Cara Efektif untuk Menghemat Uang dengan Teman Sekamar

Cara Efektif untuk Menghemat Uang dengan Teman Sekamar

Meskipun mencari cara untuk menghemat uang sendiri membutuhkan lebih sedikit usaha karena hanya antara kamu dan anggaran kamu, maka orang mungkin berpikir bahwa merencanakan anggaran untuk menghemat uang bersama dengan teman sekamar kamu akan menyebabkan banyak kerumitan yang tidak perlu, sehingga menghalangi mereka untuk berpikir untuk melakukannya. Ini adalah langkah yang salah, karena begitu kamu memilih untuk hidup dengan orang lain, akhirnya keuangan mereka menjadi keuangan kamu. Setiap orang perlu terlibat dalam membangun pondasi keuangan yang mantap agar setiap orang tidak menghabiskan anggaran mereka. Berikut 8 cara efektif yang dapat kamu dan teman sekamar lakukan untuk menghemat lebih banyak uang.

1. Buat kesepakatan sebelumnya tentang pembagian biaya

Sangat penting bagi teman sekamar untuk membuat kertas perjanjian yang akan disetujui oleh semua orang di rumah sehingga aliran hidup dapat disesuaikan. Akan ada banyak kompromi timbal balik di antara setiap orang untuk mencegah kemungkinan kekacauan di masa depan. Sebagai tambahan, dalam banyak kasus, masalah apa pun yang berkaitan dengan uang sangat sensitif, jadi pastikan juga menyertakan kesepakatan sebelumnya tentang bagaimana biaya di rumah harus dibagi di antara semua orang.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa hal-hal paling sederhana seperti bahan makanan tidak boleh terlewatkan dalam diskusi kamu. Teman sekamar yang licik cenderung menghabiskan belanjaan orang lain saat mereka tidak ada, jadi sebelum ada jari yang mulai menunjuk dan pertengkaran memanas, lebih baik membicarakannya di awal. Bagi biaya belanjaan apapun yang kamu dan teman sekamar setuju untuk berbagi (konsumsi bersama), misalnya garam dan merica, telur, tepung, susu, atau roti.

2. Pertimbangkan menabung bersama untuk pengeluaran tak terduga

Pengeluaran tak terduga bisa sangat merepotkan bagi semua orang di rumah. Nah, mungkin ada satu teman sekamar ini yang selalu bisa meminjamkan uangnya untuk menutupi masalahnya, tetapi bergantung pada uang mereka selama mungkin itu tidak bijaksana. Solusi untuk masalah ini adalah dengan memastikan ada cukup tabungan rumah tangga untuk diandalkan ketika masa sulit. Misalnya, setiap orang harus menabung minimal Rp50.000 per minggu. Apalagi jika di dalam rumah ada tiga orang, maka dalam sebulan tabungan kalian bisa mencapai lebih dari Rp600.000.

Beberapa orang melihat solusi ini tidak adil karena kemungkinan, “bagaimana jika kita menabung hanya untuk membantu teman sekamar membeli obatnya karena seseorang tidak sengaja membuangnya?” Ingat, penghematan seharusnya hanya digunakan untuk urusan yang berhubungan dengan ruang tamu kamu, seperti AC rusak atau toilet mampet. TAPI, jika semua orang di rumah setuju untuk menghabiskan tabungan untuk paket obat baru untuk teman sekamar ini, silakan bantu teman kamu.

3. Siapkan makan bersama

Banyak yang gagal menyadari bahwa makan di luar setiap hari menghabiskan banyak uang. Cobalah menyiapkan makanan bersama dengan teman sekamar kamu untuk melihat seberapa banyak yang bisa kamu hemat. Strategi yang satu ini sangat nyaman terutama jika ada microwave di sekitar karena kamu cukup memanaskan makanan selama beberapa menit sebelum makan. Habiskan hari Minggu sore untuk memasak makanan yang cukup untuk seminggu. Namun, jika kamu tidak yakin apakah semua orang tidak akan makan di luar / memesan makanan setelah dua atau tiga hari, cukup buat untuk dua hari ke depan terlebih dahulu. Kuncinya adalah mencoba karena siapa yang tahu jika kamu pada akhirnya menikmati menyiapkan makanan dan dapat menghemat uang saat kamu melakukannya.

4. Menjadi asisten pribadi satu sama lain

Meskipun teman sekamar kamu tidak terlatih sebagai profesional, mereka bisa menjadi bantuan terbaik. Kapanpun kamu membutuhkan sedikit pijat, manikur dan pedikur, atau bahkan perawatan wajah, daripada pergi ke pusat kecantikan yang mahal, mengapa tidak saling membantu? Cobalah DIY oil massage baru atau masker buatan sendiri yang bisa kamu buat dengan menggabungkan madu dan gandum, dan minta semua orang dimanjakan di rumah. Daripada pergi ke salon untuk menata rambut kamu, percayalah pada teman sekamar kamu dan biarkan mereka melakukan keajaiban curling iron! Intinya adalah ketika kamu diberikan beberapa alternatif pilihan yang lebih murah, mengapa tidak? Selain itu, ini cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama. Anggap saja sebagai pengalaman bonding!

5. Berbagi akun hiburan 

Platform hiburan seperti Netflix dan Spotify memungkinkan kamu berbagi paket langganan dengan orang lain, jadi mengapa kamu tidak memanfaatkannya? Tidak, ini tidak berfungsi sebagaimana kamu harus bergiliran ketika seseorang sedang menonton Money Heist sementara kamu ingin menonton Stranger Things. Kedua peristiwa itu bisa terjadi pada saat bersamaan! Hal yang sama juga terjadi pada Spotify. Harganya jauh lebih murah daripada langganan individu.

6. Beli bahan makanan dalam jumlah besar

Supermarket sekarang menjadi viral dalam lingkaran energi hidup berkelanjutan yang antusias karena mereka tidak menjual barang dalam kemasan plastik terpisah, tetapi secara harfiah dalam kemasan, sehingga sampah plastik diminimalkan, dan harganya jauh lebih rendah daripada yang dijual di supermarket ritel biasa. seperti Hypermart atau Carrefour. Beberapa toko curah menyediakan wadah yang sesuai untuk barang sehingga pelanggan dapat membeli sebanyak yang mereka butuhkan. Sungguh sempurna jika kamu dan teman sekamar akhirnya sepakat bahwa beberapa bahan makanan pokok sebaiknya dibagikan saja karena membelinya secara eceran akan memakan biaya yang sangat mahal.

7. Membuat kopi sendiri

Telah diketahui bahwa sebagian besar milenial menghabiskan waktu mereka di kedai kopi untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, sangat sedikit dari mereka yang menyadari bahwa secangkir kopi sehari dengan jumlah kunjungan kedai kopi mereka sebulan sama dengan perkiraan Rp1.000.000. Cukup banyak untuk kopi! Sementara beberapa orang mungkin berpendapat bahwa yang terpenting bukanlah kopi melainkan suasananya, mengapa tidak memikirkan tentang seberapa banyak kamu dan teman sekamar kamu dapat dihemat jika kunjungan ke kedai kopi dibatasi?

Ada banyak resep minuman kopi nikmat yang disebarluaskan secara online, jadi mengapa tidak mencoba menjadi barista sendiri dan membuat secangkir kopi favorit setiap hari tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang? Membuat sesuatu yang baru bersama teman sekamar juga sangat menyenangkan, jadi cobalah dan lihat apakah kamu bisa menikmatinya. Selain itu, ada banyak ruang kerja gratis yang bisa kamu kunjungi jika kamu benar-benar perlu fokus padanya.

8. Mengadakan pertemuan bulanan agar selalu berada di jalur yang sama

Yang satu ini mungkin yang paling penting dari semuanya karena tidak satupun dari tujuh cara lain yang benar-benar efektif jika seseorang memutuskan untuk mundur dari perjanjian tanpa ada yang menyadarinya. Ingat, kunci agar semuanya berhasil adalah kerja tim, artinya setiap orang di rumah harus berkomitmen pada apa pun yang telah disepakati sejak awal. Dengan mengadakan pertemuan bulanan, mudah untuk memeriksa bagaimana keadaannya; apa yang harus ditingkatkan, apa yang harus dipertahankan, apa yang harus sepenuhnya disesuaikan agar sesuai dengan situasi saat ini, dll.

Semua 8 cara ini mungkin tidak sempurna untuk semua orang, tetapi kita semua dapat setuju bahwa kunci utama untuk setiap langkah sukses adalah kerja sama yang hebat. Apapun yang kamu dan teman sekamar kamu rencanakan, pastikan ada komunikasi langsung yang terlibat. Jangan menaruh catatan tempel pasif-agresif di lemari es lagi karena berdasarkan pada hubungan teman sekamar yang rusak, catatan itu tidak akan berfungsi sama sekali.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Lokasi Rumah Sakit di Bali Untuk Keperluan Kesehatan Anda

Lokasi Rumah Sakit di Bali Untuk Keperluan Kesehatan Anda

Bali Belly: Hal Yang Perlu Diketahui Dan Cara Menghindarinya!

Bali Belly: Hal Yang Perlu Diketahui Dan Cara Menghindarinya!

8 Cafe Instagrammable untuk Nongkrong di Canggu

8 Cafe Instagrammable untuk Nongkrong di Canggu

15 Dessert Bali Terenak: Untuk Penggemar Makanan Manis

15 Dessert Bali Terenak: Untuk Penggemar Makanan Manis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *