Moda Transportasi Alternatif dari Bali ke Lombok

Moda Transportasi Alternatif dari Bali ke Lombok

Jika kamu sedang berkunjung atau tinggal lama di Bali, waktu Anda di Bali tidak akan lengkap sebelum Anda pergi ke pulau-pulau terdekat. Pertama, ada Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, dua pulau yang lebih kecil dibandingkan dengan Bali, yang memiliki banyak aktivitas untuk Anda ikuti. Sekarang, kita bergerak sedikit ke timur dan melihat sebuah pulau yang relatif mirip di dalamnya. Pulau itu adalah Lombok. Kalau Anda menyukai tempat dan pengalaman baru, dan kami yakin Anda menyukainya, Anda harus mencoba mengunjungi pulau yang menakjubkan ini. Pada postingan hari ini, Flokq akan fokus pada moda transportasi alternatif dari Bali ke Lombok.

Baca juga: Panduan Lengkap Liburan Seru di Bali Utara

Sekarang, yuk kita lihat berbagai jenis transportasi dari Bali ke Lombok beserta kelebihan dan kekurangannya!

1. Kapal Feri

pergi dari bali ke lombok dengan kapal feri
source: trekking rinjani

Pilihan pertama yang bisa Anda kunjungi dari Bali ke Lombok adalah kapal feri. Perahu besar ini sangat terjangkau, tetapi juga tidak nyaman tergantung pada berapa banyak orang yang pergi bersama Anda. Jasa penyeberangan tersedia untuk beberapa pelabuhan di pesisir timur yang menghadap ke lombok. Anda dapat memesan tiket secara online secara fleksibel atau pergi ke sana sendiri (namun jangan berharap mereka selalu memiliki kamar untuk Anda. Anda mungkin harus pergi keesokan harinya). Keunggulan lain yang dimiliki kapal feri adalah kemampuannya untuk mengangkut angkutan. Namun, tiket kendaraan bisa relatif mahal dibandingkan dengan perjalanan sederhana.

Harga tiket feri:

  • Sepeda motor (IDR 150k – IDR 300k)
  • Kendaraan sedan atau multiguna (IDR 700k -900k)

Feri biasanya beroperasi 24 jam dengan satu kapal tiba setiap jam. Butuh 4-5 jam untuk naik kapal feri dari Bali ke Lombok. Empat pelabuhan yang dapat Anda akses ke Lombok adalah Amed, Padang Bai, Sanur, dan Serangan, dengan Amed terletak di ujung timur laut Bali dan Serangan dan Sanur terletak di suatu tempat yang lebih dekat dengan tempat-tempat yang biasa Anda kunjungi di Bali. Empat pelabuhan yang akan menjadi tujuan Anda adalah Lembar, Bangsal, Teluk Nare / Kode (Teluk Nare / Kode), dan Sengigi. Dari semua pelabuhan, kami sangat merekomendasikan Padang Bai karena pilihan transportasi yang relatif fleksibel dibandingkan dengan pelabuhan lain.

Kerugian Bepergian dengan Feri

Dari Bali ke Lombok, kapal feri bisa menjadi pilihan jika Anda mencari tumpangan murah yang juga mencakup kendaraan ke pelabuhan Lombok. Namun, bisa menjadi tidak nyaman di dalam feri dengan banyak orang di dalamnya. Belum lagi, ini jelas bukan cara yang baik untuk pergi dari Bali ke Lombok jika Anda mudah mabuk laut. Selain itu, lebih baik Anda menyewa kendaraan di Lombok daripada membawanya dari Bali, karena harga mobil dan sepeda motor bisa mahal.

Terakhir, terkadang mereka dikenal suka tawar-menawar dan mendongkrak harga jika Anda tidak memilih tempat yang tepat untuk memesan. Kami merekomendasikan memiliki pemandu atau bantuan lokal untuk Anda dengan pemesanan, karena beberapa wisma atau akomodasi lain memang membantu Anda dengan hal-hal seperti ini. Kami juga merekomendasikan untuk melewati pemesanan online dan langsung pergi ke pelabuhan sendiri jika Anda ingin mencoba naik feri.

2. Kapal Cepat

source: pexels

Beranjak dari kapal feri, kami punya alternatif lain dari Bali ke Lombok yaitu fast boat. Perahu ini berukuran lebih kecil tetapi jauh lebih nyaman daripada kapal feri. Mereka juga memungkinkan bepergian ke pulau-pulau kecil lainnya, seperti Kepulauan Gili dan Nusa Lembongan / Nusa Penida. Jadi jika Anda tidak berencana untuk pergi dari Bali ke Lombok, mungkin Anda tertarik untuk pergi ke Kepulauan Gili atau Nusa Lembongan / Nusa Penida. Bagaimanapun, kapal cepat jauh lebih eksklusif dan santai dibandingkan dengan kapal feri.

Pilihan rute

Pilihan rutenya juga beragam, dengan layanan fast boat tersedia di pelabuhan Bali yang kami sebutkan sebelumnya. Namun kami merekomendasikan pelabuhan Serangan dan Sanur karena jaraknya ke Denpasar dan juga waktu relatifnya untuk mencapai Lombok dibandingkan dengan pelabuhan lain. Ini juga tergantung pada bagian Lombok mana yang Anda rencanakan. Misalnya, jika Anda akan ke Gunung Rinjani. Artinya, lebih baik Anda tiba di pelabuhan Bangsal karena jaraknya yang jauh ke gunung. Ini juga tergantung pada layanan pendakian yang tersedia di dekat Bangsal atau pelabuhan lain. Jadi, intinya adalah memilih port Anda dengan hati-hati berdasarkan apa yang Anda rencanakan di sana.

Harga kapal cepat

Terakhir, mari kita bahas tentang harganya! Harga fast boat dari Bali memang terbilang mahal, tapi bisa dimaklumi mengingat fasilitas yang disediakan lebih baik. Harga berkisar antara 450k-900k IDR tergantung pada grup perjalanan mana yang Anda tuju. Untuk penyedia, kami merekomendasikan pemesanan Gili dan eka jaya. Yang pertama memiliki variasi pilihan yang lebih besar sehubungan dengan routs, tetapi yang terakhir relatif lebih murah. Nikmati pencarian Anda!

3. Penerbangan/pesawat

Dari semua pilihan tersebut, kami harus mengatakan bahwa penerbangan adalah yang paling berisiko dan memakan waktu saat berhubungan dengan transportasi alternatif dari Bali ke Lombok. Harga bisa berkisar dari Rp 300 ribu-Rp 600 ribu (meskipun ini adalah harga COVID-19, jadi kami berharap akan melihat kenaikan harga lagi dalam jangka panjang) Tiga penyedia penerbangan yang dapat diandalkan dari Bali ke Lombok adalah Lion Air, Wings Air ( meskipun mereka berada di bawah perusahaan yang sama dengan Lion), dan Citilink (cabang murah Garuda Indonesia).

Dibandingkan satu sama lain, Lion air cenderung mengambil keputusan dalam hal harga yang paling terjangkau, dengan Wings air di tengah dan Citilink yang paling mahal. Fasilitas mereka kurang lebih sama, namun penerbangan yang berbeda menawarkan paket dan bundle yang berbeda untuk Anda nikmati. Lion Air memiliki kelas ekonomi dan bisnis, tetapi ini karena maskapai ini ditetapkan untuk bukan Maskapai Berbiaya Rendah (LCC). Wings air adalah cabang LCC Lion Air dan merupakan pesaing langsung Citilink dan tidak memiliki kelas bisnis, tetapi keduanya menawarkan penerbangan dari Bali ke Lombok. Citilink juga tidak memiliki kelas bisnis, tetapi mereka menawarkan promo seperti paket premium hijau, di mana Anda dapat menikmati makanan dalam penerbangan dan kemampuan untuk memilih kursi yang Anda sukai.

Baca juga: 9 Trusted and Credible Places For You to Rent a Car in Bali

Dan itulah beberapa alternatif metode transportasi dari Bali ke Lombok! Kami harap Anda merasa terbantu!


Ingin mencoba pengalaman baru tinggal di akomodasi bersama Flokq? Flokq menawarkan akomodasi baru yang nyaman dengan konsep co-living yang dapat Anda sewa selama Anda menginap.

Ingin tahu lebih banyak? Hubungi Flokq di +62813-1490-5690 atau klik tombol di bawah!

KLIK DI SINI UNTUK LIHAT COLIVING BALI
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

4 Komunitas Olahraga Bali & 5 Tempat Nongkrong untuk Dikunjungi

4 Komunitas Olahraga Bali & 5 Tempat Nongkrong untuk Dikunjungi

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tes PCR COVID-19 di Bali

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tes PCR COVID-19 di Bali

Tips Menemukan Opsi Sewa Jangka PanjangYang Tepat Dan Beberapa Rekomendasi

Tips Menemukan Opsi Sewa Jangka PanjangYang Tepat Dan Beberapa Rekomendasi

Recommended Affordable and Cozy Homes To Rent a Room in Denpasar, Bali

Recommended Affordable and Cozy Homes To Rent a Room in Denpasar, Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *