat menemukan buku anak-anak, yang berisi koleksi klasik nasional yang hebat dan memiliki interior yang penuh warna. Kamu juga bisa menemukan buku-buku untuk orang tua di sana bersama dengan buku-buku dalam huruf braille. Jika kamu tidak tahu buku apa yang ingin kamu cari dan memiliki waktu luang, segera menuju ke lantai 21 atau 22. Di sini kamu akan menemukan banyak buku mulai dari non-fiksi hingga sastra. Hal hebat lainnya yang mungkin menarik bagi Anda adalah berbagai surat kabar, film, dan teks kuno lama, semuanya bisa kamu lihat di sini. Kamu bahkan mungkin bisa mempelajari sejarah Jakarta yang luas dalam satu hari.

Bagi yang bukan merupakan anggota perpustakaan, pengunjung tidak boleh meminjam dan membawa pulang buku dari perpustakaan. Oleh karena itu, PNRI ingin memastikan setiap pengunjung dengan keramahan dan kenyamanan yang baik, oleh karena itu mereka juga menyediakan sofa yang nyaman, meja yang kokoh, colokan listrik yang banyak, dan wifi gratis. Jika tertarik untuk menjadi anggota, pengunjung dapat menuju ke Ruang Keanggotaan dan mengisi aplikasi. Pastikan untuk membawa ID/KTP, ya!

Alamat: Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RW.2, Gambir, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Telp: (021) 1500914

Jam Operasional

  • Senin – Kamis 8.30-18.00
  • Jumat –  Minggu 9.00-16.00

2. Rimba Baca

rimba baca best library jakarta
Rimba Baca

Memiliki salah satu interior paling nyaman dan homey, Rimba Baca adalah perpustakaan keluarga yang terdiri dari dua lantai yang terdiri dari buku anak-anak dan buku dewasa. Kamu akan menemukan bahwa lantai pertama menampung sebagian besar buku anak-anak, mulai dari ensiklopedia hingga novel fiksi dan activity book. Sebagian besar buku berbahasa Inggris tetapi ada juga yang berbahasa Indonesia, Cina, India, dan bahkan Korea! Ada juga ruang seni yang sangat keren untuk anak-anak bisa bersenang-senang menggambar dan mewarnai.

Lantai dua terdiri dari buku-buku dewasa dengan genre seperti fantasi, fiksi, desain, memasak, politik, biografi, komik, dan agama. Sekali lagi, sebagian besar buku berbahasa Inggris tetapi ada juga beberapa pilihan bahasa Indonesia yang bagus. Ada sofa, kursi, dan karpet yang disediakan bagi pengunjung untuk bersantai dengan buku.

Perpustakaan ini juga memiliki program keanggotaan untuk diikuti, tetapi mereka tidak mengizinkan siapapun untuk meminjam buku untuk dibawa pulang. Untuk non-member dewasa yang ingin segera menuju ke lantai 2 dikenakan biaya Rp30.000,00. Jika membawa anak dikenakan biaya Rp30.000,00 untuk mereka dan Rp50.000,00 untuk orang dewasa yang menyertainya. Meskipun program keanggotaan memungkinkan untuk meminjam buku, ini lebih cocok / menguntungkan untuk keluarga karena biayanya Rp375.000,00.

Alamat: Jl. Intan RSPP No.21B, RW.2, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

Telp: (021) 7664517

Jam Operasional: Senin – Minggu 10.00 – 19.00

3. OMAH Library

omah best library jakarta
Omah Library

Bagi kamu yang mencari buku tentang arsitektur dan desain, perpustakaan On Meeting Architecture Hub (OMAH) adalah tempat yang tepat. Sebagai arsitektur itu sendiri, pendiri OMAH, Realrich Sjaief, ingin menggunakan perpustakaan ini untuk membantu arsitek yang sedang naik daun memiliki akses ke buku arsitektur di Indonesia. Kamu akan dapat menemukan sekitar 1.500 buku teori, studi kasus, dan monograf.

Selain itu, perpustakaan ini juga memuat novel-novel fiksi dan buku filosofi anak dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Perpustakaan terbuka untuk umum secara gratis, tetapi kamu tidak diizinkan untuk membawa pulang buku apa pun. Sebelum kamu dapat mengunjungi perpustakaan, pastikan untuk menghubungi mereka terlebih dahulu karena perpustakaan itu sendiri terletak di studio pribadi Realrich Sjaief.

Alamat: Kompleks Taman Villa Meruya, Taman Amarilis II Blok F2 No. 15, Tangerang

Email: omahlibrary.reservation@gmail.com

Jam Operasional: Akhir pekan 10.00-18.00

4. Kwitang14

Kwitang 14 Perpustakaan Terbaik di Jakarta
Kwitang14

Didirikan pada tahun 2014 oleh anggota Cinema Poetica, Kwitang14 adalah perpustakaan kecil yang tenang yang menyimpan buku-buku tentang budaya, desain, dan masalah sosial politik. Cinema Poetica adalah sekelompok jurnalis film, aktivis, kritikus, dan peneliti yang semuanya berbagi kecintaan pada film. Letaknya di Jakarta Pusat dekat Watt Coffee, Senen. Kamu bisa menemukan lebih dari 200 buku berbahasa Inggris dan dapat memeriksa katalognya secara online. Tersedia 4 meja dan 8 kursi, serta sudut berkarpet yang nyaman dengan banyak bantal empuk untuk berbaring. Mayoritas dari buku-buku ini disumbangkan oleh anggota Cinema Poetica sendiri.

Untuk membaca buku-buku ini, kamu perlu membawa KTP. Kamu tidak diperbolehkan untuk meminjam buku tetapi diperbolehkan untuk menghabiskan waktu selama yang kamu suka. Hal yang menarik dari perpustakaan ini adalah kamu bisa datang dan membaca buku mereka di luar Jam Operasional dengan menghubungi mereka sehari sebelumnya. Kwitang14 juga menyelenggarakan acara Nonton Dikwit, dimana kamu diundang untuk menonton dan berpartisipasi dalam diskusi film. Tidak ada biaya masuk atau administrasi.

Alamat: Jl. Kwitang Raya No. 14, Senen, Jakarta Pusat

Email: kwitang14@gmail.com

Jam Operasional: Jumat – Minggu 12.00-18.00

Baca juga: Rekomendasi Novel Terbaru Yang Wajib Dibaca

5. Freedom Institute Jakarta

Perpustakaan Freedom Institute Jakarta
Freedom Institute Jakarta

Bagi kutu buku di Jakarta, Freedom Institute adalah nama yang tidak asing lagi. Tempat ini mendapatkan popularitas dengan cepat karena interiornya yang modern dan memiliki lukisan Indonesia yang keren. Perpustakaan ini menyimpan ribuan buku unik dengan berbagai genre dan topik. Ada juga buku yang diterbitkan oleh Freedom Institute sendiri.

Untuk masuk ke perpustakaan, pengunjung harus menjadi anggota. Pengunjung hanya perlu mengisi formulir dan menunjukkan KTP kepada mereka. Tidak ada biaya keanggotaan dan kamu akan langsung diberikan kartu keanggotaan.

Perpustakaan ini menyediakan wifi gratis, sofa, meja, bahkan ruang pertemuan yang terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya sama sekali. Banyak mahasiswa cenderung datang ke sini untuk belajar sehingga mungkin akan sedikit ramai selama hari kerja. Selain itu, pengunjung tidak diperbolehkan untuk meminjam buku tapi kamu dapat memfotokopi halaman yang kamu butuhkan.

Alamat: Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav, B-1, Kuningan, Menteng, Kota Jakarta Selatan

Telp: 021 3100349

Jam Operasional

  • Senin 9.00-18.00
  • Selasa – Jumat 10.00-18.00

6. Erasmus Huis

Erasmus Huis perpustakaan Belanda di Jakarta
Erasmus Huis

Selain menawarkan suasana yang nyaman, ruangan dingin, serta wifi gratis, Erasmus Huis adalah perpustakaan yang memiliki desain yang sangat instagrammable! Perpustakaan milik Kedutaan Belanda di Jakarta ini memiliki belasan ribu buku, yang rata-rata didoinasi oleh buku berbahasa Belanda. Namun, jangan khawatir, ada juga buku Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, kok. Jika kamu mau datang ke sini, biaya masuknya gratis, lho! Selain itu, kamu juga bisa meminjam buku asalkan mendaftar menjadi member terlebih dahulu, dengan biaya Rp30.000,00 untuk umum dan Rp15.000,00 untuk pelajar dan mahasiswa.

Alamat: Kedutaan Besar Belanda, Jalan Haji R. Rasuna Said Blok C No.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan

Jam Operasional:

  • Senin – Kamis 9.00 – 16.00
  • Jumat 9.00 – 14.00
  • Sabtu 10.00 – 13.00

7. Goethe-Institut Jakarta

Perpustakaan Goethe Institut di Jakarta
Goethe-Institut Jakarta

Organisasi Jerman yang aktif mempromosikan kebudayaan Jerman dan menawarkan kerja sama kultural punya perpustakaan yang terbuka untuk masyarakat umum. Semua orang bisa membaca dan menggunakan media di sini secara gratis, lho. Kamu akan ditawarkan berbagai informasi mengenai Jerman, termasuk koleksi buku, musik, film, dan permainannya. Jika ingin meminjam buku, kamu harus memiliki kartu anggota dan wajib berdomisili di Jabodetabek. Cara mendaftarnya adalah dengan mengisi formulir khusus di perpustakaan dan membawa KTP beralamat Jabodetabek.

Alamat: Jl. Dr. GSSJ Ratulangi No. 9, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat

Telp: (021) 3914042

Jam Operasional:

  • Senin 09.00 – 17.00
  • Selasa – Jumat 09.00 – 17.00
  • Sabtu 10.000 – 16.00

Baca juga: 6 Best Bookstores in Jakarta

8. Perpustakaan Kemendikbud Jakarta

Perpustakaan Kemendikbud di Jakarta
Perpustakaan Kemendikbud RI

Lokasi perpustakaan ini sangat strategis, berada di sebelah mal F(X) Sudirman, tepatnya di kantor A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Di perpustakaan ini, kebanyakan koleksi yang dimiliki adalah buku-buku berbahasa Indonesia. Namun, koleksi film dan audio perpustakaan ini lumayan lengkap, lho, rata-rata film asing berbahasa Inggris mulai dari sejarah hingga kartun. Kalau mau menonton, di sini terdapat ruang teater lengkap dengan TV kecil masing-masing dan headset-nya. Masuk ke sini juga gratis dan tidak perlu menjadi anggota, tetapi jika ingin meminjam buku, kamu harus menyiapkan KTP dan materai 6 ribu.

Alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung A Lantai 1, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat

Situs: https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/

Jam Operasional:

  • Senin – Jumat 08.00 – 16.00
  • Sabtu 09.00 – 14.00

Nah, itulah delapan rekomendasi perpustakaan terbaik di Jakarta untuk kamu belajar, bekerja, atau sekadar menikmati buku dan film yang disediakan di sana. Ternyata, cukup banyak kan, perpustakaan di Jakarta? Sebelum kamu mengunjunginya, cek terlebih dahulu ya hari dan jam operasional mereka. Selamat mengunjungi perpustakaan!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *