Batu Alam untuk Dekorasi Rumah

Batu Alam untuk Dekorasi Rumah

Dinding bangunan selalu bisa dibuat untuk memberikan hasil akhir yang sempurna. Mulai dari menambahkan wallpaper, keramik, hingga dinding batu alam. Sebelumnya, batu alam lebih sering digunakan sebagai ornamen luar ruangan. Namun saat ini, banyak warga yang menggunakan batu alam untuk mempermanis interior rumah, padahal batu alam sering digunakan sebagai komposisi untuk konstruksi rumah atau sebagai dekorasi ruangan.

Jenis Batu

Ada banyak jenis batu alam yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik rumah. Dinding batu alam ini cocok untuk melengkapi finishing berbagai jenis bangunan, mulai dari tradisional, minimalis, rustic, hingga mediterania. Pada eksterior rumah, biasanya orang memasang batu alam pada lantai, tiang tembok, pagar, teras, kolam hias dan taman. Sedangkan pada interior rumah, batu alam bisa diaplikasikan pada dinding ruang tamu atau kamar mandi. Penggunaan batu alam pada rumah ini bisa menambah kesan alami, teduh, natural, dan menciptakan kontras yang membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat. Pemasangan dinding batu alam harus dilakukan oleh tenaga ahli agar tidak salah pemasangan dan menghasilkan pola dan finishing yang diinginkan. Dalam memilih batu alam untuk digunakan pada interior dan eksterior rumah, kamu harus tahu bahwa batu alam yang digunakan untuk interior dan eksterior rumah berbeda.

Orang-orang juga membaca Tips Dekorasi Dinding untuk Kamarmu

Dua Sifat Batu Alam

Batu alam sendiri memiliki dua sifat yang berbeda, yaitu padat dan tidak padat. Batuan padat memiliki fisik yang kuat, kokoh, keras, dan tidak mudah pecah. Batuan padat juga tidak mudah menyerap air karena tidak memiliki pori-pori, atau yang dalam bahasa ilmiahnya porositas, sehingga cocok untuk eksterior rumah. Selain itu, batuan padat tidak mudah berlumut karena tidak memiliki ruang untuk masuknya air dan udara.

Sedangkan, batu alam dengan sifat tidak padat merupakan kebalikan dari batuan padat. Memiliki pori-pori sehingga bisa menyerap air dan udara serta mudah berlumut, serta memiliki tekstur lembut yang mudah pecah. Batu dengan sifat tidak padat lebih cocok untuk digunakan pada interior rumah. Buat kamu yang penasaran dengan jenis batu alam apa saja yang bisa memberikan sentuhan natural dan estetika, yuk simak penjelasannya berikut ini! Berikut ini adalah beberapa dinding batu alam terbaik untuk rumahmu.

Batu Marmer

Marmer merupakan salah satu jenis batu alam yang sering digunakan orang untuk finishing bangunan. Keunggulan dari dinding yang menggunakan batu marmer ini adalah tampilan rumah akan terlihat semakin mewah dan elegan. Warna batu marmernya pun bermacam-macam, sehingga kamu bisa memilih sesuai keinginanmu. Sifatnya yang tidak padat membuatnya mudah rapuh saat terkena panas atau hujan. Karena itu, pastikan kamu hanya menggunakannya untuk interior rumah.

Batu Palimanan

palimanan
Batu Palimanan

Batu Palimanan adalah batu alam yang biasa digunakan orang sebagai dekorasi rumah. Batu ini memiliki pori-pori yang besar dan warna yang cukup terang, sehingga disarankan untuk menggunakan lapisan khusus untuk melindungi batu dari lumut dan perubahan warna. Meski memiliki pori-pori yang besar, batu ini juga bisa digunakan di luar ruangan maupun di dalam ruangan, namun tetap menggunakan lapisan khusus.

Andesit

Batu alam andesit merupakan salah satu batu paling populer yang digunakan orang dalam bangunan. Tidak hanya memberikan kesan estetika dan natural, batu ini memiliki sifat yang kokoh sehingga tahan lama. Batu Andesit biasanya hadir dengan warna hitam atau abu-abu, sehingga cocok jika kamu ingin memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada bangunan minimalis modern. Keunggulan lain dari dinding batu alam ini adalah tahan terhadap cuaca dan lumut. Jadi, sangat cocok jika dipasang pada dinding bagian luar. Kamu bisa sering memaparkannya ke sinar matahari dan hujan. Meski hanya memiliki dua warna, batu ini hadir dalam berbagai corak, seperti model alur atau abstrak.

Orang juga membaca Toko Furnitur Online Terbaik

Batu Templek

Selanjutnya ada batu Templek. Itu adalah batu yang memiliki sifat padat. Ini sangat populer sejak zaman kuno dimana orang menggunakannya sebagai eksterior rumah. Keunggulan baru ini adalah memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan batu Andesit. Kamu bisa menggunakan pola acak dalam pemasangan agar terlihat mewah. Batu Templek ini sangat cocok untuk bagian luar rumah. Saat terkena hujan, batu ini akan terlihat seperti baru saja dilapisi.

Batu Gamping

gamping
Batu Gamping

Di Indonesia, kami menyebut batuan ini sebagai batu alam dekorasi rumah ini batu kapur. Batu kapur ini berbentuk padat, memiliki kualitas yang bisa menahan segala suhu dan cuaca. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan batu ini, baik untuk interior maupun eksterior. Karena sifatnya yang kokoh, inilah alasan mengapa banyak orang menggunakan batu kapur untuk dekorasi rumah.

Orang-orang juga membaca Tips Dekorasi Rumah

Granit

batu granit
Granit

Granit juga salah satu batu yang populer untuk pelapis dinding, pelapis lantai, dan dinding kamar mandi. Granit ini memiliki pori-pori yang kecil sehingga tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Selain itu, batu ini juga kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi alam, seperti hujan dan panas. Jika kamu ingin memberikan kesan alami dan segar pada rumahmu, maka batu ini adalah pilihan yang tepat, karena batu ini juga menimbulkan kesan natural dan mewah.

Batu Karang

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan batu ini, karena fungsinya yang serbaguna. Selain digunakan sebagai batu hias untuk taman dan bangunan, kita juga bisa menggunakan batu karang pada lantai. Batu karang yang dipasang di lantai, bisa dibiarkan sedikit menonjol sehingga bisa memijat telapak kaki kita dan mengendurkan otot.

Orang-orang juga membaca Tips Dekorasi Dinding untuk Kamarmu

Nah, itulah jenis batu alam yang bisa kamu gunakan untuk dekorasi interior dan eksterior rumah. Yang mana favoritmu? Jangan lupa untuk mem-bookmark artikel ini agar kamu lebih mudah menemukannya saat diperlukan.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Olahraga Mudah di Rumah

Olahraga Mudah di Rumah

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *