Sekolah Penerbangan Bali International Flight Academy (BIFA)

Sekolah Penerbangan Bali International Flight Academy (BIFA)

Indonesia memiliki banyak sekolah penerbangan di seluruh wilayahnya dengan keunggulan masing-masing. Baik dari fasilitas, biaya, hingga standar pendidikan yang digunakan. Salah satu sekolah penerbangan unggulan Indonesai adalah Bali International Flight Academy atau BIFA. Sekolah penerbangan ini terletak di kawasan Air Strip Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng, Bali. BIFA menggunakan fasilitas berstandar internasional yang menjamin kualitas lulusan sekolah sebagai profesional penerbangan

source: Bali International Flight Academy

Dalam periode 18 bulan bersekolah, calon pilot akan memperoleh total 16 jam terbang di Bandara Lt. Col Wisnu di Buleleng, Tjilik Ruwut Airport di Palangkaraya, dan Banyuwangi Airport di Banyuwangi. Para calon peserta didik akan menempuh seleksi ketat untuk dapat lolos sebagai siswa-siswi BIFA. Lulusan pilot dari BIFA dapat diterima di berbagai penerbangan ternama, seperti Air Asia, Sriwijaya Air, Citilink, Lion Group dan Garuda Indonesia.

source: Kelulusan BIFA

BIFA sendiri didirikan di Bali sejak 2009 lalu. Sekolah penerbangan ini meiliki visi untuk meningkatkan kualitas pelatihan penerbangan untuk menghasilkan para pilot berstandar global yangl memenuhi persyaratan ICAO tentang keselamatan penerbangan.

Gambaran

Kampus BIFA terletak di antara lereng landai di Kabupaten Buleleng, Bali, dan Banyuwangi. Semua fasilitas pelatihan berada di dekat satu sama lain untuk efisiensi pelatihan. Kampus ini memiliki fasilitas modern yang diperlukan, dari ruang kelas, simulator, perpustakaan, dan lainnya. Ada juga fasilitas rekreasi seperti kolam renang, gym, kantin, lapangan voli, dan WiFi berkecepatan tinggi, tersedia di kampus. Kampus Buleleng dan Banyuwangi dapat menampung 100 mahasiswa dalam asrama yang dilengkapi dengan AC.

Pelatihan pengetahuan teoritis dan pelatihan penerbangan dipastikan memenuhi standar internasional. Tes internal, ujian, pemeriksaan panggung, dan pemeriksaan wahana dilakukan selama dan di akhir setiap kursus. Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung peserta didik BIFA:

Ruang Kelas dan Ruang Komputer (CBT & Radiotelephony)

source: Ruang Komputer

Ruang kelas modern ber-AC ini dilengkapi peralatan seperti proyektor multimedia, sistem audio visual, WiFi, dan materi pelatihan tingkat lanjut. Akademi BIFA memiliki lima ruang kelas berjaringan di basis pelatihan yang berbeda dan satu ruang CBT khusus.

Perpusatakaan

source: Perpustakaan

Perpustakaan lengkap BIFA memungkinkan siswi-siswa untuk mengakses banyak informasi terkait penerbangan seperti buku, panduan, dan bahan referensi lainnya

Perangkat Pelatihan Penerbangan

source: Simulasi Penerbangan

Fasilitas Flight Training Devices (FTD) BIFA telah disetujui oleh FAA dan disertifikasi oleh Ditjen Perhubungan Udara Indonesia. Sekolah penerbangan ini mengoperasikan total 4 FTD yang digunakan untuk mensimulasikan berbagai skenario dengan berbagai konfigurasi pesawat. FTD memungkinkan siswa untuk dihadapkan pada berbagai prosedur pelatihan instrumen, prosedur darurat, dan skenario lainnya. Dengan demikian para pilot berpengetahuan luas yang kompeten dalam menangani banyak situasi dengan percaya diri.

Hanggar

source: Hanggar

Hanggar kami yang lengkap dengan akomodasi pesawat serta perawatan terjadwal dan tidak terjadwal. Terdapat juga persediaan suku cadang dan ruang kontrol perawatan

Asrama

source: Asrama

Akomodasi siswa BIFA berlokasi strategis untuk meminimalkan waktu perjalanan mereka dari asrama ke kampus. Asrama tersedia di kampus Buleleng dan Banyuwangi memiliki bagian terpisah untuk mahasiswa laki-laki dan perempuan. BIFA juga menyediakan akomodasi utnuk pelatihan yang dilakukan di pangkalan satelit. Semua kamar asrama merupakan kamar twin sharing dan dilengkapi dengan AC, meja belajar, dan lemari untuk siswa.

Kafetaria

source: Kafetaria

Kafetaria ini merupakan tempat di mana siswa-siswi BIFA dapat menikmati waktu istirahat mereka, hangout dengan teman-teman, membangun jaringan, dan mengisi ulang tenaga mereka. Kantin menyediakan tiga makanan bergizi setiap hari.

Area Rekreasi

source: Kolam Renang

Setelah mereka menyelesaikan kelas atau pelatihan hari itu, para siswa dapat bersantai di kolam renang di mana mereka dapat menyantap makanan ringan, membaca majalah, bersantai, dan menikmati waktu yang luang mereka.

Fasilitas Religius

source: Musholla
  • Musholla
  • Kuil

Fasilitas Olahraga

  • Kolam Renang
  • Lapangan Volly/Badminton
  • Tenis meja

Dan sekian penjelasan BIFA sebagai salah satu sekolah penerbangan terbaik di Asia! Selain dengan pendidikan yang terus berkembang dan fasilitas memadai, sukses tidaknya seorang siswa tergantung pada kemauan dan usahan siswa itu sendiri. Selamat terbang!


Ingin mencari apartemen yang tepat di Bali? Artikel ini dapat membantu Anda!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

10 Rekomendasi Private Villa dengan Internet Cepat di Bali

10 Rekomendasi Private Villa dengan Internet Cepat di Bali

Pecinta Pop Daerah Harus Tahu! Ini 15 Lagu Bali Terbaru 2021

Pecinta Pop Daerah Harus Tahu! Ini 15 Lagu Bali Terbaru 2021

Panduan Lengkap Biaya Hidup di Ubud, Bali untuk Pasangan!

Panduan Lengkap Biaya Hidup di Ubud, Bali untuk Pasangan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *