13 Jalur Hiking Bali Terindah Yang Harus Kamu Coba

Bali adalah salah satu tujuan terbaik ketika Anda ingin menjelajahi dan mencoba sesuatu yang baru. Aktivitas apa yang paling Anda sukai saat bepergian? Menyelam, snorkeling, kano, berburu makanan, atau mungkin hiking? Ya, hiking adalah salah satu aktivitas yang tak terlupakan jika Anda coba melakukannya. Mendaki terasa santai karena Anda bisa berjalan jauh melalui jalan setapak yang tepat dan menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan. Ini adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan terutama jika Anda mendaki dengan teman-teman Anda.

Meskipun Anda bukan pejalan kaki profesional, Anda bisa mulai menjadi dan merasakan manfaat yang baik dari hiking seperti memperkuat tubuh dan meningkatkan keseimbangan. Keren banget kan? Jadi, jika Anda seorang pendaki profesional atau pemula, Anda harus mencoba spot-spot hiking di Bali yang akan membuat Anda takjub sepanjang perjalanan.

Baca juga: 10 Gunung di Bali Yang Harus Dikunjungi

1. Gunung Agung

jalur hiking di gunung agung
sumber: unsplash

Mendaki Gunung Agung mungkin bisa menjadi salah satu tujuan para pendaki. Ketinggian Gunung Agung adalah 3.031 m yang merupakan titik tertinggi di Bali dan masih merupakan gunung berapi yang masih aktif. Trekking di sini tidak semudah itu dan tidak terlalu sulit, sebenarnya tergantung dari kestabilan tubuh Anda. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda bugar dan sehat. Dibutuhkan waktu pendakian sekitar 3 hingga 4 jam jika Anda cukup bugar, tetapi bisa hingga 6 jam jika Anda mengambil banyak waktu istirahat.

Anda bisa memilih jalur terbaik untuk mendaki Gunung Agung seperti dari Pura Pasar Agung dan akan memakan waktu 4-5 jam pendakian. Jalur kedua yang dapat Anda pertimbangkan adalah melalui Besakih dan membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mendaki. Anda akan melihat pemandangan indah di puncak Gunung Agung.

Tiket masuk: Gratis

Alamat: Gunung Agung, Jungutan, Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali

2. Campuhan Ridge Walk

Jalur pendakian Campuhan Ridge Walk
sumber: unsplash

Jika Anda seorang pemula dalam hal hiking, Anda harus mencoba berjalan di sepanjang Campuhan Ridge Walk terlebih dahulu. Anda akan berjalan sekitar 6 kilometer, itu tidak terlalu lama karena Anda bisa berjalan-jalan dengan pemandangan yang menarik namun indah di sepanjang jalan, jalurnya tidak terlalu sulit. Waktu yang diharapkan untuk menyelesaikan perjalanan sekitar 2 jam, termasuk waktu istirahat atau jika ingin berfoto di sepanjang jalan.

Jalan setapak yang bisa Anda capai untuk berjalan di sini dimulai dari tanda Warwick Ibah, dan ya! Kalau begitu kau bisa terus berjalan.

Tiket masuk: Gratis

Alamat: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

3. Gunung Batur

jalur hiking di gunung batur
sumber: unsplash

Ketinggian Gunung Batur adalah 1.717 m dpl dan merupakan salah satu gunung berapi aktif di Bali. Gunung Batur dianggap sebagai gunung penting kedua di pulau Bali setelah Gunung Agung. Jika Anda mendaki Gunung Batur, Anda akan melihat Danau Batur sebagai pemandangan dan terletak di ketinggian 1.050 mdpl di lereng kanan Gunung Batur itu sendiri. Keren kan? Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam atau kurang jika Anda tidak banyak mengambil waktu istirahat. Ada baiknya Anda mendaki sekitar jam 2 pagi karena Anda akan melihat betapa indahnya matahari terbit di puncak Gunung Batur.

Tiket masuk: Rp 100.000 / orang

Alamat: Gunung Batur, Batur Selatan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

4. Taman Nasional Bali Barat

Bagian dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat sekitar 190 kilometer persegi dan 580 kilometer persegi kawasan lindung di dataran tinggi di sebelah timur. Jalur yang dapat Anda pertimbangkan untuk trekking di kawasan Taman Nasional Bali Barat adalah dari jalur Tegal Bunder dan Anda dapat melihat berbagai jenis burung, kera, dan rusa serta dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama dua jam. Anda tidak akan pernah bosan di sepanjang jalan karena Anda bisa melihat hewan-hewan lucu dengan udara Bali yang segar.

Tiket masuk: Mulai dari Rp 10.000 / orang (beragam)

Alamat: Kabupaten Buleleng, Bali

5. Sambangan

sumber: tripadvisor

Sambangan dikenal sebagai Secret Garden yang terletak di Bali Utara. Terdapat sawah terasering dan 4 air terjun cantik di desa Sambangan seperti Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Kroya, Air Terjun Pucuk, dan Air Terjun Kembar. Ini adalah trek air terjun terbaik yang dapat Anda jelajahi selama liburan Anda di Bali. Anda akan membutuhkan waktu pendakian sekitar 3 hingga 4 jam hingga Anda tiba di area air terjun. Meski tidak secepat itu, kamu akan melihat betapa indahnya pemandangan dari atas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga air seperti melompat atau meluncur di air terjun.

Tiket masuk: Rp 20.000 / orang

Alamat: Singaraja, Bali, 81152 Indonesia

6. Air Terjun Sekumpul

jalur hiking di air terjun sekumpul
sumber: unsplash

Kawasan air terjun selanjutnya yang bisa Anda daki adalah Air Terjun Sekumpul, atau dikenal sebagai air terjun terindah di Bali yang memiliki ketinggian 100 m. Mereka memiliki total sekitar 7 air terjun besar dan tinggi berkabut di daerah itu sendiri. Anda membutuhkan waktu pendakian sekitar 3 atau 4 jam dan Anda akan melihat persawahan, candi, monumen bersejarah, dan pohon buah-buahan di sepanjang jalan. Ini bukan jalan yang mudah untuk dilalui karena curam, Anda harus menyeberangi sungai dan berjalan melalui hutan, tetapi masih bisa dilakukan oleh orang-orang. Setelah Anda tiba, Anda bisa berenang atau sekedar menenangkan pikiran di antara air terjun kembar di sana.

Tiket masuk: Rp 20.000 / orang

Alamat: Jl. Air Terjun, Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali 81171

7. Gunung Catur

pemandangan matahari terbit di gunung catur
sumber: balisunrisetour

Gunung Catur atau Catu merupakan gunung tertinggi keempat di Bali dengan ketinggian 2.096 meter. Anda akan membutuhkan waktu hingga 3 jam untuk mendaki gunung ini dan jalur di atasnya memiliki hutan tropis yang lebat. Sesampainya di sana, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk menikmati keindahan Danau Beratan, Buyan, dan Tamblingan. Keren banget kan? Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda secara fisik mampu melakukan pendakian karena pendaki yang tidak terlatih akan kesulitan untuk mendaki.

Tiket masuk: Tidak terdaftar

Alamat: Jl. Puncak Mangu, Batunya, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191

8. Candidasa

Terletak di kaki Gunung Agung, tanahnya subur dan kaya akan tempat Trekking Candidasa. Anda dapat memilih di antara 2 jenis pendakian seperti Trekking Sawah untuk berjalan-jalan santai di sepanjang sawah atau Trekking Gunung untuk trekking yang sulit bagi pendaki yang serius. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam berjalan kaki sampai Anda tiba di desa Tenganan dan melihat pemandangan indah di sini. Saat Anda berjalan atau mendaki di sepanjang jalan, Anda akan melihat petani di mana-mana membawa berkas gandum yang telah dipanen dan beberapa kios yang menjual makanan, minuman, dan suvenir khas Bali buatan tangan. Kedengarannya menarik, bukan?

Tiket masuk: Tidak terdaftar

Alamat: Bali Timur, Bali

9. Air Terjun Munduk

air terjun munduk
sumber: unsplash

Jika Anda mencari tempat hiking yang menarik, Anda bisa mempertimbangkan Air Terjun Munduk sebagai tempat hiking tujuan Anda. Dikelilingi oleh hutan hujan tropis, sawah, dan pertanian yang membuat waktu hiking Anda menyenangkan. Butuh waktu 3 atau 4 jam hingga Anda tiba di tiga air terjun berbeda namun indah seperti Laangan Melanting, Red Coral, dan Golden Valley atau Air Terjun Munduk itu sendiri. Jalur pendakian ini tergolong mudah, Anda hanya perlu berhati-hati karena jalannya agak terjal.

Tiket masuk: Rp 20.000 / orang

Alamat: Jl. Raya Pancasari, Gobleg, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali

10. Hiking Sawah Tegalalang

sumber: unsplash

Jika Anda mencari jalan hiking yang mudah, Teras Sawah Tegalalang cocok untuk Anda. Anda akan memulai perjalanan hiking Anda ketika Anda melihat tanda “rice trekking” dan Anda akan turun ke jalan setapak sementara ada banyak petani di sawah itu sendiri. Diperkirakan Anda membutuhkan waktu pendakian selama 3 jam hingga sampai di pintu keluar Teras Sawah Tegalalang. Namun, jalannya tidak sulit sehingga Anda dapat menikmati waktu Anda saat hiking di sini.

Tiket masuk: Rp 10.000 / orang

Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561

11. Danau Tamblingan

danau tamblingan
sumber: unsplash

Tempat lain untuk Anda mendaki adalah Danau Tamblingan. Terletak di daerah dataran tinggi dan Anda dapat mendaki melalui hutan hujan tropis yang berbatasan dengan danau kembar (Buyan dan Tamblingan). Trek hutan memiliki waktu yang bervariasi dari 2 hingga 6 jam karena tergantung pada pendaki itu sendiri. Setelah Anda sampai, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan yang sangat indah.

Tiket masuk: Rp 10.000

Alamat: Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia

12. Gunung Lesung

gunung lesung
sumber: puri bali tour

Gunung Lesung adalah gunung hutan suci dengan ketinggian 1.865 meter. Bagi Anda yang suka mendaki dan berjalan menyusuri suasana hutan yang jauh dari keramaian Bali, Gunung Lesung wajib menjadi destinasi pertama Anda. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan tingkat pendakian yang mudah hingga sedang. Dalam perjalanan menuju puncak, Anda akan melewati Pura Endek, Pura Bukit, Pura Naga Loka, Danau Buyan, dan juga Danau Tamblingan.

Tiket masuk: Tergantung pada agen wisata

Lokasi: Kabupaten Singaraja, Bali

13. Gunung Batukaru

gunung batukaru
sumber: bali jungle trekking

Last but not least, Anda harus mempertimbangkan Gunung Batukaru sebagai tempat pendakian Anda yang memiliki ketinggian 2.275 meter. Ini adalah gunung tertinggi kedua di Bali. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah di hutan hujan tropis selama 4 jam waktu hiking. Perlu anda ketahui juga bahwa terdapat sebuah pura yang terletak disini bernama Pura Luhur Batukaru. Yang Anda butuhkan hanyalah mempersiapkan tubuh, stamina, dan memastikan Anda fit untuk hari hiking.

Tiket masuk: Gratis

Lokasi: Kabupaten Tabanan, Bali

Baca juga: Panduan Berkeliling di Seminyak, Bali

Itu dia! Itu semua adalah spot hiking paling terkenal di Bali yang patut kamu coba. Ini dibagi menjadi tingkat pendakian yang mudah, sedang, dan sulit. Nah, mana yang akan jadi spot hiking pertama kamu di Bali?


Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

5 Restoran Terbaik Dekat Bali Zoo: Dari Masakan Tradisional hingga Barat!

7 Rekomendasi Tempat Adopsi Hewan di Bali Terpercaya

7 Rekomendasi Tempat Adopsi Hewan di Bali Terpercaya

8 Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bali

8 Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bali

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

13 Rekomendasi Restoran Italia di Bali, Dijamin Enak!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *