Beradaptasi di Jakarta

Beradaptasi di Jakarta

Menyesuaikan diri dengan Jakarta dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang yang datang dari kota lain apalagi negara lain. Menjadi ibukota negara multikultural, Jakarta memiliki norma-norma setempat. Sementara warganya hangat dan tulus menyambut, pindah ke lingkungan baru, dan menyesuaikan diri dengan norma-norma lokal membutuhkan penyesuaian. Namun, kamu akan terkejut mengetahui budaya The Big Durian dengan mempelajari berbagai adat dan tradisi kota. Teka-teki aturan hidup yang tidak tertulis di Jakarta: nuansa budaya, harapan, hingga tantangan untuk berkeliling. Berikut beberapa ulasan untuk kamu:

baca lebih lanjut: Bagaimana Cara Berkenalan Sebagai Pendatang Baru

greetings in jakarta

Sapaan di Jakarta.

Jangan kaget ketika seseorang lewat dan tersenyum pada kamu di tempat kerjamu. Senyum-lah kembali dengan sedikit anggukan untuk menyambut mereka. Menolak untuk menyambut mereka kembali akan membuat kamu tampak kasar dan tidak peduli. kamu mungkin ingin belajar salam dalam Bahasa untuk membuat kamu tampak lebih ramah:

  • Hello = Halo/Hai
  • Good morning = Selamat pagi
  • Good afternoon = Selamat siang
  • Good evening = Selamat sore
  • How are you = Apa kabar?
elders besides the street of bali

Menghormati yang lebih tua.

Sama seperti di negara-negara Asia lainnya, orang Indonesia memiliki penekanan besar pada hierarki sosial. kamu harus menghormati semua orang, terutama orang yang lebih tua. Atau kamu akan dianggap kasar dan kurang sopan santun. Penting juga untuk menyapa penduduk setempat dengan tepat. Berikut adalah beberapa panggilan yang harus kamu pelajari:

  • Senior male = Bapak/Pak
  • Senior female = Ibu/Bu
  • Young adult male = Mas/Kakak/Kak
  • Young adult female = Mba/Kakak/Kak
  • Younger people = Adik/Dik

Bawa Uang Kecil dan Kembalian.

Sebagian besar pendatang baru di kota itu lebih memilih transportasi umum daripada mengendarai mobil sendiri. Baik kamu naik taksi konvensional atau GoJek/Grab, kamu perlu membawa uang kecil untuk membayarnya karena biasanya tidak ada kembalian. Tip ini juga berguna ketika kamu akan berbelanja makanan ringan di minimarket ketika kamu akan membayar makanan. Menyimpan uang kecil dan uang receh juga akan memudahkan kamu ketika kamu ingin memberi tip pada pelayan, sopir taksi, atau kurir.

Selalu bawa PowerBank dan makanan ringan di tasmu

Lalu lintas Jakarta yang terkenal macet bukanlah mitos. Kamu akan terjebak dalam lalu lintas berkali-kali dan menjadi sangat bosan. Dalam situasi ini, tentunya kamu tidak ingin ponsel kamu kehabisan baterai. Jadi simpanlah PowerBank yang terisi penuh di dalam tas kamu. kamu juga perlu menyimpan sebotol air dan beberapa makanan ringan karena kamu mungkin tiba-tiba merasa lapar di tengah kemacetan. Jika kamu suka membaca buku, kamu juga bisa membawa buku favorit dan lampu baca portabel.

Membeli oleh-oleh (suvenir) ketika pergi ke suatu tempat.

Saat kamu melakukan perjalanan, baik untuk liburan atau bisnis, pastikan kamu membeli oleh-oleh untuk kolega kamu. Ini adalah tradisi informal masyarakat Jakarta ketika seseorang melakukan perjalanan. Jangan khawatir tentang suvenir seperti apa yang akan didapat, suvenir kecil seperti gantungan kunci atau kaos akan sangat disukai.

Berpakaian sopan.

Ini artinya, jangan mengenakan pakaian yang memperlihatkan terlalu terbuka. Dibandingkan dengan kota-kota lain di negara ini, Jakarta toleran dalam hal pakaian. Namun, mengenakan pakaian yang terbuka akan tetap membuatmu mendapatkan penilaian dari penduduk setempat. Mereka tidak akan menghakimimu, tetapi mereka pasti akan menatap dan berbisik. Ketika kamu mengunjungi situs-situs keagamaan, pastikan kamu memakai pakaian yang tertutup, karena tradisi dan nilai-nilai budaya dari situs-situs keagamaan sangat dihargai oleh masyarakat.

Menunjukkan Kasih Sayang di depan Publik

Bukan pemandangan yang biasa digunakan orang Jakarta. Tidak masalah untuk memeluk teman dan mitra, tetapi sangat singkat. Tidak apa-apa mencium pipi teman berjenis kelamin sama, tetapi mencium pasangan kamu di tempat umum sangat dilarang. Ketika kamu menunjukkan terlalu banyak kasih sayang di depan publik, kamu akan mendapatkan tatapan aneh dari orang-orang di sekitar atau lebih buruk lagi, kamu langsung ditegur. Tetap berpegangan tangan dengan pasangan kamu di depan umum dan lakukan sisanya di tempat yang lebih pribadi.

Miliki baju batik atau gaun batik.

Pada hari Jumat, orang Jakarta cenderung menggunakan batik di kantor. Aturan ini dibuat untuk menghormati budaya Indonesia. kamu juga dapat mengenakan batik kamu alih-alih jas atau gaun saat kamu menghadiri pernikahan Indonesia. Ketika kamu diundang ke satu acara, pastikan untuk pergi. Pernikahan di Indonesia luar biasa meriah. Kehadiran kamu akan sangat dihargai oleh keluarga pengantin wanita dan pria. Jangan lupa membawa amplop berisi uang dan mampir di meja resepsionis. Akan ada kotak yang didekorasi dengan indah dengan celah di bagian atas di mana kamu dapat memasukkan amplop.

Silaturahmi

Berarti memperkuat ikatan antara teman, saudara, dan tetangga. Itulah sebabnya orang-orang Jakarta senang mengunjungi rumah-rumah penduduk dan menjamu tamu. Ketika kamu pindah ke lingkungan baru, kamu mungkin meminta tetangga kamu mengunjungi rumah kamu dan membawakan kamu beberapa hadiah, biasanya dalam bentuk makanan. Begitulah cara orang Jakarta menyambut tetangga mereka. kamu juga akan diundang ke banyak open house selama liburan. kamu tidak diharapkan membawa apa-apa karena mereka suka menjamu tamu. Mereka akan menyajikan berbagai jenis makanan Indonesia di acara-acara ini. Namun, kamu dapat membawa hadiah kecil untuk menghargai tuan rumah. Jangan lupa untuk menyapa semua orang di acara (setidaknya tersenyum pada mereka).

Akan diminta berfoto grup atau selfie

Pada setiap acara atau kesempatan, masyarakat Jakarta senang menunjukkan aktivitas mereka di media sosial. Jadi jangan menolak ketika mereka meminta kamu untuk bergabung dengan foto grup. Siapa tahu, kamu akan dikenal oleh orang-orang (di grup Whatsapp mereka). orang-orang Jakarta juga suka berfoto selfie setiap hari, jadi mereka akan minta selfie untuk dibagikan di Instagram mereka.

Jadi sekarang kamu tahu bagaimana menjadi penduduk Jakarta sejati. Kami harap ini membantu kamu menyesuaikan diri dengan Jakarta dan kamu akan selalu berusaha menjadi warga Jakarta yang baik!

cari tahu lebih tentang menghemat uang dengan membagi rata disini

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan

8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *