Berbagai Macam Sambal di Indonesia yang Wajib Kamu Coba

Berbagai Macam Sambal di Indonesia yang Wajib Kamu Coba

“Tidak bisa makan tanpa sambal” adalah istilah paling akurat untuk menggambarkan hampir semua penduduk lokal di Indonesia. Untuk memahami kecintaan orang Indonesia pada makanan pedas berarti menghargai warisan. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki hidangan pedas dan pedasnya sendiri. Masakan Padang, Manado, dan Bali hanyalah beberapa dari makanan pedas khas Indonesia. Hampir semua rumah makan di Indonesia memiliki sambal / sambal yang diletakkan di atas meja. Karena orang Indonesia berasumsi bahwa hidangan apa pun bisa terasa seratus kali lebih enak dengan sesendok sambal.

Ada 212 varian sambal di Indonesia. Ada banyak sambal yang berbeda dengan beberapa tingkat kepedasan, mulai dari yang manis-pedas, asin, atau sekadar pedas sederhana.

Apa pun jenis sambalnya, bumbu pedas tradisional ini adalah bagian penting dari makanan Indonesia, seperti halnya saus tomat untuk digoreng. Itu sebabnya sangat umum orang Indonesia membawa setidaknya satu botol sambal atau sambal saat mereka ke luar negeri.

Sambal

Pada dasarnya sambal adalah sambal. Hidangan ini biasanya terbuat dari rempah-rempah andalan khas Indonesia, seperti cabai, cabai rawit, cabai rawit, dan bawang putih.

Membuat sambal sudah menjadi keahlian setiap ibu rumah tangga di Indonesia, butuh keahlian. Mereka harus menguasai cara memadukan bahan sambal untuk menciptakan konsistensi tekstur yang memuaskan setiap saat. Membuat sambal juga membutuhkan daya ingat dan kerja keras yang besar. Kamu harus mengingat karakteristik setiap bahan dan catatan rasa. Jadi, kamu bisa membuat dan memadukan semua bahan menjadi sambal yang sempurna.

Penyajian sambal dapat dilakukan dengan dua cara yaitu sambal masak dan sambal mentah. Sambal yang sudah dimasak sudah melalui proses pemasakan, biasanya digoreng sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas, sedangkan sambal mentah dicampur dengan bahan tambahan dan biasanya langsung dikonsumsi. Sambal masak lebih banyak ditemukan di Indonesia bagian barat, sedangkan sambal mentah lebih umum di Indonesia bagian timur, seperti Bali dan Manado.

Sambal sangat personal, semua orang di Indonesia punya resepnya sendiri. Daftar di bawah ini hanyalah beberapa jenis sambal lezat yang tersedia di Indonesia yang kami yakini akan menyempurnakan pengalaman bersantapmu.

Ingin tahu lebih banyak tentang makanan pedas? Nasi Padang mungkin? baca di sini

1. Sambal Matah

Source: Google Maps

Sambal populer ini berasal dari Bali, Pulau Dewata. Sambal Matah adalah jenis sambal segar dari Bali yang pedas sekaligus menyegarkan. Sambal matah dibuat dari bahan mentah antara lain cabai merah, cabai hijau, bawang merah asia, tomat hijau, serai, daun jeruk purut, dan air jeruk purut.

Sambal Matah adalah salah satu yang sangat unik, pedas dan menyegarkan pada saat bersamaan. Rasa pedasnya berasal dari cabai dan bawang merah Asia. Dan taburan air jeruk nipis di atasnya membuat rasanya semakin menyegarkan. Salah satu restoran yang menawarkan Sambal Matah terbaik di Jakarta adalah Kopi Kitchen, kamu harus mencoba Nasi Bebek dengan Sambal Matah.

Lokasi:Kemang Village (Lippo Mall Kemang), Lantai Upper Ground, Avenue of The Stars Jl. Pangeran Antasari, Kemang, Jakarta Selatan

Instagram: @kopikitchen

Jam Buka: 10.00 am – 11.00 pm

2. Sambal Terasi

Source: Google

Sambal Terasi adalah salah satu jenis sambal yang paling populer dan umum di Indonesia. Berasal dari Jawa Tengah, Sambal Terasi menawarkan dua jenis, Sambal Terasi matang atau Sambal Terasi mentah. Bahan utamanya adalah terasi (terasi), bahan lainnya adalah cabai merah, bawang merah, dan tomat.

Ini mungkin jenis sambal pertama yang harus kamu coba di Indonesia, dan biasakan sebelum menjelajahi semua jenis lainnya karena ini bisa menjadi standar dan rasa sambal yang paling mendasar. Sambal Terasi bisa ditemukan dengan mudah hampir di mana-mana. Tapi, Warung Bu Kris yang berlokasi di Fatmawati ini punya salah satu Sambal Terasi terbaik di kotanya.

Lokasi: Golden Fatmawati, ruko, Jl. RS. Fatmawati Raya No.D-10, RT.8/RW.6, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420

Instagram: @warungbukris

Jam Buka: 10.00 am- 09.00 pm

3. Sambal Ijo

Source: Google

Ijo atau hijau dalam bahasa Indonesia berarti hijau. Sambal Ijo adalah hidangan favorit dalam masakan Padang. Sambal Ijo adalah makanan khas Sumatera Barat, menggunakan cabai hijau, digoreng dengan udang kering, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya, dan paling enak disajikan dengan rendang, hidangan terlezat No. 1 dari 50 makanan terlezat dunia internasional CNN: Daftar pilihan pembaca.

Sambal Hijau memiliki aroma dan cita rasa yang unik karena berbahan dasar cabai hijau. Dan karena itu, tidak sepedas sambal lainnya. Sambal Ijo bisa kamu coba di Restoran Pala Adas. Di sini, kamu bisa mendapatkan beragam makanan dengan sambal ijo yang unik. Salah satu yang patut dicoba adalah Bebek Cabe Ijo (Rp 78.000) yang sangat kaya rasa, enak, dan tentunya pedas.

Lokasi: Crown Golf Boulevard, Blok D, No. 11 & 12, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Instagram: @palaadas_id

Jam Buka: 11.00 am – 10.00 pm

4. Sambal Kecap

Sambal Kecap terbuat dari bahan mentah dan segar seperti kecap manis, cabai rawit, bawang merah, paprika, dan tomat. Sambal Kecap adalah salah satu sambal yang paling mudah dibuat karena tidak ada bahan yang perlu dimasak. Layak untuk dicoba dan dibuat di dapurmu. Rasanya yang manis dan pedas biasanya digunakan untuk sate domba atau makanan panggang lainnya seperti ikan bakar dan hidangan barbeque.

Penggunaan kecap manis ini dipengaruhi oleh imigran Tionghoa yang mencoba meniru produksi kecap tetapi dengan tambahan produk lokal yang ditemukan di Indonesia, seperti gula aren, jamu, dan rempah-rempah. Sambal Kecap bisa kamu temukan di salah satu rantai makanan berbahan dasar sambal terbaik di Indonesia, Waroeng SS, yang salah satu cabangnya ada di Tanjung Duren.

Lokasi: Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 224, Tanjung Duren, Jakarta Barat

Instagram: @waroengss

Jam Buka: 10.00 am- 10.00 pm

5. Sambal Kacang

Sambel Kacang dibuat dari campuran cabai, bawang putih, bawang merah, gula pasir, garam, kacang tanah goreng tumbuk, dan air. Kekentalan sambal yang satu ini menjadi faktor utama dalam membuat sambal kacang yang sempurna, terlalu kental dan terlalu kering untuk menyatu dengan makanan, terlalu encer dan sulit untuk ditangani.

Satu-satunya bahan yang membuat sambal ini pedas adalah cabai rawit. Kamu cukup menurunkan tingkat kepedasannya dengan mengurangi jumlah cabai. Biasanya dikonsumsi bersama sayuran rebus seperti tauge, bayam, dan kol.

6. Sambal Dabu-Dabu

Sambal Dabu-Dabu sangat mirip dengan saus salsa Meksiko. Sambal ini berasal dari Manado, kota yang terkenal dengan masakan pedasnya. Sambal ini menggunakan bahan baku seperti tomat cincang kasar, calamansi, atau yang dikenal dengan lemon cui atau jeruk kesturi, bawang merah, cabai rawit cincang, cabai merah, kemangi, disiram dengan minyak sayur panas, dan garam.

Sambal Dabu-Dabu sangat menyegarkan dan berwarna-warni, biasanya melengkapi seporsi ikan bakar dengan cara ditaburkan di atas ikan atau disajikan di piring terpisah. Restoran Ikan Tude Manado adalah restoran Manado paling otentik di Jakarta dan kamu pasti akan menemukan Sambal Dabu-Dabu terbaik di sini.

Lokasi: Jl. Blora Raya No. 29, Thamrin, Jakarta

Instagram: @restoranikantudemanado

Jam Buka: 10.00 am- 10.00 pm

Jadi, ini dia beberapa sambal Indonesia yang perlu kamu coba dan di mana menemukannya di Jakarta. Apakah kamu siap untuk menyantap makanan pedas?

Avatar

Hello Flokq

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *