Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Siapa yang tidak suka minuman yang enak? Jika kamu bertanya-tanya jenis alkohol khas Indonesia, nah, jawabannya adalah Anggur Merah! Anggur Merah adalah nama merek anggur merah terbaik Indonesia, telah menjadi teman setia banyak anak muda di Indonesia selama berabad-abad. Rasanya yang manis dan segar tidak hanya akan membuat kamu bersemangat, tetapi juga, akan membawa kamu ke perjalanan mencicipi yang belum pernah kamu alami sebelumnya. Meski Anggur Merah sudah bertahun-tahun ada di Indonesia, namun sebagian orang lupa bahwa Anggur Merah bisa dinikmati dengan berbagai cara, tidak hanya dengan cara tradisional. Nah, berikut kami berikan pengantar sampai 5 resep rahasia membuat minuman dari Anggur Merah!

Baca juga: Merk Rokok Paling Populer di Indonesia

Apa itu Anggur Merah?

Anggur Merah, atau biasa disebut Amer, adalah salah satu minuman alkohol yang populer di Indonesia yang bahan dasarnya anggur kolesom. Sebenarnya minuman ini dibuat sebagai jamu dengan khasiat yang menyehatkan, tapi berkembang menjadi populer untuk tujuan rekreasional. Minuman ini biasa dijadikan pelengkap saat berkumpul dengan teman-teman dan kerabat lama selagi bercerita tentang pengalaman masing-masing di tengah malam. Rasanya cenderung manis dan sedikit terasa seperti sirup. Merk paling populer dan biasa diminum untuk anggur merah adalah Cap Orang Tua. Terkadang orang Indonesia menggunakan “ngobrol/nongkrong sama orang tua” sebagai eufemisme meminum minuman ini.

Sejarah Anggur Merah di Indonesia

Sejarah anggur merah atau anggur kolesom di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari merk melegenda Cap Orang Tua. Semua berawal dari Chandra Djojonegoro dan saudaranya yang memulai usaha berjualan anggur herbal di semarang di tahun 1948. Dua tahun kemudian, mereka mulai bekerja sama dengan keluarga Lum, NV Handel Maatchappij May Lian & Co. membentuk merek Orang Tua di Semarang. Dari sana, perusahaan Orang Tua melakukan diversifikasi, dan merek amer mereka pun melesat menuju level melegenda seiring banyaknya orang yang menyebarkan kenikmatan produk mereka sebagai minuman rekreasional.

Anggur Merah vs Red Wine

Anggur merah kalau diterjemahkan langsung bisa diartikan sebagai red wine. Tapi perlu diingat kalau yang kita bahas di sini adalah jenis yang punya akar tradisional dalam bentuk jamu. Jadi rasanya akan sangat berbeda dengan red wine pada umumnya. Red wine akan sangat terasa anggurnya, tidak manis, dan justru pahit dan ciri khas alkoholnya dicari. Namun, untuk amer, akan terasa sedikit lebih khas dengan rasa sirup dan kekentalan rasa jamunya.

Bagaimana Rasa Anggur Merah atau Amer?

Rasa amer merupakan campuran dari rasa dominan alkohol yang berasal dari fermentasi anggur kolesom; jadi akan bereasa sedikit herbal dan sedikit seperti jamu sesuai tujuan awalnya. Selain itu, ada rasa sirup manis yang cukup dominan di amer. Elemen sirupnya juga cukup kental dalam rasanya secara keseluruhan.

Apakah Anggur Merah Halal?

Secara dasar, segala hal dengan konten alkohol akan haram karena dapat memabukkan. Tapi dalam konteks sebagai jamu, yaitu untuk kesehatan, masih masuk kategori ma’fu, yang berarti bisa dimaafkan. Tetap saja, untuk masalah ini kami anjurkan untuk berkonsultasi dengan ustadz atau pakar terkait agar dapat konsisten dengan mahzab yang kalian anut!

Berapa Kadar Alkohol Anggur Merah atau Amer?

Amer baik dari merek Orang Tua atau yang lainnya, biasa memiliki kadar 20% alkohol.

Manfaat Anggur Merah

Beberapa riset menyatakan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan meminum anggur merah memiliki korelasi dengan naiknya kadar kolesterol baik, sensitivitas insulin meningkat sehingga mungkin turunnya kemungkinan terkena diabetes, menurunnya kemungkinan stroke dan serangan jantung, dan mengurangi peluang mati muda. Perlu dicatat bahwa khasiat-khasiat ini hanya ditemui pada mereka yang meminum anggur dalam kadar moderat karena jika berlebihan bisa menyebabkan mati muda.

Mereka yang memiliki resiko menderita kanker juga tidak baik mengkonsumsi alkohol, contohnya adalah perokok. Jadi, konsumsilah secara moderat: satu kali minum bagi perempuan dan dua kali bagi pria. Sekali minum di sini diartikan sebagai 12 ons bir dengan kandungan alkohol 5 persen, 5 ons anggur dengan kandungan 12 persen alkohol dan 1 ons minuman keras beralkohol 40 persen. Intinya, jangan banyak-banyak dan tetap jaga kesehatan!

Merek Anggur Merah Populer

Anggur Merah Orang Tua

Merek yang satu ini tentu merajai selera penikmat amer. Bahkan menyebut “OT” saja bisa dianggap sebagai sinonim untuk anggur merah merek Orang Tua. Merek ini paling mudah dicari tempat menjualnya sehingga paling mudah didapatkan. Rasa manis, sirup, dan alkoholnya yang seimbang menjadi ciri khas yang sulit ditandingi merek lain.

Anggur Merah Colombus

Kepekatannya lebih rendah dan rasa alkoholnya lebih bisa menempel. Tidak terasa serbuknya tapi tetap ada rasa jamunya walaupun rasa alkohol mendominasi. Karena kepekatannya rendah, tidak mudah membuat mual jika diminum dalam volume sedikit banyak.

Anggur Merah Kawa Kawa

Warnanya cukup pekat, dan warna awalnya cukup enak, tapi perlu diingat kalau Kawa-Kawa memiliki aftertaste alkohol yang kental dan cukup asam. Rasa jamunya tidak begitu berasa. Serbuknya tidak terasa, jadi cukup halus saat dirasakan.

Anggur Merah Macdonald

Ada serbuk-serbuk, bertekstur jadi sedikit tidak larut. Lebih manis daripada Orang Tua. Tidak bisa untuk minum terlalu banyak karena mungkin akan sedikit mual. Alkoholnya tidak begitu terasa, dan lebih sedikit ke arah sirup anggur. Cocok untuk yang lebih suka alkohol manis.

Anggur Merah Javan

Bau alkoholnya lebih mencolok dari yang lain. Rasanya biasa saja tapi alkoholnya jauh mengalahkan rasa anggurnya. Manisnya lebih sedikit dibanding tipe yang lain. Bahkan rasa anggurnya bisa dibilang hampir tidak berasa.

Harga Anggur Merah Atau Amer

Harga Anggur Merah bermacam-macam, tapi untuk merek Orang Tua bisa didapat di bawah Rp 100,000.00, biasanya Rp 65,000.00 atau Rp 85,000.00. Untuk merek-merek lain bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Di Mana Beli Anggur Merah?

Tradisional

Untuk mencarinya secara konvensional, amer dijual hampir di kios dan lapak jamu tradisional manapun. Harganya yang mudah membuatnya dapat diakses dan dijual hampir di toko macam apapun.

Online

Penjualan online amer bisa ditemukan di e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee, namun juga bisa ditemukan di media sosial terutama Instagram. Di media sosial, kalian bisa menemukan penjualan dengan jasa antar yang khusus untuk berbagai kota.

Minuman dengan Anggur Merah atau Amer

1. The Tip of The Iceberg

Banyak yang bilang The Tip of The Iceberg adalah cara yang klasik tapi paling nikmat untuk minum Anggur Merah. Yang kamu butuhkan hanyalah Anggur Merah dan es batu, kumpulkan jadi satu, dan voila! Es batu akan membuat anggur Merah kamu kaya rasa, rasanya sama seperti wine mahal yang pernah kamu coba. Sensasi dinginnya cocok buat kamu yang ingin merasa fresh dari kerja keras. Ini tip rahasia lain untuk resep ini! Ambil shaker dan tuangkan The Tip of The Iceberg ke dalamnya, lalu kocok hingga keluar busa, dan nikmatilah rasanya!

2. Rocket Queen

Ratu Roket adalah cara lain untuk membuat Anggur Merah kamu memiliki rasa yang unik, ini bertabrakan dengan rasa root beer dan Anggur Merah, membuat rasanya kuat dan tidak terlalu manis, bagi orang yang menikmati rasa yang jauh lebih netral, tanpa banyak rasa anggur yang difermentasi, maka ini adalah resep yang sempurna untuk kamu. Yang kamu butuhkan hanyalah takaran 3 : 1, tiga gelas Anggur Merah dan satu gelas root beer, tetapi kamu bisa menyesuaikan resep sesuka kamu, semakin banyak kamu menambahkan root beer, semakin kuat rasanya. Terakhir, tambahkan es batu untuk menyempurnakan rasanya!

3. Beer Me Up

Beer me up mungkin adalah salah satu koktail paling umum yang dibuat orang di Indonesia, koktail ini sangat mirip dengan The Rocket Queen, satu-satunya perbedaan adalah kamu mencampur Anggur Merah dengan bir, bukan root beer dan menggunakan takaran 2: 1, dua gelas Anggur Merah dan satu gelas bir. Nah, kamu mungkin bertanya-tanya jenis bir apa yang cocok untuk Anggur Merah karena jenis birnya banyak sekali, nah sebaiknya kamu coba mencampurkannya dengan semua jenis bir, berikut beberapa rasa yang akan kamu dapatkan:

  • Jika kamu seorang pemula atau kamu sedang mencari rasa yang lembut, manis, dan beragam, kamu sebaiknya mencampurkan Anggur Merah dengan jenis bir ale (bir putih, bir gandum, dll.) atau bir malt sehingga membuat Anggur Merah lebih manis dengan aroma bunga dan karamel di birnya dan mengurangi kentalnya Anggur Merah.
  • Jika kamu mencari rasa yang jauh lebih lembut dan manis, coba gunakan takaran 1: 1. Jika kamu mencari rasa yang lebih kuat, eksotis, dan lebih kental, kamu pasti harus memilih bir hitam atau fat beer. Rasa pahitnya akan menambah eksotisme pada Anggur Merah, menjadikannya dominan rasa minuman ini. 
  • Jika kamu sedang mencari sesuatu yang kuat tetapi tidak ingin kehilangan rasa Anggur Merah, maka lager beer adalah yang tepat untuk kamu. Ini, pada titik tertentu, jauh lebih kuat dari bir hitam. Jadi, jika kamu tidak ingin muntah, kamu harus menggunakan takaran 3 : 1, tiga gelas Anggur Merah dan segelas lager beer.

Berikut beberapa tips tambahan! Tambahkan es batu dan juga irisan lemon atau leci untuk variasi rasa!

4. Sangria

Red Wine Sangria with lemon, lime, apple, and orange served in a glass.

Siapa yang tidak kenal Sangria klasik dari Spanyol? Ini adalah koktail anggur segar yang sempurna untuk pesta! Rasanya yang eksotis, menyegarkan, dan klasik akan membuat orang terkagum-kagum apalagi jika menggunakan Anggur Merah.

Yang kamu butuhkan:

  • Sebotol Anggur Merah
  • 1-2 gelas buah segar yang sudah dipotong dadu (jeruk, lemon, apel, dll)
  • 2 gelas soda (Sprite adalah rekomendasi terbaik)
  • ½ gelas minuman keras, semua jenis (Tidak wajib)

Minuman keras akan memastikan rasa alkohol karena rasa buah dan soda bisa sangat kuat.

Pertama, campur buah-buahan, minuman keras dan Anggur Merah menjadi satu, bungkus dengan bungkus plastik dan biarkan selama 8 jam di lemari es untuk memastikan minuman keras dan Anggur Merah dapat diserap oleh buah-buahan untuk rasa yang lebih kaya. Setelah itu tambahkan soda. Voila! Itu dia! Jangan lupa tambahkan es batu sebagai sentuhan akhir.

5. Pomegranate Mulled Wine

Pomegranate Mulled Wine

Apakah kamu ingin jenis minuman Anggur Merah yang lebih menenangkan? Mungkin Pomegranate Mulled Wine adalah koktail yang tepat untukmu!

Yang kamu butuhkan:

  • Segelas jus delima
  • Sebotol Anggur Merah
  • 2 batang kayu manis
  • 5 siung utuh
  • Adas bintang 5
  • 1 gelas biji delima
  • Irisan lemon atau irisan jeruk 
  • ⅓ segelas madu

Di atas panci dengan pemanas sedang, seduh jus delima, anggur merah dan madu bersama-sama, pastikan tidak ada gelembung atau alkohol akan menguap, bila sudah cukup hangat, tambahkan batang kayu manis, star anise dan beberapa biji delima, panaskan selama 30-60 menit dengan api kecil. Jangan lupa untuk menghiasi minuman kamu dengan lemon atau jeruk. Akhirnya! Kamu sudah selesai! Minumlah pada saat siang atau malam yang dingin, kehangatan dari cengkeh dan sajian hangat akan membuat kamu tidak pernah mau beranjak dari tempat tidur!

Di sana kamu punya 5 cara menikmati cita rasa lokal Anggur Merah. Jika kamu bertanya-tanya di mana kamu bisa membeli Anggur Merah, pergilah ke toko herbal terdekat atau toko bernama Sidomuncul, dan nikmatilah! Bagikan resep ini dengan orang yang kamu cintai dan lihat bagaimana reaksi mereka terhadap dunia baru Anggur Merah!

Baca juga mengenai Panduan Minuman Alkohol khas Indonesia

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Salon Mobil Jakarta

Salon Mobil Jakarta

Sepatu Lokal Indonesia

Sepatu Lokal Indonesia

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *