5 Aplikasi Transportasi Umum Terbaik di Jakarta

Naik kendaraan umum ke mana pun di Jakarta bisa jadi pilihan yang tepat untukmu, terlebih ketika dipadukan dengan aplikasi transportasi umum. Lebih efisien, efektif, dan juga lebih murah. Tak hanya nyaman dari segi fasilitas, penggunaan angkutan umum seperti kereta api, subway, bus, atau metro juga terbilang lebih cepat dibandingkan kendaraan pribadi. Namun, karena mempunyai lebih dari 50 stasiun kereta, lebih dari 100 rute bus, dan ratusan jalur lalu lintas di seluruh area, perjalanan menjadi tidak mudah di kota metropolitan yang ramai ini.

Untungnya, ada beberapa aplikasi luar biasa yang memiliki hak istimewa untuk mempermudah kehidupan perjalananmu, tetapi hanya sedikit. Dengan sedikit bantuan dari 5 aplikasi transportasi umum ini, Kamu akan bisa pergi kemana-mana sesuai dengan rute. Kami telah mempersempit daftarnya menjadi 5. Aplikasi ini adalah aplikasi-aplikasi yang biasa digunakan oleh warga Jakarta. Lihat daftar berikut dan unduh di smartphone-mu!

Baca juga tentang Pilihan Transportasi Umum di Jakarta

1. Trafi

trafi aplikasi transportasi umum jakarta

Trafi merupakan aplikasi digital sebagai penyedia informasi angkutan umum terlengkap. Aplikasi ini resmi menjadi partner aplikasi Jakarta Smart City dan aplikasi pendukung busway TransJakarta. Melalui kerjasama ini, kamu bisa mengetahui jadwal dan perkiraan keberangkatan bus TransJakarta secara real-time.

Selain itu, Trafi juga menjalin kerja sama dengan Jakarta Smart City dalam hal berbagi data. Data tersebut digunakan untuk menganalisis pola transportasi yang digunakan untuk pengembangan kebijakan dan perencanaan Jakarta lebih lanjut.

Trafi dapat diunduh secara gratis di Google Play dan App Store. Aplikasi Trafi ini memiliki 82 informasi trayek TransJakarta. Selain itu juga memberikan informasi layanan angkutan umum lainnya seperti Mayasari Bakti, Damri, Kopaja, Metromini, termasuk Microbus juga di dalam aplikasi ini. Bahkan itinerary dan rute commuter line juga tersedia di aplikasi Trafi. Tak hanya itu, Trafi memasukkan informasi layanan transportasi online, seperti Grab dan Go-Jek.

2. KRL Access

krl access public transportation apps jakarta

KRL Access

Kini, Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line sangat membantu warga Jakarta untuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Meski bisa mengantarkan kami dengan cepat, terkadang jadwal KA commuter line seringkali tidak tepat waktu. Hal itulah yang membuat kamu harus mengunduh aplikasi KRL Access untuk mengetahui jadwal lengkap dengan posisi KA commuter line. Aplikasi ini resmi dibuat oleh PT Kereta Commuter Line Indonesia dan tersedia di Google Play dan App Store. Pastinya adalah salah satu aplikasi transportasi umum terbaik di Jakarta!

Pada halaman utama Aplikasi Akses KRL, pengguna akan disuguhkan berbagai berita terkini seputar KA komuter lengkap dengan informasinya. Selanjutnya terdapat menu utama seperti Posisi Kereta Api, Jadwal & Rute, Tarif, Peta Rute, dan lain sebagainya. Menariknya, informasi yang disajikan pada menu Posisi Kereta Api ini bersifat real-time sehingga selalu update. Sedangkan untuk menu Jadwal & Rute, pengguna cukup memasukkan nama stasiun dan rentang waktu yang diinginkan.

Orang juga membaca tentang Sarana Transportasi Terjangkau di Jakarta

3. MRT-J

MRT Jakarta
MRT Jakarta

Di Jakarta, kini kamu bisa merasakan angkutan umum baru yaitu MRT (Mass Rapid Transit) dari Lebak Bulus ke Bundaran HI. Mekanisme MRT sedikit berbeda dengan angkutan umum yang ada, contohnya KA commuter line. PT MRT Jakarta menyediakan aplikasi untuk pengguna Android dan iPhone yang disebut “MRT-J” sebagai panduan bagi pengguna MRT untuk menentukan perjalanannya. Fitur dalam aplikasi ini antara lain adalah navigasi ke stasiun MRT terdekat, rute dari stasiun MRT, informasi durasi perjalanan, station roaming, serta tenant di stasiun tersebut. Ini tersedia di Google Play dan App Store. Selain info tentang MRT Jakarta, di aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan merchandise resmi MRT Jakarta. Keren kan?

4. Moovit

moovit aplikasi transportasi umum jakarta

Moovit adalah aplikasi untuk merencanakan perjalanan menggunakan transportasi umum dan memilih rute termudah atau tercepat, dengan pembaruan sistem bus dan kereta bawah tanah secara real-time.

Menggunakan Moovit sangat mudah, kamu hanya perlu menentukan titik awal (biasanya merupakan lokasimu saat itu) dan titik akhir (tujuan perjalanan). Sebentar lagi, aplikasi ini akan menampilkan semua rute yang bisa digunakan untuk menghubungkan kedua titik tersebut. Beberapa rute mungkin menawarkan perjalanan jarak jauh atau lebih banyak pergantian kendaraan. Artinya ada rute yang lebih cepat atau ada rute yang lebih mudah untuk ditempuh. Setelah memilih rute, kamu bisa melihatnya di peta. Menggeser bagian bawah layar dari kiri ke kanan akan menunjukkan berbagai bagian perjalananmu.

Moovit adalah alternatif yang sangat baik untuk Google Maps dan memiliki fitur-fitur menarik, seperti pemberitahuan real-time tentang perubahan informasi lalu lintas. Kamu juga bisa membagikan rute terbaik dengan komunitas di dalamnya sehingga pengguna lain juga dapat menggunakannya. Tersedia di Google Play dan App Store

5. TiJeKu

tijeku aplikasi transportasi umum jakarta
PT Transportasi Jakarta

TiJeKu adalah aplikasi resmi TransJakarta untuk mengetahui semua informasi resmi dari TransJakarta. Tidak hanya sebagai aplikasi untuk membantu pelanggan, TiJeKu juga akan mendekatkan pelanggan dengan TransJakarta. Mulai dari informasi rute, posisi bus halte, jenis layanan, pembukaan layanan baru, dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan di TiJeKu.

Selain itu, pelanggan dapat mendaftarkan kartu pembayaran elektroniknya di aplikasi dengan memasukkan nomor kartunya melalui fitur Kartuku. Sebelum melakukan registrasi kartu elektronik, pelanggan diharuskan membuat akun TiJeKu yang membutuhkan alamat email pelanggan untuk registrasi.

Pelanggan juga dapat menanyakan informasi tentang TransJakarta secara real-time melalui fitur “Tanya TiJe”. Informasi Wi-Fi di bus bersama dengan kata sandi juga dapat diketahui dari aplikasi TiJeKu. Tersedia di Google Play dan App Store.

Itu dia! Pastikan untuk punya 5 aplikasi transportasi umum agar mudah bepergian selama di Jakarta.


Jangan lupa baca tentang Bahasa Indonesia 101: Transportasi Umum

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *