Pecinta Pop Daerah Harus Tahu! Ini 15 Lagu Bali Terbaru 2021

Pecinta Pop Daerah Harus Tahu! Ini 15 Lagu Bali Terbaru 2021

Lagu pop yang dirilis penyanyi daerah memang tak ada matinya. Setiap tahun, penyanyi baru dan senior terus mendominasi tangga lagu lokal di radio. Tak jarang malah lebih terkenal dibandingkan lagu musisi nasional. Nah, bagi pecinta lagu pop Bali, berikut ini Flokq hadirkan 15 lagu Bali terbaru 2021 buat Anda.

Read also: 10 Rekomendasi Guesthouse Dekat Echo Beach Untuk Liburan Yang Nyaman di Bali

1. Widi Widiana “Angkihan Baan Nyilih”

Penyanyi Bali senior ini dikenal akan lagu-lagu hitsnya. Lagu “Angkihan Baan Nyilih” adalah lagu Bali terbaru 2021 yang banyak disukai rakyat Bali. Tembang yang dirilis bulan April ini bercerita tentang kehidupan yang tidak selalu mulus dan diisi oleh orang kaya dan miskin. Pesannya adalah sebagai manusia kita hanya bisa terus berjuang dan hidup sebaik-baiknya.

2. Dek Ulik “Keweh Ngelesang”

Hampir semua masyarakat Bali mungkin tahu penyanyi Dek Ulik. Wanita bersuara emas ini punya banyak lagu populer yang melekat di hati pendengarnya. “Keweh Ngelesang” adalah lagu Bali terbaru 2021 miliknya yang bernada sendu. Lagu tersebut berkisah tentang perasaan rindu seorang kekasih yang tidak tertahankan sampai membayangkan senyum si dia.

3. Ary Kencana “Beli Kuli Luh”

Lagu yang berarti “Abang Seorang Kuli, Dik” ini merupakan tembang syahdu yang dibawakan penyanyi Bali terkenal Ary Kencana. Saking populernya, video klip lagu ini berhasil menembus 16 juta penonton di YouTube.

Dalam lagu ini, Ary ingin menyampaikan perjuangan seorang lelaki yang bekerja sebagai kuli yang sedang berusaha memenangkan hati perempuan idamannya. Meskipun hidupnya tidak seperti pegawai negeri atau cucu seorang bupati, namun sang pria menunjukkan kerja keras dan kegigihannya untuk bisa membahagiakan kekasih.

4. Putri Bulan “Kanti Umur Ngantiang”

Penyanyi solo wanita yang satu ini mempunyai suara khas yang indah. Pemenang penghargaan “Penyanyi Solo Wanita Berbahasa Bali Terbaik” di Anugerah Musik Bali 2021 tersebut merilis lagu “Kanti Umur Ngantiang” di akhir tahun 2020. Meski begitu, tembang yang bermakna “Sampai Umur Menanti” ini tetap jadi hits di 2021.

Berkisah tentang cinta seorang istri kepada sang suami, Putri mengungkapkan rasa khawatir bila suatu hari nanti wajahnya tidak secantik saat muda. Ia ingin sang suami mencintainya sepenuh hati hingga hari tua.

5. Tri Puspa “Tusing Jodoh Tiang”

Artis pop Bali yang juga seorang pebisnis ini merilis lagu Bali terbaru 2021 berjudul “Tusing Jodoh Tiang” (Bukan Jodohku) di bulan Januari. Lagu sendu tersebut menceritakan kandasnya hubungan dan rasa sedih melihat kekasih hati yang menikah dengan perempuan lain.

Seperti pada lirik: Ape ne kuangan bukti tresnan tiang (Apa kurangnya bukti sayangku), Mekejang sube ke serahang (Semua sudah kuberikan), Mekelo beli be ajak tiang (Sudah lama kita bersama), Dadi nak eluh elenan di pelaminan (Jadi perempuan lain di pelaminan).

6. Tika Pagraky “Permata Hati 2”

Mengusung genre pop, tembang “Permata Hati 2” termasuk lagu Bali terbaru 2021 yang rilis bulan Agustus. Lagu ciptaan Wira Krisna ini menunjukkan rasa syukur akan kehadiran buah hati yang ditunggu-tunggu. Arti lagunya yang indah sangat cocok dengan suara Tika yang khas. Dalam video klip, Tika menggambarkan perjalanan kehamilan anak keduanya yang menambah kebahagiaan bagi keluarga.

7. Ray Peni “Sing Ngelah Empugan”

Lagu yang memadukan musik band dengan gamelan Bali ini mengisahkan rasa sedih seorang kepala keluarga yang miskin. Ia tidak mampu membiayai anak dan istrinya, sampai harus meminjam uang ke orang lain. Akhirnya ia harus mencari pekerjaan sampingan lain agar keluarga tetap makan.

Tembang ciptaan Dek Arta ini adalah lagu Bali terbaru 2021 yang diluncurkan bulan Agustus. Video klipnya sudah ditonton lebih dari 4 juta kali di kanal YouTube Yan Tawan.

8. Yudi Kresna feat. Agustin “Kantong Bolong”

Dirilis bulan Mei lalu, lagu Bali terbaru 2021 ini cocok bagi penikmat lagu Bali dengan irama sendu. Tembang tersebut bercerita tentang rasa kesal seorang istri pada suaminya yang doyan metajen (sabung ayam) dan meceki (judi) sampai uang habis. Sang suami lalu meminta maaf karena selalu kalah dan sudah merugikan istri.

Yudi Kresna dan Agustin merupakan dua penyanyi Bali legendaris yang terkenal punya suara emas. Karyanya selalu naik daun dan memiliki banyak penggemar.

9. Yudi Kresna feat. Dek Ulik “Ampurayang”

Menggandeng penyanyi senior Dek Ulik, Yudi Kresna merilis single berjudul “Ampurayang” pada Januari lalu. Bermakna “Maafkanlah”, lagu Bali ini menggambarkan ketaatan seorang hamba Hyang Widhi yang punya banyak kesalahan. Liriknya menjelaskan permohonan maaf atas dosa yang diperbuat dan meminta tuntunan agar menjadi manusia yang berguna di bumi.

10. Yan Srikandi “Nyawan Ugugin”

Penyanyi kawakan Yan Skrikandi mengeluarkan single buatannnya, “Nyawan Ugugin” bulan Mei silam. Salah satu lagu Bali terbaru 2021 ini mendapat lebih dari 2,7 juta penonton di akun YouTube label musik Q,Ano Pro Studio.

Lewat lagu ini Yan Srikandi menggambarkan rasa sakit hati suami yang harus menghadapi istri galak. Saking seringnya kena omel, sang suami jadi terus mengalah. Ini terlihat dalam lirik: Pang kenken beli dadi kurenan adi (Lantas buat apa Mas jadi pasanganmu?), Nyerah beli nyerah (Nyerah aku menyerah), Kalah beli kalah (Kalah aku kalah), Paling melah luungan beli mengalah (Lebih baik memang Mas mengalah).

11. Wayan Sumade “Sesai Punyah”

Berangkat dari pengalaman pribadi, Wayan Sumade merilis lagu Bali berjudul “Sesai Punyah” pada Maret 2021. Lagu tersebut menceritakan seorang pemuda yang hobi mabuk-mabukan (memunyah) sampai lupa waktu.

Baginya, lebih baik pergi mencari teman untuk mabuk ketimbang diam di rumah; bisa-bisa malah menambah masalah. Sejak hari rilis, video klip “Sesai Punya” sudah ditonton lebih dari 2 juta kali.

12. Ary Kencana “Jodoh Sing Dadi Paksayang”

Solois Ary Kencana kembali merilis tembang galau bertajuk “Jodoh Sing Dadi Paksayang”. Lagu Bali terbaru 2021 ini diluncurkan bulan Oktober dan berhasil mendulang banyak views di YouTube. 

Dengan topik perjodohan, Ary Kencana melukiskan cerita perempuan yang dipaksa menikah oleh orangtua. Di sisi lain si gadis sudah punya pacar yang ia sayang. Ia akhirnya harus merelakan dirinya berpisah dari kekasih.

13. Budi Arsa “Nolih Langit”

Lagu Bali yang rilis bulan Juni 2021 ini bercerita tentang keluarga yang hidup sederhana di saat senang dan susah. Sebagai kepala keluarga, sang pria bekerja keras tanpa rasa gengsi.

Seperti langit yang tidak terbatas, akan selalu ada keinginan yang tiada habisnya. Kalau terus dituruti, hanya akan menambah beban. Maka dari itu, asalkan rajin bekerja dan bersyukur, rezeki pasti terus datang.

14. Tison feat. Putri Bulan “Melutin Bawang”

Tembang Bali yang mengisahkan urusan dapur keluarga ini punya tempo yang cepat, berbeda dari lagu sebelumnya yang lebih syahdu. Tison selaku pencipta lagu ini menulis lirik yang bermakna kerja keras seorang suami yang bahkan tidak gengsi saat membantu istri di rumah.

15. Ray Peni “Dagang Canang Sing Ngaba Bunga”

Di lagu Bali ini, Ray Peni menceritakan keadaan masyarakat Bali yang susah selama pandemi Covid-19. Karena bergantung pada pariwisata, pandemi ini membuat banyak orang harus beralih profesi jadi pedagang kelontong di pinggir jalan. Lagu “Dagang Canang Sing Ngaba Bunga” menggambarkan pujian pemuda kepada kekasih wanitanya yang menjadi penyemangat di masa sulit ini.


Itulah 15 lagu Bali terbaru 2021 yang cocok bagi pecinta lagu pop daerah. Selain liriknya yang sarat makna, lagu-lagu ini bisa menjadi pelipur lara buat mereka yang punya cerita serupa.

Sebentar lagi memasuki liburan akhir tahun, lho. Anda lagi berencana berlibur atau memilih bekerja di Bali? Jangan lupa kunjungi Flokq untuk temukan guesthouse terbaik Anda di sini, ya.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

7 Restoran Itali di Canggu yang Anda Harus Kunjungi

7 Restoran Itali di Canggu yang Anda Harus Kunjungi

7 Rekomendasi Kafe di Jimbaran untuk Destinasi Berikutmu

7 Rekomendasi Kafe di Jimbaran untuk Destinasi Berikutmu

Rekomendasi Café di Seminyak untuk Cafe-Hoppers!

Rekomendasi Café di Seminyak untuk Cafe-Hoppers!

7 Rekomendasi Kafe di Kuta yang Harus Kamu Kunjungi

7 Rekomendasi Kafe di Kuta yang Harus Kamu Kunjungi

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *