Bernostalgia Bersama Ragusa, Es Krim Legendaris di Jakarta

Bernostalgia Bersama Ragusa, Es Krim Legendaris di Jakarta

Jakarta Pusat merupakan salah satu kota administratif Jakarta dan juga merupakan tempat kantor pemerintahan dan Istana Kepresidenan berada. Jakarta Pusat menawarkan lingkungan kelas atas dan mewah yang bisa memanjakan warga setempat. Namun ada juga bagian lain yang menawarkan suasana berbeda tetapi menyegarkan yaitu tempat wisata dengan konsep Tempo Doeloe. Tempo Doeloe adalah sebutan yang digunakan untuk menggambarkan Indonesia pada zaman dahulu, tepatnya pada kurun waktu tahun 1870 hingga sekitar tahun 1914. Berwisata ke suatu tempat dengan konsep Tempo Doeloe tentunya memberikan perasaan, nostalgia, atau pengalaman baru yang tidak pernah kamu rasakan sebelumnya. Salah satu tempat yang bisa membawamu merasakan masa lalu adalah Es Krim Legendaris Ragusa (Ragusa Italian Ice Cream) yang terletak di Jl. Veteran, Jakarta Pusat.

Tidak ada yang bisa mengalahkan kesegaran makan es krim usai beraktivitas seharian, apalagi jika cuaca di Jakarta lebih terik dari hari biasanya. Ragusa Italian Ice Cream adalah salah satu toko es krim ikonik dan legendaris di Jakarta. Toko ini menyediakan es krim yang baru dibuat dan diolah dari susu sapi tanpa bahan pengawet. Tentu, ada alasan mengapa beberapa tempat disebut sebagai tempat yang legendaris. Toko yang satu ini terkenal mempertahankan rasa es krimnya meski sudah berdiri lebih dari 80 tahun. Ragusa Italian Ice Cream juga mengklaim bahwa mereka tidak pernah mengubah resep es krimnya. Terlebih lagi mereka masih menggunakan jenis ice cream mixer yang sama dan sudah berusia lebih dari 60 tahun.

ragusa ice cream

Source

Selain itu, kedai es krim legendaris ini juga mendapat julukan karena suasana tempatnya. Tempat ini tidak pernah berubah meski telah melewati waktu yang lama. Banyak warga Jakarta datang berkunjung ke sini untuk merasakan nostalgia Tempo Doeloe. Tempat ini juga mendapat rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai toko es krim tertua yang masih buka hingga saat ini. Ragusa Italia Ice Cream dulu memiliki banyak cabang, namun sekarang cabang di Jl. Veteran menjadi satu-satunya Ragusa Italian Ice Cream Shop di Jakarta.

Ragusa Italian Ice Cream tidak pernah berganti interior toko sejak pertama kali dibuka, bahkan menu yang disajikan pun masih sama seperti saat pertama kali dibuka. Memasuki toko Ragusa Italian Ice Cream, kamu akan merasa seolah-olah waktu telah berhenti di tempat ini. Kamu akan disambut dengan suasana seperti tahun 1930-an, dengan kursi dan meja yang terbuat dari rotan, serta foto hitam putih yang terpampang di dinding untuk menghiasi toko mereka. Ada empat jenis es krim yang ditawarkan di Ragusa Italian Ice Cream dengan harga yang terjangkau. Yang pertama adalah Rasa Biasa (Rp. 15.000 – 20.000) yang terdiri dari rasa Mocca, vanilla, strawberry, dan nougat, yang kedua adalah Rasa Premium untuk Durian dan Kismis (Rp. 20.000), yang ketiga adalah Rasa Campuran (Rp. 20.000 – 25.000) untuk Coupe De Maison dan Special Mix flavor, last but not least, Fancy Flavoured (Rp. 25.000 – 35.000) untuk Chocolate Sundae, Tutti Frutti, Cassata Siciliana, Banana Split, dan Spaghetti Ice Cream.

Menu paling favorit di tempat ini adalah Nougat, Banana Split, dan Tutti Frutti. Namun, jangan lewatkan untuk mencoba Spaghetti Ice Cream yang merupakan menu paling unik di sini. Spaghetti Ice Cream adalah spaghetti yang seluruhnya terbuat dari es krim dan memiliki tekstur yang sangat lembut dan creamy. Es krim ini tentu saja disajikan dalam bentuk spaghetti dilengkapi dengan topping yang terbuat dari dark chocolate dan potongan buah kering. Menu ini pun hadir dengan ukuran yang memuaskan.

Baca Juga: Desserts You Can Find on the Streets of Jakarta

Tak perlu khawatir dengan akses transportasi jika ingin berkunjung ke Ragusa Italian Ice Cream. Kamu bisa menggunakan moda transportasi umum yang tersedia dengan harga yang bersahabat dengan dompet. Jika menggunakan bus Transjakarta bisa turun di halte Juanda, dan jika menggunakan kereta KRL Commuter Line bisa juga turun di stasiun Juanda. Halte dan stasiun Juanda berdekatan satu sama lain, dari sana kamu bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang dari 1 km. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kartu e-money karena kedua moda transportasi tersebut tidak menerima metode pembayaran tunai.

making ragusa ice cream

Source

Ragusa Italian Ice Cream buka setiap hari mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam, namun jika memutuskan untuk berkunjung di akhir pekan atau hari libur, harus siap antri untuk mendapatkan tempat duduk, karena tempat ini sangat ramai pada akhir pekan dan hari libur nasional. Kamu tidak akan menunggu lama untuk mendapatkan es krim yang kamu pesan, karena saat memesan di konter penjual mereka akan langsung mengerjakan pesanan dan kamu dapat langsung menikmati es krimnya..

Sebuah toko es krim yang telah berdiri lebih dari 80 tahun tentunya memiliki latar belakang sejarah yang kaya. Nama Ragusa diambil dari salah satu kota di Sisilia, Italia. Pendiri toko ini memang orang Italia yang dulunya memiliki bisnis penjahit yang sangat sukses di Jakarta. Mereka adalah Luigi, Vincenzo, Pascuale, dan Francisco, yang akhirnya dikenal sebagai Ragusa Brothers. Sukses dengan bisnis penjahitnya, Ragusa Brothers mendapat ide untuk membuat bisnis lain setelah berkenalan dengan seorang wanita Belanda yang memiliki peternakan susu sapi. Mereka akhirnya memutuskan untuk membuat toko es krim dengan menggunakan susu dari peternakan perempuan itu. Dan akhirnya, toko Ragusa Italian Ice Cream yang ikonik pun tercipta pada tahun 1932. Walaupun Ragusa terkenal sebagai toko ice cream Italia, sebenarnya es krim yang mereka buat bukanlah gelato. Resep yang mereka gunakan hampir mirip dengan Es Doger, santan tradisional Indonesia dan minuman es serut.

Ragusa Ice Cream Italia sangat cocok untuk kamu kunjungi, melepas penat dari seminggu bekerja dengan suasana Jakarta tempo dulu yang tentunya memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Sensasi makan es krim terbaik di tempat ikonik tidak ada duanya.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *