Langkah Cara Mendapatkan SIM Untuk WNA di Bali

Langkah Cara Mendapatkan SIM Untuk WNA di Bali

Berencana untuk tinggal dalam jangka waktu lama di Bali? Ingatlah bahwa Anda mungkin memerlukan surat izin mengemudi untuk mempermudah mobilitas Anda. Ingin tahu apakah orang asing bisa mendapatkan SIM Indonesia? Tentu saja Anda bisa! Selama Anda memenuhi kualifikasinya, Anda akan dapat memiliki Surat Izin Mengemudi Indonesia yang disebut SIM (Surat Izin Mengemudi) dalam bahasa Indonesia.

Jika Anda tinggal di Bali dalam jangka panjang dan memegang KITAS atau KITAP, maka Anda harus mendapatkan SIM Indonesia. Mengapa KITAS dan KITAP penting? Karena di Bali, polisi tidak lagi memberikan izin kepada pemegang visa sementara, jadi pastikan Anda memiliki kedua dokumen tersebut sebelum mengajukan SIM di Bali.

Ketika Anda pergi untuk mengajukan SIM di Bali, Anda akan melihat banyak “agen” di kantor polisi. Mereka menawarkan layanan mereka untuk membantu Anda karena Anda mungkin merasa kesulitan untuk mengajukan SIM Indonesia. “Agen” tersebut menawarkan bantuan mereka dengan bayaran, terkadang mereka bahkan dapat membantu Anda melewati tes yang diterapkan. Ini tidak disarankan, dan tentu saja ilegal.

Untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang jelas tentang cara mendapatkan SIM asing di Bali, berikut adalah panduan kami untuk Anda. Sehingga Anda tidak memerlukan bantuan “agen” atau terlibat dalam aktivitas ilegal apa pun.

Baca juga: Panduan untuk Tur di Bali

Tipe SIM di Indonesia

source: pixabay

Di Indonesia, kelas yang paling umum dari SIM adalah:

  • A – Kendaraan roda empat, mobil penumpang pribadi atau kargo dengan berat di bawah 3.500 kg
  • B1 – Kendaraan penumpang atau kargo pribadi dengan berat lebih dari 3500 kg
  • B2 – Kendaraan berat dengan trailer
  • C – Sepeda Motor

Usia minimal pemegang Surat Izin Mengemudi Sepeda Motor (SIM C) dan Surat Izin Mengemudi (SIM A) adalah 17 tahun, sedangkan untuk B1 adalah 20 tahun, dan B2 adalah 21 tahun. Surat Izin Mengemudi Warga Negara Indonesia untuk Orang Asing berlaku selama 5 tahun dan perlu diperpanjang jika telah melewati masa berlaku.

Dokumen yang diperlukan untuk membuat SIM

Sebagai orang asing, ada beberapa dokumen wajib yang harus Anda sediakan agar proses mendapatkan SIM di Bali berjalan lancar. Pastikan untuk melengkapi semua dokumen yang diperlukan. Jika tidak, polisi tidak akan menerima aplikasi Anda.

Berikut adalah dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan SIM di Bali:

  1. Paspor Asli.
  2. Fotokopi halaman paspor yang berisi informasi identitas, visa, dan stempel masuk
  3. Asli dan Fotokopi KITAS atau KITAP.
  4. Asli dan salinan SIM yang masih berlaku yang sudah Anda miliki, jika berlaku.
  5. Catatan medis, atau Surat Keterangan Dokter, atau Surat Kesehatan, yang dapat dikeluarkan di kantor polisi
  6. Asli dan fotokopi KTP-OA atau SKTT, jika ada.
  7. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) apabila tidak mempunyai dokumen nomor 6.

Ingatlah bahwa Anda harus memenuhi usia minimum untuk kelas lisensi, dan jika Anda mengajukan lebih dari satu kelas lisensi, Anda perlu membuat salinan terpisah untuk setiap lisensi karena setiap kelas lisensi dianggap sebagai aplikasi terpisah.

Proses pendaftaran

Di Indonesia, polisi Indonesia bertugas mengeluarkan SIM. Karenanya, Anda harus pergi ke kantor polisi tingkat menengah setempat, yang disebut Polres atau Polresta dalam bahasa setempat. Untuk mendapatkan SIM asing di Bali, Anda harus pergi ke kantor polisi tingkat menengah di daerah Denpasar. Namanya Polresta Denpasar dan terletak di Jalan Gunung Sanghyang, No.110, Denpasar Barat.

Baca juga: Panduan Lengkap Kantor Polisi di Bali

Sebelum berkunjung ke kantor Polresta Denpasar, sekarang Anda sudah bisa melakukan pra-registrasi aplikasi SIM Indonesia Anda secara online. Kunjungi sim.korlantas.polri.go.id/ untuk informasi lebih lanjut. Tapi, jika tidak ingin mendaftar secara online, Anda bisa datang ke kantor polisi dan meminta bagian aplikasi SIM. Jika Anda berada di area dengan banyak ekspatriat, Anda mungkin memiliki jendela khusus bertanda aplikasi WNA (non-warga negara)

Biasanya, ada juga kantor terdekat untuk mendapatkan surat kesehatan. Pemeriksaan kesehatan biasanya hanya pemeriksaan mata cepat dan pemeriksaan tekanan darah. Ingatlah untuk meminta lebih banyak salinan jika Anda mengajukan lebih dari satu kelas lisensi. Setelah itu, Anda dapat melakukan pembayaran untuk aplikasi SIM Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan cabang Bank BRI tepat di kantor polisi untuk melakukan pembayaran.

Tes teori

Untuk mendapatkan SIM asing di Bali, dan wilayah mana pun di Indonesia, Anda harus menjalani tes teori, meskipun Anda sudah memiliki SIM asing yang masih berlaku. Ini adalah tes komputer, dan Anda hanya perlu memilih Benar atau Salah. Tes ini dalam Bahasa Indonesia, namun Anda dapat membawa penerjemah jika Anda mau.

Tes teori terdiri dari 30 soal dengan batas waktu 30 menit. Untuk lulus tes, Anda harus menjawab setidaknya 21 pertanyaan dengan benar. Tetapi jika Anda gagal dalam ujian, tidak perlu khawatir! Anda dapat mengulanginya 7 hari setelah percobaan pertama. Kemudian lagi dalam 14 hari dan 30 hari jika Anda gagal lagi.

Untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk tes teori, Anda bisa kunjungi: korlantas.polri.go.id/latihan dan download beberapa latihan soal di sini: korlantas.polri.go.id/soal-soal untuk latihan soal lainnya Anda bisa kunjungi website ini: www.infosimabc-korlantaspolri.net/

Jika Anda sudah memiliki SIM yang masih berlaku, dan Anda lulus tes teori, biasanya SIM Anda yang baru di Indonesia akan diterbitkan pada hari yang sama. Tetapi jika Anda tidak memiliki SIM yang valid, Anda perlu mengikuti tes praktik segera setelahnya.

Tes praktik

Tes praktek pada dasarnya adalah tes dimana Anda perlu menunjukkan kemampuan mengemudi Anda, Anda boleh membawa kendaraan sendiri sehingga Anda lebih nyaman. Sama seperti tes teori, jika tes praktik ini gagal, kamu dapat mengulanginya 7 hari setelah kegagalan pertama. Kemudian lagi dalam 14 hari dan 30 hari jika Anda gagal lagi.

Tes praktek untuk mendapatkan SIM A (mobil penumpang 4 roda) terdiri dari:

  • Mengemudi lurus ke depan dan ke belakang di jalur kerucut yang sempit.
  • Mengemudi zig-zag maju dan mundur sekitar 9 kerucut.
  • Pencadangan dan parkir.
  • Parkir parallel.
  • Mengemudi di tanjakan, mengaktifkan rem tangan, melepaskan rem tangan, lalu pergi.
  • Mengemudi menuruni tanjakan, berhenti dan pergi.

Ujian praktek untuk mendapatkan SIM C (lisensi sepeda motor) terdiri dari:

  • Mengendarai melalui sekumpulan kerucut yang sempit. <
  • Mengendarai zig-zag di sekitar satu set kerucut.
  • Figure eight.
  • Penghindaran dan uji reaksi.
  • Tes putar balik.

Ingatlah untuk fokus dan melakukan tes praktik dengan serius agar berhasil. Setelah Anda lulus tes praktik, SIM baru Anda akan diterbitkan pada hari yang sama, dan Anda siap untuk menjelajahi Bali lebih jauh!

Validitas dan Pembaruan

Masa berlaku SIM Indonesia tergantung pada jenis visa Anda. Jika Anda adalah pemegang KITAS, Anda akan mendapatkan SIM yang berlaku selama 1 tahun. Sedangkan untuk pemegang KITAP, masa berlaku yang bisa Anda dapatkan adalah 5 tahun per lisensi, dan akan habis masa berlakunya di tahun ke-5.

Ingatlah bahwa penting bagi Anda untuk memperbarui lisensi Anda sebelum masa berlakunya habis. Jika tidak, Anda harus mengajukan permohonan lisensi baru dan membahas semuanya lagi. Untuk memperbarui SIM Indonesia Anda di Bali, Anda dapat kembali ke kantor polisi tempat Anda mendapatkan SIM.

Dan begitulah! Sekian panduan kami untuk Anda tentang cara mendapatkan SIM untuk WNA di Bali.


Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

15 Toko Furnitur di Bali Untuk Mencari Furnitur Bagus

15 Toko Furnitur di Bali Untuk Mencari Furnitur Bagus

5 Jasa Penjahit Terbaik Di Bali Agar Tampil Stylish

5 Jasa Penjahit Terbaik Di Bali Agar Tampil Stylish

Panduan Lengkap Untuk Sewa Kamar di Bali

Panduan Lengkap Untuk Sewa Kamar di Bali

15 Dessert Bali Terenak: Untuk Penggemar Makanan Manis

15 Dessert Bali Terenak: Untuk Penggemar Makanan Manis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *