Panduan Lengkap Untuk Area Kuta, Bali

Panduan Lengkap Untuk Area Kuta, Bali

Bali selalu memiliki sesuatu untuk setiap orang, dan salah satunya adalah daerah pegunungan hingga petualangan selancar liar di Kuta. Kaya akan budaya Bali, ditambah kehidupan malam yang keren dan tempat belanja yang menyenangkan berkumpul di satu tempat, Kuta adalah salah satu tempat terbaik bagi orang-orang yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari hidup mereka.

Jika Anda mempertimbangkan Kuta, Bali, untuk liburan atau untuk masa tinggal yang lama, bacalah panduan Kuta ini untuk pengalaman terbaik Anda!

Tentang Kuta, Bali

Sebuah bekas desa nelayan, Kuta adalah salah satu kota pertama di Bali yang mengalami perkembangan pariwisata yang substansial, dan sebagai resor pantai tetap menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia.

Kuta dikenal secara internasional karena pantainya yang bervariasi dengan akomodasi. Resor mewah, restoran, bar, dan klub terletak di sepanjang pantai. Pantai ini terkenal sejak awal 1970-an. Pantai Kuta juga dikenal dengan Pantai Sunset dan banyak peselancar ternama dari seluruh dunia, khususnya Australia, yang berkunjung untuk berselancar di pantai ini. Kuta juga sangat strategis karena terletak di dekat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Yang Dapat Dilakukan di Kuta, Bali

Kuta sangat terkenal dengan pantainya, itulah sebabnya beberapa hal terbaik yang dapat dilakukan di Kuta dapat ditemukan di sekitar pantai. Dari berjemur di pagi hari hingga menikmati kelab malam, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Kuta.

Selain gaya hidup ala Western, Kuta juga memiliki tempat budaya yang menawarkan pertunjukan seni tradisional Bali setiap malam di Kuta Theater.

Ada juga tempat wisata seperti Waterbom Bali, Circus Waterpark, Dream Museum Zone, 5GX Bali Reverse Bungy, Upside Down World Bali, dan masih banyak lagi.

Pantai Area Kuta, Bali

Ada banyak sekali pantai di Bali, khususnya di sekitar Kuta. Pantai di pantai barat daya Bali ini adalah salah satu kawasan resor paling populer di Bali. Mereka bahkan lebih dikenal di kalangan pengunjung internasional daripada pulau itu sendiri – berkat gabungan fitur pemandangan dan cuaca yang indah, juga matahari, pasir, dan selancar.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam Bali yang terkenal. Terletak di bagian barat daya, Anda dapat menikmati berjemur, berselancar, berenang, dan sepak bola pantai sepanjang tahun.

pantai kuta bali

Kunjungi pantai di pagi hari sehingga Anda dapat mengklaim tempat di atas pasir, bersama dengan peselancar yang terus mengamati gelombang laut saat aksi berlangsung di atas ombak.

Sepanjang hari, rombongan penjual pantai dan pemijat akan bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda, baik itu untuk sarung pantai atau pijat murah, alias ‘perawatan spa’, di atas pasir.

Selama dan setelah matahari terbenam, ini adalah adegan campuran – pertandingan sepak bola pantai yang bersahabat yang dapat Anda ikuti, ‘bar pantai’ spontan yang menjual Bintang dingin dan camilan lokal, mengobrol dengan penduduk setempat, sesi bermain drum djembe, dan bahkan penari api.

2. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa menjadi salah satu spot terbaik untuk menghabiskan sore hari berkat pasir keemasannya, pemandangan laut biru yang bersih, dan segarnya air kelapa dari para pedagang di sekitar pantai. Terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung; sekitar 3 km dari kawasan Nusa Dua dan Pura Uluwatu yang terkenal.

pantai pandawa bali

Pantai Pandawa dikelilingi oleh dua tebing dengan salah satunya, diukir di tebing menghadap patung Pandawa dan Dewi Kunti. Keenam arca dari atas ke bawah tersebut adalah Kunti, Yudhishthira, Bhima, Arjuna, Nakula, dan Sahadeva.

3. Pantai Balangan

pantai balangan bali

Pantai Balangan adalah salah satu tempat surfing terkenal di Bukit Peninsula yang terletak tepat di utara Pantai New Kuta. Dengan ombaknya yang biru jernih, pantai berpasir putih, dan akses yang mudah, Balangan tidak seramai Kuta atau pantai selancar lainnya di Bali. Di pantai utara terdapat bukit berbatu dengan pemandangan dari laut hingga pantai Kedonganan.

4. Pantai Kedonganan

Pantai Kedonganan terkenal dengan seafood dan sunsetnya di Kuta, Bali

Pantai Kedonganan terkenal dengan hidangan laut dan pemandangan matahari terbenam yang indah. Anda bisa menghabiskan sore hari di sini menyaksikan matahari terbenam sambil menyantap seafood yang sangat segar dan enak. Tempat makan yang harus dikunjungi!

Pura di Kuta, Bali

Kuta tidak memiliki pura utama yang sangat populer untuk dikunjungi, namun di Kuta terdapat pura biasa yang dapat Anda temukan di sepanjang jalan utama.

1. Pura di Pantai Kuta

pura di kuta

Pura-pura di Pantai Kuta dapat ditemukan di sepanjang jalan utama, di mana Anda dapat melihat orang Bali berdoa dan mempersembahkan sesajen di pagi dan malam hari, tepat setelah matahari terbenam. Beberapa pura Kuta yang paling banyak dikunjungi antara lain: Pura Kalangan Majelangu di Pantai Kuta beberapa meter ke timur gerbang utama, Pura Batu Bolong di Jalan Pantai Kuta, dan Pura Penataran di Trotoar Kuta.

Pura Kalangan Majelangu sibuk saat hari raya dan upacara, seperti Melasti, yang berlangsung tiga atau empat hari sebelum Nyepi (hari hening yang jatuh pada Tahun Baru Imlek Bali). Selama Melasti, warga berkumpul untuk mengirimkan doa dan sesaji kepada Dewa Tertinggi Hindu Indonesia, atau Sanghyang Widhi, di Pantai Kuta.

2. Vihara Dharmayana Kuta

Vihara Dharmayana Kuta temple adalah salah satu dari sedikit landmark budaya yang tersembunyi di tengah hiruk pikuk lalu lintas Kuta dan hiruk pikuk ‘surga peselancar’. Kuil Budha Tionghoa kuno ini adalah salah satu dari berbagai situs Buddha di Bali yang dikunjungi Dalai Lama ke-14 dari Tibet, Tenzin Gyatso, dalam tur internasionalnya pada tahun 1982, jadi pasti memiliki sejarah.

Vihara Dharmayana

Pura ini berjarak sekitar satu kilometer ke arah timur dari Pantai Kuta dan sering disebut oleh penduduk setempat sebagai Kongco Leeng Gwan Kuta, atau hanya ‘Kongco Kuta’. Sedikit mencolok berkat lokasinya – di sudut Jalan Blambangan yang merupakan rute satu arah yang biasanya macet dengan lalu lintas. Anda akan dengan mudah melihatnya dengan dinding dan mural merah cerah.


Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Makan di Kuta: Enak dan Murah!


Belanja di Kuta, Bali

Ada banyak tempat belanja di Bali, namun Kuta adalah surganya belanja di Bali. Mulai dari pasar tradisional hingga butik mewah, Kuta menawarkan banyak sekali tempat belanja. Di sini, kami memilihkan beberapa tempat terbaik untuk Anda berbelanja di Kuta.

1. Discovery Shopping Mall, Kuta

discovery shopping mall, kuta bali

Discovery Shopping Mall adalah tempat paling ramai dikunjungi wisatawan. Ini juga merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kuta, yang terletak di kawasan pusat Kuta. Discovery Shopping Mall menawarkan banyak hal, mulai dari oleh-oleh khas Bali hingga produk internasional, pada dasarnya bisa kamu temukan di sini.

Lokasi: Jl. Kartika Plaza, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jam Operasional: 12.00-20.00 (Mungkin berubah terkait pandemi)

Situs: https://www.discoveryshoppingmall.com/

2. Pantai Kuta – Jalan Legian

Jalan legian kuta

Jalan Pantai Kuta (Jalan Pantai Kuta) adalah salah satu jalan raya utama Kuta. Jalan satu arah ini berlanjut dari tempat kehidupan malam utama Legian dan jalan perbelanjaan berakhir. Anda bisa menemukan toko suvenir kecil, spa, kios seni, dan masih banyak lagi di jalan ini.

3. Beachwalk Shopping Center, Kuta

Beachwalk Mall Kuta, Bali

Sama dengan Discovery Shopping Mall, Beachwalk Mall Kuta menawarkan pusat perbelanjaan bergaya kota besar. Namun, seperti namanya Beachwalk Mall Kuta terletak di dekat Pantai Kuta, bukan di area pusat keramaian bangunan.

Lokasi: Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Jam Operasional: 12.00-20.00 (Mungkin berubah terkait pandemi)

Situs: https://beachwalkbali.com/

Yoga di Kuta, Bali

yoga di pantai

Selain menjelajahi budaya Bali, berlatih yoga di Kuta terdengar sangat menenangkan! Ombak dan keindahan Kuta pasti akan membantu Anda menemukan kedamaian dan lebih memberi energi pada jiwa dan tubuh Anda.

Di Bali, termasuk Kuta, ada banyak tempat untuk melakukan yoga. Berikut beberapa tempat yang kami rekomendasikan:

1. The Temple Lodge, Kuta Selatan

Terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, The Temple Lodge menawarkan fasilitas relaksasi dengan pemandangan tebing yang menakjubkan dan pilihan kelas yoga pagi seperti Hatha dan Vinyasa Flow.

Selain aktivitas yoga, wisatawan juga dapat menikmati fasilitas kolam renang, pilihan menu sarapan, dan akomodasi olahraga selancar di tempat yoga ini.

2. Desa Seni Yoga, Kuta Utara

Menyediakan sanggar yoga di tempat terbuka, Desa Seni menawarkan yoga berkonsep penginapan di Bali yang dirancang khusus untuk lebih mendekatkan diri dengan alam dan budaya lokal. Tempat yoga yang satu ini berada di Kuta Utara.

Beberapa sesi yoga yang bisa dinikmati di sini adalah hatha, yin dan restoratif serta beberapa kelas meditasi dan layanan spa holistik. Bagi penyuka seni, tempat ini juga mengadakan pagelaran dan workshop kesenian tradisional.

3. Bali Mandira Beach Resort & Spa

Hotel bintang 4 ini menyediakan kelas yoga, kelas kerajinan Bali, dan ada juga spa yang menyegarkan.

Selain kelas yoga, terdapat juga kolam renang yang sangat luas untuk dewasa dan anak-anak.

Hiburan Malam di Kuta, Bali

Kuta memiliki banyak bar, klub, dan tempat bersantai saat matahari terbenam yang tidak jauh dari pantai. Beberapa tempat hiburan malam Kuta yang paling populer adalah tempat clubbing modern yang tetap buka hingga fajar. Lainnya termasuk bar yang berubah menjadi pusat pesta dengan lantai dansa dan DJ penduduk memutar irama mereka dengan permainan laser warna-warni.

Di sini, kami telah memilih beberapa tempat terbaik di Kuta untuk Anda yang mencari waktu yang menyenangkan untuk minum, atau berdansa dan berpesta semalaman.

1. Bounty Discotheque

Bounty Discotheque

Bounty adalah salah satu tempat hiburan malam legendaris di Kuta. Tempat ini terkenal karena mengadakan pesta ‘wet n’ wild ‘dan menarik para pengunjung pesta muda asing yang sedang berlibur di Bali. Juga dikenal sebagai ‘Bounty Ship’, kompleks hiburan satu atap ini terdiri dari tempat diskotik utama yang luas, restoran, dan bar.

Lokasi: Jalan Legian, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Jam Operasional: Setiap hari, 9 malam – 3 pagi (Mungkin berubah terkait pandemi)

Telepon: +62 (0) 361 752 529

2. Paddy’s Pub

Paddy's Pub

Paddy’s Pub adalah salah satu tempat hiburan malam legendaris di Jalan Legian yang menarik orang-orang yang berpesta dengan pesta bertema yang menyenangkan dan minuman dengan harga terjangkau. Pub mengapit situs saudaranya, Bounty Discotheque, dan membentuk sekelompok kecil tempat yang populer di Legian untuk wisata pub.

Lokasi: Jalan Legian No. 166, Legian, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Jam Operasional: Setiap hari, 5 sore – 4 pagi (Mungkin berubah terkait pandemi)

Telepon: +62 (0) 361 758 555

3. Hard Rock Café Bali

Hard Rock Café Bali adalah cabang Bali dari waralaba restoran rock n ‘roll yang terkenal di dunia, terletak tepat di depan Hard Rock Hotel Bali di Kuta. Kafe 2 lantai menyajikan hidangan Amerika dari menu makan sepanjang hari yang terinspirasi musik rock. Area panggung dan bar yang lebih rendah adalah tempat pertunjukan musik live hampir setiap malam.

Hard Rock Cafe

Seperti Hard Rock Café mana pun di seluruh dunia, Anda dapat menemukan Rock Shop yang menjual merchandise resmi seperti kaus berlogo dan pin yang dapat dikoleksi. Kemeja unik yang disokong oleh artis seperti Bon Jovi, Green Day, dan Shakira menjadi item rak paling atas.

Lokasi: Jalan Pantai Kuta, Banjar Pande Mas No.1, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Jam Operasional: Senin – Kamis dan Minggu dari 11.30 hingga 01.00, Jumat – Sabtu dari 11.30 hingga 02.00 (Mungkin berubah terkait pandemi)

Telepon: +62 (0) 361755661

Tempat Bekerja di Kuta, Bali

Bekerja di Kuta bisa mudah atau sulit, atau bahkan keduanya. Anda mungkin merasa mudah karena Anda selalu dapat pergi ke banyak tempat untuk melakukan pekerjaan Anda dari jarak jauh di kafe atau di tepi pantai. Namun, Anda juga bisa kesulitan karena selalu ada tempat yang ingin Anda kunjungi di Kuta daripada bekerja. Atau Anda tidak tahu ke mana harus mencari co-working space di Kuta.

Ada beberapa co-working space yang bisa Anda kunjungi di Kuta untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas. Beberapa tempat bahkan memiliki fasilitas khusus yang bisa Anda nikmati saat bekerja juga, Flokqers!

1. Berry Biz Hotel, Kuta

Berry Biz Hotel memiliki ruang co-working yang dapat Anda sewa untuk ruang kerja pribadi atau kelompok dengan akses 24/7. Mereka juga memberi orang akses ke acara, Wi-Fi gratis, ruang loker, printer, minuman, dan tiket tamu.

Harga: Rp18.000.000/tahun

2. Bali Bustle Co-working Space

bali bustle co-working space
Bali Bustle co-working space

Jika Anda sedang mencari ruang kerja atau co-working space bersama dengan banyak fasilitas premium, Bali Bustle mungkin cocok untuk Anda! Anda dapat menyewa ruang kerja bersama mereka harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan dengan juga kantor pribadi bulanan. Co-working space Bali Bustle juga akan memberi Anda akses ke gym, kolam renang, ruang pertemuan, The Bustle Cafe, Wi-Fi gratis, dan parkir.

Harga: Rp100.000 / hari, Rp500.000 / minggu, Rp1.100.000 / bulan, Rp10.300.000 / tahun.

Situs: https://balibustle.com/coworking/

Berkeliling Kuta, Bali

Kuta berjarak sekitar 15 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tergantung lalu lintas. Anda bisa mendapatkan taksi dari stand resmi bandara di bandara saat Anda tiba, atau memesan taksi online dari aplikasi lokal. Jika Anda datang dari daerah lain di Bali, Anda bisa naik taksi atau sopir pribadi jika ingin singgah di sepanjang jalan.

Setelah Anda berada di Kuta, cara terbaik untuk berkeliling adalah dengan berjalan kaki. Ada banyak pasar dan tempat makan di sekitar area tersebut yang jika Anda berkeliling sana dengan mobil atau sepeda, Anda mungkin melewatkan sesuatu di sepanjang jalan.

Tinggal sebagai Ekspatriat di Kuta, Bali

Jika Anda belum pernah ke Kuta, pasti Anda bertanya-tanya tentang gaya hidup di sana. Pikiran Anda penuh dengan pertanyaan dan Anda mungkin putus asa mencari jawaban yang jelas untuk pertanyaan yang paling penting “bagaimana kehidupan ekspatriat di Kuta?”.

Sederhananya, kehidupan di Kuta memang beragam. Bahkan, Kuta sudah menjadi identik dengan istilah “melting pot”. Di satu sisi, pengaruh pengunjung yang masuk dan ekspatriat telah membuat pulau itu kebarat-baratan; Di sisi lain, warga Kuta belum sepenuhnya mengalah pada tren ini. Kawasan pantai kecil ini dengan bangga melindungi dan menjaga budaya, tradisi, dan suasana Bali yang tak dapat dijelaskan.


Yup, itulah panduan lengkap dari Flokq di Kuta, Bali! Apakah semua itu terdengar seperti sesuatu yang ingin Anda alami? Jika masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan, tanyakan pada teman Anda tentang pengalaman mereka dan kehidupan ekspatriat lainnya di Bali, khususnya di Kuta. Sampai jumpa di Bali, Flokqers!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Shisha Cafe Yang Wajib Dikunjungi Di Bali, Bikin Night Out Seru!

7 Shisha Cafe Yang Wajib Dikunjungi Di Bali, Bikin Night Out Seru!

Rekomendasi 10 Objek Wisata Healing Di Bali

Rekomendasi 10 Objek Wisata Healing Di Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *