7 Sawah Terasering di Bali yang Tampak Luar Biasa Sepanjang Tahun!

7 Sawah Terasering di Bali yang Tampak Luar Biasa Sepanjang Tahun!

Bali tidak hanya memiliki pantai dan air terjun yang indah, tetapi ada juga persawahan yang menawarkan pemandangan luar biasa yang dapat mengisi seluruh kartu memori dengan jepretan yang menakjubkan.

Mereka adalah salah satu tempat yang harus dilihat untuk kunjungan ke pulau itu, memberikan wawasan tentang cara hidup lokal. Sawah di Bali adalah bagian dari warisan masyarakat. Sistem irigasi tradisional Bali yang berusia berabad-abad yang disebut subak, terus hidup melalui kesenian di alam.

Jika Anda bisa meluangkan waktu untuk berkunjung, inilah 7 tempat di Bali yang menawarkan pemandangan sawah hijau yang mengesankan!

1. Tegallalang, Ubud

Desa pengrajin Tegallalang adalah salah satu dari 3 desa di kawasan Ubud yang terkenal dengan lanskap bertingkat-tingkat, yang lainnya adalah Pejeng di timur dan Campuhan di barat. Pemandangan tepi jalan yang tinggi di Tegallalang sejuk dan semilir. Terletak di lembah kecil yang dipenuhi pohon palem, pemandangan di sini terbilang padat dan ramai.

Tegallalang sawah Bali

Banyak restoran menyajikan kopi dan masakan lokal dengan pemandangan spektakuler, sementara kios seni dan kafe di dekat langkan menawarkan segala jenis lukisan dan ukiran dengan harga murah.

2. Desa Tetangga Ubud

Tepat di sebelah barat Ubud, desa Sayan menawarkan pemandangan jurang dan sawah yang indah yang menarik banyak ekspatriat untuk memilih Sayan sebagai rumah baru mereka. Anak tangga dari persawahan mengarah ke sungai di mana Anda bisa berenang.

Sayan sawah Bali
Sawah Sayan

Desa Payangan juga merupakan salah satu desa tetangga di Ubud yang terkenal dengan persawahannya yang luar biasa yang turun ke sungai Ayung tepat di bawahnya.

Terdapat pula persawahan yang indah di sekitar desa Pujung, Penestanan, dan Pengosekan.

Campuhan ridge walk
Photo by Odette – Omnivagant

Campuhan Ridge Walk di desa Campuhan, sebelah barat Ubud, adalah jalur populer yang membawa Anda melewati tidak hanya banyak persawahan tetapi juga beberapa hutan dan sungai.

Ingin tinggal di daerah Ubud? Klik di sini dan temukan villa terbaik untuk Anda!

3. Jatiluwih, Tabanan

Jatiluwih adalah yang terbesar dan terindah dari semua sawah terasering di Bali. Sawah Jatiluwih mengalir menuruni lereng selatan pegunungan Batukaru di Bali Barat. Pernah menjadi kandidat situs Warisan Budaya UNESCO dan terdaftar sebagai salah satu lanskap budaya penting dunia, persawahan mencakup lebih dari 600 hektar, yang mengikuti lereng bukit yang mengalir di dataran tinggi dan dirawat dengan baik oleh koperasi subak desa setempat.

Jatiluwih

Anda akan mendapatkan sudut pandang ‘lautan hijau’ 180 derajat yang mengesankan hanya di tengah jalan di sepanjang tepi jalan persawahan. Jika Anda berada di area tersebut, Anda dapat mengunjungi situs tetangga di desa Pupuan, yang tidak jauh.

4. Belimbing, Tabanan

Belimbing adalah salah satu desa tradisional Bali yang terletak sekitar 600 meter di atas permukaan laut di Kabupaten Tabanan, dalam perjalanan menuju Jatiluwih. Perjalanan dari Kuta bisa memakan waktu sekitar satu jam ke sini. Desa ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, termasuk beberapa persawahan yang sangat indah. Tanahnya sangat subur dan memiliki banyak perkebunan, seperti durian, kopi, cengkeh, dan manggis.

Belimbing sawah Bali
Photo by Sam & Yass – Mapping Along

Pemandangan indah persawahan dengan Gunung Batukaru sebagai latarnya sudah mulai menarik wisatawan ke daerah tersebut. Trekking di rice terrace adalah kegiatan utama untuk memanjakan diri, karena tidak hanya memberi Anda kesempatan untuk menikmati keindahan sawah, tetapi juga sisa alam yang masih alami. Waktu terbaik untuk treking rice terrace di Belimbing adalah dini hari atau sore hari pada hari yang cerah. Saat musim hujan, seluruh desa terkadang tertutup kabut.

5. Pupuan, Tabanan

Jika Anda melanjutkan perjalanan dari Belimbing dengan berkendara 1 jam lagi ke arah utara di Jalan Antosari, Anda akan sampai di desa Pupuan. Di sana, setiap sawah memiliki lapisan pemersatu, yang menghubungkan sekaligus memisahkannya. Selama bertahun-tahun lereng di daerah tersebut telah berubah menjadi persawahan yang luar biasa indah, dan akhirnya bergabung dengan perkebunan kopi dan kebun buah-buahan. Di luar jalan utama, Anda bisa menemukan hutan tropis dengan air terjun dan bahkan pura yang tersembunyi.

Pupuan sawah Bali

Para petani di sini memiliki hubungan yang akrab dengan alam seperti pada saat panen petani memotong sawah dengan peralatan tradisional yang disebut anggapan (pisau tradisional). Berdiri dalam barisan, mereka bernyanyi sambil mengumpulkan hasil panen. Sawah di Pupuan paling baik dinikmati pada hari yang cerah baik di pagi hari maupun sore hari. Saat hujan, kabut bisa menutupi seluruh desa.

Baca juga: 16 Air Terjun Instagrammable yang Tersembunyi di Bali!

6. Sidemen, Karangasem

Desa Sidemen terletak di sepanjang rute Klungkung dan Pura Besakih, kira-kira 2 jam perjalanan dari Ubud. Ini adalah tempat yang sangat bagus untuk melihat sawah yang indah di Bali Timur. Berkendara di sepanjang jalan lingkungan pedesaan cukup menyenangkan, dan Anda dapat menikmati pemandangan yang menenangkan dari dekat pada berbagai tur trekking persawahan. Beberapa perjalanan melintasi lereng bukit yang subur tersedia di sini melintasi sungai ke berbagai lahan pertanian, di mana Anda dapat belajar tentang produk organik lokal.

Sidemen sawah Bali

Desa ini menawarkan suvenir lokal yang bagus untuk dibawa pulang, termasuk tenun pewarna tradisional yang dikenal sebagai songket dan endek. Mereka dipuji karena motifnya yang rumit dan penggunaan benang katun dan sutra tenun tangan berwarna-warni. Anda dapat membeli pakaian ini dan cetakan besar lanskap sawah sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda ke Bali yang ‘asli’.

7. Tirta Gangga, Karangasem

Tirta Gangga adalah perjalanan sampingan yang populer dari kota pesisir Amed dan Candidasa di dekatnya, dan berjarak 2 jam berkendara dari Kuta. Nama Tirta Gangga sendiri secara harfiah berarti “Air Sungai Gangga”, dan situs ini sangat dihormati oleh umat Hindu Bali. Nama ini sebenarnya mengacu pada istana air kerajaan tetapi secara luas digunakan untuk merujuk pada area umum di sekitar istana, termasuk beberapa persawahan yang sangat menakjubkan. Meskipun persawahan tidak curam seperti di beberapa daerah lain, namun tetap mengagumkan.

sawah Tirta Ganga

Hiking di sekitar sawah terasering Tirta Gangga sangat bagus. Trek ini cocok untuk semua tingkat kebugaran, dan mudah untuk berjalan-jalan sendiri melalui trek yang terkenal. Atau, Anda dapat bergabung dengan salah satu tur teras padi berpemandu (pemandu dapat dengan mudah diatur di istana air atau hotel Anda), di mana Anda akan belajar lebih banyak tentang bagaimana padi ditanam sambil mengagumi lingkungan sekitar. Waktu terbaik untuk mengunjungi daerah ini adalah pagi-pagi sekali dan sore hari, karena terutama daerah di sekitar istana air menjadi sangat ramai pada siang hari.


Ingin mengeksplorasi keindahan alam lainnya di Bali? Klik di sini untuk melihat lebih banyak tempat untuk dikunjungi dan kegiatan yang bisa dilakukan!


Itulah 7 persawahan di Bali yang wajib Anda kunjungi. Beberapa bahkan menampilkan pegunungan yang megah sebagai latar belakang. Karena penanaman suksesi, tidak ada musim terbaik untuk melihat sawah hijau, mereka terlihat luar biasa sepanjang tahun!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Tips Menemukan Opsi Sewa Jangka PanjangYang Tepat Dan Beberapa Rekomendasi

Tips Menemukan Opsi Sewa Jangka PanjangYang Tepat Dan Beberapa Rekomendasi

Recommended Affordable and Cozy Homes To Rent a Room in Denpasar, Bali

Recommended Affordable and Cozy Homes To Rent a Room in Denpasar, Bali

15 Toko Furnitur di Bali Untuk Mencari Furnitur Bagus

15 Toko Furnitur di Bali Untuk Mencari Furnitur Bagus

5 Jasa Penjahit Terbaik Di Bali Agar Tampil Stylish

5 Jasa Penjahit Terbaik Di Bali Agar Tampil Stylish

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *