Minum Anggur Putih (Ternyata) Juga Banyak Manfaatnya

Minum Anggur Putih (Ternyata) Juga Banyak Manfaatnya

Anggur putih memang dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik. Kandungan ini terbukti bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Meski memiliki banyak manfaat, namun ada beberapa batas konsumsi yang direkomendasikan. Untuk laki-laki, batas konsumsi alkohol maksimal yang dianjurkan perhari adalah dua gelas. Sementara itu, untuk perempuan adalah tidak lebih dari satu gelas. Biasanya, satu gelas anggur putih berisi kurang lebih 150 ml. Sehingga jika kamu mengonsumsi anggur putih sesuai dengan anjuran, kamu akan mendapatkan khasiat manfaat dari meminum anggur putih.

Baca juga: 7 Rekomendasi Menu Pizza Hut Delivery: Nikmati Kelezatan Pizza Hut dari Rumah!

Jika kamu suka minum anggur putih, tidak ada salahnya untuk menyimak artikel ini untuk mengetahui manfaat anggur putih lebih banyak lagi. Berikut beberapa manfaat anggur putih yang harus kamu ketahui.

anggur putih

Manfaat Anggur Putih

1. Meredakan stres

Antioksidan yang terdapat dalam segelas anggur putih tersebut dinilai dapat membantu meredakan stres. Kandungan ini terbukti dapat menurunkan produksi hormon stres yang ada dalam tubuh. Jika kamu saat ini sedang mengalami stres, mungkin kamu bisa membeli anggur putih untuk mendapatkan khasiat dari segelas minuman beralkohol ini.

2. Baik untung jantung

Selain itu, minuman beralkohol jika diminum dalam jumlah terbatas, sangat baik untuk kesehatan jantung. Minum beralkohol ini juga diperaya bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh seseorang. Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga menyebutkan dengan rutin mengonsumsi wine dalam jumlah terbatas berisiko lebih rendah meninggal dunia karena penyakit jantung atau stroke.

3. Mencegah alzheimer

Tidak hanya baik untuk jantung, anggur putih yang dilakukan pada hewan uji, polifenol atau senyawa antioksidan dinilai bisa menurunkan risiko seseorang terkena alzheimer. Alzheimer adalah jenis penyakit yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Gejala utamanya adalah hilang ingatan dan mengalami kebingungan bagi para penderitanya.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Minuman beralkohol ini mengandung asam kafeat, pada beberapa penelitian kandungan ini terbukti bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit ginjal. Bahkan jika dibandingkan dengan para peminum bir lainnya, orang yang gemar minum air putih dalam jumlah terbatas berisiko lebih rendah karena osteoartitis atau radang sendi dan tulang.

Meski manfaatnya terlihat menggiurkan, namun masih ada lagi banyak penelitian yang harus dilakukan untuk benar-benar memastikan hal tersebut. Sehingga, jangan sampai kamu mengabaikan dan malah mengonsumsi minuman beralkohol ini berlebihan untuk menyehatkan badan.

Source: pexels

Anggur Putih VS Merah

Dalam proses produksinya, anggur putih, kulit, biji, hingga batang anggur terlebih dahulu dibersihkan sebelum memasuki proses fermentasi. Sementara itu, pada proses pembuatan minuman anggur merah, kulit, bidi, dan batangnya ikut serta dalam proses fermentasi. Hal ini membuat anggur merah memiliki lebih banyak kandungan yang berasal dari kulit anggur, seperti tannin dan resveratrol. Namun pada anggur putih kedua kandungan ini tidak ditemukan.

Meski minuman beralkohol ini memang memiliki kandungan antioksidan dan beberapa nutrisi lain, jumlah tidak sebanyak anggur merah. Sehingga, jika pertanyaannya lebih baik anggur merah atau putih, jawabannya adalah merah. Meski begitu, tetap saja jangan menjadikan alasan ini sebagai dasar untuk mengonsumsi minumal alkohol banyak-banyak. Karena kerugiannya yang bisa kamu dapat juga sebanding dengan merugikan kesehatan.

Dampak buruk Anggur Putih

Jika tadi kamu sudah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari segelas anggur putih. Sayangnya terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa memberikan efek yang berbanding terbalik dari manfaatnya. Karena selain bisa menyebabkan kecanduan, konsumsi alkohol yang berlebihan dari rekomendasi yang seharusnya bisa menyebabkan aritmia atau gangguan irama jantung. Bahkan kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko seseorang terkena stroke.

Masalah lain seperti selain sirosis dan fibrosis hati, radang pankreas, dan kerusakan pankreas juga dapat terjadi. Terakhir, risiko kanker, terutama kanker hati, juga bisa meningkat pada orang yang kecanduan alkohol.

Harga Anggur Putih

Harga minuman beralkohol ini cukup bervariasi, salah satu yang paling terpopuler adalah Anggur Putih dari brand Orang Tua. Harganya terbilang cukup murah, di bawah Rp100.000, yaitu Rp60.000. Bahkan lebih hemat lagi jika kamu membelinya dalam jumlah yang lebih banyak atau selusin lewat e-commerce, yaitu Rp600.000. Atau, kamu juga bisa membelinya pada toko yang khusus menjual minuman beralkohol dan warung-warung kecil.

Sejarah anggur di Indonesia

Sejarah anggur di Indonesia tidak terlepas dari merek populer legendari Cap Orang Tua. Semuanya berawal dari Chandra Djojo negoro dan saudaranya yang memulai bisnis dengan berjualan anggur herbal di Semarang pada tahun 1948. Dua tahun kemudian, mereka mulai bekerja dengan keluarga Lum, NV Handel Maatshappij May Lian & Co. Mereka pun akhirnya bekerja sama dan membentuk merek orang tua di Semarang. Dari sana, perusahaan Orang Tua melakukan diversifikasi dan merek Amer mereka naik ke tingkat legenda karena semakin banyak orang menyebarkan kelezatan minuman rekreasi ini.

anggur putih

Source: unsplash

Seperti apa rasa Anggur Putih dan Anggur Merah?

Rasa Anggur Merah adalah campuran dari rasa alkohol yang dominan dan berasal dari fermentasi anggur kolesom; jadi akan terasa sedikit herbal dan sedikit seperti jamu. Selain itu, ada sentuhan sirup manis yang cukup dominan di Amer. Unsur sirupnya agak kental di rasa keseluruhan. Sementara itu, Anggur Putih terasa manis dengan aroma yang cukup khas dari alkohol. Anggur fermentasi ini membuat rasa manis dari anggur cukup dominan. Juga ada sentuhan sirup manis yang akan terasa pada after taste.

Baca juga: 10 Taman Piknik Jakarta yang Bisa Kamu kunjungi Pas Weekend

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

15 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Coba

15 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Coba

8 Fakta dan Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Pasir Putih PIK 2

8 Fakta dan Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Pasir Putih PIK 2

10 Restoran Baru di PIK dengan View Laut 2021

10 Restoran Baru di PIK dengan View Laut 2021

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *