Bank Sampah di Jakarta

Bank Sampah di Jakarta

Saat ini masyarakat semakin sadar dan peduli tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Penelitian, perkembangan teknologi, dan pertumbuhan ekonomi dan industri secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi keadaan lingkungan hidup. Banyak kampanye yang mempromosikan penyelamatan lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik, membawa botol minum sendiri, menghemat listrik, menghemat air, dan ratusan cara untuk membantu masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Meningkatnya pemanasan global dan keadaan bumi yang semakin menua, mempengaruhi kesejahteraan makhluk hidup. Salah satu cara paling mudah dilakukan adalah dengan memisahkan sampah. Ide ini lahir dari pengetahuan bahwa sampah bisa didaur ulang dan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan lingkungan. Frasa “reduce, reuse, and recycle” juga dikenal di seluruh dunia dan dilakukan di banyak tempat di dunia.

Di Indonesia, belum ada peraturan yang mengatur pemisahan sampah seperti di negara maju. Pemerintah negera maju memahami pentingnya menjaga lingkungan hidup dan mendorong warganya untuk lebih peduli dengan membagi sampah menjadi 2 kategori, yaitu daur ulang atau non daur ulang. Masyarakat juga biasa memisahkan sampahnya ke dalam 3 kategori, yaitu plastik, botol, dan kertas untuk didaur ulang. Tentang pengelolaan sampah ini, maka muncul istilah “bank sampah”. Bank sampah adalah “bank” yang membagi sampah menjadi dua kategori, yaitu organik dan non-organik. Bank sampah di Indonesia bisa ditemukan di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Sampah organik akan dijadikan kompos dan sampah non-organik dibagi lagi menjadi 3 kategori yaitu plastik, kertas, botol, dan logam. Konsep bank sampah sama seperti bank pada umumnya, kamu bisa mendaftar untuk membuka rekening di bank sampah, melakukan deposit sampah non-organik yang kemudian ditimbang dan diberi nilai. Nilainya akan disimpan di rekening dan bisa ditarik sesuai keinginan. Prinsip dasar bank sampah adalah mengumpulkan, menabung, menghasilkan, mengubah perilaku, dan menikmati lingkungan yang bersih.

Di bawah ini, kami telah membuat daftar beberapa rekomendasi bank sampah yang bisa membantumu mengelola sampah dengan bijak.

1. Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri

Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri
Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri

Bank Sampah Hijau Selaras Mandiri beroperasi sebagai pusat pengelolaan dan penanganan sampah, serta membangun sistem ketahanan pangan bagi warga melalui produk kebun organik. Bank sampah ini bertujuan mengurangi efek pemanasan global dengan cara mendukung kelestarian dan kesejahteraan lingkungan.

Alamat: Kompleks Angkasa Pura Blok PQRS RT: 14 RW: 06 Kelurahan, RT.14 / RW.11, Kb. Kosong, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10630, Indonesia

2. Zero Waste Indonesia (ZWID)

Zero Waste Indonesia (ZWID) logo
Zero Waste Indonesia (ZWID)

Zero Waste Indonesia merupakan komunitas berbasis online yang didirikan pada tahun 2018 oleh Kirana Agustina dan Maurilla Imron yang bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup bebas sampah. Gaya hidup zero-waste merupakan gaya hidup dengan mengurangi produksi sampah setiap individu dengan metode pengelolaan sampah demi menjaga kelestarian lingkungan. Zero Waste Indonesia (ZWID) berperan aktif meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola pikir bijak dalam pengelolaan sampah dengan menerapkan 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Rot). Dengan gaya hidup bebas sampah, pengelolaan sampah akan lebih mudah dan kelestarian lingkungan hidup akan mudah dicapai.

Memiliki visi sebagai platform berisi solusi dan informasi tentang gaya hidup bebas sampah, ZWID juga menjadi fasilitator bagi individu, aktivis, komunitas, dan setiap pihak yang peduli terhadap lingkungan. Selain itu, ZWID juga memiliki 3 tujuan lain sebagai jembatan informasi, edukasi, dan kolaborasi. Sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berkolaborasi dan berkontribusi. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai acara, kampanye, dan bank sampah mereka dengan detail lebih lanjut di situs web mereka. https://zerowaste.id/

Baca juga: Menghemat Uang dengan Berbagi Apartemen

3. Bank Sampah ID

Bank Sampah ID logo
Bank Sampah ID

Banksampah.id adalah aplikasi dan situs web yang bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional di semua bank sampah di seluruh Indonesia. Mereka bekerja sama dengan 4.497 bank sampah dari 32 provinsi di Indonesia. Praktis, transparan, dan aman. Terintegrasi secara nasional sehingga sangat mudah untuk menangani sampah dan merencanakan pengembangan bank sampah dari seluruh Indonesia. Dengan slogan mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang, banksampah.id adalah salah satu platform terbesar yang membantu mendorong masyarakat untuk peduli terhadap lingkungannya dengan memisahkan sampahnya. Kamu bisa mengunjungi situs web mereka atau bahkan menghubungi mereka melalui email untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang cara kerjanya.

Situs Web: https://banksampah.id/

Email: info@banksampah.id

4. Bank Sampah Nara

Bank Sampah Nara

Bank Sampah Nara memberikan solusi untuk masyarakat dalam mengelola sampah secara bertanggung jawab untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDG) di Indonesia melalui daur ulang sampah kertas, penggunaan kembali sampah plastik, pengomposan sampah organik. Dengan konsep pengelolaan sampah: Pemanfaatan sampah (plastik, kertas, organik) dengan metode daur ulang.

Alamat: Jln. Bumi Pratama III Blok K No.4, RT.6 / RW.6, Dukuh, Kec. Kramat jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13550, Indonesia

Jam Buka: 09.00 – 17.00 (Senin – Minggu)

Itulah beberapa rekomendasi bank sampah pilihan kami di Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi bank sampah terdekat untuk membantu mendaur ulang sampahmu. Kami berharap kamu terbantu dengan artikel ini dan segera mengunjungi bank sampah terdekat di Jakarta. Ingat, bumi adalah milik kita. Jika seseorang bisa begitu peduli pada bumi itu akan mempengaruhi orang lain untuk melakukannya. Dengan begitu, kita bersama bisa menjadikan bumi tempat yang lebih baik untuk hidup.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Provider Kartu SIM di Indonesia

Provider Kartu SIM di Indonesia

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *