Bahasa Gaul Chatting Indonesia

Bahasa Gaul Chatting Indonesia

Chatting dengan bahasa gaul Indonesia

Sama seperti bahasa lainnya, orang Indonesia menggunakan kata-kata yang tidak ada dalam kamus formal. Bahasa Indonesia berkembang secara berbeda seiring dengan interaksi generasi muda. Banyak kata atau slang baru yang dibuat sebagai bahasa gaul di Indonesia dan menjadi viral dengan cepat karena digunakan untuk chatting dan masif di media sosial.

Singkatan dan penyingkatan sangat umum karena bahasa Indonesia biasanya dapat dipahami tanpa set lengkap prefiks dan sufiks tata bahasa. Ketika artinya menjadi lebih kompleks, imbuhannya keluar dan kata-katanya menjadi lebih panjang.

Apalagi dalam hal mengirim pesan, orang Indonesia kebanyakan menyingkat kata atau frase. Budaya ini terbentuk karena pada awal tahun 2000-an, SMS (Short Message Service) membuat setiap pesan yang melebihi 160 karakter dikirim sebagai dua teks yang sepenuhnya terpisah. Itu berarti kamu perlu membayar dua kali! Batasan 160 karakter membuat orang Indonesia sangat kreatif dengan kalimatnya. Dari banyaknya kata gaul yang ditemukan oleh anak muda di negara ini, berikut adalah beberapa bahasa gaul chatting di Indonesia yang paling populer untuk membantu kamu berbicara seperti orang lokal.

Wkwk

Karena bahasa Spanyol memiliki “jajaja” dan Thailand memiliki “555“, Indonesia memiliki “wkwkwk” sebagai cara untuk mengekspresikan suara tawa.

Sangat bisa diperdebatkan dari mana sebenarnya “wkwk” berasal. Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa “wkwk” berasal dari komunitas game online di mana haha terlalu formal dan mereka mulai mengetik huahua sebagai gantinya.

Kata huahuahua disederhanakan menjadi hwhw. Dan alih-alih menggerakkan tangan kanan kamu dari mouse gaming mewah kamu ke huruf “h”, huruf “k” lebih dekat. Oleh karena itu, lahirlah kata “wkwkwk”.

Gpp

Salah satu singkatan yang paling populer di Indonesia adalah “Gpp” dimana itu merupakan kependekan dari “gak apa- apa”. Gak artinya tidak, dan apa-apa adalah singkatan lain dari kenapa-kenapa artinya terjadi sesuatu, jadi “gpp” artinya ‘bukan apa-apa’.

Contoh:

A: Maaf, aku lupa ulang tahun kamu.
B: Gpp kok!

Baper

Baper adalah kontraksi frase ‘bawa perasaan’ yang diterjemahkan menjadi ‘terlalu personal’ atau ‘terbawa emosi’. Mulai dari kamu begitu peka terhadap segala hal, mengedepankan perasaan dan emosi, mudah tersentuh, dan mudah jatuh cinta pada seseorang karena hal-hal kecil yang mereka lakukan dapat disebut dengan “baper”.

Tapi, hari ini kata “baper” lebih sering digunakan saat perasaan romantis. Saat seseorang terlalu memperhatikan kamu, kamu bisa dengan mudah menjadi “baper”!

Contoh:

A: Yaampun, dia ingat pakaianku kemarin
B: Udah, jangan terlalu baper, deh!

Baca juga: Bahasa Gaul Orang Indonesia

Lebay

Kata gaul ini mulai digunakan pada tahun 2007 atau 2008. Kata ini berarti bahwa kamu bereaksi terlalu berlebihan.

Contoh:

A: Kayaknya gue mau mati deh!
B: Jangan lebay deh! Lo cuma kena flu
.

Mager

Mager merupakan singkatan dari ‘malas gerak’. Biasanya kata ini digunakan ketika seseorang disuruh untuk melakukan sesuatu, tetapi orang tersebut tidak ingin melakukannya.

Contoh:

A: Yuk kita belanja!
B: Maaf bro, gue mager.

Kepo

Kata ini berasal dari Bahasa Hokkien dan biasanya digunakan di Malaysia & Singapura. Kepo berarti penasaran terhadap sesuatu atau seseorang.

Contoh:

“Lo selalu ngintip buat lihat gue lagi chat sama siapa, ya? Jangan kepo!”
“Ini masalahku, kamu gausah kepo, deh.”

Mantul

Mantul merupakan singkatan dari ‘mantap betul’. Mantap berarti ‘bagus’ dan betul berarti ‘sangat’. Jadi, mantul berarti “sangat bagus”. Ini merupakan kata gaul yang baru sehingga tidak semua orang Indonesia mengetahuinya.

Contoh:

A: Aku mendapat beasiswa untuk belajar di luar negeri!
B: Wow, mantul!

Baca juga: Istilah Lokal yang Wajib Diketahui

BGT

Merupakan singkatan dari ‘banget’. Biasanya, bgt hanya digunakan ketika sedang mengirim pesan kepada seseorang. Kata ini berasal dari Bahasa Jawa. 

Contoh: Makanan ini pedes bgt!

PHP

PHP merupakan singkatan dari “Pemberi Harapan Palsu”. Biasanya, singkatan ini juga ditulis menjadi “pehape”. Sama seperti “baper”, kata ini biasanya digunakan dalam perasaan atau hubungan romantis.

Contoh:

A: Aku kira dia suka kamu, lho.
B: Nggak, ternyata dia cuma PHP.

Woles

Sering digunakan oleh anak muda, “woles” merupakan kebalikan dari kata “selow”. Kata selow sendiri merupakan kata gaul yang berasal dari Bahasa Inggris slow. Biasanya, kata ini digunakan untuk menenangkan orang atau menyuruh orang lebih tenang atau santai.

Contoh:

A: Antriannya lama banget, bisa telat masuk kelas nih!
B: Woles, bro. Kelasnya masih 1 jam lagi, kok.

Gw/Lu

Biasanya digunakan di WhatsApp atau SMS. “Gw”berart ‘saya’ dan “lu” berarti ‘kamu’, tetapi tidak dalam bahasa yang formal. Kata gaul ini biasanya digunakan oleh orang Jakarta, dan digunakan dengan teman atau orang yang umurnya sepantaran.

Contoh: “Gw nitip sesuatu buat lu, ya.

Nah, itulah beberapa bahasa gaul yang umum untuk chatting di Indonesia. Pada kenyataannya, kamu dapat menemukan kata gaul Indonesia yang lebih banyak. Biasanya, ini juga tergantung pada budaya di tempat tersebut. Jadi, jangan malu menggunakannya karena orang lokal disini siap membantumu

Flokq adalah penyedia coliving space di Jakarta.
Cari tahu tentang coliving di situs web kami di sini!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Salon Mobil Jakarta

Salon Mobil Jakarta

Sepatu Lokal Indonesia

Sepatu Lokal Indonesia

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *