Biaya Hidup di Jakarta: Apa Benar Semahal Itu?

Biaya Hidup di Jakarta: Apa Benar Semahal Itu?

Jika kamu berencana pindah ke Jakarta, pastikan kamu mengetahui betul biaya hidup di sini. Entah kamu seorang ekspatriat atau pendatang baru, biaya hidup di Jakarta mungkin berbeda karena setiap orang memiliki anggaran yang berbeda. Flokq hadir untuk membantu kamu mengetahui rata-rata harga kebutuhan sehari-hari di Jakarta mulai dari makanan, bahan makanan, transportasi, hingga akodomodasi sehingga kamu dapat menghemat anggaran sebaik mungkin. 


Baca juga: Berapa Biaya Membangun Rumah di Jakarta?


Biaya Akomodasi

sewa apartemen di Jakarta
sumber: flokq.com

Terdapat beberapa pilihan akomodasi tempat tinggal di Jakarta, kamu dapat memilih sewa apartemen, tinggal di kost, atau sewa rumah kontrakan. Banyak orang memilih tinggal di kost karena jauh lebih murah dan dapat dibayar per bulan, namun lokasi rumah kost seringkali kurang strategis dibandingkan lokasi apartemen yang berada di tengah pusat bisnis.

Seringkali, apartemen menjadi pilihan para ekspatriat karena dekat dengan tempat kerja dan hiburan di Jakarta. Sewa apartemen di Jakarta memang termasuk permintaan yang memiliki kualitas tinggi, sehingga harganya lebih mahal dibandingkan tinggal di kost. Berikut beberapa harga sewa apartemen di sekitar Jakarta:

  • Kebayoran: mulai dari Rp15.000.000,00 per bulan untuk apartemen studio full-furnished.
  • Kemang: mulai dari Rp4.000.000,00 per bulan untuk apartemen studio full-furnished.
  • Menteng: mulai dari Rp2.500.000,00 per bulan untuk apartemen studio full-furnished.
  • Kebon Jeruk: mulai dari Rp4.000.000,00 per bulan untuk apartemen studio full-furnished.
  • Pluit: mulai dari Rp2.500.000,00 per bulan untuk apartemen studio full-furnished.

Namun, jika kamu ingin tinggal di apartemen dengan harga yang jauh lebih terjangkau, jangan khawatir! Flokq menyediakan opsi co-living atau shared apartment di Jakarta sehingga kamu dapat menyewa kamar apartemen per bulan dengan teman kamu! Segala fasilitas dari apartemen pun tetap dapat kamu nikmati dengan harga sewa yang lebih murah. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pilihan sewa apartemen bulanan di Jakarta.

Biaya Transportasi

Untuk biaya transportasi tentunya akan berbeda-beda tergantung lokasi tempat tinggal, tujuan, dan moda transportasi apa yang kamu gunakan. 

Transportasi Pribadi

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus memikirkan biaya-biaya tambahan seperti biaya parkir, biaya tol, dan biaya bensin. Rata-rata tarif parkir mobil di gedung di Jakarta bertarif Rp5.000,00 per jam. Untuk parkir mobil di tempat non gedung, rata-rata bertarif Rp5.000,00 sekali parkir. Jangan lupa, kamu juga akan memerlukan cukup banyak bensin karena kemacetan sering terjadi di tengah ibukota. Sehingga, perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan jika menggunakan mobil minimal sekitar Rp2.000.000,00 per bulan. Opsi ini jauh lebih mahal jika dibandingkan opsi transportasi umum.

Transportasi Umum

sarana transportasi umum di jakarta: MRT
sumber: idntime.com

Terdapat berbagai opsi transportasi umum di Jakarta seperti commuter line (KRL) atau Mass Rapid Transit (MRT), kamu bisa menghabiskan pengeluaran yang relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan sendiri. Tarif KRL adalah Rp 3.000,00 sedangkan tafir minimal MRT adalah Rp 3.000,00 dan akan bertambah Rp 1.000,00 per stasiun berikutnya, hingga jarak terjauh totalnya mencapai Rp 14.000,00.

  • Menggunakan KRL atau MRT (stasiun terdekat): Rp 3.000,00 x 22 (hari kerja) x 2 (pulang pergi) = Rp 132.000,00 / bulan
  • Menggunakan MRT (stasiun terjauh): Rp 14.000,00 x 22 (hari kerja) x 2 (pulang pergi) = Rp 616.000,00 / bulan

Angkutan umum umum lainnya di Jakarta adalah TransJakarta, yang merupakan sistem bus cepat dengan menggunakan kartu elektronik untuk pembayarannya. TransJakarta ni memiliki lebih dari 30 rute di sekitar Jakarta dan bahkan di luar Jakarta seperti BSD dan Tangerang! kamu bisa menemukan halte bus mereka hampir di mana saja di Jakarta. Untuk satu kali tumpangan dalam satu rute biayanya berkisar Rp 3.500,00 – Rp 4.000,00.

  • Menggunakan Transjakarta: Rp 3.500 x 22 (hari kerja) x 2 (pulang pergi) = Rp 154.000 / bulan.

Jenis-jenis Transportasi Publik di Jakarta, Indonesia 


Pilihan lainnya bisa dengan menggunakan taxi online atau ojek online. Banyaknya pengemudi di seluruh Jakarta dianggap sebagai salah satu transportasi paling efisien karena menjemput kamu langsung dari lokasi kamu saat ini ke tujuan tertentu. Tarifnya bervariasi pada jam sibuk dan jarak tempuh. Kamu juga bisa mendapatkan biaya promosi dari perusahaan kendaraan online, tetapi jika tidak, tidak akan lebih murah daripada menggunakan transportasi umum. Kami tidak dapat menunjukkan jumlah pastinya karena bergantung pada seberapa banyak dan seberapa jauh kamu menggunakan layanan ini, tetapi secara umum, teman ekspatriat kami dapat menganggarkan hingga Rp3.000.000,00 per bulan untuk naik kendaraan online.

Makanan dan Minuman

biaya makan di Jakarta: opsi restoran
sumber: pesonawisataindonesia.com

Bicara soal makanan, mungkin Jakarta termasuk salah satu kota dengan pengalaman kuliner yang banyak dan beragam. Tidak hanya masakan asli Indonesia, kamu juga bisa menemukan makanan Korea, Jepang, Meksiko, dan makanan lainnya dari seluruh dunia. Ada banyak sekali restoran dan kafe di Indonesia. Di sini, kami mencoba membaginya ke dalam kategori berdasarkan uang reguler yang kamu keluarkan per kunjungan. Jadi inilah daftarnya!

1. Jajanan pinggir jalan: Rp10.000 hingga Rp40.000,00

2. Kantin makanan Indonesia: Rp30.000 hingga Rp70.000,00

3. Food court dan restoran kelas menengah: Rp70.000 hingga Rp200.000

4. Restoran Mall: Mulai dari Rp100.000,00

5. Restoran kelas atas: Mulai dari Rp300.000,00

opsi biaya makan murah: warteg atau kantin
sumber: travel.kompas.com

Di sisi lain, terdapat banyak sekali kedai kopi dan teh di sekitar Jakarta. Meski demikian, hanya ada beberapa tempat yang menjual alkohol. Dibandingkan negara lain, minuman beralkohol di Jakarta bisa dikatakan cukup mahal karena hanya sedikit tempat yang menjualnya. Ditambah lagi, di Jakarta juga tidak banyak orang yang meminumnya sesering di negara-negara barat. Untuk sebotol bir kecil, kamu harus membayar minimal Rp50.000,00. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut tentang restoran, kafe, atau kedai kopi di Jakarta, klik di sini.

Biaya Utilitas

Untuk menghitung biaya hidup dalam hal biaya utilitas seperti listrik di Jakarta tergantung seberapa sering kamu menggunakannya di rumah. Itu juga tergantung pada bagaimana kamu mengurus semuanya, sendiri atau dengan bantuan layanan rumah lainnya. Biasanya, jika kamu tinggal sendiri di apartemen studio, kamu mungkin harus membayar Rp1.500.000,00 sebulan, jumlah itu bisa menutupi bensin, listrik, internet, dan air. Namun, jika kamu tinggal di tempat yang lebih besar dengan keluarga kamu, biayanya bisa naik hingga Rp5.000.000,00 sebulan karena semakin banyak penggunaan keperluan dan juga bantuan layanan pembantu rumah tangga.

biaya kebutuhan listrik
sumber: mistersparkykc.com

Harga jasa pembantu rumah tangga berbeda-beda menurut agen yang menyediakannya. Jika pembantu rumah tangga kamu berasal dari institusi yang sah, kamu harus membayar dengan harga yang lebih tinggi yaitu Rp3.000.000,00. Tapi, jika kamu cukup beruntung, kamu bisa membayar pembantu rumah tangga hanya dengan Rp1.000.000,00. Namun, kamu juga harus memberi mereka tempat tinggal serta makanan.

Jika kamu tinggal bersama di Jakarta, harga sebenarnya bisa lebih murah karena kamu membagi tagihan menjadi jumlah teman sekamar. Dengan biaya internet sekitar Rp500.000 – Rp800.000,00 per bulan dan layanan laundry ekspres sekitar maksimal Rp20.000,00 per kilo. Dengan membagi biaya bersama, maka kamu akan mendapatkan biaya hidup bersama sekitar Rp700.000,00 – Rp1.000.000,00 per bulan


Baca juga: Laundry Ekspress di Jakarta


Hiburan

Biaya hidup di Jakarta tentunya tergantung gaya hidup yang kamu miliki. Inilah beberapa tempat hiburan di Jakarta dan harganya:

  • Jika kamu suka minum-minum pada Jumat malam dan pergi berbelanja saat akhir pekan, kamu dapat menghabiskan antara Rp1.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00 per bulan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, alkohol cukup mahal dan biasanya harga yang menjualnya cukup eksklusif dan mahal.

Baca juga: Bar-bar yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta


hiburan berupa menonton bioskop
sumber: travel.tribunnews.com
  • Harga tiket bioskop mulai dari Rp50.000 hingga Rp150.000. Tergantung tanggal dan jenis bioskop yang akan kamu datangi.
  • Manjakan diri kamu di salon atau klinik kecantikan untuk spa, creambath, atau bahkan potong rambut dasar, salon di Jakarta Selatan adalah yang terbaik meski awalnya agak mahal, mulai dari harga Rp60.000,00 untuk potong rambut dan mulai dari harga Rp100.000,00 untuk spa atau creambath.
biaya pergi ke museum di jakarta
sumber: whatsnewindonesia.com
  • Pergi ke tempat wisata sejarah atau pameran seni juga relatif murah, tergantung daya tariknya sendiri harga tiketnya ada disekitar. Rp30.000,00-Rp150.000,00.

Anggaran Kebutuhan Pakaian dan Sepatu

Jika kamu benar-benar peduli dengan penampilan kamu terutama dalam fashion, pakaian, dan sepatu harus dimasukkan dalam perencanaan biaya hidup kamu di Jakarta. Karena skema logistik, harga merek internasional di Jakarta mungkin sedikit berbeda (lebih murah atau lebih mahal) dibandingkan dengan negara lain.

Sepasang jeans Levi’s rata-rata harganya bisa Rp700.000,00 tergantung spesifikasi dan tipenya. Jika kamu sedang mencari gaun dari merek fast fashion seperti Zara atau H&M, kamu bisa menganggarkan sekitar Rp650.000,00 untuk satu potong. Selain itu, sepasang sepatu lari standar harganya mulai dari Rp650.000 hingga Rp1.600.000.

membeli baju lokal atau thrifting
sumber: highlight.id

Salah satu cara untuk menghemat anggaran bulanan kamu di departemen ini adalah dengan berbelanja barang bekas atau membeli merek lokal. Ada banyak toko barang bekas menarik di Jakarta dan brand lokal baik online maupun offline yang harus kamu cek! Tidak hanya lebih murah, tetapi juga memberimu tampilan unik dan vintage yang tidak dapat ditiru siapa pun!

Alkohol dan Rokok

anggaran untuk hiburan di jakarta: minum alkohol
sumber: fresh.co.nz

Karena peraturan dan bea cukai yang ketat, harga minuman beralkohol di sini bisa lebih mahal, terutama untuk merek internasional. Harga wine kelas menengah bisa sekitar Rp500.000,00. Untuk bir, kamu harus membayar sekitar Rp30.000,00 (domestik) atau Rp50.000,00 (impor). Sama halnya dengan bir, jika kamu ingin mengurangi anggaran alkohol, cobalah minuman keras lokal seperti Orang Tua.

Untuk rokok, satu bungkus rokok impor harganya berkisar Rp25.000,00 hingga Rp30.000,00. Harga ini memang jauh lebih murah daripada kebanyakan rokok yang dijual di negara maju. Kamu juga harus mencoba mengeksplorasi rokok merek lokal!

Olahraga dan Kenyamanan

biaya olahraga di jakarta: fasilitas gym
sumber: thehoneycomber.com

Apakah kamu seorang penggemar olahraga? Jika ya, kamu mungkin harus merencanakan anggaran bulanan kamu di bagian ini. Langganan bulanan pusat kebugaran di Jakarta berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Tergantung pada paket, kelas, atau fasilitas yang kamu pilih. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang pilihan pusat kebugaran di Jakarta, kamu bisa klik di sini.

Kamu juga bisa lari-lari keliling Jakarta atau jogging track di sekitar apartemen jika kamu sedang mencari olahraga beranggaran gratis. Bahkan bisa ke pusat olahraga seperti lapangan tenis atau lapangan basket, harga sewanya sekitar Rp300.000,00 per jam.


Semua kembali lagi kepada pilihan kamu dalam memilih opsi yang paling murah dari setiap aspek biaya. Nah, jika kamu dapat mengontrol diri untuk menghemat setiap opsi diatas, maka jika dijumlahkan biaya hidup di Jakarta selama satu bulan kira-kira adalah:

Rp 2 juta untuk biaya tempat tinggal + Rp 1.5 juta untuk biaya makan + Rp 200 ribu untuk biaya transportasi + Rp 1.5 juta untuk biaya utilitas + Rp 600 ribu untuk biaya aktivitas hiburan + Rp 700 ribu untuk biaya pengeluaran rutin = Rp 6.5 juta untuk biaya hidup di Jakarta dalam sebulan.

Jadi, apa lagi yang kamu pikirkan? Semoga daftar ini dapat membantu kamu dalam memberikan perkiraan biaya hidup di Jakarta. Nah, berapapun biaya kami, kami jamin, selalu ada cara untuk menikmati Jakarta. Kamu juga dapat mempertimbangkan opsi co-living di Jakarta melalui Flokq sehingga kamu dapat menghemat anggaran bulanan kamu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Senayan City Jakarta

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Senayan City Jakarta

10 Pilihan Apartemen Dekat Equity Tower Sudirman

10 Pilihan Apartemen Dekat Equity Tower Sudirman

Sewa Apartemen Jakarta: 10 Apartemen Terbaik dengan Bathtub di Sudirman!

Sewa Apartemen Jakarta: 10 Apartemen Terbaik dengan Bathtub di Sudirman!

7 Rekomendasi Apartemen Dekat BSJ British School Jakarta

7 Rekomendasi Apartemen Dekat BSJ British School Jakarta

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *