10 Aplikasi Sepeda Gratis Terbaik untuk Kamu

App atau Aplikasi pada sepeda sekarang bukan hanya menjadi solusi bagi kamu yang ingin upgrade pengalaman olahraga sehari-hari, namun sudah menjadi pendamping wajib penggiat sepeda. Apalagi sekarang ada banyak pilihan aplikasi sepeda yang tersedia di smartphone-mu, baik iOS dan Android.Dengan menggunakan aplikasi sepeda, kamu bisa menggunakan segala fitur yang ditawarkan.

Mulai dari GPS Tracking agar tidak perlu berhenti untuk melihat arah tujuan perjalanan, hingga pencatatan rekam jejak bersepeda dan bahkan kamu dapat bisa saling membagikan hasil perjalananmu dengan teman-teman melalui media sosial. Selayaknya aplikasi di smartphone layanan yang ditawarkan ada yang bersifat berbayar dan gratis. Namun tidak perlu khawatir, Flokq sudah menyiapkan 10 aplikasi sepeda gratis terbaik buat kamu! Jadi tidak perlu lagi harus membayar biaya langganan.

1. Strava

aplikasi sepeda Strava
Source: portalsepeda.com

Strava adalah alat pengukur jarak tempuh sepeda, mengukur ketinggian, mengukur kalori yang terbakar. Selain itu, kamu dapat membuat rute sepeda (Route Builder), melihat rute yang telah dijalani pengguna Strava lainnya beserta datanya (Segments), dan melihat orang yang sedang memakai Strava di peta. Strava merupakan aplikasi sepeda paling popular di kalangan pesepeda. Selain untuk bersepeda, Strava juga dapat digunakan untuk olahraga lainnya.

Kamu dapat memposting aktivitas Strava ke media sosial, mem-follow dan melihat perjalanan teman. Bahkan, terdapat layanan leaderboard untuk membandingkan perjalananmu dengan temanmu sebagai motivasi serta untuk berinteraksi dengan sesama penggiat sepeda. Aplikasi ini dianggap sebagai aplikasi terbaik dan tersedia secara gratis. Meskipun terbatas di beberapa fitur, namun cukup untuk perjalanan sepedamu. Fitur berbayar di Strava dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu Training, Safety, dan Analysis, mulai dari 59 ribu per bulan.

Cara menggunakan Strava cukup mudah, setelah mengunduh aplikasinya di ponselmu, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Strava memerlukan koneksi internet dan GPS, agar bisa menganalisa, dan menyimpan data untuk rekam jejak bersepedamu. Tekan “Start” saat hendak memulai olahraga dan tekan “Finish” setelah selesai. Saat menggunakan Strava, kamu dapat melihat peta, jarak, waktu dan kecepatan pada ponsel.

2. Relive

aplikasi sepeda Relive
Source: klinikit.id

Aplikasi sepeda selanjutnya adalah Relive. Kelebihan utama yang ditawarkan Relive yaitu mampu mengubah rute bersepedamu menjadi video story bersifat 3 Dimensi (3D). Cara menggunakan aplikasi Relive adalah cukup dengan mengunggah data aktivitas bersepedamu, kemudian Relive akan merubah data tersebut tadi menjadi sebuah video 3D. Hasil yang didapat dari Relive terlihat fantastis karena kamu akan merasa diikuti oleh kamera dari udara.

Relive tersedia secara gratis dan tetap memungkinkan bagi kamu membuat video story 3D landscape, memasukkan foto, membuat highlights, dan berbagi hasil ke sosial media. Untuk versi berbayar atau premiumnya, fitur yang ditawarkan adalah menambahkan musik, video interaktif yang lebih detail, menggabungkan dengan video lama, menambah sampai 50 foto, dan aktivitas yang lebih panjang sampai 10 jam.

3. Komoot

aplikasi sepeda Komoot
Source: kaskus.co.id

Aplikasi sepeda ketiga adalah Komoot yang berfungsi sebagai perencana rute. Bila kamu membuat rute melalui aplikasi Komoot, kamu dapat melihat jarak, jalan yang akan dilalui, profil jalan, tingkat kesulitan rute, hingga kondisi tubuh yang diperlukan. Komoot dikenal sebagai aplikasi yang menyusun rute yang lebih ramah untuk pesepeda.

Cara menggunakan aplikasi Komoot cukup dilakukan dengan menentukan titik awal dan akhir pada peta. Kamu juga bisa menggunakan referensi rute, seperti taman, restoran dan berbagai fasilitas umum lainnya. Aplikasi sepeda Komoot memungkinkan bagi kamu memasukkan informasi mengenai kemampuan fisik dan kondisi tubuhmu, sehingga Komoot akan mempertimbangkan waktu dan jarak tempuh terbaik bagi kamu.

Komoot dapat diunduh secara gratis dan digunakan secara offline. Aplikasi sepeda ini juga akan memberikan peringatan suara pada saat penggunannya. Menggunakan rute dari Komoot pada perangkat lain juga dimungkinkan, seperti Apple watch, Samsung Gear, Wahoo, dan Garmin. Komoot juga memiliki fitur untuk berbagi rute serta mengajak teman kamu untuk ikut dalam rute yang kamu buat.

4. Cyclemeter

aplikasi sepeda Cyclemeter
Source: apkpure.com

Cyclemeter adalah salah satu aplikasi sepeda yang cocok bagi kamu yang menyukai data dan analisis. Cyclemeter menampilkan data, grafik, tabel dan statistik. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Fitur yang ditawarkan oleh Cyclemeter cukup lengkap, mulai dari peta, interval, zona, hingga latihan yang dapat mendukung perjalanan bersepeda kamu. Aplikasi sepeda Cyclemeter memungkinan kamu untuk menghentikan recording data hanya dengan menggunakan remote headset.

Untuk menggunakan Cyclemeter, kamu tidak perlu melakukan pendaftaran melalui website, serta tidak ada area member di websitenya. Semua data akan tersimpan di smartphone dan cloud. Cara menggunakan Cyclemeter sangat mudah, ketika kamu mengakses aplikasi tersebut, Cyclemeter akan menyusun data preferensi rute, monitor statistik, waktu tersisa dan jarak. Kamu bisa menyetel penanda suara untuk memulai dan menghentikan kegiatan bersepeda.

Sama seperti beberapa aplikasi sepeda lainnya, Cyclemeter juga dapat digunakan sebagai media sosial untuk berbagi hasil bersepeda kamu melalui Facebook, Twitter dan bebera aplikasi lainnya. Kamu juga dapat mendengar komentar dari teman-teman di media sosial lewat remote earphone.

Orang-orang juga membaca Aplikasi untuk Olahraga di Rumah

5. Google Maps

google maps
Source: hai.grid.id

Aplikasi sepeda satu ini tentu sudah familiar bagi kamu semua. Selain sebagai penunjuk arah bagi mobil dan sepeda motor, kini Google Maps mepunyai fitur jalur sepeda. Cara menggunakan Google Maps pun paling mudah bila dibandingkan dengan aplikasi sepeda lainnya. Kamu hanya perlu menentukan titik tujuan dan Google Maps akan menampilkan rutenya.

Kelebihan Google Maps sebagai aplikasi sepeda adalah fitur navigasi yang disediakan Google Maps merupakan yang terbaik. Google Maps sangat bisa diandalkan untuk melihat jarak, kondisi kemacetan jalan, dan jalan pintas. Selain itu, kini Google Maps memungkinkan penggunanya untuk melihat area menarik seperti café, tempat wisata, restaurant, museum dan lain-lain. Google maps juga dapat digunakan secara offline, yaitu dengan menyimpan peta atau rute dalam memori ponsel dan akan bisa digunakan meski tanpa internet.

6. Map My Ride

aplikasi sepeda Map My Ride
Source: apkpure.com

Aplikasi sepeda Map My Ride dapat digunakan untuk mencatat dan menganalisa perjalanan bersepeda kamu, juga dapat digunakan untuk kegiatan berlari, gym serta olahraga lainnya. Fitur lain yang ditawarkan Map My Ride adalah feedback suara, dengan fitur ini smartphone kamu akan memberitahu mengenai jarak, ketinggian pace dan rute. Selain leaderboard dan fitur kompetisi, tersedia juga sistem point pada setiap rute yang diselesaikan serta record waktu.

Map My Ride dapat diunduh secara gratis, namun pada versi berbayar akan memiliki kelebihan berupa tidak adanya iklan, analisa heart rate, plan training dan live tracking. Versi berbayar Map My Ride mulai dari 79 ribu per bulan. Kamu dapat merancang rute sendiri atau rute yang sudah dipakai umum. Aplikasi sepeda ini juga memungkinkan untuk kamu share hasil bersepeda ke Facebook dan Twitter. MapMyRide juga ada komunitasnya jadi kamu bisa share hasil bersepeda kamu dengan yang lain.

7. Runtastic Road Bike

aplikasi sepeda runtastic road bike
Runtastic Road Bike

Runtastic Road Bike menawarkan fitur seperti tracking, alat pengukur jarak tempuh sepeda, heart rate, analisis data dan berbagi hasil ke sosial media. Fitur lain dari aplikasi ini adalah peta offline yang dapat diakses tanpa internet. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dan peta offline dapat digunakan dengan menentukan peta terlebih dahulu sebelum kehilangan internet. Sehingga kamu tetap bisa melihat posisi pada peta, kecepatan, jarak, waktu dan kalori. Versi berbayar dari aplikasi ini juga memungkinkan untuk fitur peta offline dengan harga mulai dari 59 ribu rupiah.

Secara teknis, Runtastic Road Bike telah menampilkan rute, grafik serta data yang mumpuni dan dapat diandalkan untuk memaksimalkan pengalaman bersepeda kamu. Tampilan aplikasi juga terlihat bersih tanpa banyak iklan dan popup, dan pemakaian warna pada grafik dan peta yang menarik. Tersedia pula aplikasi lain dari Runtastic yang khusus untuk sepeda gunung, yaitu aplikasi yang berguna jika dipakai pada jalur off road.

8. Endomondo

aplikasi sepeda Endomondo
Endoondo

Endomondo merupakan salah satu aplikasi sepeda yang menyediakan fitur perekaman, training, analisa, bahkan media sosial karena dapat berbagi hasil ke Facebook dan Twitter. Endomendo juga dapat digunakan untuk berbagi dan berkompetisi dengan teman. Tidak hanya untuk bersepeda, aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai jenis olahraga lainnya. Endomendo dapat diunduh secara gratis dengan fitur yang mumpuni.

Cara menggunakan Endomendo sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih olahraga yang akan kamu lakukan, kemudian kamu mengatur goal atau tujuan dari olahraga tersebut, dan Endomondo akan memberi arahan sesuai tujuan kamu. Kelebihan Endomondo adalah jika kamu melakukan banyak aktivitas, analisa yang diberikanpun lebih baik dan berguna. Aplikasi ini juga menyimpan data dari aktivitas, sehingga memudahkan untuk melihat progress dari aktivitasmu.

9. First Aid for Cyclist

First Aid for Cyclist
Source: cyclingweekly.com

Aplikasi sepeda tidak terbatas pada aplikasi sebagai alat pengukur jarak tempuh, penyedia rute perjalanan, serta data dan grafik lainnya. Salah satu aplikasi yang penting bagi para pesepeda adalah First Aid for Cyclist di-release pada 2014 oleh St. John Ambulance. Fitur utama dari aplikasi ini adalah informasi mengenai cara penanggulangan kecelakaan yang terjadi pada pesepeda. First Aid for Cyclist dinilai sangat penting dan informatif serta berguna bagi semua pesepeda.

Bagi kamu yang merupakan penggiat sepeda, harus mengerti tentang pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan, baik yang bersepeda sendiri maupun secara berkelompok. Aplikasi ini dibuat khusus untuk kecelakaan-kecelakaan yang sering dialami oleh pesepeda, dibuat oleh dan dari sumber yang terpercaya. Tampilan pada setiap instruksi penanganan juga cukup sederhana dan mudah dimengerti, dengan bantuan gambar dan langkah-langkah secara berurutan.

10. Road ID

aplikasi sepeda Road iD
Source: sepeda.me

Road iD juga merupakan aplikasi sepeda yang penting, karena Road iD memberikan data berupa real time GPS tracker yang berguna untuk melacak pengguna secara real time. Apabila kamu hendak melakukan aktivitas seperti bersepeda, mendaki, berlari atau kegiatan luar ruangan lainnya, sangat disarankan untuk menggunakan Road iD agar keberadaanmu dapat terlacak.

Kelebihan lain yang ditawarkan Road iD adalah fitur-fitur yang berguna bagi keselamatan pengguna. Antara lain fitur “Stationary Alert”, yang mampu mengirim peringatan kepada kontak yang dipilih jika pengguna berhenti lebih dari 5 menit. Kemudian, “Lock Screen Emergency Notification” yang memungkinkan untuk meninggalkan pesan pada lockscreen smartphone kamu untuk menghubungi orang jika terjadi kecelakaan. Bila kamu mengunci smartphone-mu dengan kata sandi, fitur ini dapat memberi informasi mengenai kontak darurat yang bisa dihubungi.

Itu dia 10 aplikasi sepeda terbaik menurut Flokq yang kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Apakah ada aplikasi yang kamu sudah familiar? Bagikan dengan kami di kolom komentar, ya!

Lanjut baca tentang Rute Bersepeda Terbaik di Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *