Air Terjun Terbaik Dekat Jakarta

Air Terjun Terbaik Dekat Jakarta

Bosan dengan Jakarta dan segala kekacauannya? Mungkin ini saat yang tepat bagi kamu untuk sedikit refreshing di luar kota besar yang padat. Mengunjungi air terjun adalah pilihan yang baik bagi kamu jika ingin sedikit berwisata ke alam. Ada beberapa air terjun indah di dekat Jakarta yang bisa dicapai dalam beberapa jam. Kamu mungkin memperhatikan bahwa semua nama air terjun diawali dengan kata curug yang berarti air terjun dalam bahasa Sunda. 

Baca juga: Destinasi Liburan Akhir Pekan Di Sekitar Jakarta

Jakarta Weekend Escape: Puncak

Tempat Berkemah Alami Terbaik di Bogor

Berikut 6 air terjun indah di dekat Jakarta yang wajib kamu kunjungi:  

1. Curug Cilember 

curug cilember best waterfalls near jakartaSumber: Google Maps

Cilember adalah sebuah desa yang terletak di Cisarua, Puncak. Curug Cilember adalah tujuan air terjun paling populer di Puncak. Curug Cilember memiliki 7 air terjun dengan tingkat kesulitan yang berbeda di setiap medannya. Medan yang paling mudah adalah air terjun ke-1 dan medannya hanya akan semakin sulit jika kamu mencoba mencapai air terjun ke-7. Secara keseluruhan, Curug Cilember memiliki medan yang cukup aman dan mudah untuk diakses, terutama dari air terjun pertama hingga keempat namun aksesnya akan semakin sulit ketika mencoba untuk sampai ke air terjun ke 7 karena medannya yang licin dan berbatu. Selain Curug Cilember yang megah, terdapat juga observatorium kupu-kupu di mana kamu dapat melihat 12 jenis kupu-kupu.

Alamat: Jalan Raya Puncak Gadog KM. 15, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750

Tiket Masuk: Rp20.000,00 / orang

Jam Operasional: 06.00 – 18.00 WIB (Senin – Minggu)

Jika kamu lapar setelah berwisata, kami telah mengulas tempat makan terbaik di Bogor. Tempat Makan 24 Jam: Penuhi Keinginanmu di Bogor

2. Curug Seribu 

curug seribu best waterfalls near jakartaSumber: Google Maps

Curug Seribu adalah air terjun tertinggi di Bogor, air terjun tersebut jatuh dari ketinggian hampir 100 meter. Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ada tiga air terjun lain di dekat kawasan tersebut, yaitu Curug Cihurang, Curug Ngumpet, dan Curug Cigamea yang tingginya berkisar antara 5 hingga 10 meter. Curug Seribu diyakini banyak orang sebagai tempat mistis karena pepohonan tinggi yang rindang dan kabut tebal, namun meski Curug Seribu sering dikaitkan dengan cerita mistis, namun destinasi tersebut sepertinya tidak pernah jauh dari pengunjung.

Alamat: Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810

Tiket Masuk: Rp10.000,00 / orang

Jam Operasional: 08.00 – 16.00 WIB (Senin – Minggu) 

3. Curug Panjang 

curug panjang best waterfalls near jakartaSumber: Wikipedia

Curug Panjang merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi air terjun di Puncak. Terletak di Desa Citaminang, Kec. Megamendung, Kab. Bogor Curug Panjang merupakan salah satu destinasi favorit air terjun karena medannya yang tidak terlalu curam dan beberapa kolam kecil yang aman untuk dimainkan anak-anak. Curug Panjang terletak di kawasan lereng Gunung Paseban, menjadikannya sebuah air terjun cantik yang dikelilingi pepohonan besar dan batu. Keunikan air terjun ini adalah airnya mengalir secara vertikal sepanjang kurang lebih 20 meter. Ada aktivitas lain yang bisa kamu nikmati selama berada di Curug Panjang seperti camping, body rafting, trekking.

Alamat: Desa Citaminang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770

Tiket Masuk: Rp10.000,00 / orang

Jam Operasional: 00.00 – 24.00 WIB (Senin – Minggu) 

4. Curug Bidadari

curug bidadari best waterfalls near jakartaSumber: Google Maps

Curug Bidadari merupakan salah satu destinasi air terjun yang terletak di Sentul Paradise Park, Bogor yang sudah lama dikenal dan menjadi destinasi favorit. Air terjun ini jatuh dari ketinggian 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Air terjun ini aman untuk dimainkan anak-anak karena terdapat area khusus bermain anak-anak dengan kedalaman 30 sentimeter dan kolam untuk dewasa dengan kedalaman 1,5 meter. Selain air terjun dan kolam renang, terdapat atraksi lain seperti wavy pool, lazy pool, dan flying fox, menjadikan destinasi ini pilihan yang tepat untuk kamu datangi bersama keluarga.

Alamat: Sentul Paradise Park, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810

Tiket Masuk: Rp25.000,00 / orang pada hari biasa

                                Rp40.000,00 / orang di akhir pekan

Jam Operasional: 08.00 – 17.00 (Hari Kerja) 07.30 – 18.30 (Akhir Pekan)

5. Curug Nangka

curug nangka best waterfalls near jakartaSumber: Google Maps

Curug Nangka adalah salah satu tujuan wisata air terjun yang letaknya tidak jauh dari Jakarta, tepatnya di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Destinasi ini bisa ditempuh sekitar satu jam dengan mobil dari Jakarta. Pesona air terjun ini yaitu memiliki 3 tingkatan air terjun yang memiliki ketinggian bervariasi (10 – 20 meter).

Jika kamu cukup beruntung, kamu mungkin melihat beberapa monyet liar berayun di antara pepohonan, tetapi waspadalah terhadap monyet karena mereka bisa nakal dengan mengambil barang dan makanan kamu secara paksa. Jadi, sarannya adalah jangan membawa barang berharga ke tempat tujuan jika tidak ingin barang kamu dibawa oleh monyet. Ada air terjun lain yang berada di dekat Curug Nangka, seperti Curug Luhur, Curug Daun, dan Curug Kawung, semua air terjun tersebut berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Aktivitas lain yang bisa kamu nikmati saat mengunjungi Curug Nangka adalah trekking dan camping.

Alamat: Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16370

Tiket Masuk: Rp7.000,00 – Rp15.000,00 / orang

Jam Operasional: 06.30 – 19.00 WIB (Senin – Minggu)

6. Curug Cibeureum 

curug cibeureum best waterfalls near jakartaSumber: Google Maps

Curug Cibeureum terletak di kawasan lereng Gunung Gede Pangrango di Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini sangat populer terutama di kalangan pendaki gunung karena berada di tengah jalur pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian 1.625 meter di atas permukaan laut. Air terjun tersebut jatuh dari ketinggian 40 meter dan debit airnya cukup deras. Curug Cibeureum merupakan salah satu air terjun yang cukup menantang untuk ditempuh, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk sampai ke air terjun dengan jarak 1 kilometer, namun pemandangan dalam perjalanan menuju air terjun sangat menyegarkan dan indah. Air terjun lain di sekitar Curug Cibeureum adalah Curug Cidendeng dan Curug Cikundul.

Alamat: Perbawati, Sukabumi, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Sukabumi, Jawa Barat 43151

Tiket Masuk: Rp18.500,00 / orang

Jam Operasional: 08.00 – 15.00 WIB (Senin – Minggu)

Kami berharap daftar ini akan membantu kamu menemukan salah satu opsi gerbang alam yang dapat kamu kunjungi dengan mudah di dekat Jakarta. Ajak beberapa teman, beli makanan ringan, dan jangan lupa untuk memeriksa cuaca. Semoga perjalananmu menyenangkan!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *