Informasi Adopsi Anjing dan Kucing di Jakarta

Pernah merasa iri melihat teman kamu bermain dengan kucingnya di Snapgram? Apakah kamu merasa sedih setelah melihat anjing kamu kembali ke rumah melalui video call? Atau, pernahkah kamu berpikir untuk memelihara hewan peliharaan tetapi kamu tidak mampu melakukannya sebelum kamu mulai hidup mandiri?

Diasumsikan kamu sudah cukup mencari tahu tentang hewan peliharaan apa yang ingin kamu pelihara dan mendapat izin dari teman serumah dan pemilik tanah, semuanya tergantung pada hewan peliharaan itu sendiri. Namun, ada beberapa nasihat yang perlu kami berikan sebelum kamu melanjutkan pencarian berburu hewan peliharaan.

Kecuali kamu mencari jenis ras tertentu untuk tujuan hobi (etis), kami tidak menyarankan kamu membeli dari toko atau peternak hewan peliharaan, terutama jika ini adalah pertama kalinya kamu memelihara hewan peliharaan. Tidak hanya biayanya lebih murah, tetapi kamu juga akan memastikan bahwa teman baru kamu akan menjalani kehidupan yang jauh lebih bahagia daripada sebelumnya.

Biasanya, di Indonesia, hewan peliharaan untuk diadopsi diiklankan melalui mulut ke mulut atau melalui perguruan tinggi dan kelompok teman. Namun, jika kamu tidak memiliki koneksi ke saluran tersebut, kami punya info tentang beberapa tempat penampungan hewan di Jakarta yang akan mencocokkan kamu dengan teman serumah terbaru (dan paling suka diemong). Berikut ini kami akan memberitahu kamu informasi yang perlu kamu ketahui sebelum mengadopsi kucing atau anjing sebagai hewan peliharaanmu.

Ingin membeli hewan peliharaan? Klik disini!

Mengapa Harus Adopsi Hewan Peliharaan?

Memelihara anjing ataupun kucing pastinya memberikan kita kebahagiaan tersendiri. Biasanya, untuk memelihara hewan kamu bisa memilih dua cara: adopsi atau membeli. Banyak yang berasumsi mengadopsi anjing, kucing, dan hewan peliharaan dari shelter itu tidak baik. Mereka berfikir bahwa hewan yang ada di shelter penyakitan, tidak terurus, dan tua. Padahal pemikiran ini salah. Anjing atau kucing yang berada di shelter umumnya memang diselamatkan. Namun, setelah mereka diselamatkan, hewan-hewan ini dijaga, dirawat, dan disayangi dengan baik agar bisa di adopsi. Nah, maka dari itu adopsi anjing dan kucing merupakan tujuan yang baik. Kalau kamu mengadopsi, itu artinya kamu telah menyelamatkan anjing atau kucing jalanan yang terlantar, tersesat, ataupun tersiksa.

adopsi anjing di Jakarta
source: unsplash

Bagaimana Cara Adopsi Anjing, Kucing, dan Hewan Peliharaan di Jakarta?

1. Cari Shelter yang Tepat

Step yang pertama adalah mencari shelter yang tepat untuk kamu mengadopsi calon hewan peliharaan kamu. Jika sudah menemukan shelter yang tepat, hubungi shelter tersebut untuk melakukan kunjungan. 

2. Isi Formulir Adopsi

Tahap yang kedua adalah mengisi formulir adopsi. Calon pemilik harus mengisi formulir yang terdapat sejumlah pertanyaan. Diantaranya adalah pendapatan calon pemilik dan tempat tinggal pemilik.

3. Mengikuti Tahap Screening

Setelah mengisi formulir, calon pemilik akan di screening oleh pihak shelter. Di tahap ini calon pemilik akan diwawancarai oleh pihak shelter. Wawancara ini dilakukan untuk mengetahui apakah calon pemilik dapat menjaga anjing, kucing, dan hewan peliharaan yang mereka adopsi. 

4. House Visit

Di tahap ini pihak shelter akan mengunjungi tempat tinggal calon pemilik. House visit dilakukan untuk memeriksa apakah informasi yang diberikan di formulir dan pada saat interview sesuai atau tidak

5. Pembuatan Surat Adopsi

Setelah hak adopsi disetujui maka surat adopsi akan dibuat untuk dilegalkan. Surat adopsi berisi persetujuan adopsi yang ditandatangani kedua belah pihak dan tentunya bermaterai. 

Namun, setelah semua proses tersebut selesai pihak shelter akan melakukan follow up. Tindak lanjut dilakukan untuk mempelajari perkembangan yang telah diadopsi.

adopsi kucing di jakarta
Source: unsplash

Beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum mengadopsi

1. Sesuaikan Dengan Lifestyle Kamu

Sebelum kamu adopsi anjing, kucing, atau hewan peliharaan, pastikan terlebih dahulu apakah lifestyle kamu cocok untuk mengadopsi atau tidak. Pikirkan apakah kamu mempunyai waktu untuk menyayangi, merawat, mengajak bermain dan menjaga dengan sebaik-baiknya.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitarmu

Kalau kamu tidak punya waktu banyak untuk mengurus hewan peliharaan dan masih ingin mempunyai hewan peliharaan, pastikan terlebih dahulu lingkungan kamu bisa merawatnya selagi kamu tidak bisa. Pastikan orang di sekitarmu bisa menjaga  dan merawat hewan peliharaan kamu dengan baik dan benar. 

3. Cek Terlebih Dahulu Kebutuhannya

Merawat dan memenuhi kebutuhan hewan peliharaan bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan biaya khusus. Jadi pastikan keadaan finansial kamu mendukung untuk menjaga dan merawat anjing ataupun kucing yang telah kamu adopsi.

4. Perhatikan Umur Hewan Peliharaan Yang Akan Kamu Adopsi

Saat adopsi anjing atau kucing usahakan untuk mengadopsi anjing atau kucing yang usia nya sudah 2 atau 3 bulan. Ketika mereka sudah disapih induknya adalah waktu yang pas untuk mengadopsi. Karena di usia segitu anjing atau kucing sudah bisa dilepas dan diberikan nutrisi pengganti. 

adopsi anjing kucing di jakarta
source: unsplash

Tempat Adopsi Hewan Peliharaan di Jakarta

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi di atas, sekarang Flokq akan merekomendasikan 5 tempat adopsi anjing, kucing, dan hewan peliharaan di Jakarta.

1. Pejaten Shelter

Pejaten Shelter adalah tempat perlindungan bagi anjing (dan sekarang juga kucing dan monyet) yang diserahkan oleh pemiliknya. Kisah asli penampungan hewan ini menceritakan kisah yang jauh berbeda di Jakarta.

Pada 31 Agustus 2009, Susana Somali, seorang spesialis patologi klinis, memutuskan untuk mendirikan rumah sementara bagi 70 anjing jalanan. Awalnya, sumbangan datang dengan cepat dan banyak. Tetapi ketika tempat penampungan semakin populer, masalah baru muncul.

Alih-alih menemukan rumah untuk 70 anjing mereka yang ada, Susana tiba-tiba diserbu oleh pesan dari pemilik hewan peliharaan yang memintanya untuk mengambil anjing mereka. Segera, penampungan tidak lagi menjadi rumah bagi anjing jalanan yang diselamatkan tetapi mereka berurusan dengan anjing yang diserahkan oleh pemiliknya karena mereka tidak bisa lagi merawat anjingnya karena berbagai alasan.

Sekarang, dengan 700 anjing di tangan mereka (dan terus bertambah!), Pejaten Shelter membutuhkan lebih banyak dukungan dari sebelumnya. Meskipun donor dapat membantu pendanaan atau mengirimkan persediaan seperti produk makanan dan sanitasi, calon orang tua hewan juga dapat membantu dengan mengadopsi hewan mereka.

Jika kamu tertarik untuk membawa pulang teman baru, kunjungi halaman Facebook mereka (tercantum di bawah) dan hubungi orang-orang di Pejaten Shelter untuk melihat apakah mereka bisa mencarikan anjing yang cocok dengan kamu. Namun, jika kamu ingin lebih dekat dan pribadi, kamu juga dapat mengunjungi alamat mereka (tercantum di bawah).

Catatan penting adalah bahwa sebagian besar anjing untuk diadopsi divaksinasi dan disterilkan, jadi kamu tidak perlu membawanya sendiri ke dokter hewan, sehingga menghemat lebih banyak uang.

Kontak: +62818872761 (telepon)

Media Sosial: @shelterpejaten di Instagram dan @PejatenShelter di Facebook

Alamat: Jl. Pejaten Barat No. 45W, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia 12510

Tipe hewan: Anjing

2. Jakarta Animal Aid Network

Jakarta Animal Aid Network adalah LSM nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hewan di Indonesia. Didirikan pada Februari 2008 oleh Femke den Haas, Karin Franken, dan Natalie Stewart, JAAN sekarang memiliki tiga divisi: Domestik, Margasatwa, dan Laut.

Menjadi tempat perlindungan hewan besar yang menerima dukungan baik dari Indonesia maupun masyarakat internasional, masuk akal bahwa JAAN teliti dalam membangun sistem adopsi. Tidak hanya serius JAAN dalam menyaring calon adopter, tapi juga memberikan pilihan untuk pembinaan. Melalui pengasuhan, pecinta hewan yang dapat membantu menyediakan rumah yang penuh kasih untuk teman-teman hewan yang baru diselamatkan untuk waktu yang singkat sebelum mereka menemukan rumah mereka selamanya (rincian lebih lanjut tersedia di FAQ mereka).

Jadi, jika kamu tertarik untuk membantu mereka dengan menjadi orang tua angkat (yang sangat kami sarankan jika kamu tidak tinggal lama di negara ini), hubungi mereka melalui jaan_adopt@yahoo.com. Untuk pengadopsi, langsung buka halaman adopsi di situs web mereka dan isi formulir adopsi (tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia) sebelum kamu menelusuri profil anjing dan kucing mereka. Profil mereka sangat detail, jadi kamu akan lebih yakin dalam memutuskan furbaby yang tepat untuk dibawa pulang.

Website: https://www.jakartaanimalaid.com/

Kontak: alamat email terdaftar disini

Media Sosial: @jakartaanimalaidnetwork di Instagram & Facebook, @jaan_indonesia di Twitter

Alamat: Jl. H. Hasan No.48, RT.2/RW.1, Baru, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13780

Tipe hewan: Anjing dan kucing

Jika ada hewan yang perlu diselamatkan dan kamu tidak tahu harus menghubungi kemana untuk meminta bantuan, klik disini!

3. Garda Satwa Indonesia

Apakah kamu suka Konnichiwa flip-flops? Jika demikian, kamu mungkin sudah mengetahui tentang kolaborasi mereka dengan penampungan hewan ini pada animal-themed flip-flops. Atau, bagi netizen Indonesia, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan konflik mereka dengan Ria Ricis terkait bencana “makan gurita hidup”.

Didirikan pada Juni 2011, Garda Satwa Indonesia adalah tempat penampungan hewan baru di wilayah metropolitan Jakarta, dengan basis utamanya di Depok. Didirikan oleh aktivis hak-hak hewan di Jakarta, GSI telah melakukan kegiatan kesejahteraan hewan seperti kampanye dan kunjungan ke lembaga pendidikan dan komunitas lainnya, street feeding, vaksinasi, dan sterilisasi bersubsidi. Yang terpenting, mereka juga menyelamatkan hewan dan menempatkannya untuk diadopsi. Garda Satwa Indonesia juga secara rutin mencari panti asuhan bagi hewan yang baru diselamatkan yang sangat membutuhkan rehabilitasi di lingkungan rumah yang layak.

Apakah kamu tertarik untuk membantu mereka? Buka halaman mereka di adopsi.org di mana kucing menawan dan anjing gagah menunggu kamu!

Kontak:  +6281318226098 (telepon), sahabatsatwa.gsi@gmail.com (email)

Media Sosial: @gardasatwafoundation di Facebook & @GardaSatwaINA di Twitter

Alamat: Jl. Cipaku 4 / 304 Petogogan – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI (kantor)

Tipe hewan: Anjing dan kucing

4. Natha Satwa Nusantara

Natha Satwa Nusantara adalah yayasan yang dibentuk untuk melindungi dan memperjuangkan kesejahteraan hewan domestik. Yayasan ini mempunyai program edukasi yang memberi pengetahuan dan pemahaman tentang kesejahteraan hewan kepada masyarakat. Program ini dibuat karna banyak sekali penelantaran dan penyiksaan yang terjadi akibat kurangnya edukasi di dalam masyarakat. 

Selain itu, Mereka juga mempunyai program penyelamatan hewan. Di program ini, Natha Satwa Nusantara mengevakuasi hewan yang tersiksa dan berpenyakit. Setelah itu mereka merehabilitasikan dan mencarikan rumah dan keluarga yang berkomiten untuk memelihara, menjaga, dan merawat seumur hidup.  Natha Satwa Nusantara juga giat dalam program  sterilisasi dan vaksinasi hewan peliharaan dan hewan jalanan. Jika kalian tertarik untuk adopsi anjing ataupun kucing dari yayasan ini, kalian bisa menghubungi mereka melalui kontak, website, atau media sosial mereka di bawah ini.

Website: nsn.or.id

Kontak:  081318226098 (call/WA) nathasatwanusantara@gmail.com (email)

Sosial Media: @nathasatwanusantara di Facebook dan Instagram

Tipe Hewan: Anjing dan Kucing

5. Catrescue.ID

Menulis tentang tempat penampungan hewan, akan lebih tepat jika kami mengakhiri artikel dengan organisasi penyelamat kucing. Tidak seperti tempat perlindungan hewan, organisasi kucing kebanyakan ditemukan dan dipelihara oleh komunitas online tanpa lokasi tempat berlindung yang tetap. Artinya, cakupan mereka terbatas pada street feeding, trap-and-neuter (TNR), pembinaan, dan edukasi masyarakat. Salah satu organisasi tersebut adalah Catrescue.ID

Catrescue.ID sebagian besar berfokus pada kesejahteraan kucing jalanan (kurang lebih 3 koloni, karena keterbatasan sumber daya) di Depok, Menteng, dan Tanjung Barat. Namun, seperti JAAN, mereka juga memiliki sistem adopsi yang terorganisir dan komprehensif untuk calon orang tua hewan peliharaan. Halaman adopsi dan donasi bahasa Inggris tersedia. Kamu dapat menghubungi mereka secara langsung melalui email dan platform media sosial lainnya di bawah ini.

Website: https://catrescue.id/ (tersedia dalam bahasa Inggris dan Indonesia)

Kontak: info@catrescue.id (email)

Media Sosial: @catrescuedotid di Instagram, Twitter dan Facebook

Nah itulah daftar tempat penampungan hewan di Jakarta! Kunjungi mereka dan siapa tahu kamu bisa menemukan hewan peliharaan yang sempurna untuk diadopsi! Kami harap ini membantu kamu!

Temukan beberapa pilihan co-living terbaik di Jakarta dengan mengklik disini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *