8 Jenis Batu Alam untuk Dekorasi Rumah

8 Jenis Batu Alam untuk Dekorasi Rumah

Dinding bangunan selalu bisa dibuat untuk memberikan hasil akhir yang sempurna. Mulai dari menambahkan wallpaper, keramik, hingga batu alam untuk dekorasi. Sebelumnya, batu alam lebih sering digunakan sebagai ornamen luar ruangan. Batu alam juga sering digunakan sebagai komposisi untuk konstruksi rumah atau untuk dekorasi ruangan. Namun saat ini, banyak orang yang menggunakan batu alam untuk mempermanis interior rumah. Tapi, seperti apa sih jenis batu alam untuk dekorasi rumah yang tepat?

Dua Sifat Batu Alam

Batu Alam Padat

Batu alam sendiri memiliki dua sifat yang berbeda, yaitu padat dan tidak padat. Batuan padat memiliki fisik yang kuat, kokoh, keras, dan tidak mudah pecah. Batuan padat juga tidak mudah menyerap air karena tidak memiliki pori-pori, atau yang dalam bahasa ilmiahnya porositas, sehingga cocok untuk eksterior rumah. Selain itu, batuan padat tidak mudah berlumut karena tidak memiliki ruang untuk masuknya air dan udara.

Batu Alam Tidak Padat

Sedangkan, batu alam dengan sifat tidak padat merupakan kebalikan dari batuan padat. Memiliki pori-pori sehingga bisa menyerap air dan udara serta mudah berlumut, serta memiliki tekstur lembut yang mudah pecah. Batu dengan sifat tidak padat lebih cocok untuk digunakan pada interior rumah. Buat kamu yang penasaran dengan jenis batu alam apa saja yang bisa memberikan sentuhan natural dan estetika, yuk simak penjelasannya berikut ini! Berikut ini adalah beberapa dinding batu alam terbaik untuk rumahmu.

8 Jenis Batu Alam

Ada banyak jenis batu alam yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah. Dinding batu alam ini cocok untuk melengkapi finishing berbagai jenis bangunan, mulai dari tradisional, minimalis, rustic, hingga mediterania. Pada eksterior rumah, biasanya orang memasang batu alam pada lantai, tiang tembok, pagar, teras, kolam hias dan taman. Sedangkan pada interior rumah, batu alam bisa diaplikasikan pada dinding ruang tamu atau kamar mandi. Penggunaan batu alam pada rumah ini bisa menambah kesan alami, teduh, natural, dan menciptakan kontras yang membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat. Pemasangan dinding batu alam harus dilakukan oleh tenaga ahli agar tidak salah pemasangan dan menghasilkan pola dan finishing yang diinginkan. Dalam memilih batu alam untuk digunakan pada interior dan eksterior rumah, kamu harus tahu bahwa batu alam yang digunakan untuk interior dan eksterior rumah berbeda.

Orang-orang juga membaca Tips Dekorasi Dinding untuk Kamarmu

1. Batu Marmer

marmer
Marmer

Marmer merupakan salah satu jenis batu alam yang sering digunakan orang untuk finishing bangunan. Keunggulan dari dinding yang menggunakan batu marmer ini adalah tampilan rumah akan terlihat semakin mewah dan elegan. Warna batu marmernya pun bermacam-macam, sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginanmu. Sifatnya yang tidak padat membuatnya mudah rapuh saat terkena panas atau hujan. Karena itu, pastikan kamu hanya menggunakannya untuk interior rumah.

2. Batu Palimanan

batu palimanan
Batu Palimanan

Palimanan, adalah salah satu jenis batu alam yang biasa digunakan orang sebagai dekorasi rumah. Jenis batu ini memiliki pori-pori yang besar dan warna yang cukup terang, sehingga disarankan untuk menggunakan lapisan khusus untuk melindungi batu dari lumut dan perubahan warna. Meski memiliki pori-pori yang besar, batu ini juga bisa digunakan di luar ruangan maupun di dalam ruangan, namun tetap menggunakan lapisan khusus.

3. Andesit

andesit
Andesit

Batu alam andesit merupakan salah satu batu paling populer yang digunakan orang dalam bangunan. Tidak hanya memberikan kesan estetika dan natural, batu ini memiliki sifat yang kokoh sehingga tahan lama. Batu Andesit biasanya hadir dengan warna hitam atau abu-abu, sehingga cocok jika kamu ingin memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada bangunan minimalis modern. Keunggulan lain dari dinding batu alam ini adalah tahan terhadap cuaca dan lumut. Jadi, sangat cocok jika dipasang pada dinding bagian luar. Kamu bisa sering memaparkannya ke sinar matahari dan hujan. Meski hanya memiliki dua warna, batu ini hadir dalam berbagai corak, seperti model alur atau abstrak.

Orang juga membaca Toko Furnitur Online Terbaik

4. Batu Templek

batu templek
Batu Templek

Selanjutnya ada batu Templek. Itu adalah batu yang memiliki sifat padat. Ini sangat populer sejak zaman kuno dimana orang menggunakannya sebagai eksterior rumah. Keunggulan baru ini adalah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan batu Andesit. Kamu bisa menggunakan pola acak dalam pemasangan agar terlihat mewah. Batu Templek ini sangat cocok untuk bagian luar rumah. Saat terkena hujan, batu ini akan terlihat seperti baru saja dilapisi.

5. Batu Gamping

batu gamping
Batu Gamping

Di Indonesia, kami menyebut batuan ini sebagai batu alam dekorasi rumah ini batu kapur. Batu kapur ini berbentuk padat, memiliki kualitas yang bisa menahan segala suhu dan cuaca. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan batu ini, baik untuk interior maupun eksterior. Karena sifatnya yang kokoh, inilah alasan mengapa banyak orang menggunakan batu kapur untuk dekorasi rumah.

Orang-orang juga membaca Tips Dekorasi Rumah

6. Granit

granit
Granit

Batu Granit juga salah satu batu yang populer untuk pelapis dinding, pelapis lantai, dan dinding kamar mandi. Batu ini memiliki pori-pori yang kecil sehingga tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Selain itu, batu ini juga kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi alam, seperti hujan dan panas. Jika kamu ingin memberikan kesan alami dan segar pada rumahmu, maka batu ini adalah pilihan yang tepat, karena batu ini juga menimbulkan kesan natural dan mewah.

7. Batu Karang

batu karang
Batu Karang

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan batu ini, karena fungsinya yang serbaguna. Selain digunakan sebagai batu hias untuk taman dan bangunan, kita juga bisa menggunakan batu karang pada lantai. Batu karang yang dipasang di lantai, bisa dibiarkan sedikit menonjol sehingga bisa memijat telapak kaki kita dan mengendurkan otot.

8. Batu Sukabumi

batu sukabumi
Batu Sukabumi

Seperti namanya, batu alam ini berasal dari daerah Sukabumi, Jawa Barat. Batu alam yang tergolong langka ini berwarna kehijau-hijauan yang mirip dengan warna hijau di air kolam alami. Hal itu membuat batu sukabumi cocok digunakan untuk mempercantik tampilan dinding rumah, kolam ikan, maupun kolam renang.

Orang-orang juga membaca Tips Dekorasi Dinding untuk Kamarmu

6 Ide Dekorasi Rumah Menggunakan Batu Alam

Setelah mengetahui jenis-jenis batu alam, Flokq akan merangkum beberapa ide desain penggunaan ornamen batu alam di rumah Anda. Simak terus artikel ini untuk mengetahui inspirasi dekorasi yang tentunya akan menambah kesan elok diberbagai ruangan rumah-mu!

1. Desain Batu Alam Pada Dinding Depan Rumah

dekorasi batu alam untuk facade rumah

Sifatnya yang kuat dan tahan lama terhadap beragam cuaca, menambah aksen batu alam pada dinding depan rumah dengan elemen batu alam dapat mengurangi pengeluaran biaya pemeliharaan cat tembok.

Memang sih, membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membangun dinding depan rumah berhiaskan batu alam. Namun, biaya ini dijamin setimpal dengan kecantikannya, juga Anda dapat menghemat biaya peremajaan cat tembok dikemudian hari.

2. Aksen Keramik Batu Alam di Dapur

dekorasi batu alam untuk dapur

Masih berkaitan dengan sifatnya yang tidak memerlukan banyak biaya pemeliharaan, membuat batu alam menjadi salah satu ornamen dekorasi yang cocok diletakkan di dapur-mu.

Salah satu spot yang dapat kamu dekor menggunakan elemen ini adalah di dinding yang letaknya dekat kompor listrik. Dengan keramik batu alam, membuat titik yang mudah kotor ini, menjadi lebih mudah dibersihkan, cukup dengan lap basah saja, loh!

Untuk yang memiliki dapur kecil, kamu bisa mengeksplor bagian dekat dengan wastafel dengan keramik batu alam. Perpaduan elemen batu alam berwarna gelap dengan warna metal, dapat memberikan dapur mungil-mu kesan mewah dan elegan. 

3. Penempatan Batu Alam pada Slate untuk Tangga

dekorasi batu alam untuk interior rumah

Keramik batu alam juga cocok untuk ditempatkan di area tangga rumah kamu. Ada beberapa cara untuk mengaplikasikannya. Pertama, jika ceiling rumah tinggi, Anda dapat megaplikasikannya pada satu bidang tembok secara penuh – apabila tidak, Anda bisa menempelkan keramik batu alam di sisi dinding yang terlihat dari lantai bawah saja.

Warna dan jenis keramik batu alam dapat dipilih dan disesuaikan dengan konsep keseluruhan rumah dan warna keramik tangga-mu. 

4. Desain Batu Rekonstruksi di Ruang Tamu

dekorasi batu alam untuk ruang tamu

Untuk memfokuskan pandangan mata ke salah satu bidang pada ruangan yang luas, Anda dapat men-desain dinding ruang tamu dengan batu alam rekonstruksi. Pilih dinding yang strategis pada ruang tamu atau ruang keluarga, seperti background atau latar televisi, dimana dinding ini dapat menjadi focus point yang menarik dan cantik untuk rumah Anda.

Apabila anda memiliki alokasi biaya lebih, Anda dapat memadupadankan melengkapi look ruangan ini dengan elemen aksen kayu pada lantai – yakin deh, semakin betah menghabiskan waktu diruangan yang hangat dan cantik ini!

5. Aksen Batu Alam Pada Dinding Kamar

dekorasi batu alam untuk kamar tidur

Ruangan privatmu juga akan sangat cantik, loh, apabila diberikan aksen batu alam! Untuk di ruangan kamar tidur, kamu tidak perlu meletakkan banyak batu alam yang tersebar di seluruh dinding ruangan. Cukup pilih batu alam berwarna netral, kan letakkan-lah di dinding tepat di belakang kasur kamu! Desain ini tidak hanya akan mempercantik ruang kamar kamusaja, namun juga memberikan kesan klasik dan alami di dalam kamar.

Untuk lebih mempercantik ruangan, kamu bisa memilih kombinasi warna cat yang memberikan kesan sejuk juga ornamen lampu kekuningan pada dinding tersebut – Voila! Jika dinyalakan, dijamin kamar Anda semakin nyaman untuk beristirahat. 

6. Penempatan Batu Alam pada Dinding Kolam Renang

batu alam di kolam renang

Untuk memperindah tampilan kolam renang, kamu dapat menggunakan batu alam sebagai dekorasi di salah satu dinding. Batu alam yang dipilih juga perlu dipertimbangkan ketahanan airnya sehingga cocok untuk memilih jenis batu padat seperti batu sukabumi. Batu alam padat lain seperti batu andesit atau granit juga dapat menjadi pilihan untuk membuat kolam renang semakin terlihat elegan.

Harga dan Rekomendasi Toko Batu Alam

1. Jual Batu Alam Cirebon

Jual Batu Alam Cirebon merupakan toko yang menyediakan berbagai jenis batu alam untuk keperluan dekorasi rumah seperti dindingg, tiang, dan lantai. Batu palimanan, candi, andesit, alur, susun sirih, dan cacing tersedia di toko ini. Berbasis di Cirebon dan Yogyakarta, toko ini mampu melayani pembeli seluruh Indonesia dengan servis pengantaran yang tentunya aman! Anda tidak perlu ragu soal kualitas batu yang ditawarkan, karena Batu Alam Cirebon hanya menyediakan batu terbaik dan bergaransi, loh. Harga batu di toko ini dihitung per meter persegi yang dimulai dari Rp65.000 tergantung jenis dan ukuran batu yang kamu inginkan.

Alamat:

  • Yogyakarta: JL Pencitrejo, RT01, Terong Dlinggo, Pantirejo, Terong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Indonesia
  • Cirebon: Depok, Warujaya, Kec. Depok, Cirebon, Jawa Barat 45155, Indonesia

Website: jualbatualamcirebon.com

Telepon: 0878 31769427 (WhatsApp)

2. Cahaya Alam Stone 

Lebih dari 10 tahun berkecimpung di pasar batu alam, toko Cahaya Alam Stone tentunya memiliki kredibilitas soal pelayanan yang sangat baik. Lokasi toko yang berada di Cikeas dan Cibubur membuat toko ini mudah di akses dari sekitaran Jabodetabek. Namun, bagi Anda yang tinggal diluar Jabodetabek, tidak perlu ragu, karena tokko ini-pun melayani pengantaran keseluruh Indonesia dengan tarif yang akan menyesuaikan lokasi Anda. Menjual berbagai macam batu alam, Cahaya Alam Stone menjanjikan harga yang kompetitif, mulai dari Rp80.000 hingga Rp225.000 tergantung ukuran dan jenis batu yang diinginkan. Selain lengkap, toko ini juga menyediakan seluruh barang ready stock, loh! Sehingga Anda tidak perlu berlama-lama menunggu ornamen baru ini sampai ke tangan Anda. 

Alamat: Jl. Letda Nasir No.62, RT.1/RW.010, Cikeas Udik, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16966, Indonesia

Website: batualam.co.id

E-Mail: encu.sukarya@gmail.com dan cahaya.alam88@gmail.com  

Tokopedia: Cahaya Alam Stone

Instagram: @cahayaalamstone

Telepon: 0813 16956069 (WhatsApp)

Jam Operasional: Setiap Hari (06.30 – 17.00)

3. Mughni Stone

Berlokasi di Serpong, Tangerang, Mughni Stone siap melayani permintaan Anda soal batu alam yang berkualitas. Selain batu alam untuk hiasan atau dekorasi dinding, toko ini-pun menyediakan beragam batu koral yang tentunya tidak kalah cantik. Untuk Anda yang secara spesifik mencari batu ukiran, Mughni Stone juga menyediakannya! Bekerjasama dengan seniman asal Yogyakarta, toko ini menjamin kualitas dan keunikan batu yang ditawarkan yang siap diantarkan keseluruh Indonesia. Selain itu, memungkinkan juga untuk Anda request spesifik bentuk dan ukuran batu yang diinginkan. Untuk detail harga, kamu bisa langsung menghubungi Mughni Store.

Alamat: Jl. Boulevard Graha Raya Graha Raya No.9, Paku Jaya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15324, Indonesia

Website: batualamserpong.com

Instagram: @mughnistone

Telepon: 021 53132428, 0852 16981719 (WhatsApp)

Jam Operasional: Setiap Hari (08.00 – 17.00)

Nah, itulah jenis batu alam yang bisa kamu gunakan untuk interior dan eksterior rumah, sekaligus inspirasi dekorasi-nya. Yang mana favoritmu? Jangan lupa untuk mem-bookmark artikel ini agar kamu lebih mudah menemukannya saat diperlukan.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *