4 Produk Alternatif Pengganti Rokok Tanpa Asap

Merokok merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh semua orang. Entah itu sebelum atau sesudah bekerja, nongkrong ataupun sendiri, merokok sudah menjadi budaya bagi kebanyakan orang Indonesia. Jelas, merokok itu merupakan kebiasaan yang tidak sehat dan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kamu.ditambah lagi, rokok bisa menimbulkan asap yang selain mengganggu orang lain, dapat memberikan dampak buruk bagi mereka jika mereka adalah perokok pasif. Untuk mencegah ini, kamu bisa saja menggunakan produk-produk alternatif pengganti rokok yang tidak mengepulkan asap rokok.

Rokok Alternatif vs Rokok Biasa

Perbedaan produk alternatif rokok dengan rokok biasa terletak pada cara konsumsinya. Rokok biasa harus dibakar agar bisa digunakan. Asap dari pembakaran rokok dapat menyebabkan efek negatif bagi kesehatan pengguna dan orang disekitarnya (perokok pasif). Selain dapat meningkatkan mudahnya pengguna dan perokok pasif, rokok biasa juga dapat menyebabkan tersebarnya penyakit menular. Nah, untuk mencegah ini rokok alternatif cenderung menghindari penggunaan proses pembakaran. Dua cara yang umum adalah dengan mengganti pembakaran ke penguapan (vapor) atau menggunakan rokok tanpa membakar (dengan mengunyah dan mengisap contohnya).

Beberapa dari produk dibawah bukan hanya dapat mengurangi dampak penggunaan tembakau dan rokok terhadap kamu, namun juga bisa membuat konsumsi tembakau atau rokok lebih mudah karena tidak mengepulkan asap dan bersifat sangat friendly terhadap ruang tertutup seperti kantor ataupun restoran.

Karena itu, mungkin kamu bisa cobain 4 produk alternatif pengganti rokok ini untuk mengurangi dampak negatif ke kamu dan sekitarmu!

1. Tembakau Kunyah

Tembakau kunyah adalah alternatif pengganti rokok yang tidak mengeluarkan asap rokok. Konsumsi tembakau kunyah ini dilakukan dengan cara memasukkan produk ke dalam ruang antara gusi depan dan bibir. Jenis-jenis tembakau kunyah bisa berupa tembakau berupa daun kering tanpa dikemas apapun (loose-leaf) hingga ‘permen karet’ tembakau yang dikonsumsi dengan cara dikunyah. Di Indonesia, jenis tembakau ini dapat berupa tembakau sugi.

Ditautkan sebagai alternatif pengganti rokok biasa, tembakau kunyah sudah mulai digunakan sebelum rokok ditemukan. Suku-suku di belahan utara dan selatan Amerika sering menggunakan tembakau kunyah. Tembakau kunyah juga sering digunakan oleh atlet olahraga, seperti atlet bisbol.

2. Tembakau Larut

tembakau larut sebagai produk pengganti rokok
Source: nrp.org

Tembakau larut/Dissolvable Tobacco adalah jenis alternatif pengganti rokok yang mudah larut dan tidak meninggalkan sampah. Alternatif pengganti rokok ini bisa berupa tiga jenis, yaitu pelet, stik, atau strip. Jenis alternatif rokok ini tidak meninggalkan sampah karena cara penggunaanya hanya menaruh di mulut dan akan larut dengan sendirinya. Jenis tembakau ini mungkin sulit didapat di Indonesia.

Sejarah menarik dissolvable tobacco ini terkait dengan regulasi pemerintah Amerika Serikat tentang pelarangan asap rokok di Amerika Serikat terutama di ruangan tertutup seperti restoran dan kantor. Untuk mengurangi tensi antara perokok dan nonperokok, alternatif baru untuk mengurangi efek rokok pada kesehatan dan lingkungan sekitar dibuat. Salah satunya adalah produk ini

3. Rokok Elektrik

rokok elektrik sebagai produk pengganti rokok
Source: pixabay

Rokok elektrik adalah salah satu alternatif pengganti rokok yang sudah marak dipakai. Rokok elektrik merupakan salah satu dari banyak jenis rokok elektrik yang ada. Di dalam rokok elektrik terdapat tiga komponen yang digunakan untuk konsumsi, yaitu baterai untuk daya, atomizer untuk memanaskan cairan, dan tempat untuk menyimpan cairan atau e-liquid. Cairan biasanya berupa campuran perasa, nikotin, dan bahan-bahan kimia lainnya. 

juul sebagai alternatif pengganti rokok

Selain produk vape yang sudah marak dipakai, ada juga juul. Produk ini kurang lebih sama dengan produk rokok elektronik lainnya. Perbedaan produk vape dan juul terletak di tampak produknya. Vape biasanya terlihat seperti pulpen atau power bank/handphone. Juul lebih terlihat seperti USB atau tempat isi pensil mekanik.

Perbedaan rokok elektrik dengan rokok biasa adalah dan cara konsumsinya. Dengan rokok elektrik, kamu bukan menghisap asap, melainkan uap air. Ini jauh lebih aman, karena bahaya rokok terletak di momen dimana kamu mengepulkan asap ketika membakar rokok tersebut. Ditambah lagi, rokok elektronik bisa digunakan berkali-kali dan tidak meninggalkan sampah seperti puntung rokok.

Karena itu, rokok elektrik memiliki risiko yang lebih rendah dari rokok biasa ketika berbicara tentang kesehatan pengguna dan orang-orang di sekitarnya. Di negara-negara seperti Amerika Serikat, rokok elektrik dianggap sebagai bagian dari ‘usaha untuk mengurangi bahaya tembakau’ atau Tobacco Harm Reduction (THR). Kebalikannya, rokok elektrik juga dituding menjadi ‘jalan’ bagi anak muda untuk mencoba rokok konvensional. Ini membuat usaha untuk membuat rokok menjadi lebih aman digunakan percuma.

Rokok elektrik sekarang ini juga sangat terjangkau dari segi harga dan tempat dimana kamu bisa membelinya. Ditambah lagi, kamu bisa menambahkan rasa sesuai selera kamu. Walaupun begitu, produsen rokok elektrik seperti juul meningkatkan pengawasannya terhadap penggunaan produk mereka karena maraknya penggunaan rokok juul di kalangan anak muda. Maka sebaiknya kamu tetap hati-hati terhadap penggunanya dan tidak menggunakanya secara berlebih karena nikotin adalah zat adiktif yang walaupun tidak dapat menyebabkan kematian, dapat menyebabkan kecanduan.

Baca juga: Pod Vape: Praktis dan Mudah Dibawa!

4. Snus/tembakau sedot

snus sebagai produk pengganti rokok
Source: pixabay

Pertama, kita mulai dengan snus atau tembakau sedot. Tembakau buatan negara-negara di Skandinavia ini adalah alternatif pengganti rokok bagi kamu yang ingin hangout bersama teman-teman kamu yang tidak merokok. Di dalam kaleng snus terdapat pouch yang tampak seperti celupan teh untuk kamu masukkan ke dalam mulut bagian samping kiri atau kanan dan hisap. Kamu bisa membeli snus yang telah ditakar (portioned) atau yang tidak ditakar.

Walaupun tidak ada proses pembakaran atau penguapan, kamu masih bisa mendapat snus yang sangat kuat karena takaran nikotinnya yang tinggi. Hati-hati ketika membeli dan pastikan takaran sesuai ketahanan kamu.

Sebagai alternatif rokok, tembakau sedot adalah pilihan yang pantas. Snus cenderung memiliki karsinogen yang lebih kecil dari rokok biasa, namun pemakai masih berisiko terkena penyakit parah seperti kanker tenggorokan dan pankreas. Ditambah lagi, tembakau sedot tidak memproduksi asap rokok yang membahayakan diri dan orang sekitar.

Kamu bisa saja mencoba cara untuk berhenti merokok menggunakan snus. Yaitu dengan mengganti produk snus dari snus yang berisi tembakau ke snus yang tidak berisi tembakau.

Satu hal yang dapat membuat orang ragu untuk membeli snus adalah harganya. Satu lagi kelemahannya adalah perlunya tempat untuk menaruh bekas snus yang telah kamu pakai, jadi kamu harus menyediakan kantong atau semacamnya untuk menyimpan buangan snus kamu ketika kamu jalan bersama teman-teman.


Dan itulah jenis-jenis alternatif pengganti rokok yang bisa kamu coba. Tapi tetap hati hati ya! Karena apapun juga produk-produk ini bisa memberikan efek samping dan penyakit seperti rokok, walaupun dengan level yang lebih rendah dari rokok. Contoh-contoh efek samping dan penyakit tersebut adalah:

  • Kecanduan (zat nikotin)
  • Sesak nafas
  • Katarak
  • Kanker mulut
  • Kanker tenggorokan
  • Meningkatkan kemungkinan stroke dan serangan jantung
  • Kanker Paru-paru

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *