Bijak Tinggal di Coliving Selama Pandemi COVID-19

Bijak Tinggal di Coliving Selama Pandemi COVID-19

Dalam beberapa tahun terakhir, coliving telah menjadi populer di kalangan masyarakat. Jenis tempat tinggal ini sering dipilih karena disinilah masyarakat dapat membeli rumah yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau daripada membeli atau menyewa tempat dan tinggal sendiri. Selain terjangkau, coliving merupakan jawaban yang tepat atas kekurangan perumahan karena kota metropolitan seperti Jakarta seringkali dipadati penduduk. Oleh karena itu, orang akan sulit menemukan tempat yang layak untuk mereka tinggali. Orang yang memilih untuk hidup bersama juga mengatakan bahwa mereka menyukai kenyataan bahwa tempat mereka tinggal lebih dari sekedar tempat, melainkan juga tempat di mana komunitas bisa tumbuh dan bergaul.

Tapi, beberapa bulan lalu, pandemi COVID-19 beredar di dunia. Pandemi ini membuat pemerintah di setiap negara memutuskan untuk menerapkan kebijakan menjaga jarak fisik kepada warganya. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran virus yang cepat di antara masyarakat. Dengan tetap berada di dalam, orang tidak akan berinteraksi satu sama lain dan itu akan mengurangi risiko mereka tertular. Namun, tinggal bersama bukanlah tempat terbaik untuk menerapkan kebijakan ini, karena kita tinggal bersama orang lain di tempat yang sama. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan saat hidup bersama selama pandemi COVID-19 ini.

Baca juga: Bagaimana Bisa Bekerja Dari Rumah (WFH) Bermanfaat Secara Finansial

covid-19

Hindari fasilitas umum

Poin utama dari kebijakan social distancing adalah agar masyarakat menghindari tempat dan fasilitas umum. Virus seperti COVID-19 atau influenza menyebar melalui paparan langsung tetesan pernapasan dari bersin atau batuk orang yang sakit. Saat tinggal bersama, terdapat fasilitas umum yang biasa kamu gunakan dengan penghuni lain. Ini bisa berupa gym, studio yoga, lounge, atau ruang menonton. Tempat-tempat tersebut sangat berisiko bagi kamu untuk tertular virus selama pandemi ini karena hal itu biasa terjadi pada banyak orang. Kabar beredar bahwa gym adalah tempat yang lebih berbahaya daripada tempat komunal lainnya.

Virus juga dapat hidup di permukaan dan benda selama berhari-hari, oleh karena itu logis untuk berpikir bahwa semakin banyak orang yang menyentuh benda bersama-dalam hal ini, beban dan treadmill, atau peralatan olahraga apa pun-semakin tinggi risiko seseorang dapat meninggalkan virus, dan meneruskannya ke orang berikutnya yang menggunakan peralatan tersebut. Siklus ini berlaku untuk semua orang yang mengunjungi gym dan menggunakan peralatan yang sama. Jika kamu masih mengunjungi gym, siklus tersebut tidak akan pernah berhenti. Namun, terbukti bahwa penularan COVID-19 lebih sering terjadi melalui tetesan lendir pernapasan daripada melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi. Bagaimanapun, masih ada kemungkinan orang terinfeksi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Oleh karena itu, kamu harus menjauhkan tangan dari fasilitas umum ini.

covid-19 cleanup

Bersihkan secara rutin

Pikirkan kamu dan teman sekamar kamu sebagai satu tim. Kamu berdua tinggal di tempat yang sama dan berbagi sebagian besar barang yang kamu miliki. Bicaralah dengan mereka dan diskusikan bagaimana kamu harus membersihkan setiap benda dan perkakas yang kamu miliki sesering mungkin. Kamu dapat menggunakan semprotan disinfektan dan menyeka permukaan dengan kain kering atau jika ingin lebih sederhana, kamu dapat menggunakan tisu desinfektan untuk membersihkan semua barang tersebut.

covid-19

Cuci tangan

Mencuci tangan adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk mencegah tertular COVID-19. Virus di tangan kamu hanya bisa dibasuh jika kamu mencuci tangan pakai sabun dengan gerakan yang benar selama 20 detik. Apalagi co-living artinya kamu tinggal dengan orang lain, walaupun kita sudah menghindari fasilitas umum, masih ada peluang tertular virus dari teman sekamar atau mereka mendapatkannya dari kamu. Ini karena standar kebersihan amu mungkin berbeda, jadi pastikan kamu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh benda bersama.

Selain itu, jika kamu tinggal dengan teman sekamar dan biasanya saling memasak untuk setiap sarapan, makan siang, atau makan malam, harap jaga agar bahan makanan dan peralatan dapur tetap steril. Jika tidak steril, kalian berdua bisa tertular virus ini dan akan sangat mudah virus menyebar di antara kalian. Selalu cuci tangan kamu segera setelah kamu pulang dari luar atau mendapatkan sesuatu dari luar.

Cari tahu lebih lanjut tentang tip untuk pindah dengan anggaran di sini

covid-19 masker

Kenakan masker setiap kali kamu pergi keluar

Ya, kita tidak boleh keluar. Kita bisa mendapatkan apapun melalui toko online, mulai dari bahan makanan, kebutuhan kecantikan, obat-obatan, atau bahkan barang acak yang ingin kita beli. Namun, pasti ada saat-saat tertentu kamu harus keluar – apakah kamu harus membeli sesuatu dari supermarket yang tidak tersedia secara online, atau kamu harus menjemput nenek kamu dan mengantarnya ke rumah sakit untuk pemeriksaan bulanan. Dengan pergi keluar, kamu harus sadar bahwa kamu sangat rentan tertular. Karena penularan COVID-19 umumnya terjadi melalui tetesan pernapasan, pastikan untuk mengenakan masker setiap kali kamu pergi keluar. Jangan memakai masker bedah, karena ditujukan untuk petugas kesehatan. Kamu bisa membeli kain atau masker scuba sebagai gantinya. Pastikan kamu mencucinya setelah setiap penggunaan, karena dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan!

wash clothes

Cuci pakaian kamu dan segera mandi

Pada saat kamu kembali, pastikan untuk segera mencuci pakaian dan mandi. Jangan menggunakan kembali atau menyimpan pakaian kamu di kursi kerja yang berantakan sebelum mencucinya. Mandi dan jangan melewatkan langkah apa pun dari mencuci rambut, wajah, tubuh, dan menyikat gigi. Kamu tentu tidak ingin tetesan apa pun yang tersangkut di tubuh dan pakaian kamu tetap ada di sana dan membahayakan kesehatan kamu dan teman sekamar kamu.

 distancing

Jaga jarak

Mungkin sulit untuk menjaga jarak sejauh 1.8 meter dengan teman sekamar kamu. Namun, kamu bisa menjaga jarak dengan tidak berkumpul bersama di ruangan yang sama. Kamu dapat berdiskusi dengan teman sekamar kamu untuk mendapatkan giliran menggunakan ruang tamu atau dapur. Ya, hidup tidak semenyenangkan dulu, tapi hei! Menghormati dan memahami satu sama lain dalam situasi ini bisa sangat membantu untuk mencegah diri kita tertular penyakit. Tindakan ini juga memberikan waktu kepada petugas kesehatan sampai ditemukannya obat untuk virus.

Jadi begitulah tips dan trik hidup bersama selama pandemi COVID-19. Semoga bermanfaat bagi kamu dan teman sekamar! Tetap aman dan sehat!

Baca tentang tip untuk menemukan teman sekamar di sini

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan

Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan

Cobakan! 5 Menu Rekomendasi di Golden Lamian

Cobakan! 5 Menu Rekomendasi di Golden Lamian

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *