10 Minuman Khas Bali yang Harus Kamu Coba

10 Minuman Khas Bali yang Harus Kamu Coba

Pulau Dewata Bali memang menyuguhkan keindahan alam yang memesona. Banyak sekali objek wisata yang mampu menarik perhatian para wisatawan, mulai dari lokal hingga mancanegara. Budaya Bali dari para leluhur masing sangat terasa kental karena selalu dilestarikan dengan baik. Tapi tidak hanya itu saja, makanan dan minumannya juga memiliki ciri khas tersendiri yang tidak bisa kamu dapatkan dari daerah lain. Apa saja minuman khas Bali? Simak artikel berikut untuk mengetahui minuman khas Bali apa saja yang harus kamu coba.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 10 Kafe dan Restoran Hits di Sekitar Lapangan Renon Bali

1. Es Kuwut

Es kuwut menjadi salah satu minuman khas Bali yang paling populer. Meski jika dilihat secara sekilas, es kuwut rupanya mirip seperti es campur atau es teler. Tapi bedanya es kuwut terbuat dari beberapa jenis buah-buahan segar, seperti kelapa dan blewah. Mendengarnya saja sudah membuat segar, sangat cocok dengan suasana tropis Bali. Sebagian ada juga yang menambahkan minuman ini dengan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa asam. Selain itu, tidak sulit juga untuk mencari es kuwut di Bali karena hampir setiap restoran menyediakan minuman ini.

2. Es Daluman

Minuman khas Bali yang tidak boleh terlewatkan saat di Pulau Dewata adalah Es Daluman. Es Daluman ini biasanya dikenal juga sebagai es cincau. Es Daluman ini akan disajikan dengan siraman gula merah yang membuat minuman ini terasa manis. Ditambah dengan santan dan es batu yang membuat minuman ini terasa segar. Selain rasa yang nikmat, minuman ini juga memiliki khasiat untuk memperlancar buang air besar.

source: rri

3. Es Loloh Cemcem

Minuman khas Bali yang satu ini memiliki banyak khasiat dengan empat rasa yang bercampur dalam satu gelasnya. Ada rasa asin, pedas, manis, dan asam. Hal ini karena bahan-bahan campuran yang digunakan seperti daun Cemcem. Minuman ini berkhasiat untuk melancarkan pencernaan dan tekanan darah, bahkan untuk ibu yang sedang menyusui. Meski begitu, sayangnya minuman ini sudah jarang ditemukan, tidak seperti zaman dahulu. Untuk menemukan minuman ini, kamu bisa pergi ke Desa Penglipuran, daerah asli yang membuat minuman ini.

source: Bali Idntimes

4. Es Bir

Minuman khas Bali yang namanya sudah tidak terdengar asing. Sekilas rupanya mirip dengan es kuwut. Bedanya, jika es kuwut berisi melon, blewah, dan jeruk nipis. Es Bir adalah perpaduan antara bir, kelapa muda, dan perasan jeruk nipis. Namun meski namanya “Bir”, minuman ini tidak mengandung alkohol dan bisa kamu nikmati kapan saja. Cita rasa yang manis dan asin akan sangat terasa menyegarkan jika diminum saat siang hari.

5. Es Gula

Salah satu minuman khas Bali yang cukup populer, simpel tapi menyegarkan. Terbuat dari air, es batu, dan sirup. Sirupnya sendiri berasal dari gula yang sudah dicairkan dan dicampur dengan pewarna makanan. Sehingga ada banyak variasi warna yang cukup menggoda, seperti merah, hijau, dan masih banyak lagi. Jika kamu pergi ke Bali, es gula ini akan sangat mudah kamu temukan pada berbagai restoran atau rumah makan lokal.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Tinggal di Denpasar, Bali dengan Fasilitas Terbaik

6. Kopi Bali

Para pecinta kopi tidak boleh melewatkan minuman khas Bali yang satu ini. Meski beberapa daerah di Indonesia juga memiliki kopi tersendiri, namun kopi khas Bali tidak kalah nikmatnya dengan yang lain. Hal ini terletak pada proses pembuatannya yang masih dilakukan secara tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Kopi Bali adalah produksi kopi olahan yang punya aroma yang begitu khas dan nikmat. Kenikmatannya bisa terasa hanya dalam aromanya, apalagi setelah mencicipinya.

7. Es Kolak Ancruk

Minuman khas Bali dari Singaraja yang unik dan menyegarkan. Isinya terbuat dari kolak, ancruk, bubur sumsum, kolang kaling, es serut, sirup, agar-agar, dan kuah santan. Sebenarnya, ancruk mirip dengan minuman jenang grendul dari Jawa. Bahan dasar yang terdiri dari tepung tekan dengan air panas, dan dibentuk bulatan. Sementara itu, kolaknya diolah bersama potongan pisang matang, gula pasir, daun pandan, dan santan.

8. Teh Jahe

Sesuai dengan namanya, komposisi minuman khas Bali yang satu ini terbuat dari teh dan jahe. Campuran jahe sengaja dilarutkan dalam segelas teh yang akan memberikan kamu sensasi rileks dalam kehangatan sebuah gelas, Apalagi, saat kamu menghidangkan minuman ini pada pagi hari atau musim hujan. Selain itu, kamu juga bisa meracik sendiri teh jahe ini. Kamu bisa menggunakan teh jenis apapun termasuk teh kantong.

9. Arak Bali

Minuman khas Bali yang cukup tenar hingga peminatnya tidak hanya di Bali dan meluas ke penjuru negeri. Ditambah dengan eksistensi arak yang bisa kamu temukan pada sejumlah tempat di Bali. Bahan bakunya terbuat dari air kelapa yang diolah dengan disuling. Proses destilasi ini kemudian membuat air kelapa menyimpan kadar alkohol. Meski begitu, kamu tetap harus waspada jika ingin minum arak Bali. Karena minuman ini tidak bisa dicampur begitu saja dengan minuman lain seperti soda, buah, atau jus.

source: Goodminds

10. Tambring

Minuman khas Bali yang terbuat dari kelapa juga sebagai komposisi utamanya. Minuman ini cukup legendaris dan sekilas hampir menyerupai es kopyor. Tapi bedanya jika pada kopyor air kelapa dicampurkan dengan sirup untuk menghasilkan rasa yang manis, tambring justru dicampur dengan asam Jawa. Minuman ini cukup populer pada kalangan wisatawan karena perpaduan rasa yang cukup untuk. Hal ini karena racikan tambring hasil dari campuran asam jawa dan putih telur.

Demikian daftar minuman-minuman khas Bali. Sudah menentukan mana yang akan kamu coba? Jangan lupa cek website Flokq Bali untuk temuka hunian dan tempat tinggal yang cocok untuk kamu selama di Bali.

Baca juga: Catat 7 Hal Ini Sebelum Berwisata ke Danau Tamblingan Bali

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Rekomendasi Terbaik Restoran Seafood di Kuta, Bali

10 Rekomendasi Terbaik Restoran Seafood di Kuta, Bali

7 Guesthouse Dekat Pantai Petitenget, Bali dengan Fasilitas Lengkap

7 Guesthouse Dekat Pantai Petitenget, Bali dengan Fasilitas Lengkap

7 Restoran Seafood di Canggu yang Wajib Kamu Coba!

7 Restoran Seafood di Canggu yang Wajib Kamu Coba!

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *