16 Air Terjun Instagrammable yang Tersembunyi di Bali!

16 Air Terjun Instagrammable yang Tersembunyi di Bali!

Jika berjalan melalui hutan lebat, merunduk di bawah kanopi hijau subur, memanjat di atas bebatuan, dan bermain air adalah ide Anda untuk bersenang-senang, maka berburu air terjun tersembunyi di Bali harus ada di bucket list Bali Anda. Bagi jiwa petualang seperti Anda, Bali adalah rumah bagi air terjun cantik yang tersembunyi. Banyak di antaranya berada di luar jalur dan tersembunyi dari kerumunan turis.

Di sini kami menyediakan 16 rekomendasi air terjun paling mengesankan yang harus Anda kunjungi di Bali!

1. Air Terjun Sekumpul, Singaraja

Terletak di desa Sekumpul, Air Terjun Sekumpul disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Bali. Dibutuhkan sedikit usaha untuk melihatnya dari dekat karena ada jalan tanah, banyak anak tangga yang licin, dan penyeberangan sungai. Air terjun ini mungkin hanya cocok untuk petualang yang berdedikasi karena merupakan perjalanan yang sulit, namun sangat layak untuk dikunjungi.

Air Terjun Sekumpul Bali

Anda dapat menyewa pemandu lokal untuk membantu Anda mendapatkan pemandangan yang menakjubkan dari dekat, namun, Air Terjun Sekumpul sering kali paling baik dinikmati dari kejauhan sehingga Anda dapat melihatnya dengan indah secara keseluruhan.

Seperti namanya, Sekumpul (seikat), Air Terjun Sekumpul sebenarnya terdiri dari tujuh air terjun yang berbeda, semuanya mencapai ketinggian yang berbeda-beda hingga mencapai puncak pohon, dan masing-masing mengalirkan air yang deras.

2. Air Terjun Yeh Mampeh, Singaraja

Air Terjun Yeh Mampeh adalah salah satu air terjun tertinggi di Bali yang terletak di desa Les. Sesuai dengan namanya, Yeh Mampeh berarti ‘air terbang’ dalam bahasa Bali, dan hampir tidak tersentuh.

air terjun yeh mampeh singaraja

Mendaki ke bawah air terjun, menjelajahi gua-gua terdekat, berenang di air tawar yang bersih, atau sekadar menikmati pemandangan indah perbukitan hijau sambil menikmati udara sejuk dan tidak tercemar. Tinggalkan keramaian dan hiruk pikuk, dan bersantailah di lingkungan alam yang indah ini.

3. Air Terjun GitGit, Singaraja

Air Terjun GitGit menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal berkat aksesibilitasnya. Sangat mudah untuk menemukannya karena dapat dicapai melalui jalan darat. Ada juga kedai minuman dan bahkan toko seni dan kerajinan yang tak terhitung jumlahnya berjajar di jalan setapak.

Air Terjun GitGit Bali

Air terjun ini tingginya sekitar tiga puluh lima meter, dikelilingi oleh tanaman hijau subur, dan jika Anda benar-benar beruntung, Anda bahkan dapat melihat monyet liar yang nongkrong di pepohonan dan minum dari air terjun. Bagi mereka yang percaya dengan dongeng tua – legenda lokal mengatakan bahwa pasangan yang mandi bersama di bawah air terjun akan berpisah segera setelah kunjungan mereka… Anda telah diperingatkan!

4. Air Terjun Carat, Singaraja

Air Terjun Carat yang terletak dekat dengan desa Tamblang yang masih alami terdiri dari dua buah air terjun. Untuk mencapainya, Anda harus bersiap untuk sedikit perjalanan yang sulit karena jalur sepanjang sekitar 800 meter ini mencakup jembatan bambu yang goyah dan beberapa tebing curam untuk didaki. Disarankan untuk meninggalkan anak-anak di rumah untuk yang satu ini.

air terjun carat bali

Di sini, dua air terjun menunggu, yang lebih kecil dan yang lebih besar, ditambah kolam kecil di bagian bawah yang sangat cocok untuk berenang. Legenda mengatakan bahwa Air Terjun Carat berhantu, dan nasib buruk akan menimpa setiap pengunjung yang mengatakan hal-hal negatif tentang air terjun tersebut. Pastikan Anda hanya memikirkan pikiran bahagia di sini!

5. Air Terjun Blahmantung, Tabanan

Air Terjun Blahmantung terletak di daerah Tabanan yang subur dan bergelombang, rumah bagi perkebunan kopi dan sawah sejauh mata memandang.

blahmantung, tabanan

Salah satu harta karun Bali, air terjun cantik ini dikelilingi oleh hutan hujan hijau yang indah dan perlu berjalan kaki sejauh 800 meter untuk sampai ke sana. Perjalanannya tidak mudah, terutama selama musim hujan ketika Anda harus waspada terhadap bebatuan yang licin, namun sangat berharga ketika Anda tiba.

Dengan tinggi 50 meter, air terjun ini tampak seperti raksasa. Dan terlebih lagi, Anda dapat melompat ke kolam rendam di bawah dan menikmati salah satu keindahan alam yang sesungguhnya. Jadi, buat Anda yang suka dengan aroma kopi dan mandi di air tawar, pastikan datang kesini.

6. Air Terjun Leke Leke, Tabanan

Sedikit terpencil dan kurang terkenal dibandingkan dengan air terjun terkenal lainnya di Bali, Air Terjun Leke Leke tetap dirahasiakan.

leke leke bali

Untuk turun ke Leke Leke, Anda harus menuruni jalan tanah yang agak curam tetapi sudah berukir ke dasar lembah yang subur, sebelum melewati jembatan bambu reyot dan melewati hutan tropis. Anda akan mendengar suara air terjun sebelum melihatnya, dan saat melakukannya, Anda akan melihat gelombang air putih cerah yang menakjubkan jatuh di antara gua hitam yang dramatis.

Sebuah batu besar di bagian depan menjadi tempat yang sempurna untuk menangkap gambar Instagram. Sementara genangan kecil air di dasar air terjun sangat ideal untuk berenang yang menyegarkan.

7. Niagara Munduk, Buleleng

Disebut-sebut sebagai Air Terjun Niagara di Bali, Air Terjun Munduk terletak di hutan hujan di sekitar desa Munduk di Buleleng.

niagara munduk

Ada total tiga air terjun di kawasan ini, dengan yang paling spektakuler adalah Air Terjun Munduk. Tidak hanya air terjun setinggi 15 meter yang menjadi tontonan yang menakjubkan, tetapi area di sekitarnya, dengan dua danau kembarnya, juga memukau. Dengan perkebunan cengkeh, sawah, dan latar belakang pegunungan Bali yang indah di sekelilingnya, Munduk adalah tempat yang tepat untuk menyegarkan jiwa dan pikiran.

Ada juga restoran di sini, di mana Anda dapat menikmati makanan dan minuman, sebelum Anda menempuh perjalanan satu kilometer lebih jauh ke Air Terjun Munduk utama, atau Air Terjun Melanting yang memungkinkan Anda bermain air di bawah.

8. Air Terjun SingSing, Buleleng

Air Terjun SingSing terletak di kawasan Labuan Haji Temukus di Buleleng. Air terjun ini disebut-sebut sebagai air terjun paling romantis di Bali, karena suasananya yang menenangkan dan damai.

singsing waterfall buleleng

Duduklah di antara lingkungan alami bersama kekasih Anda, dengarkan air yang tenang beriak menuruni air terjun, atau berendamlah bersama di air tawar, sebelum menuju ke salah satu restoran terdekat yang lezat untuk makan. Pengalaman ini tidak lain adalah ketenangan surgawi.

9. Air Terjun NungNung, Petang

Air Terjun NungNung terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut di sebuah desa kecil di Petang. Perjalanan ke sini cukup menyenangkan, dengan hamparan sawah hijau subur dan perkebunan di segala penjuru.

air terjun nungnung bali

Tempat parkir mobil cukup mudah ditemukan, tetapi begitu Anda sampai di sana, bersiaplah untuk turun jauh di depan. Sebelum Anda melihatnya, Anda pasti akan mendengarnya, dengan suara gemuruh ribuan galon air yang menabrak kolam di bawahnya. Setelah Anda mencapai dasar 509 anak tangga, mata Anda akan melihat air terjun setinggi lima puluh meter yang menakjubkan untuk pertama kalinya. Pastikan kamera Anda sudah siap!

10. Air Terjun Tegenungan, Ubud

Salah satu tempat paling populer yang ditawarkan Bali. Perjalanan 15 menit melalui hutan akan mengungkapkan air terjun yang luar biasa, lengkap dengan aliran air terjun yang jatuh setinggi sekitar 15 meter. Air Terjun Tegenungan jatuh dengan kuat, jadi jangan berharap anda bisa bermain air tepat di bawahnya. Alih-alih, lihatlah dari lingkungan berbatu atau berenanglah di daerah genangan air.

air terjun tegenungan bali

Perlu juga dicatat bahwa perjalanan ke sana cukup curam, dan tempat ini cukup sibuk di siang hari yang panas, jadi pertimbangkan untuk pergi lebih awal di pagi hari jika Anda menginginkan pengalaman yang lebih tenang.

11. Air Terjun Banyumala Kembar, Wanagiri

Tersembunyi di perbukitan Wanagiri (hanya 10 menit sebelah utara Bedugul), Banyumala memang pemandangan yang spektakuler. Anda tidak perlu pemandu lokal untuk membantu Anda menunjukkan daerah sekitar, hanya ada ada beberapa jalanan licin dan perjalanan singkat untuk sampai ke pangkalan – tetapi sangat layak untuk dilalui.

Air Terjun Kembar Banyumala, Air Terjun di Bali

Air terjun ini istimewa karena ada dua air terjun yang dapat dilihat, dengan air yang mengalir menuruni bebatuan curam yang dikelilingi oleh tanaman hijau yang indah. Di sini, Anda dapat berenang dan menyegarkan diri di kolam di bagian bawah – mencelupkan kepala Anda dan mendengarkan suara air yang jatuh di atas. Inilah salah satu keindahan alam yang dapat Anda nikmati di Bali, Flokqers!

12. Air Terjun Aling-Aling, Sambangan

Terletak di desa Sambangan, Air Terjun Aling-Aling menawarkan seluncuran air alami sepanjang 35 meter. Dengan kolam berendam sejernih kristal dan pancurannya yang mengundang, Anda pasti ingin mengemas bikini Anda untuk yang ini.

aling aling sambangan

Air terjunnya jatuh dari tebing yang curam dan dikelilingi hutan yang rimbun, sehingga tak kalah indahnya jika Anda hanya ingin mengaguminya dari kejauhan. Perjalanan menuju ke sini bisa sedikit melelahkan, dengan trekking melintasi persawahan dan naik turun banyak anak tangga. Namun, Anda tidak akan mengeluh saat mencapai oasis ajaib ini.

13. Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida

Sekarang, ini mungkin bukan jenis air terjun raksasa yang menghancurkan air bermil-mil, tetapi tetap menyenangkan untuk dikunjungi, terutama jika Anda menyukai pijat gratis! Air Terjun Peguyangan adalah sekumpulan air mancur pendek yang jatuh di atas jurang yang curam, akhirnya menuju ke laut yang mengelilingi pulau Nusa Penida yang indah. Jauh dari jurang, ada genangan air kecil untuk mandi, membiarkan air mengalir dan bergelombang di sekitar Anda, alias pijat gratis dan alami!

peguyangan, nusa penida

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus menaiki anak tangga sempit yang mengelilingi jurang, jadi bersiaplah untuk hampir lima ratus anak tangga. Ini adalah permata yang tersembunyi, jadi Anda mungkin perlu bertanya kepada penduduk setempat untuk membantu Anda menemukannya.

14. Air Terjun Jembong, Sukasada

Terletak tidak jauh dari Air Terjun GitGit yang sempat terkenal, Air Terjun Jembong sering dibayangi tetangganya yang populer. Namun bagi warga lokal, Air Terjun Jembong dikenal sebagai air terjun terbaik di Bali.

jembong waterfall sukasada

Penyembuhan spiritual tradisional Bali diketahui terjadi di sini, berkat lingkungan alamnya yang menakjubkan dan alami yang sempurna untuk pengalaman magis tersebut. Terletak di kawasan Theobroma cacao, jadi Anda berjalan di antara pohon kakao untuk menemukannya. Air terjun ini memiliki kemiringan yang landai dan aliran air, sekali lagi menjadikannya tempat yang ideal untuk penyembuhan, dan tentu saja untuk mandi.

15. Air Terjun Tibumana, Bangli

Terletak di Kabupaten Bangli, Air Terjun Tibumana menawarkan kolam air yang besar di dasar aliran sungai yang sempurna. Cocok untuk Anda yang ingin menyelam, berenang, dan menikmati air yang menyegarkan secara alami.

tibumana bangli

Kolam dangkal sangat bagus untuk berendam dan bermain air selama berjam-jam, dan yang terbaik adalah, tidak jauh dari Ubud dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk berjalan kaki dari area parkir, melintasi jembatan bambu dan jalan setapak yang dilapisi pohon palem.

16. Air Terjun Tukad Cepung, Bangli

Setiap fotografer yang baik tahu bahwa pencahayaan adalah segalanya, dan Air Terjun Tukad Cepung sangat cocok. Terkenal dengan aliran cahaya surgawi yang menerobos bebatuan dan kanopi hutan tepat saat matahari berada di titik tertentu di langit, Tukad Cepung pasti tahu cara membantu Anda menggunakan kamera.

tukad cepung bangli waterfall

Terletak di dalam teluk yang menyerupai jurang, dengan dinding air yang mengalir dari balok di atas – tidak mengherankan jika Tukad Cepung menjadi tujuan yang harus dikunjungi untuk feed Instagram semua orang.


Itulah 16 air terjun di Bali yang kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Ada yang mudah ditemukan, dan ada yang butuh usaha lebih untuk menemukannya. Namun semua air terjun yang disebutkan di atas layak untuk dikunjungi. Semoga ini dapat membantu Anda lebih banyak tentang rencana liburan Anda di Bali! Sampai jumpa di Bali, Flokqers!

Baca juga: 15 Pantai Sepi dan Indah yang Tersembunyi di Bali


The Saren, Kediri

Sedang mencari pilihan sewa untuk liburan Anda di Bali? Flokq punya banyak pilihan kamar dan coliving di Bali dengan fasilitas beragam dan harga yang terjangkau! Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Click Here to Check Out More Flokq’s Homes
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *