Apa Itu Warteg?

Apa Itu Warteg?

Indonesia dikenal karena banyak hal. Salah satunya yang paling legendaris tentunya adalah makanan. Indonesia yang terletak di Asia Tenggara telah menjadi rumah bagi berbagai macam budaya yang berbeda. Bahkan, negara ini memiliki populasi yang sangat beragam yang terdiri dari banyak kelompok etnis yang berbeda, dengan lebih dari 633 kelompok etnis.

Tidak heran, makanan Indonesia sangat beragam dengan pengaruh dari berbagai budaya di seluruh dunia. Makanan-makanan di Indonesia dipengaruhi oleh masakan Belanda, Cina, Timur Tengah, dan India. Pengaruh-pengaruh ini yang membuat makanan Indonesia menjadi beragam mulai dari teknik memasak dan alat-alat yang digunakan, hingga rasa dan rempah-rempah eksotis yang digunakan dalam hidangan.

Tempat terbaik untuk menikmati makanan Indonesia adalah Warteg atau Warung Tegal. Warteg adalah kedai makanan yang menjual makanan dan minuman di sekitar jalan-jalan kota Jakarta dan lainnya, melayani populasi menengah dan berpenghasilan rendah di berbagai kota di Indonesia.

Sejarah Singkat Warteg

Tidak ada yang tahu pasti kapan warteg didirikan di Jakarta. Beberapa orang percaya bahwa pertama kali warteg hadir di Ibu Kota antara tahun 1950 sampai 1960. Masa-masa ini merupakan periode emas ketika Jakarta mengalami  perkembangan pesat. Hal ini kemudian menarik perhatian orang-orang dari pedesaan, termasuk warga Tegal, Jawa Tengah yang mendorong mereka untuk mencoba peruntungan di ibukota dan bekerja sebagai buruh bangunan. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang Tegal yang sudah berada di Jakarta untuk menyediakan makanan yang cukup terjangkau bagi para pekerja bangunan tersebut.

Makanan dan minuman yang disajikan di warteg biasanya sederhana, serta melayani keinginan warga untuk berbagai makanan gurih, pedas, dan manis. Biasanya makanan warteg disajikan lengkap dengan nasi putih serta minuman manis. Hidangan-hidangannya pun sederhana seperti mie instan, nasi goreng, ayam goreng, dan tahu yang disajikan dengan teh, kopi, atau air jeruk nipis. Beberapa hidangan lainnya seperti seperti sate, rendang daging sapi, ayam gulai, dan ikan pepes, terdapat di menu, bersama dengan sayuran tumis pedas, dan beraneka sup.

Tantangan Warteg di Jakarta

Saat ini ada 34.000 warteg yang menjamur di perkotaan Jakarta yang dicatat oleh asosiasi warteg; ribuan lainnya berjejer di jalan-jalan Jakarta yang tidak tercatat oleh institusi pemerintah maupun asosiasi swasta.

Banyak pemilik warteg berusia antara 49 hingga 60 tahun. Sangat sedikit generasi muda yang tertarik untuk membuka dan menjalankan bisnis warteg. Banyak anak muda yang berpendapat bahwa warteg berada di tempat yang panas dan kurang menjaga kebersihan. Selain itu, perkembangan teknologi juga ikut membuat generasi milenial lebih memilih mengunakan layanan pengiriman makanan seperti Go Food dan Grab Food.

Bangkitnya Warteg Modern

Warteg konvensional biasanya hanya dilengkapi dengan bangku kayu dan meja untuk pelanggan. Selain itu, warteg konvensional pun dapat memberikan suasana yang nyaman dan harga yang relatif terjangkau. Berbeda dengan yang konvensional, warteg modern terletak di pusat perbelanjaan, menyediakan area yang luas dan bersih dengan lebih banyak fasilitas untuk ditawarkan, seperti Wi-Fi, dan AC.

1. Mbok Ndoro

inside of Mbok NdoroMbok Ndoro

Berlokasi di M Bloc Space, Mbok Ndoro menawarkan pengalaman yang bermanfaat tentang apa itu warteg modern. Nama tempat ini disesuaikan dengan unsur “pedesaan” yaitu Mbok Ndoro. Yang berarti Mbok adalah istilah yang berarti ‘ibu’ dalam bahasa Jawa. Sementara Ndroro berarti ‘tuan’ atau ‘nyonya’ sehingga Mbok Ndoro digambarkan sebagai Wanita Terhormat.

Dengan desain tempatnya yang seperti rumah sederhana, menggunakan warna kuning dan putih pada tembok, Mbok Doro menghadirkan beragam makanan rumah khas Jawa Tengah, seperti bakmi Jawa, sego goreng, mie lethek, pepes tahu, oseng tahu sawi, cumi asin cabe ijo, oseng tumpang, dan oseng mercon.

Lokasi: RT.1/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Jam Operasional: 11.00 am- 11.00 pm

Instagram: @mbok.ndoro

Baca Juga : Indonesian Traditional Foods You Can Find in Jakarta

2. Alkisah

view of AlkisahAlkisah

Tempat ini berlokasi di Jl. Guru Mughni, Karet, Jakarta Selatan. Tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat ini, karena jika kamu melihatnya, kamu akan langsung terpana oleh keunikan bentuk dan warna rumah yang berbeda dari yang lain.

Alkisah terlihat sangat menyenangkan dan ceria karena nuansa dan ornamen dari action figure, serta papan permainan yang ditampilkan di rak di tengah ruangan. Di sudut ruangan, ada juga mesin dingdong. Selain ruang makan dalam ruangan, terdapat pula bagian halaman belakang luar.

Jangan lupa untuk memeriksa menu reguler yang selalu diperbarui pada Instagram setiap hari, atau kami sarankan mencicipi menu khusus seperti mie sehat shirataki, nasi ayam gandum, nasi campur jawa, dan nasi langgi.

Lokasi: Jl. Guru Mughni No.55, RT.1/RW.3, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930

Jam Operasional: 08.00 pagi – 10.00 Malam (Senin-Sabtu), 08.00 pagi – 05.00 sore (Minggu)

Instagram: @alkisah.rasa

3. Ruma Eatery

inside of Ruma EateryRuma Eatery

Ruma eatery merupakan harta karun tersembunyi di daerah Kebayoran Baru. Meskipun sekilas terlihat seperti kedai kopi, restoran ini menawarkan konsep makanan Indonesia seperti di dalam warteg. Selain itu, tempat ini menyajikan meja prasmanan di mana orang-orang tinggal mengambil mana makanan yang disukai.

Pastikan untuk mencicipi menu khas mereka seperti nasi daun jeruk, oseng jagung buncis, empal manise, dan ayam panggang suwir dan jika Kamu ingin istirahat di siang hari, berbagai macam kue dan kopi yang mereka sajikan juga layak untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Cipaku I No.16A, RT.1/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170

Jam Operasional: 09.00 Pagi – 09.00 Malam

Instagram: @rumaeatery

Jadi, kalau kamu sedang berada di daerah Jakarta dan melihat tempat – tempat diatas, pastikan untuk berkunjung! Warteg akan memberikan pengalaman terbaik untuk mencicipi beragam makanan khas Indonesia!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *