13 Makanan Lokal di Bali  Yang Wajib Kamu Coba!

13 Makanan Lokal di Bali Yang Wajib Kamu Coba!

Menginap di Bali baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek akan membuka mata Anda bahwa Bali bisa menjadi tujuan favorit sepanjang masa. Bukan hanya karena pemandangan alamnya yang asri dan asri, namun ada hal lain yang bisa membuat liburan Anda semakin lancar. Ini adalah makanan lokal!

Kapan pun Anda merasa cukup dengan perjalanan kuliner mewah atau makanan cepat saji yang dapat ditemukan di mana saja, Anda selalu dapat pergi ke restoran di Bali yang menyediakan makanan lokal. Ingin tahu yang mana untuk memulai? Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan lokal yang wajib kami coba di Bali.

Baca juga: 8 Jajanan Enak khas Bali dan Tempat Jajan Malam di Bali

1. Babi Guling

qraved

Makanan lokal pertama adalah Babi guling. Babi guling adalah salah satu makanan lokal paling populer di Bali dan dapat ditemukan di seluruh Bali. Daging babi yang gurih dengan bumbu spesial dan kulit yang gurih biasanya disajikan dengan nasi, sayuran, sosis babi, dan sambal. Babi guling siap memberikan Anda sensasi sajian babi yang benar-benar baru.

Salah satu keistimewaan babi guling adalah biasanya dimasak lebih dari 6 jam agar dagingnya berair dan empuk. Babi guling yang awalnya merupakan makanan suci yang sering disajikan sebagai suguhan upacara budaya namun kini telah menjadi makanan lokal yang populer dan wajib dicoba di Bali.

2. Betutu

magazine.job-like.com

Betutu adalah metode memasak khas Bali. Biasanya menggunakan ayam atau bebek, hidangan ini diolah sedemikian rupa. Ayam atau bebek utuh akan diisi dengan berbagai bumbu yang akan menambah cita rasa makanan. Menuntut proses memasak yang lama, ayam atau bebek betutu sudah pasti nikmat. Pastinya, harus dicoba saat Anda berada di Bali!

3. Nasi Campur

qraved.com

Nasi Campur pada dasarnya adalah nasi campur dalam bahasa Bali, dan sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri dari nasi, ayam, tahu atau tempe, sayur mayur, dan sambal. Nasi Campur bisa dinikmati untuk sarapan, makan siang, bahkan makan malam dan pastinya akan membuat Anda puas. Jika ingin sesuatu yang menyenangkan, Anda bisa pergi ke tempat tertentu yang menyajikan hidangan ala buffet, di mana Anda bisa membuat nasi campur kreasi Anda sendiri.

4. Sate Lilit

medium.com

Selanjutnya, ada Sate Lilit sebagai makanan lokal yang wajib dicoba di Bali. Sate ini unik karena terbuat dari ikan sebagai bahan utamanya. Menggunakan serai sebagai pengikatnya, sate ini kaya rasa manis dan pedas namun gurih. Yang membuatnya lebih enak adalah karena direndam dengan santan dan bumbu lainnya, lalu dipanggang di atas arang untuk menambahkan rasa berasap.

5. Lawar

topkoky.com

Lawar adalah masakan lokal Bali lainnya yang dibuat dengan mencampurkan daging cincang dengan sayuran dan kelapa parut. Ada dua jenis lawar yang bisa Anda coba: merah dan putih. Lawar merah mengandung darah hewan yang ditambahkan ke dalam campuran dan itulah mengapa warnanya menjadi merah. Sedangkan satu satunya lagi tidak mengandung darah.

Mencoba lawar selama di Bali pasti bisa menambah pengalaman bersantap Anda, apalagi jika memesan yang berwarna merah. Kebanyakan disajikan dengan nasi, Anda bisa menikmati lawar untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Baca juga: 8 Bali Local Street Foods and Where to Find Them

6. Nasi Jinggo

kintamani.id

Nasi Jinggo adalah makanan terkenal dan entah bagaimana telah menjadi konsumsi sehari-hari di kalangan penduduk setempat. Porsi kecil tapi terdiri dari banyak hal seperti nasi, suwir ayam, telur, mie, sayur mayur, dan sambal, semuanya dibungkus dengan daun pisang.

Sebagai makanan khas daerah, Anda bisa menemukan nasi jinggo di mana saja dan biasanya dijual dengan sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan raya di Bali. Makanan yang satu ini terjangkau dengan harga sekitar Rp5000 hingga Rp10.000 untuk setiap porsinya, namun karena porsinya yang kecil, Anda mungkin ingin mendapatkannya lebih dari satu.

7. Nasi Tepeng

Berasal dari daerah Gianyar, Nasi Tepeng adalah hidangan dengan tekstur unik yang berada di antara nasi dan bubur. Jika Anda kebetulan mencoba nasi tepeng, Anda akan merasakan butiran yang lembut dan bubur yang berpadu serasi dengan campuran bumbu dan rempah yang istimewa. Lengkap dengan ayam, telur, dan berbagai jenis sayuran, yang satu ini menjadi santapan umum bagi warga sekitar.

8. Bubur Mengguh

qunka.id

Bubur Mengguh aslinya berasal dari daerah Buleleng. Bubur gurih ini sering disajikan sebagai suguhan wajib untuk festival atau upacara adat di Bali. Topping yang digunakan untuk Bubur Mengguh adalah campuran bumbu cair, dilengkapi dengan suwiran ayam, kacang tanah panggang, dan kuah kelapa. Sangat cocok untuk sarapan untuk memberi energi pada Anda di pagi hari.

9. Tum

idntimes.com

Terbuat dari daging cincang seperti ayam, babi, atau sapi, Tum merupakan sajian yang lezat dan unik karena dibungkus rapi menggunakan daun pisang. Memiliki rasa yang kaya dan otentik yang berasal dari beberapa bumbu dan bumbu yang digunakan, serta aroma daun pisang selama proses pengukusan. Sebagai makanan lokal yang wajib dicoba di Bali, Anda bisa menikmati Tum sebagai hidangan utama atau camilan saat bepergian.

10. Jukut Ares

kintamani.id

Jukut Ares merupakan makanan lokal di Bali dan menggunakan batang pohon pisang sebagai bahan utamanya. Batang pohon pisang tersebut akan diiris tipis-tipis kemudian dimasak menggunakan bumbu khusus dari Bali. Agar lebih nikmat, penduduk setempat biasanya menambahkan daging ayam atau babi. Yang satu ini adalah hidangan yang unik dan memiliki gaya khas Bali.

11. Rujak

merdeka.com

Anda bisa menganggap rujak sebagai salad lokal Bali. Terbuat dari aneka buah dan sayuran, rujak sebenarnya populer di Asia. Namun di Bali, Anda akan menjumpai jenis rujak yang khas yaitu rujak pindang dan rujak bulung. Sedangkan untuk rujak pindang kuahnya menggunakan kaldu ikan. Sedangkan rujak bulung terbuat dari rumput laut. Sungguh hidangan yang unik dan menarik, bukan?

12. Sambal Matah

caramembuat.id

Sambal Matah adalah paduan yang sempurna untuk setiap hidangan seperti ayam, babi, telur, dan lainnya. Sambal matah lokal Bali ini populer karena memiliki sensasi pedas tapi jelas gurih, dan sensasi segar yang berasal dari daun jeruk dan serai yang digunakan. Sambal matah dapat Anda temukan dengan mudah setiap kali Anda memesan makanan lokal di Bali.

13. Laklak – Kue Bali

palm-living.com

Terakhir, kami memiliki makanan penutup untuk melengkapi rekomendasi makanan lokal yang harus dicoba di Bali ini. Itu disebut laklak. Sebagai kue tradisional Bali yang manis, laklak terbuat dari tepung beras dan kebanyakan hadir dalam dua warna berbeda: putih — seperti aslinya, dan hijau — sebagai bumbu pandan. Anda bisa menikmati laklak untuk sarapan atau makanan ringan untuk dinikmati sambil menjelajahi Bali.

Baca juga: Order Food Online to Make Your Stay in Bali Much Easier

Itu dia! Daftar makanan lokal yang harus dicoba di Bali untuk membantu Anda memutuskan mana yang akan dikunjungi saat berada di Bali.


Ingin mencari pilihan sewa untuk perjalanan Anda ke Bali? Flokq memiliki beberapa pilihan rental yang terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah untuk mengetahui lebih lanjut!

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Shisha Cafe Yang Wajib Dikunjungi Di Bali, Bikin Night Out Seru!

7 Shisha Cafe Yang Wajib Dikunjungi Di Bali, Bikin Night Out Seru!

Rekomendasi 10 Objek Wisata Healing Di Bali

Rekomendasi 10 Objek Wisata Healing Di Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *