Panduan Lengkap ke Nusa Penida, Bali

Panduan Lengkap ke Nusa Penida, Bali

Terkenal dengan keindahannya, Nusa Penida pasti menjadi salah satu area yang wajib dicantumkan setiap orang ketika ingin berlibur ke Bali. Bagi kalian yang menyukai pantai atau alam, ini pasti akan menjadi tempat favorit Anda untuk menginap. Jadi sebelum anda datang ke nusa penida, pastikan anda mengetahui lebih lengkap tentang Nusa Penida dan berikut panduan kami untuk anda yang mungkin anda butuhkan.

Tentang Nusa Penida

Nusa Penida adalah salah satu pulau di Tenggara Indonesia yang terletak di Kabupaten Klungkung, dan tetangga 13 pulau dengan luas total lebih dari 200 kilometer persegi. Beberapa pulau terkenal yang mungkin Anda kenal adalah Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, Gili Trawangan, dan masih banyak lagi. Untuk Nusa Penida sendiri terkenal dengan tempatnya yang cocok untuk scuba diving. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, Anda memerlukan beberapa hari karena semua hal yang akan Anda temukan di sini indah dan akan membuat Anda takjub pada saat bersamaan.

Hal yang Dapat Dilakukan di Nusa Penida, Bali

Nah, jika anda ingin menjelajah Nusa Penida, disinilah tempat di mana anda bisa menemukan keindahan alam yang masih alami. Beberapa hal yang harus Anda lakukan di sini adalah mengunjungi pantainya yang terkenal, kuil suci, dan banyak tempat wisata lainnya yang akan membuatmu takjub. Lebih baik Anda berencana tinggal di sini selama seminggu atau lebih karena ada banyak tempat yang tidak dapat Anda tinggalkan tanpa mengunjunginya terlebih dahulu. Berbeda dengan Bali, kamu akan menemukan betapa menariknya Nusa Penida setelah mengetahui segala hal tentangnya.

Pantai dekat Nusa Penida, Bali

Apa yang membuat Nusa Penida terkenal? Ya! Ini adalah pantainya yang putih, jernih, indah. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali, Nusa Penida memang memiliki pantai-pantai terbaik. Jujur saja, ada banyak sekali pantai indah yang harus kamu kunjungi, namun ini adalah 3 pantai teratas yang selalu dikunjungi orang dan juga pantai paling terkenal yang akan kamu dengar.

1. Crystal Bay Nusa Penida

Pantai paling terkenal pertama yang bisa Anda temukan di sini adalah Crystal Bay. Pantainya memiliki pasir putih, dan air yang jernih. Anda bisa melihat betapa indahnya warna air karena orang mengartikannya seperti kristal. Selain itu pantainya tenang, dan memiliki total pasir 200 meter. Saat datang kesini akan serasa berada di pantai pribadi karena sepi. Jika Anda ingin menemukan pantai terbaik untuk melakukan olahraga air, Anda dapat mengandalkan Crystal Bay. Di sini, Anda bisa snorkeling atau diving dan menemukan betapa indahnya terumbu karang dan eksotisme ikan-ikannya. Layak dikunjungi, bukan?

2. Pantai Atuh

Untuk yang kedua, Anda harus mengunjungi Pantai Atuh yang terkenal. Lokasinya tepat di bawah tebing besar, dan Anda harus melewati anak tangga saat dalam perjalanan ke Pantai Atuh. Di pantainya sendiri, Anda akan menemukan kursi berjemur di mana Anda dapat menikmati waktu Anda untuk berjemur sambil minum kelapa segar. Kedengarannya menarik, bukan? Selain itu, Anda bisa berenang di sini namun harus tetap berhati-hati karena terkadang ombaknya terlalu kuat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan warung-warung yang menyajikan jus buah dan masakan Indonesia.

3. Pantai Kelingking

Last but not least, pantai yang paling terkenal di Nusa Penida adalah Pantai Kelingking. Hal yang membuat Kelingking terkenal di kalangan wisatawan adalah tebingnya sendiri, dan garis pantainya yang menyerupai kepala T-Rex. Mereka memiliki tebing khas yang bisa Anda daki dengan ketinggian 150 meter. Pemandangan di atas tebing sangat menakjubkan dan tidak akan pernah membuatmu menyesal meskipun melelahkan saat mendaki. Kamu juga bisa berenang di pantai paling biru di Nusa Penida ini. Berhati-hatilah saat Anda berenang karena tidak ada penjaga pantai yang akan mengawasi Anda.

Baca juga: The Ultimate Guide of Nusa Lembongan Bali

Pura di Nusa Penida, Bali

Siapa bilang Nusa Penida hanya terkenal dengan pantainya saja? Nah, Anda bisa menemukan ribuan candi suci di sini. Inilah beberapa candi yang harus Anda kunjungi.

1. Pura Goa Giri Putri

Goa Giri adalah pura terunik yang pernah Anda kunjungi karena terletak di dalam gua, dan tersembunyi dari dunia luar. Goa ini memiliki panjang 262 meter dan Anda dapat menemukan atap tinggi hingga 15 meter di dalamnya. Ada banyak tempat berdoa yang tersedia bagi Anda untuk berdoa dan belajar tentang kegiatan spiritual. Sama seperti pura lainnya, Anda harus mengenakan sarung dan selempang saat ingin datang kesini.

Alamat: Suana, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Jam buka: 06.00 – 22.00 pada hari Senin, 17.00 – 10.00 pada hari Selasa hingga Sabtu, dan 17.00 hingga 12.00 pada hari Minggu

2. Pura Dalem Ped

Dalem Ped adalah pura terkenal lainnya yang harus Anda kunjungi saat berada di Nusa Penida. Desain candi itu sendiri otentik dari nuansa Bali. Di dalamnya terdapat 5 pura yang bernama Pura Segara, Pura Taman, Penataran Ratu Gede Mecaling, Pelebaan Ratu Mas, dan Bale Agung. Masing-masing candi tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Terkadang ada upacara suci yang diadakan di Pura Dalem Ped dan Anda bisa melihat bagaimana upacara budaya diadakan di Pura tersebut.

Alamat: Ped, Nusa Penida, Ped, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Jam buka: 24 jam

3. Pura Puncak Mundi

Terletak di titik tertinggi di Nusa Penida, Pura Puncak Mundi bisa Anda andalkan karena layak untuk dikunjungi. Karena lokasinya, Anda bisa melihat betapa indahnya pemandangan Nusa Penida. Hal yang menarik di sini adalah setiap bulan purnama dan hari-hari sakral lainnya di Bali, pura ini akan ramai dan dipenuhi oleh orang-orang dari desa terdekat.

Alamat: Unnamed Rd, 80771, Klumpu, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771

Jam buka: Buka 24 jam

Yoga di Nusa Penida, Bali

Jujur saja, Nusa Penida adalah tempat di mana Anda bisa menemukan segalanya termasuk studio yoga. Ada banyak sekali sanggar yoga yang bisa Anda andalkan di sini dan dikelilingi oleh keindahan alam Nusa Penida. Anda akan melakukan sesi yoga di tempat yang bertemu dengan alam. Selain itu, ada juga sesi yoga yang diperuntukkan bagi para penyelam saja. Keren kan? Beberapa sesi yoga di Nusa Penida yang bisa Anda pertimbangkan adalah di Serenity, Freedive Nusa, Yoga Dunia, Yoga Shack, dan masih banyak lagi.

Nightlife di Nusa Penida, Bali

Sedang mencari tempat untuk menghabiskan malam dengan baik? Di sini, Anda dapat menemukan banyak bar, klub pantai, atau klub yang memungkinkan Anda menghabiskan waktu dengan pemandangan terbaik. Beberapa tempat terkenal yang bisa Anda kunjungi di sini adalah Penida Colada yang terletak di pinggir pantai, Amok Sunset yang memiliki poolside bar dengan berbagai pilihan cocktail, Maruti Beach Club, atau mungkin SemayaOne Tamarind Beach Club.

Berkeliling Nusa Penida, Bali

Jika menurut anda sulit untuk mencapai Nusa Penida, anda salah. Caranya cukup mudah karena Anda tinggal naik kapal feri atau boat dari kawasan Bali menuju pulau ini. Saat anda menginap di Nusa Penida, tidak sulit mencari transportasi yang bisa anda gunakan selama liburan. Anda bisa menyewa mobil di sini dengan atau tanpa supir karena Anda akan ditawari oleh banyak agen begitu sampai di pulau tersebut. Anda juga bisa menemukan rental mobil di sini jika ingin mencarinya secara online. Sangat disarankan menggunakan mobil, bukan sepeda motor karena kondisi jalan di sini kurang baik.

Kehidupan Ekspatriat di Nusa Penida, Bali

Jika Anda ingin menjelajah lebih jauh tentang Nusa Penida, Anda bisa pindah ke sini karena itu ide yang bagus. Saat Anda pindah ke sini, tidak banyak hotel dan vila yang dapat Anda temui, tetapi ada beberapa tempat menginap terbaik dan terkenal. Cocok untuk masyarakat yang ingin hidup berdampingan dengan alam tanpa lampu kota. Ah, jangan lupa memperpanjang visa Anda terlebih dulu!

Baca juga: 7 Layanan Visa Bali Terpercaya Agar Liburanmu Bebas Masalah!

Itu dia. Semua hal yang perlu anda ketahui tentang nusa penida sudah lengkap di atas. Bagaimana itu? Apakah Anda cukup tertarik untuk mengunjungi pulau indah di dekat Bali ini?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *