Berkuda di Jakarta

Berkuda di Jakarta

Kuda! Hewan yang telah menjadi bantuan terbesar manusia sejak awal peradaban. Meski tidak melimpah, Indonesia memiliki beberapa klub berkuda berkualitas, komunitas berkuda yang rajin dan kompetitif, dan juga beberapa pusat liburan berkuda kelas atas. Untuk Jakarta, penggemar aktivitas berkuda atau yang juga dikenal dengan istilah equestrianism perlu sedikit keluar untuk mencari tempat yang cocok untuk berjingkrak-jingkrak. Entah kamu seorang pengendara berpengalaman atau seseorang yang hanya tertarik untuk menunggang kuda, kota ini menawarkan beberapa peluang bagus untuk menjelajahi hobi ini.

Menunggang kuda bisa menjadi alternatif kegiatan mengisi akhir pekan. Khususnya bagi kamu yang sedang berada di Jakarta dan bosan bermain di mal setiap akhir pekan. Pastinya akan tertarik sekaligus tertantang untuk mencoba berkuda. Untungnya, ada banyak tempat berkuda di sekitar Jakarta. Meski berkesan mahal, tempat berkuda ini menawarkan harga yang terjangkau. Beberapa kelas berkuda agak mahal karena menjanjikan kualitas. Berikut rekomendasi tempat berkuda di Jakarta.

1. Arthayasa Stables & Country Club

horse riding at Arthayasa Stables & Country Club
Source : Official Website

Arthayasa memiliki sejarah yang kaya dalam komunitas berkuda Indonesia dan telah menawarkan aktivitas berkuda di Jakarta selama lebih dari 20 tahun. Tempat ini dimiliki oleh para penunggang kuda yang setia dengan standar layanan berkuda yang sangat tinggi. Selain banyak pelajaran dan program berkuda (mulai dari 20 menit menunggang kuda, pelajaran menerjang, pelajaran kelompok 45 menit, hingga kursus pelatihan intensif), padang rumput hijau seluas 14 hektar di Arthayasa adalah tempat perlindungan eksklusif jauh dari keramaian kehidupan Jakarta. Terletak di pinggiran Jakarta Selatan dengan di atas 14 hektar tanaman hijau yang indah, Arthayasa Stables & Country Club didirikan pada tahun 1992 oleh Rafiq Hakim Radinal yang dikenal sebagai fasilitas berkuda pribadi. Perlu diingat, tempat ini tutup pada hari Senin.

Klub yang sekarang dioperasikan oleh Rafiq dan istrinya yang lahir di Rusia, Alla, klubnya mempekerjakan tim instruktur berkuda yang berpengalaman dan profesional untuk memberikan standar Eropa dalam perawatan kuda dan pendidikan berkuda. Sejak didirikan, klub ini telah berkembang menjadi salah satu properti berkuda terbaik tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Asia Tenggara. Dengan fasilitas yang telah disetujui untuk menyelenggarakan kompetisi, mereka telah menyelenggarakan banyak kompetisi bergengsi Internasional dan Nasional, termasuk FEI World Cup Show Jumping, SEA League selama beberapa tahun, serta SEA Games untuk disiplin berkuda pada tahun 2011.

Klub ini melayani semua tingkatan dan minat pada kuda. Mereka menawarkan pelajaran menunggang kuda, pelatihan berkuda, kegiatan setelah sekolah, kunjungan lapangan, pesta ulang tahun, lokasi untuk layanan foto dan video, serta kegiatan terkait kuda lainnya di klub atau di properti klien. Layanan mencakup Barding, Pelatihan, Pelajaran, Klinik, Pembiakan, Konsultasi Berkuda, Fasilitas Berkuda, dan Desain & Konstruksi Tanah. Mereka juga memberikan pelatihan untuk pelajaran dari level pemula hingga lebih tinggi, kompetisi, lompat, dressage, lintas negara. Arthayasa Tack Shop menawarkan peralatan impor berkualitas tinggi untuk penunggang dan kuda dari pabrikan internasional terkenal.

Alamat: Jalan Bulak Tengki / Kp Grogol No.10, Limo, Depok, Jawa Barat 16514, Indonesia

Nomor Telepon: +62217547025

Jam Buka: Selasa – Minggu, 8.00 – 17.00 (kuda istirahat dari jam 12.00 – 14.00)

Situs Web: http://www.arthayasa.com

Baca juga: 5 Tempat Golf Terbaik di Jakarta

2.Trijaya Equestrian

horse at Trijaya Equestrian
Source : Google Maps

Trijaya Equestrian adalah klub berkuda dan sekolah berkuda untuk semua kelompok umur. Wahana kuda poni juga ditawarkan untuk si kecil. Wahana kuda poni untuk anak di bawah 6 tahun tersedia dengan harga Rp 100.000 selama 45 menit. Pelajaran lunging tersedia untuk anak usia 6 tahun. Biayanya Rp 200.000 selama 45 menit. Mereka memiliki semua jenis kuda dari lokal Sumbawa sampai kuda besar Eropa impor yang dibuang. Semuanya rata-rata jinak dan bisa digunakan dengan hati-hati. Untuk menjadi anggota, kamu dapat membayar 3,5 juta per tahun dan begitu kamu datang, kamu harus membayar lagi Rp 200.000,00 per sesi (dengan catatan, harga ini ditulis pada tahun 2013). Jika kamu tidak ingin menjadi anggota, kamu dapat melakukannya, tetapi sedikit lebih mahal untuk membayar satu kali kunjungan, yaitu sekitar Rp 350.000,00 per sesi latihan. Untuk kostum, kamu tinggal pakai atasan apa saja. Lalu, pakai legging karena nanti bootsnya bisa sampai selutut dan susah dipakai kalau tidak pakai legging. Mereka juga meminjamkan topi atau helm khusus, sehingga aman dan stylish.

Alamat: Jl. H. Montong No.23, RT.8 / RW.3, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630

Nomor Telepon: +622178880176, +62217863063

Jam Buka: 06.00 – 18.00 (Selasa – Minggu)

Situs Web: https://smartexpat.com/indonesia/jakarta/business/lifestyle/sports-fitness/jakarta-trijaya-equestrian-centre-5842

3. Gading Equestrian

 training Gading Equestrian
Source : Google Maps

Tantangan terbesar bagi penunggang pemula adalah menanggung rasa malu karena harus berkumpul bersama dengan penunggang kuda profesional. Namun, perasaan tersebut tidak akan kamu rasakan saat berkuda di Equestrian Ivory. Meski sering digunakan untuk latihan menunggang kuda sekelas ASEAN Games, tempat berkuda ini tidak akan memisahkan kelas dan kelas pengalaman pengunjung. Kamu yang baru belajar akan semakin bersemangat bisa menunggang kuda dengan melihat para penunggang kuda profesional. Karena menawarkan fasilitas jempolan, berkuda disini cukup mahal. Asyiknya lagi, Gading Equestrian juga membuka kelas berkuda untuk anak-anak lho. Tempat berkuda ini juga berfungsi sebagai peternakan kuda.

Alamat: Jl. Pejaten Raya No. 9, RT 7 / RW 10 Pejaten Baru, Pasar Minggu

Nomor Telepon: +622179184122

Jam buka:

4. Jakarta International Equestrian Park

Jakarta International Equestrian Park view
Source : Official Website

Jakarta International Equestrian Park atau JIEP adalah arena olahraga berkuda dan sering disalah artikan sebagai arena pacuan kuda yang terletak di Pulomas, Jakarta, Indonesia. Setelah dimulainya renovasi besar-besaran di era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, arena tersebut diresmikan pada 2 Agustus 2018 oleh Gubernur DKI Jakarta berikutnya, Anies Baswedan. Tempat ini memiliki luas 35 hektar dengan paviliun utama empat lantai berkapasitas tempat duduk 1500 orang, kandang kuda berkapasitas 156 kapasitas, akomodasi atlet, rumah sakit kuda, horse walker, dan tempat latihan terbaik se-Indonesia. Taman ini ramah bagi penyandang disabilitas dan telah disertifikasi secara internasional oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) di Paris dan dari Uni Eropa. Setelah Asian Games 2018 usai, JIEP juga bisa digunakan untuk acara lain, seperti lokasi konferensi, pernikahan, atau bahkan konser musik dan pameran seni.

Alamat: Jl. Pulo Mas Jaya, RW.16, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Nomor Telepon: +622179184122

Jam Buka: 11.00-20.00 (Selasa-Sabtu)

Situs Web: https://pulomasjaya.co.id/jakarta-equestrian/

Itulah beberapa lokasi wahana di Jakarta dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Cobalah sesuatu yang berbeda, rasanya menyenangkan lho! Menghabiskan liburan ke pantai atau ke gunung memang sudah biasa. Supaya tidak jenuh, traveller bisa mencari aktivitas lain yang tak kalah asyik, misalnya berkuda! Pilihan aktivitas ini memiliki banyak manfaat lho. Selain bisa menghilangkan stres, berkuda membuatmu lebih sehat. Nah, beranikah kamu menjadwalkan berkuda akhir pekan depan?

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Easy Houseplants Tips

Easy Houseplants Tips

Plants for Beginners

Plants for Beginners

Online Store to Buy Plants

Online Store to Buy Plants

Coworking Space Terbaik di Alam Sutera

Coworking Space Terbaik di Alam Sutera

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *