10 Obyek Wisata di Karangasem Bali yang Harus Kamu Kunjungi

10 Obyek Wisata di Karangasem Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Bali merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit bagi domestik dan internasional. Keindahan alamnya menjadi sorotan bagi banyak orang yang ingin pergi mencari ketenangan dan suasana yang berbeda. Banyaknya obyek wisata membuat para wisatawan bisa memilih tempat untuk menghabiskan waktu dengan keindahan alam. Salah satunya adalah obyek wisata di Karangasem Bali.

Karangasem Bali memiliki banyak obyek wisata yang bisa kamu kunjungi. Apalagi budaya yang masih sangat kental menjadi ciri khas sendiri untuk tempat ini dan membuat banyak orang selalu ingin kembali. Obyek wisata di Karangasem Bali ini menyuguhkan keindahan alam yang natural dan pengalaman liburan yang berbeda. Berikut 10 tempat wisata yang harus kamu ketahui sebelum pergi kesana.

1. Taman Tirta Gangga

Taman dengan konsep istana air yang menjadi suguhan utama pada Tirta Gangga. Pemandangan yang sangat menawan membuat banyak wisatawan asing dan lokal selalu ingin berkunjung ke obyek wisata di Karangasem Bali ini. Tempat wisata seluas 1,2 hektar ini menawarkan banyak spot foto yang cantik untuk instagram. Selain itu, Taman Tirta Gangga juga memiliki banyak patung yang tersebat hampir pada setiap sudutnya. Ada air mancur, ikan-ikan yang berenang, dan Menara Air Nawa Sanga berukuran besar yang menjadi ikon tempat wisata tersebut.

2. Puri Agung Karangasem

Puri Agung ini juga menjadi salah satu obyek wisata di Karangasem Bali yang sudah berdiri sejak abak ke-19.Berdasarkan sejarahnya, puri ini dibangun oleh Raja Karangasem 1, Anal Agung Gede Jelantik. Menariknya, puri ini mengombinasikan gaya arsitektur dari tiga wilayah di dunia, yaitu Bali, China, dan Eropa. Sembari berjalan-jalan dan merasakan kehidupan pada zaman dulu, kamu juga bisa mempelajari sejarahnya hingga puri tersebut pernah menjadi istana kala itu.

Puri Agung Karangasem terbagi menjadi tiga area yang memiliki fungsi masing-masing. Seperti pada area pertama yang disebut bencing. Dahulu area ini terletak pada bagian depan dan menjadi tempat pertunjukan kesenian tradisional.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Alam Hits di Buleleng Bali

3. Taman Sukada

Istana air lainnya di Karangasem Bali yang tidak kalah mengesankan adalah Taman Sukada atau nama lainnya Istana Air Taman ujung. Perpaduan arsitektur yang khas berkarakterisik Bali dan gaya eropa membuat taman air ini mencuri perhatian banyak wisatawan. Selain bermain dengan air, kamu juga bisa bersantai di pendopo yang disediakan dan mengambil foto pada spot cantik untuk Instagram.

Source: Travelingyuk

4. Taman Harmoni Bukit Asah

Terletak dekat desa Bug Bug, di Karangasem Bali, kamu bisa menggunakan jalur trekking dengan melewati pepohonan yang rindang untuk sampai kesana. Selain itu, kamu juga bisa menikmati segarnya udara dan pemandangan indah yang hanya kamu bisa lihat dari balik Pantai Prasi. Mulai dari hamparan laut lepas hingga tebing yang menjulang tinggi untuk kamu menikmati pemandangan. Selain berkemah dan menikmati pemandangan, kamu juga bisa paradigling atau diving jika ingin memiliki pengalaman liburan yang menantang.

Source: Penginapan

5. Samsara Living Museum

Terletak pada Desa Jungutan, obyek wisata di Karangasem Bali ini memiliki museum yang berbeda dengan biasanya, Museum Hidup. Sesuai dengan namanya, wisatawan yang berkunjung akan mendapat penjelasan interaktif soal upacara agama, alat upacara, dan tanaman yang biasa digunaan saat upacara. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat aktivitas lainnya seperti menyanyi, melukis dan membuat arak. Ada juga pertunjukan genjek yang bisa pengunjung ikuti.

Source: Samsara Bali

6. Museum Lontar

Masih museum yang terletak di Karangasem Bali, tepatnya pada Desa Adat Dukuh Penaban. Berkunjung ke Museum Lontar, kamu bisa melihat sejarah yang sudah tercatat selama ratusan tahun lamanya. Banyak sekali catatan kuno yang dahulu ditulis pada atas daun lontar kering. Beberapa isi catatan tersebut membicarakan tentang kematian dan mengurus tanaman, atau ritual dan keseharian.

Source: Benoa News

7. Pura Lempuyang

Terletak pada puncak gunung Lempuyan yang menjadi destinasi wisata Karangasem Bali. Untuk menuju ke tempat ini, kamu harus melewati sebanyak 1700 anak tangga. Tempat ini berada pada ketinggian 1.100 mdpl dan menawarkan udara yang sangat sejuk dan pemandangan yang indah. Bahkan jika cuaca sedang cerah, wisatawan bisa melihat Gunung Agung. Hingga saat ini, Pura Lempuyang masih menjadi tempat ibadah para orang Hindu di Bali. Sehingga ada baiknya kamu harus menaati aturan dan menjaga sopan santun saat kesana.

Source Wanderes and warriors

8. Desa Tenganan Pegeringsingan

Terletak pada Kecamatam Manggis, masih di Karangasem Bali. Awalnya desa ini masih mempertahankan gaya rumah dan adat yang ada sejak dulu. Budayanya yang masih sangat kental ini masih didasari pada aturan adat yang sangat kuat dengan sebutan awig-awig. Aturan ini sudah ada sejak abad ke-11, dan diperbarui pada 1842. Wisatawan bisa melihat sekaligus menikmati rumah adat yang indah, juga lingkungan yang masih sangat terjaga. Jangan lupa membeli kain geringsing sebagai oleh-oleh karena kain ini hanya diproduksi pada Desa Tenganan oleh para perajin menggunakan tangan.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Taman Nusa Gianyar

9. Sapta Gangga Timbrah

Sapta Gangga yang terletak pada Desa Adat Timbrah, salah satu destinasi wisata Karangasem Bali. Tempat ini menjadi salah satu opsi untuk wisatawan yang ingin mengetahui religi lebih dalam lagi. Ada tujuh mata air yang bisa digunakan untuk melakukan pembersihan diri secara spiritual.

Source: Bali Express

10. Taman Edelweis Besakih

Terletak pada Desa Besakih, Kecamatan Rendang, menjadi salah satu obyek wisata Karangasem Bali. Tempat ini memiliki hamparan bunga kasna yang sangat menawan. Bunga-bunga ini menjadi spot foto favorit bagi para wisatawan untuk Instagram mereka. Selain itu, masih ada juga spot foto lain untuk para wisatawan dengan pemandangan yang tidak kalah cantik.

Sudah tahu tempat-tempat menarik untuk berwisata selama di Karangasem Bali? Jangan lupa cek website Flokq untuk menemukan hunian yang nyaman selama kamu berlibur.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang GWK Bali

Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang GWK Bali

Tempat Wisata Bali: 10 Rekomendasi Taman Terbaik di Bali

Tempat Wisata Bali: 10 Rekomendasi Taman Terbaik di Bali

10 Minuman Khas Bali yang Harus Kamu Coba

10 Minuman Khas Bali yang Harus Kamu Coba

Wajib Tahu! Ini 10 Kafe dan Restoran Hits di Sekitar Lapangan Renon Bali

Wajib Tahu! Ini 10 Kafe dan Restoran Hits di Sekitar Lapangan Renon Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *