Workation: Istilah Baru untuk Bekerja Sambil Liburan

Workation: Istilah Baru untuk Bekerja Sambil Liburan

Pernah mendengar istilah workation? Mungkin beberapa di antara kalian masih terdengar baru mendengar istilah yang satu ini. Istilah ini mulai terkenal di masa pandemi. Selama beberapa bulan terakhir di masa pandemi, kita sudah mendengar banyak istilah-istilah baru lain. Misalnya, seperti Work From Home (WFH), Work From Office (WFO), New Normal, dan masih banyak lagi yang lain.

Namun, terlalu lama WFH membuat kita kurang berinteraksi dengan orang lain, jam kerja yang tidak mengenal waktu, dan lingkungan sekitar yang berisik membuat pekerja semakin mudah tertekan sejak WFH. Sebuah platform ketenagakerjaan Monster menunjukkan bahwa 69% karyawan mengalami “burnout”, alias kelelahan psikis, selama WFH.

Sewa villa di Bali untuk workation kamu di sini

Meskipun telah membuat ruang kerja senyaman mungkin di rumah, tentu saja para pekerja butuh perubahan adaptasi suasana untuk meningkatkan produktivitas kerja. Untuk itu, ada konsep bekerja workation yang bisa menjadi alternatif cara kamu bekerja. Yuk, kita kupas tuntas tentang Workation!

Apa itu Workation?

workation

sumber: pexels

Workation adalah sebuah kombinasi dari bekerja dan berlibur di saat yang bersamaan. Mengutip dari Holidu UK, liburan yang dimaksud adalah liburan sambil bekerja secara remote. Kamu dapat merasa lebih santai dan merasakan suasana berbeda dengan WFH.

Konsep ini sudah mulai muncul pasca-pandemi virus Covid-19. Beberapa orang sudah memilih untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum melakukan workation. Mulai dari biaya bulanan apartemen, biaya makan dan minum, kondisi cuaca, hingga kecepatan internet. Jangan sampai ketika kamu sedang bekerja malah terhalang dengan jaringan internet yang kurang stabil.

Menurut JapanForward, workation dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi “kaburnya” pegawai, dan menawarkan gaya kerja yang menyenangkan. Hal ini sekaligus memberikan keuntungan untuk destinasi wisata domestik.

Sejujurnya, workation bisa membuat kita semakin malas bekerja, tetapi konsep ini cukup menggiurkan. Berkat adanya workation, istilah work from home bisa kamu ganti menjadi work from beach, work from mountain, atau work from hotel. Menyenangkan sekali, bukan?

Tips Workation di Masa Pandemi

Nah, agar kamu dan para pekerja merasa nyaman selama workation, ikuti 4 tips mudah di bawah ini, ya!

Patuhi Protokol Kesehatan

facetime

sumber: pexels

Dimana pun kamu berada, tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, jika hendak ke toilet jangan lupa membawa disinfektan yang mengandung alkohol agar keadaan toilet tetap bersih.

Bawa Semua Perlengkapan Kerja

gadgets

sumber: pexels

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Ketika merencanakan untuk workation, pastikan semua kebutuhan kerjamu sudah kamu simpan semua di dalam tas. Hendaknya, laptop, charger laptop, dan semua barang yang berkaitan dengan pekerjaan diletakkan di dalam wadah yang sama.

Hal ini akan memudahkan kamu dalam mencari dan menggunakan perlengkapan kerja. Tidak mau dimarahi oleh bos, kan, kalau alasan lupa bawa laptop?

Hindari Tempat Ramai

workation

sumber: pexels

Biasanya cafe juga menjadi tujuan pilihan ketika workation. Jika tempat tersebut cukup ramai, sebaiknya tunggu terlebih dahulu hingga situasi agak sepi. Tapi jika perut sudah tak bisa kompromi, mintalah seorang perwakilan dari rombongan untuk memesan makanan atau pesan secara delivery. Ingat, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Jangan sampai lengah!

Buang Sampah pada Tempatnya

rubbish bin

sumber: pexels

Biasanya ketika melakukan perjalanan darat, tempat sampah menjadi bagian yang tidak bisa diabaikan. Ketika tiba di rest area, segera buang sampah yang ada dalam kendaraan ke tempat yang telah disediakan. Setelah itu, bersihkan kembali wadah sampah yang ada dalam kendaraan dengan alkohol.

Baca juga: Panduan Lengkap Untuk Sewa Kamar di Bali

Berwisata di tengah pandemi bukanlah hal yang menakutkan, asalkan selalu patuh pada protokol kesehatan. Selain kebersihan objek wisata, kesehatan pribadi selama berwisata adalah hal yang perlu dijaga.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu workation? Tertarik untuk melakukan aktivitas tersebut di Bali? Yuk, segera sewa villa bersama Flokq!

KLIK DI SINI UNTUK SEWA VILLA DI BALI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

Panduan Lengkap Harga dan Menu McDonald’s: Memanggil Pecinta Burger untuk Mencoba 10 Rekomendasi Burger McDonald’s

Panduan Lengkap Harga dan Menu McDonald’s: Memanggil Pecinta Burger untuk Mencoba 10 Rekomendasi Burger McDonald’s

10 Rekomendasi Menu Solaria Terbaik yang Harus Anda Coba!

10 Rekomendasi Menu Solaria Terbaik yang Harus Anda Coba!

Mengenal AREBI, Organisasi Broker Properti di Indonesia

Mengenal AREBI, Organisasi Broker Properti di Indonesia

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *