Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Gratis di Jakarta

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan Gratis di Jakarta

Di Jakarta, Anda akan mencicipi di kota metropolitan yang ramai dengan kehidupan dan aktivitas. Malah, kamu pasti kaget kalau ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di Jakarta yang gratis! Banyaknya hal gratis yang dapat dilakukan di Jakarta menjadikan ini destinasi yang sempurna bagi siapa saja, terutama bagi budget traveller.

Daftar ini mengumpulkan aktivitas gratis yang dapat Anda nikmati bersama teman dan keluarga jika Anda bepergian dengan anggaran terbatas.

Car-free day

cfd free things jakarta

Setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 hingga 11.00 di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan tidak akan ada kendaraan bermotor sama sekali. Sejak dimulai pada tahun 2007 oleh pemerintahan Fauzi Bowo, Car Free Day di Jakarta telah menjadi acara favorit anak-anak, remaja, dan keluarga untuk berolahraga dan mulai membangun gaya hidup yang lebih sehat.

Ada banyak penduduk lokal yang datang untuk berlari, mengendarai sepeda, dan bahkan beberapa orang berseluncur. Di saat yang sama, banyak sekali penjual yang membuka warung yang menjajakan makanan lokal, seperti nasi uduk, pecel, bahkan kopi!

Ingin mencari tempat makan siang yang enak di Menteng setelah hari bebas mobil? Klik disini!

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.20, RT.9/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350

Website: https://www.infocarfreeday.net/

Kota Tua

kota tua free things

Kota Tua atau Kota Tua Jakarta adalah alun-alun yang terletak di Jakarta Utara, di mana Anda bisa menemukan banyak sekali arsitektur bersejarah Belanda yang indah. Yang harus Anda lakukan untuk menikmatinya adalah berjalan-jalan dan menjelajahi kawasan kota tua. Banyak dari bangunan tersebut yang telah dialihfungsikan sebagai museum, seperti Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Fatahillah, atau Museum Seni Rupa dan Keramik.

Selain itu, ada banyak kafe dan restoran. Jangan lewatkan Café Batavia, salah satu landmark kolonial yang dibangun pada tahun 1830-an.

Lokasi: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Website: http://kotatua.id/

Monumen Nasional

monas free things

Terletak di tengah-tengah Lapangan Merdeka, Monumen Nasional atau Monas adalah menara setinggi 132 meter yang di atasnya terdapat nyala api yang dilapisi kertas emas, berdiri megah untuk melambangkan perjuangan bangsa Indonesia dan untuk menghormati perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pada zaman Kolonial Belanda, alun-alun ini disebut Koningsplein (Alun-alun Raja), dan sekarang Monas menjadi landmark utama Jakarta, dan menjadi tempat yang wajib dikunjungi!

Lokasi: Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Website: https://www.museumnasional.or.id/

Pasar Baru

pasar baru entrance

Pasar Baru berarti pasar baru, namun kenyataannya Pasar Baru dibangun pada tahun 1920-an dengan nama Passer Baroe, dan merupakan pasar tertua di Jakarta. Terletak di Jakarta Pusat, Anda bisa datang ke sini untuk jalan-jalan gratis menikmati banyak bisnis lokal yang dijalankan keluarga di sini.

Pasar menawarkan banyak makanan Indonesia yang bagus, Batik, dan busana vintage. Perpaduan unik antara bangunan tua dan pemandangan pasar yang ramai menciptakan suasana yang indah untuk dinikmati, Anda masih dapat menikmati jalan-jalan dan mengambil foto di jalanan meskipun Anda pulang tanpa membawa apa-apa.

Ingin menjelajahi pasar tradisional Jakarta lainnya? Klik disini!

Lokasi: Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Website: http://pasarjaya.co.id/

Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

jakarta cathedral

Contoh paling nyata dari keanekaragaman bangsa. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara, masjid terbesar ke-4 di dunia, dan memiliki kapasitas tertinggi – hingga 200.000 orang sekaligus. Dibuka pada tahun 1978 oleh Presiden Indonesia pertama Soekarno. Bangunan yang mengesankan ini terdiri dari empat lantai patung yang indah dan dikelilingi oleh balkon. Para pemimpin dunia di seluruh dunia datang mengunjungi masjid ini sendiri. Hotel ini terletak tepat di sebelah Lapangan Merdeka dan Katedral Jakarta.

Dan di sekitar sudut, ada sebuah gereja katolik tua. Katedral di Jakarta ini memiliki arsitektur unik untuk sebuah gereja, mengingatkan kita pada Notre Dame Paris dengan dua menara tingginya. Katedral Jakarta sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Website: https://istiqlal.id/ and http://www.katedraljakarta.or.id/

Kunjungi Taman Suropati

suropati park free things jakartaSource: jakarta-tourism.go.id

Taman Suropati bisa ditemukan tepat di pusat kota Jakarta tepatnya di Menteng. Ruang hijau subur ini hampir sama sentralnya – dan gratis!

Selain bersantai di bawah pepohonan, Anda juga dapat menikmati atau bergabung dengan komunitas musik lokal yang memainkan alat musik mereka di akhir pekan. Populer bagi para pelari, pejalan kaki anjing, atau siapa saja yang ingin melarikan diri dari kehidupan kota, taman ini adalah rumah bagi puluhan burung merpati.

Lokasi: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Jalan-jalan di sekitar Chinatown

Pecinan atau dikenal juga dengan Glodok, letaknya tidak begitu jauh dari Kota Tua. Bagian kota ini memiliki suasana oriental yang kuat, ditandai dengan arsitektur, orang, bisnis, dan, yang paling menonjol, kuil dan tempat pemujaan yang indah.

Di sini, Anda bisa menemukan banyak toko termasuk perhiasan, elektronik, restoran Cina, dan toko jamu tradisional. Selain itu, ada kedai kopi es populer bernama Tak Kie. Kedai kopi telah beroperasi sejak 1927.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, RT.2/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

Galeri Indonesia Kaya 

galeri indonesia kayaindonesiakaya.com

Terletak di lantai 8 Grand Indonesia Shopping Mall, di samping bioskop CGV. Galeri Indonesia Kaya adalah tempat dimana Anda bisa belajar tentang seni dan budaya Indonesia. Menggabungkan pendidikan dengan teknologi, tempat ini menawarkan berbagai pengalaman virtual, seperti berfoto dengan pakaian adat Indonesia tanpa mengganti pakaian, dan Anda bisa mencoba memainkan dan mendengarkan musik tradisional Indonesia secara digital.

Ada juga VR dimana kamu bisa menjelajahi Indonesia melalui peta virtual, dan memainkan beberapa permainan tradisional Indonesia. Tempat ini juga memiliki auditorium yang terletak di tengah galeri. Di akhir pekan Anda bisa menikmati pertunjukan di auditorium. Ini gratis tapi tiketnya terbatas. Anda bisa memesan tiketnya melalui reservasi online, atau datang begitu saja pada hari pertunjukan.

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Kb. Melati, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230

Website: https://www.indonesiakaya.com/

Dan begitulah! Secara keseluruhan, ada banyak hal yang dapat dilakukan di Jakarta tanpa biaya sama sekali – Anda hanya perlu tahu ke mana mencarinya!

Sekarang, kami ingin sekali mendengar dari Anda: apa saja aktivitas favorit Anda di Jakarta? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Best Kos-kosan Near Semanggi

Best Kos-kosan Near Semanggi

Coworking Space Terbaik di BSD

Coworking Space Terbaik di BSD

Apartemen Murah untuk Sewa Bulanan di Jakarta

Apartemen Murah untuk Sewa Bulanan di Jakarta

Coworking Space Terbaik di Sekitar Kuningan

Coworking Space Terbaik di Sekitar Kuningan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *