Panduan Menjelajahi Taman Nasional Bali Barat

Panduan Menjelajahi Taman Nasional Bali Barat

Jika Anda berada di Bali dan ingin melepaskan diri dari keramaian dan hiruk pikuk Bali, kunjungi Taman Nasional Bali Barat. Ini satu-satunya taman nasional yang bisa Anda temukan di Bali. Terletak di Barat Laut Pulau Bali dan dekat dengan pelabuhan Gilimanuk di mana Anda bisa naik feri ke Pulau Jawa. Ini adalah tempat yang sangat besar dengan banyak hal untuk dilakukan dan dilihat, jadi Anda lebih tahu ke mana harus mencari ketika menemukan pengalaman retret yang Anda butuhkan untuk menyegarkan diri sendiri.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda dalam menavigasi taman nasional tersebut: hal-hal yang dapat Anda lakukan di sana, layanan / tur yang dapat Anda beli, dan tempat tinggal sebelum atau setelah perjalanan indah Anda ke alam. Ini semua tentang Taman Nasional Bali Barat!

Baca juga: Panduan untuk Bali Barat

Hal yang bisa dilakukan di Taman Nasional Bali Barat

Sekali lagi, taman ini sangat besar jadi mencari tahu apa yang harus dilakukan bisa sangat sulit. Berikut adalah beberapa hal yang kami bersama banyak pengunjung lain lakukan dan akan rekomendasikan:

1. Mengamati burung

mengamati burung di taman nasional bali barat
source: pixabay

Jika Anda suka mengamati burung, Taman Nasional Bali Barat pasti cocok untuk Anda. Anda dapat menemukan sekitar 160 spesies burung berbeda yang hidup di sana. Dari sekian banyak spesies burung yang bisa Anda amati, salah satu yang wajib Anda perhatikan adalah Jalak atau Bali Myna. Jenis burung ini hanya ada di pulau itu, dan pernah hampir punah di satu titik. Karena kondisi genting burung jalak itulah pemerintah memutuskan untuk membuat taman nasional yang didedikasikan untuk melestarikan spesies bersama flora dan fauna lain.

2. Pergi ke pantai

pergi ke pantai di taman nasional bali barat

Dan kita tidak sedang membicarakan tentang pantai yang ramai dan sering kotor! Taman nasional Bali memiliki garis pantai yang memanjang dari teluk Gilimanuk hingga Teluk Terima. Setelah Anda memulai perjalanan menuju hutan hujan lebat di Taman Nasional Bali Barat, Anda dapat menemukan pantai yang bersih dan murni. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Prapat Agung yang terletak di sisi barat daya dari bagian atas taman di samping Gunung Prapat Agung. Dengan pasir putih dan cakrawala biru yang spektakuler sebagai latar belakang Anda, Anda dapat menemukan tempat ini sebagai tempat berkemah yang ideal untuk menghabiskan malam.

3. Mengunjungi Pulau Menjangan

mengunjungi pulau menjangan saat ke taman nasional bali barat
source: unsplash

Ada juga surga tersembunyi di Pulau Menjangan. Terletak di bagian paling utara Taman Nasional Bali Barat, Anda harus menggunakan kapal cepat atau sarana serupa untuk sampai ke Pulau Menjangan. Di sana Anda bisa menikmati berbagai aktivitas air seperti snorkeling, diving, dan memancing. Situs yang sangat indah untuk dikunjungi adalah anchor wreck (atau Anker wreck) Menjangan dimana Anda dapat melihat reruntuhan kapal tua di bawah air sambil menikmati kehidupan laut yang indah. Pulau ini juga memiliki banyak rusa dari mana namanya berasal.

4. Tur Taman Nasional Bali Barat

Anda dapat mengunjungi beberapa tempat ini sendiri atau dengan menyewa tur / pemandu untuk membantu Anda menemukan bagian terbaik. Tur jip sangat umum di sini, karena mereka akan membiarkan Anda berkeliling hutan taman nasional yang subur dan subur dengan jip dan pemandu untuk membantu Anda menavigasi. Harganya cenderung bervariasi, tetapi seringkali berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 6.000 tergantung pada lama tur Anda. Ada juga wisata lain yang secara khusus fokus pada satu aktivitas tertentu.

Salah satunya adalah tur Herman Lovina, penyedia tur yang bagus untuk Anda yang suka snorkeling. Bersama mereka, Anda berkesempatan menikmati berbagai spot snorkeling di Pulau Menjangan. Harganya saat ini 425k per orang dengan persyaratan minimum 5 orang per perjalanan. Anda dapat mengatur perjalanan dengan menelepon +62 8199 1566 5544. Atau, Anda dapat menemukan beberapa hotel atau tempat lain yang menawarkan pemandu dan wisata Taman Nasional Bali Barat. Kami akan mencantumkan beberapa di antaranya di bawah ini!

Tempat untuk menginap di sekitar Taman Nasional Bali Barat

Ada juga tempat menginap dekat atau bahkan di Taman Nasional Bali Barat. Yang menarik dari taman ini adalah cenderung bertepatan dengan desa-desa kecil di sana-sini, terutama di daerah yang dekat dengan jalan raya Singaraja-Gilimanuk. Selain itu, taman ini juga memiliki resor yang bermunculan di sana-sini di sekitarnya. Berikut adalah beberapa pilihan tempat menginap yang dapat kami rekomendasikan, tergantung pada apakah Anda menginginkannya nyaman atau mewah.

1. NusaBay Menjangan by WHM 

menginap di nusabay menjangan di taman nasional bali barat
source: waka hotels and resorts

NusaBay Menjangan by WHM akan menawarkan pengalaman Eco-resort di sisi timur Taman Nasional Bali Barat. Mereka jauh dari desa lain dan kota-kota kecil di dekat taman nasional, jadi tempat ini pasti akan memiliki getaran ‘liburan pribadi’ yang Anda cari. Mereka juga memiliki fasilitas yang bagus untuk menginap 2 hari satu malam, termasuk spa, bar & restoran, kolam renang, dan bahkan perpustakaan dengan tempat kerja. Anda dapat menikmati indahnya kehidupan laut di taman nasional ini di sini, karena mereka memiliki pusat menyelam yang dioperasikan oleh perusahaan bersertifikat.

Harga mulai dari 915k IDR per malam

Nusa Bay Menjangan terletak di Pantai Kotal, Taman Nasional Bali Barat. Anda dapat menghubungi nomor +62361484405 untuk reservasi atau pertanyaan.

The Menjangan

menginap di menjangan hut, taman nasional bali barat
source: booking.com

The Menjangan adalah tempat persembunyian rahasia terbaik di Bali. Tidak seperti NusaBay, Anda tidak perlu naik perahu untuk menuju ke tempat mereka berada. Dimulai dengan fasilitas, The Menjangan menawarkan kolam renang luar ruangan, spa bakau, area BBQ, akses Wi-Fi gratis, dan film dalam kamar di antara banyak hal lainnya. Mereka juga memiliki restoran bagi Anda untuk menikmati makan siang atau pengalaman bersantap yang menyenangkan. Mereka juga menawarkan pemandu dan tur dalam kegiatan seperti Kayak, snorkeling dan menyelam, kelas memasak Bali, menunggang kuda, trekking dan bersepeda, dan mengamati burung.

Harga saat ini mulai dari 801rb per malam

The Menjangan terletak di Desa Pejarakan, di KM 17 dari Jalan Utama Gilimanuk-Singaraja. Anda dapat menghubungi nomor +1 800 293 0718 untuk info lebih lanjut atau reservasi.

3. Banyuwedang homestay

menginap di banyuwedang homestay, taman nasional bali barat
source: booking.com

Nikmati tempat kecil namun nyaman di dekat Taman Nasional Bali Barat. Mereka memiliki dua jenis akomodasi, keduanya memiliki arsitektur kayu yang unik. Mereka memiliki layanan binatu dan pijat untuk membantu Anda bersantai setelah perjalanan panjang Anda ke Taman Nasional Bali Barat. Tempat ini sangat cocok untuk Anda menginap karena mereka juga memiliki antar-jemput bandara berdasarkan pengaturan. & Nbsp; Untuk kenyamanan Anda, ada banyak layanan menyelam dan snorkeling yang terletak di sekitar hotel. Anda juga dapat menemukan pemandian air panas kecil di dekatnya untuk menyegarkan diri.

Kisaran harga sekitar 150k-250k IDR per malam

Homestay Banyuwedang berlokasi di Pejarakan, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155. Hubungi +62 852 3864 8858 untuk pemesanan atau pertanyaan.

Baca juga: 6 Desa Adat di Bali untuk Pengalaman Budaya Tradisional Bali yang Seru!

Terima kasih telah membaca postingan kami tentang taman nasional Bali Barat! Kami harap panduan ini sangat berguna bagi Anda. Ikuti terus kabar terbaru kami untuk mengetahui lebih banyak tentang gaya hidup dan kehidupan di Bali!


Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Shisha Cafe Yang Wajib Dikunjungi Di Bali, Bikin Night Out Seru!

7 Shisha Cafe Yang Wajib Dikunjungi Di Bali, Bikin Night Out Seru!

Rekomendasi 10 Objek Wisata Healing Di Bali

Rekomendasi 10 Objek Wisata Healing Di Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *