Bunga Anggrek yang Cocok di Indonesia

Bunga Anggrek yang Cocok di Indonesia

Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang menempati posisi teratas sebagai tanaman hias terpopuler terutana di Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa anggrek memiliki berbagai jenis dengan bunga yang berbeda-beda? Yap, anggrek juga terkenal dengan jenisnya yang banyak terdiri dari ribuan jenis dengan ciri, keunikan, dan pesona yang berbeda satu sama lain.

Nama latin anggrek adalah Orchidaceae, tumbuhan berbunga yang memiliki jenis paling banyak. Berbagai jenis anggrek tersebar di seluruh dunia. Sebagian besar bunga anggrek berada di Brazil dan Indonesia. Di Indonesia, berbagai jenis bunga anggrek juga bisa ditemukan dengan mudah, karena Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis di mana tempat ini merupakan tempat hidup bunga anggrek.

Orang sering menggunakan anggrek sebagai simbol cinta, kemewahan, dan keindahan. Anggrek jenis ini memiliki ciri-ciri khusus. Keistimewaan dari anggrek inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk merawat tanaman ini. Ada ciri khusus dari anggrek yang tidak terdapat pada tumbuhan lain, yaitu anggrek merupakan famili tumbuhan berbunga terbesar yang sebagian besar menghuni daerah tropis. Ciri khas bunga anggrek juga meliputi bentuk, struktur, dan kelopaknya. Ciri khas inilah yang membuat anggrek sangat digandrungi oleh semua orang.

Jenis Pertumbuhan Anggrek

Berdasarkan jenis pertumbuhannya, anggrek dibedakan menjadi dua jenis, yaitu monopodial dan simpodial. Anggrek monopodial mempunyai ciri-ciri, mempunyai satu batang atau satu titik tumbuh. Pertumbuhan bunga dimulai dari ujung batang. Contoh anggrek monopodial antara lain, Vanda sp, Phalaenopsis sp, dan masih banyak lagi. Anggrek bulan juga termasuk dalam kategori ini. Sedangkan anggrek simpodial memiliki lebih dari satu titik tumbuh. Bunga akan muncul di pucuk atau samping batang. Kamu bisa melihat beberapa dari akar yang masih hidup. Keunggulan dari anggrek jenis ini adalah kemampuannya untuk menyimpan air dan cadangan makanan dalam bentuk balok yang dikenal dengan istilah semi umbi. Contoh anggrek simpodial yaitu Dendrobium Sp dan Cattleya Sp.

Bagi kamu yang penasaran dengan jenis-jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia, kami telah menyusun daftarnya untukmu. Berikut ini adalah beberapa yang terbaik.

Anggrek Dendrobium

Dendrobium Orchid
Dendrobium

Pertama, anggrek Dendrobium. Ini adalah jenis anggrek yang biasa digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan di pot. Jadi, kamu tidak perlu heran jika sering menjumpai anggrek jenis ini di rumah. Ukuran bunganya yang tidak terlalu besar dan banyak membuat anggrek ini disukai para pecinta anggrek.

Orang-orang juga membaca Tumbuhan Pengusir Nyamuk Terbaik Repellant

Anggrek Phalaenopsis Amabilis

Phalaenopsis Amabilis
Phalaenopsis Amabilis

Bunga anggrek Phalaenopsis jenis ini memiliki sekitar 60 jenis, jenis yang paling populer di Indonesia adalah Phalaenopsis amabilis atau anggrek bulan yang banyak tumbuh di Kalimantan Barat. Orang menyebut bunga ini anggrek bulan karena warnanya seperti bulan di malam hari. Umumnya anggrek ini berwarna putih dengan corak putih dan merah di dalamnya.

Anggrek Miltonia

Ciri khas anggrek Miltonia adalah anggrek ini mempunyai warna yang mencolok di daerah labelumnya. Spesies Miltonia memiliki bunga besar, tetapi kelopaknya kecil dan ramping. Anggrek jenis ini juga mudah tumbuh dan mudah dikenali, sehingga menjadi favorit para kolektor anggrek di seluruh dunia. Spesies dari genus ini banyak digunakan untuk menghasilkan hibrida buatan.

Anggrek Pecteilis Radiata

pecteilis radiata
Pecteilis Radiata

Dikenal sebagai Anggrek Burung Kuntul Putih, anggrek ini memiliki bentuk yang unik dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Biasanya anggrek menonjolkan keunikan warnanya, namun anggrek jenis ini justru memiliki bentuk yang menarik perhatian. Pecteilis radiata berbentuk seperti burung yang sedang terbang, jenis anggrek petal ini berbentuk seperti sayap burung yang sedang mengepak.

Orang-orang juga membaca Tanaman Terbaik untuk Dekorasi Rumah

Bletilla Striata

Rekomendasi berikutnya adalah Bletilla striata. Anggrek ini juga dikenal sebagai anggrek tanah, sejenis anggrek terestrial dengan daun berbentuk tombak. Orang sering menemukan anggrek ini tumbuh berumpun di sepanjang lereng berumput dengan tanah berpasir. Anggrek jenis ini dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah. Karena bentuk dan warna bunganya yang indah, orang biasanya menanamnya sebagai tanaman hias di pekarangan.

Anggrek Oncidium 

Oncidium Orchid
Oncidium

Anggrek jenis ini memiliki bunga yang tidak terlalu besar, namun memiliki warna yang sangat menarik dan mencolok. Garis-garis yang timbul dari warna yang kontras dan bertabrakan menjadikan anggrek ini sangat indah dan memikat bagi siapapun yang melihatnya.

Laelia 

anggrek Laelia
Laelia

Selanjutnya, kami memiliki anggrek Laelia yang memiliki ciri khas dimana kelopak bunganya terlihat lebih ramping jika dibandingkan dengan anggrek Vanda dan Phalaenopsis. Inilah salah satu daya tarik utama bunga anggrek jenis ini di Indonesia.

Orang-orang juga membaca Jenis Sukulen dan Kaktus untuk Hiasan Rumah

Anggrek Cattleya

anggrek Cattleya
Cattleya

Anggrek Cattleya merupakan salah satu dari 42 spesies anggrek yang ada. Anggrek jenis ini termasuk salah satu bunga anggrek yang paling digemari di Indonesia karena mempunyai ciri khas bunganya yang besar dan mencolok. Cattleya memiliki banyak jenis warna yang indah.

Vanda

Anggrek Vanda juga menjadi salah satu anggrek paling populer karena polanya yang indah. Anggrek ini memiliki sekitar 80 spesies dengan warna, bentuk, dan ciri khas masing-masing. Bunga anggrek ini tersebar di beberapa negara di dunia, termasuk di Indonesia. Banyak orang yang mengagumi bentuk kelopak anggrek vanda karena sangat unik.

Cymbidium

Cymbidium anggrek
Cymbidium

Bagian paling menonjol dari anggrek Cymbidium adalah labellumnya. Anggrek dengan labellum selalu lebih menarik baik warna maupun bentuknya, karena berfungsi sebagai penahan serangga agar bisa terjadi penyerbukan.

Nah, itulah jenis-jenis bunga anggrek yang ada di Indonesia, sangat cantik, kan? Kamu tertarik merawat salah satunya? Anggrek mana yang menjadi favoritmu? Jangan lupa untuk mem-bookmark artikel ini agar kamu bisa melihatnya kapan saja!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Salon Mobil Jakarta

Salon Mobil Jakarta

Sepatu Lokal Indonesia

Sepatu Lokal Indonesia

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Lagu Viral 2020

Lagu Viral 2020

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *