Asuransi untuk Ekspatriat di Indonesia

Asuransi untuk Ekspatriat di Indonesia

Sebagai seorang ekspatriat, penting untuk menjaga kesehatan kamu saat berada di luar negeri, baik di Indonesia maupun di mana pun di dunia. Kamu mungkin tidak tahu apa yang akan terjadi pada hari berikutnya atau saat berikutnya. Pergi ke luar negeri adalah cara untuk menantang diri kamu sendiri, tetapi mempertaruhkan kesehatan kamu harus dikesampingkan. Ketika kamu berada di negara baru yang belum terlalu kamu kenal, risiko kesehatan kamu akan meningkat. Jika kamu merasa sakit atau tidak sehat selama berada di Indonesia atau negara lain, kamu harus merasa khawatir dengan biaya pengobatan.

Jika kamu adalah ekspatriat yang tinggal di negara lain dan tidak tercakup dalam paket asuransi kesehatan negara tersebut, biaya kunjungan dokter, obat-obatan, dan tes medis dapat bertambah dengan sangat cepat, di sinilah kamu membutuhkan asuransi kesehatan untuk menutupi risiko kesehatan kamu selama berada di negara asing. Dengan menggunakan asuransi kesehatan, kamu dapat memiliki akses ke perawatan kesehatan terbaik tanpa takut kesulitan dalam membayar. Jadi, kamu bisa menikmati hidup kamu sebagai ekspatriat dan mendapatkan ketenangan pikiran yang layak untuk kamu dapatkan. Berikut informasi yang perlu kamu ketahui tentang asuransi kesehatan di Indonesia, selamat membaca!

Informasi Kesehatan Umum di Indonesia

Biaya kesehatan di Indonesia relatif murah. Bahkan di rumah sakit internasional swasta yang dianggap mahal, mereka hanya akan menagih kamu sekitar USD 50 untuk biaya konsultasi. Ini bisa jauh lebih rendah bila kamu pergi ke klinik atau rumah sakit umum.

Meski layanan kesehatan relatif murah, masih ada alasan mengapa kamu membutuhkan asuransi kesehatan. Biaya dapat meningkat dengan cepat saat kamu mengalami masalah kesehatan yang lebih serius. Beberapa rumah sakit di Indonesia mungkin menolak untuk merawat kamu karena berbagai alasan. Misalnya, mereka mungkin mengklaim bahwa mereka penuh, mengingat Indonesia tidak memiliki fasilitas medis. Memiliki asuransi kesehatan membuat kamu tidak perlu berpikir dua kali untuk pergi ke rumah sakit di Indonesia. Selain itu, rumah sakit memiliki lebih sedikit alasan untuk menolak kamu karena mereka tahu bahwa asuransi akan membayar perawatan kamu. Dengan asuransi, kamu juga dapat menghemat sejumlah uang kamu dalam kasus tertentu.

Fasilitas Kesehatan di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk yang banyak dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, Indonesia dijuluki sebagai negara yang sangat padat. Selain itu, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia, dengan perkiraan populasi 267.670.543 orang pada 2018.

Saking luas dan padatnya penduduk, Indonesia banyak bermasalah dengan fasilitas kesehatan. Ada perbedaan besar antara rumah sakit di kota dan di pedesaan. Jika kamu tinggal di Jakarta atau Bali, kamu bisa menemukan rumah sakit berstandar internasional di sana, seperti RS Siloam, BIMC, dan RS Pondok Indah. Jika kamu tinggal di daerah pedesaan, pilihan kamu mungkin pusat kesehatan komunitas atau klinik dengan beberapa dokter yang berbicara bahasa Inggris terbatas.

Masalah lainnya, rumah sakit di Indonesia bisa jadi overcrowded, terutama rumah sakit yang bermitra dengan BPJS, program asuransi publik di Indonesia. Jika kamu kebetulan mengidap penyakit berat yang serius, sebaiknya kamu mendapatkan perawatan di negara lain.

Lakukan Riset Tentang Asuransi

Jika kamu seorang ekspatriat, perusahaan tempat kamu bekerja biasanya menyediakan asuransi kesehatan bagi karyawannya. Namun, jika tidak, kamu mungkin harus mencari asuransi kesehatan sendiri. Sebelum kamu memutuskan asuransi mana yang kamu pilih, ada baiknya kamu melakukan riset tentang perusahaan tersebut. Juga, kamu perlu tahu apa yang kamu dapatkan dari paket pertanggungan yang mereka tawarkan. Pastikan kamu memahami pertanggungan medis apa yang disediakan perusahaan kamu atau asuransi yang kamu pilih untuk masalah medis biasa atau penyakit serius, dan pastikan itu sesuai dengan kebutuhan dan harapan kamu.

Lakukan riset tentang biayanya juga, sehingga kamu dapat menyiapkan anggaran yang kamu perlukan untuk asuransi. Asuransi kesehatan yang baik tidaklah murah, begitu pula dengan evakuasi medis darurat, jadi kebanyakan orang akan memperhitungkan biaya ketika membuat keputusan tentang pertanggungan asuransi kesehatan. Selain mencari tahu dari situs web mereka, penting untuk menanyakan semua opsi kamu kepada teman dan rekan kerja kamu untuk menghindari opini yang bias.

BPJS

BPJS adalah nama lembaga pemerintah yang menjalankan program kesehatan universal nasional di Indonesia yang disebut JKN. Program ini diperkenalkan pada tahun 2013 dan telah menjadi salah satu program perawatan kesehatan universal nasional terbesar di dunia, dengan lebih dari seratus juta orang diasuransikan olehnya.

Ada dua jenis BPJS: BPJS Kesehatan untuk jaminan kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan sosial. BPJS Kesehatan fokus pada pelayanan kesehatan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan fokus pada pemberian santunan terkait pekerjaan, pemotongan, dan kematian.

Jaminan BPJS kesehatan memiliki cakupan penuh tanpa batasan cakupan, usia, dan kondisi yang sudah ada sebelumnya. Jika kamu memiliki BPJS, kamu akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Indonesia, tidak hanya untuk diri kamu sendiri tetapi juga untuk keluargamu yang tinggal di Indonesia.

BPJS kesehatan dipisahkan menjadi tiga sistem kelas: Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Perbedaan utama antara setiap kelas adalah jumlah yang harus kamu bayarkan per bulan dan fasilitas yang kamu peroleh selama dirawat di rumah sakit.

Asuransi Kesehatan Pribadi

Bila tidak ingin hanya mengandalkan BPJS, kamu bisa memilih asuransi swasta. Bahkan banyak orang, termasuk penduduk lokal dan ekspatriat, lebih memilih asuransi swasta daripada asuransi umum. Perusahaan asuransi swasta biasanya digunakan untuk membayar sisa jumlah yang tidak ditanggung oleh BPJS. Bahkan ada yang mengabaikan BPJS dan fokus pada asuransi pribadinya sehingga bisa berobat ke rumah sakit manapun yang diinginkan dengan jaminan kesehatan penuh dan mendapatkan fasilitas yang lebih nyaman.

Berikut daftar asuransi kesehatan swasta yang bisa menjadi pilihan kamu selama berada di Indonesia:

AXA Insurance Indonesia

Asuransi AXA Indonesia adalah bagian dari Grup Asuransi AXA yang memiliki 105 juta anggota di lebih dari 60 negara. Ini adalah salah satu penyedia asuransi terbaik di dunia. Sebagai penyedia asuransi global, mereka juga menerima ekspatriat sebagai anggotanya. Interbrand telah menganggap mereka sebagai merek asuransi nomor satu selama sepuluh tahun berturut-turut dari 2009 – 2018. Sebagai salah satu pemimpin global penyedia asuransi, mereka berdedikasi untuk melindungi semua kesejahteraan klien mereka.

Mereka berkomitmen untuk melayani seluruh nasabahnya, baik perorangan, maupun perusahaan, dengan memberikan layanan seperti asuransi. Beberapa dari layanan mereka adalah perlindungan kesehatan pribadi untuk individu atau keluarga dan perlindungan rawat inap dan rawat jalan. Untuk ekspatriat, kamu dapat bersantai karena mereka juga memiliki jaringan rumah sakit rekanan di seluruh dunia.

Nomor Telepon: 1 500 940

Situs web: axa.co.id

Alamat: Kuningan City AXA Tower Lantai 17, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 18, RT.14 / RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Jam Buka: 08.00 – 17.00 (Senin – Jumat)

Cigna

Logo of Cigna insurance
Cigna Indonesia

Cigna Insurance Indonesia mungkin adalah salah satu penyedia asuransi kesehatan terbaik untuk ekspatriat di negeri ini. Didirikan di Indonesia pada tahun 1990, mereka adalah salah satu anak perusahaan Cigna Corporation. Mereka adalah perusahaan asuransi global yang sangat besar dengan cabang dan kantor di seluruh dunia. Dengan perkiraan jumlah pelanggan 100 juta, mereka telah memperluas perusahaan mereka di lebih dari 200 negara. Perusahaan memiliki jaringan medis yang sangat besar yang dapat digunakan oleh klien perawatan kesehatan ekspatriat setelah mereka terlindungi.

Mereka ideal untuk ekspatriat yang ingin penyedia asuransi kesehatan mereka memiliki layanan terbaik yang memberikan bonus besar. Rencana mereka memberikan pertanggungan untuk pasien rawat inap, pasien rawat jalan, pasien harian, kesehatan mental, dan banyak lagi. Paket mereka terdiri dari tiga level utama, Silver, Gold, dan Platinum, masing-masing dengan keuntungannya. Juga tidak ada batasan usia untuk melamar keanggotaan selama kamu tetap menjadi ekspatriat.

Nomor Telepon: +6221 1500033

Situs web: cigna.co.id

Alamat: Gedung Tempo Pavilion 2, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. 10, RT.5 / RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

Jam buka:

08.00 – 17.00 (Senin – Jumat)

09.00 – 14.00 (Sabtu)

Aetna

logo of aetna insurance
Aetna Indonesia

Perusahaan asuransi ini didirikan pada tahun 1853 di Connecticut dan sejak saat itu telah memimpin industri asuransi dunia. Mereka memiliki lebih dari 800.000 anggota di seluruh dunia yang dilindungi oleh polis asuransi mereka. Mereka juga akan membantu kamu mengamankan perawatan medis dan tujuan kesehatan lainnya serta memperbarui kebijakan pajak kamu melalui teknologi informasi kesehatan.

Mereka memberi prospek mereka perkiraan perkiraan biaya sebelum memulai rencana. Mereka memiliki 4 paket yang dapat kamu pilih yang memberikan manfaat dalam perawatan kesehatan seperti manfaat rawat inap dan rawat jalan. Mereka juga akan membantu kamu mengamankan perawatan medis dan tujuan kesehatan lainnya serta memperbarui kebijakan pajak kamu melalui teknologi informasi kesehatan.

Nomor Telepon: +6221 29655880

Situs web: aetnainternational.com

Alamat: Sentral Senayan II, Lantai 16, Jl Asia Afrika, Jl. Gelora Bung Karno No.8, RT.1 / RW.3, Gelora, Kota Jakarta Pusat, Jakarta 10270

Jam Buka: 08.00 – 18.00 (Senin – Jumat)

  • Integra Global 
  • Bupa
  • IMG

Allianz Care Indonesia

Logo of Allianz insurance
Alianz Indonesia

Allianz telah menjadi salah satu penyedia asuransi terbaik dan terbesar di dunia sejak dibuka pada tahun 1980. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki Allianz sebagai salah satu penyedia asuransi kesehatan dengan langganan terbanyak. Mereka membuka cabang di Indonesia pada tahun 1981 dan sejak itu telah mengurus hampir 7 juta anggota. Mereka memiliki jaringan medis global yang sangat baik yang ideal untuk ekspatriat yang menginginkan penyedia asuransi berkualitas tinggi.

Mereka menawarkan tiga tingkat asuransi kesehatan, Esensial, Klasik, dan Premier. Masing-masing memiliki manfaat dan semuanya dapat melindungi kamu untuk perawatan terkait rumah sakit dan bahkan rawat jalan. Mereka juga memberikan perlindungan untuk perawatan gigi di semua tingkatan dan perawatan bersalin di Premier. Ekspatriat dapat yakin bahwa mereka akan ditanggung oleh Allianz meskipun mereka berada di negara asing.

Nomor Telepon: +6221 1500136

Situs web: allianz.co.id

Alamat: Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2, Allianz Tower, Jalan Haji R. Rasuna Said, RT.1 / RW.6, Guntur, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

Jam Buka: 08.00 – 17.00 (Senin – Jumat)

Luke Medikal International 

Logo of Luke Medikal Insurance
Luke Medikal

Sebagai ekspatriat di Indonesia, sebaiknya dilindungi saat berada di negara asing. Luke Medikal International mendukungmu dan akan menanggung biaya perawatan kesehatan kamu. Mereka adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di dunia dengan mitra seperti Aetna Group dan AXA Group. Dengan asuransinya, kesehatan kita bisa terlindungi dengan layanan terbaik yang bisa kamu dapatkan. Karena kebutuhan medis berbeda untuk setiap orang, rencana perawatan kesehatan komprehensif kamu dapat dibuat dengan kebutuhan, rekomendasi, saran, dan anggaran kamu.

Layanan asuransi mereka akan menanggung semua kebutuhan medis kamu hingga akhir masa tinggal kamu. Mereka juga menawarkan rencana perawatan kesehatan untuk keluarga yang akan mendapatkan konsultasi dan nasihat dari para ahli. Beberapa layanan yang akan mereka berikan kepada kamu adalah saluran kontak darurat 24/7, perawatan gigi darurat, dan perawatan medis darurat.

Nomor Telepon: +62 21 22604632

Situs web: lukemedikal.co.id

Alamat: Springhill Office Tower Lt. 3E, JI. Benyamin Suaeb Blok D7, Pademangan Timur, Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14410

Itu dia! Semoga informasi ini dapat membantumu menemukan asuransi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi kamu di Indonesia! Banyak perusahaan asuransi gabungan asing yang berkantor di Jakarta dan Bali yang menjual produk kesehatan, rawat inap, dan produk asuransi umum lainnya.

Kamu juga dapat membeli asuransi kesehatan atau rencana perjalanan dari perusahaan yang berbasis di negara asal kamu yang menyediakan perlindungan kesehatan untuk perjalanan ke luar negeri. Namun, kamu harus sangat yakin tentang batasan dan pengecualian untuk paket tersebut.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Lokasi Rumah Sakit di Bali Untuk Keperluan Kesehatan Anda

Lokasi Rumah Sakit di Bali Untuk Keperluan Kesehatan Anda

Bali Belly: Hal Yang Perlu Diketahui Dan Cara Menghindarinya!

Bali Belly: Hal Yang Perlu Diketahui Dan Cara Menghindarinya!

8 Cafe Instagrammable untuk Nongkrong di Canggu

8 Cafe Instagrammable untuk Nongkrong di Canggu

15 Dessert Bali Terenak: Untuk Penggemar Makanan Manis

15 Dessert Bali Terenak: Untuk Penggemar Makanan Manis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *