Arak Bali: Semua Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Arak Bali

Arak adalah salah satu jenis minuman keras atau minuman beralkohol yang umumnya diproduksi di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Arak terbuat dari fermentasi nira mayang kelapa, tebu, biji-bijian atau buah, bergantung pada negara atau wilayah asalnya. Arak sudah cukup populer di Indonesia. Bahkan, salah satu jenisnya yaitu arak bali, sudah dianggap legal dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali.

Arak di Beberapa Negara

Tidak hanya tersedia di Indonesia seperti arak bali, arak juga dapat ditemukan di beberapa negara lainnya, dan memiliki keunikan masing-masing.

Filipina

Arak Filipina dibuat menggunakan bahan utama yaitu nira mayang kelapa yang belum terbuka. Arak Filipina dinilai sangat kuat karena memiliki kandungan alkohol khas yaitu 40% sampai 45% ABV setelah satu siklus distilasi (penyulingan). Kemudian dapat mencapai 83% ABV setelah distilasi kedua. Arak di Filipina dianggap sebagai minuman beralkohol buatan sendiri, dan disajikan murni atau dapat juga dibumbui dengan kismis.

Sri Lanka

Arak Sri Lanka dibuat dengan proses fermentasi dan distilasi nira mayang yang belum terbuka. Proses fermentasi arak Sri Lanka dilakukan dengan cara dibiarkan dalam tong sampai kadar alkohol mencapai 5% sampai 7% dan siap untuk distilasi. Arak Sri Lanka memiliki kandungan alkohol 20% sampai 40% dari proses distilasi pertama. Kemudian meningkat menjadi 60% sampai 90% pada distilasi kedua. Kebanyakkan orang menggambarkan rasa arak Sri Lanka sebagai perpaduan dari wiski dan rum.

Arak Bali

Arak Bali
Arak Bali

Arak yang terkenal di Indonesia adalah arak bali. Minuman beralkohol ini dibuat dari fermentasi nira kelapa. Ada juga yang dibuat dari fermentasi beras merah. Proses pembuatannya biasanya masih tradisional dan dilakukan di kawasan perdesaan. Kadar alkohol arak cukup bervariasi, yakni 15-20% dan ada juga yang memiliki kadar alkohol 40%. Meski demikian, arak bali dianggap sebagai minuman tradisional dan berguna bagi pengobatan tradisional.

Sejarah Arak Bali

Arak bali menjadi salah satu jenis minuman yang sangat khas dengan budaya Bali. Keberadaannya tidak hanya sebagai minuman penghangat badan, tetapi juga sebagai bagian dari sarana upacara keagamaan. Selain itu, arak bali dikenal pula sebagai salah satu oleh-oleh yang menarik. Salah satu merek arak bali yang sangat terkenal adalah Dewi Sri. Memulai proses produksi sejak tahun 1968, Dewi Sri disebut sebagai pelopor produsen professional.

Sejarah Arak Bali Dewi Sri

Tradisi minum arak sudah lama dikenal oleh masyarakat Bali. Sayangnya, dahulu terdapat banyak produk arak yang ternyata berbahaya bila dikonsumsi. Bahkan, berujung pada kematian hanya karena menikmati seteguk arak. Hal ini kemudian membuat I.B. Gotama berinisiatif untuk mendirikan pabrik yang profesional. Gotama menerapkan standar operasi yang jelas dalam proses produksi. Penggunaan nama Dewi Sri merupakan bentuk penghormatan kepada Dewi Sri yang dikenal sebagai nama Dewi Kesuburan dan kemakmuran dalam kepercayaan agama Hindu.

Arak bali Dewi Sri melakukan proses penyulingan secara hati-hati dan cermat. Proses penyulingan dilakukan untuk melepaskan kandungan gula yang ada dalam beras dan menciptakan alkohol. Proses penyulingan dilakukan dengan menggunakan logam tembaga Spanyol. Penggunaan logam ini membantu dalam menghilangkan senyawa sulfur yang tercipta secara natural pada proses distilasi.

Baca juga tentang Panduan Lengkap Alkohol Khas Indonesia

Merek Arak Bali Terkenal

Arak Bali kini dianggap legal dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali. Berikut rekomendasi merek yang terkenal yang dapat kamu beli sebagai buah tangan dari Bali.

Arak Bali Dewi Sri

arak bali Dewi Sri
Source: kulkulbali.co

Sebagai merek arak bali yang paling terkenal dan legendaris, rasanya saying bila melewatkan kesempatan membeli Dewi Sri ketika berkunjung ke Bali. Harga Dewi Sri cukup bervariasi. Sebotol arak Dewi Sri berukuran 680 ml biasa dipasarkan dengan harga mulai dari Rp250.000 sampai dengan Rp300.000

Arak Bali Legong

Merek Legong
Source: arakbrembali.com

Salah satu merek arak bali terkenal lainnya adalah Legong. Harga yang dibandrol untuk sebotol arak Legong berukuran 680ml adalah di kisaran harga Rp170.000 sampai Rp180.000

Arak Bali Cap Pura

 cap pura
Source: cocoonline.co.id

Satu lagi rekomendasi merek arak bali yang terkenal adalah cap Pura. Arak bali Merek ini menyediakan pula arak yang berasal dari fermentasi beras ketan. Harga jual dari cap Pura untuk ukuran 680ml berkisar antara Rp130.000 sampai Rp160.000

Tempat untuk Membeli Arak Bali

Tradisional

Beberapa tempat yang memproduksi dan menjual arak bali antara lain wilayah Karangasem, antara lain di kawasan desa Sidemen dan desa Merita kecamatan Abang. Harga jual yang dibandrol di wilayah tersebut tentunya berbeda-beda, sesuai dengan kadar alkoholnya. Harga jualnya saat ini untuk arak murni (kelas II) berkisaran di harga Rp 25.000 – 40.000/botol/600 ml, sedangkan harga untuk arak cocktail berkisaran  Rp 25.000 – 40.000/botol/600 ml. Harga tersebut berbeda-beda tergantung kandungan alkohol arak tersebut, semakin rendah kadar alkoholnya maka harga semakin murah, begitu juga sebaliknya.

Online

Bila kamu belum sempat mengunjungi Bali, namun kamu ingin mencoba merasakan arak bali, kini kamu dapat dengan mudah melakukan pembelian secara online melalui e-commerce atau situs-situs jual beli secara online. Harga yang terdapat di e-commerce seringkali lebih mahal dibandingkan dengan membeli langsung di Bali.

Cara Menikmati Arak Bali

Selain dapat diminum secara tradisional dan murni, kamu dapat menikmati arak bali dengan kreasi baru seperti dicampur dengan bahan-bahan lain untuk meningkatkan rasanya. Arak cocktail (koktail) menjadi salah satu minuman campuran beralkohol yang cukup dimintai oleh masyarakat Bali. Simak beberapa resep arak koktail berikut ini untuk kamu coba sendiri di rumah.

1. Arak Madu

 arak madu
Source: Tripadvisor

Bahan:

  • 5 cl arak
  • 2 cl jus lemon
  • 2 cl madu
  • 1 cl air

Cara membuat: Kocok dan aduk bahan-bahan tersebut di atas lalu disajikan dalam gelas cocktail

2. Arak Attack

Bahan:

  • 4 cl arak Bali
  • 1 cl grenadine sirup
  • Orange juice

Cara membuat: Tuang arak dan grenadine sirup ke dalam gelas dengan es. Tambahkan jus jeruk dan nikmati.

3. Arak Caipirinha

 Caipirinha
Source: Kompasiana

Bahan:

  • 5 cl arak Bali
  • 1 irisan jeruk nipis (8 potong)
  • 2 sendok teh gula pasir
  • Es batu

Cara membuat:

  • Bubuhkan gula ke irisan jeruk nipis dalam gelas.
  • Isi gelas dengan es batu.
  • Tambahkan arak dan aduk.

4. Arak Buck

Buck
Source: cocktaiandshots.com

Bahan:

  • 5 cl arak Bali
  • 1 cl cointreau
  • 12 cl ginger ale
  • ¼ lemon jus lemon

Cara membuat: Kocok atau aduk arak, cointreau dan jus lemon, lalu tambahkan Ginger Ale dan es batu.

5. Arak Mojito

Mojito
Source: Pinterest

Bahan:

  • 5 cl arak Bali
  • 1 sisir gula aren
  • ¼ lemon jus lemon
  • Air soda
  • Daun mint

Cara membuat: Kocok atau aduk arak bersama gula arean dan jus lemon, lalu tambahkan soda water, daun mint dan es batu.

6. Arak Coke

Arak Coke
Source: stepfeed

Bahan:

  • 4 cl arak
  • Coca-cola

Cara membuat: Tuang arak ke dalam gelas dengan es. Isi gelas dengan minuman Coca-Cola. Tambahkan irisan lemon atau jeruk agar terkesan lebih mewah.

Demikian bahan dasar campuran pembuatan sejumlah minuman cocktail (koktail) Arak Bali, berikut cara membuat, agar bisa mendapatkan rasa yang sesuai dan daya jual tinggi. Ini juga bisa dicampur dengan berbagai minuman dengan varian rasa sesuai selera. Anda bisa berkreasi menemukan menu-menu cocktail baru!

Itulah dia informasi mengenai segala hal yang perlu kamu tahu tentang arak bali. Saat kamu berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk mampir ke toko penjual sebagai oleh-oleh yang wajib kamu beli.

Lanjut baca tentang Rekomendasi Coliving Space di Bali

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *