Cara Memasang Wallpaper di Rumah

Cara Memasang Wallpaper di Rumah

Wallpaper dinding merupakan salah satu pilihan bahan finishing favorit untuk dinding rumahmu. Banyaknya ragam corak, warna, dan tipe yang bisa menjadi aksen dinding dan ruangan. Selain itu, cara memasang wallpaper dinding juga relatif mudah dan praktis.

Menurut sebagian orang. memasang wallpaper sendiri akan memakan waktu cukup lama dan hasilnya bisa sedikit berantakan. Oleh karena itu, masih banyak yang memilih jasa renovasi atau tukang karena tidak yakin dengan hasil akhirnya jika dikerjakan sendiri. Menggunakan jasa renovasi atau bantuan tukang membutuhkan biaya lebih. Untuk menghemat biaya, kamu bisa memasangnya sendiri. Kami akan memberikan tips mudah cara memasang wallpaper dinding!

Orang-orang juga membaca Cara mengecat tembok sendiri

Hitung Kebutuhan Material dan Siapkan Alat

Sebelum memasang wallpaper, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Ada juga peralatan yang dibutuhkan, seperti wallpaper pilihanmu, lem wallpaper, tangga, kain perca, pemotong, gunting, pensil, plumb bob, penggaris, alat ukur atau meteran, spons, ember, dan roller.

Setelah menyiapkan bahan dan alat, selanjutnya hitung tinggi dan lebar dinding yang akan ditutup wallpaper menggunakan meteran dan terapkan ukuran ini pada kertas wallpaper. Letakkan wallpaper di atas meja dan tandai panjang dan lebar dinding yang telah diukur. Tandai menggunakan pensil, usahakan untuk tidak menandainya terlalu tebal (terutama untuk wallpaper berwarna terang). Lakukan ini untuk memudahkan memotong dan memasang wallpaper nantinya. Kamu juga perlu menghitung berapa gulung wallpaper yang dibutuhkan untuk menutupi dinding agar tidak ada wallpaper yang tersisa.

Bersihkan Permukaan Dinding

Beberapa referensi wallpaper bagus buat kamu!

Sebelum kamu menempelkan wallpaper, pastikan dinding yang akan ditutup telah bersih dari noda sebelum dilapisi lem. Dinding yang bersih akan membuat wallpaper menempel dengan kuat dan sempurna. Jika ada lubang atau tonjolan, kamu bisa menambal atau mengikisnya agar dinding rata dan tidak menimbulkan gelembung udara saat memasang wallpaper. Bersihkan semua debu dan kotoran, lalu tunggu hingga dinding mengering sebelum melanjutkan memasang wallpaper.

Posisikan Wallpaper Dengan Panduan

Untuk memudahkan mengatur posisi wallpaper saat memasangnya, kamu bisa membuat tanda dari atas ke bawah agar wallpaper tersusun rapi dan lurus dengan menggunakan plumb bob. Jangan mengandalkan garis pintu atau plafon sebagai ukuran lurus, hal ini dikarenakan garis pintu atau plafon akan berbeda dengan garis telah kamu buat sendiri.

Siapkan Lem Wallpaper

Inspirasi wallpaper yang bagus untuk ruangan anak!

Dalam memasang wallpaper, kamu membutuhkan setidaknya dua adonan lem. Jadi, rekatkan untuk meratakan permukaan wallpaper dan rekatkan untuk sambungan antar wallpaper. Lem sambungan wallpaper biasanya lebih tebal, jadi kamu tidak perlu menambahkan banyak air. Selain itu, gunakan lem yang lebih tebal ini di pinggir dinding agar wallpaper menjadi lebih melekat dan tahan lama. Untuk meratakan permukaan wallpaper, kamu bisa menggunakan sesuatu yang tidak terlalu tebal, agar permukaan wallpaper tidak menggelembung.

Orang-orang juga membaca Cara membersihkan cat tembok

Aplikasikan Lem Wallpaper

Setelah kertas wallpaper dipotong dan garis sudah digambar, buat adonan lem wallpaper dengan menggunakan kuas aplikasi wallpaper. Hindari menggunakan kuas cat dinding. Hal ini dikarenakan bulu kuas cat lebih lebar dan mudah rontok yang akan membuat tekstur yang tidak bagus pada dinding. Oleskan lem hanya sekali saja.

Mulai Memasang Wallpaper

Setelah mengoleskan lem ke dinding, saatnya memasang wallpaper! Rekatkan wallpaper secara perlahan, pastikan setiap ujung dinding tertutup dan ujung wallpaper tidak melewati garis yang sudah digambar. Biarkan lemnya menempel terlebih dahulu. Pasang wallpaper mulai dari bawah ke atas. Untuk hasil yang maksimal, oleskan sedikit lem pada setiap ujung, sudut, dan sela-sela wallpaper.

Sesuaikan Wallpaper Saat Dipasang

wallpaper ilustrasi
Hasil jadi yang bisa didapatkan!

Wallpaper dengan pola tertentu memerlukan ketelitian lebih saat memasangkan wallpaper. Kamu harus mencocokkan lembar kedua dengan pola lembar pertama agar terlihat menyatu, terus menerus dengan lembar berikut. Pastikan pola wallpaper-nya menyatu dan terhubung satu sama lain.

Penyelesaian dan Pemeriksaan Akhir

Setelah semua wallpaper ditempel, langkah terakhir dalam cara memasang wallpaper sendiri adalah membersihkan permukaan wallpaper dari sisa lem. Seka permukaan wallpaper dengan spons basah. Selanjutnya, periksa dinding agar tidak ada gelembung udara yang masuk, kamu bisa menggunakan roller untuk menghilangkan gelembung udaranya. Periksa juga setiap ujung wallpaper apakah sudah merekat dengan benar.

Nah, ternyata cara memasang wallpaper sendiri tidak sulit kan? Kamu hanya perlu perawatan dan perhatian ekstra untuk memasang wallpaper. Perhatikan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sebelum mengerjakannya. Semoga berhasil!

Tips dan Ide Wallpaper Dinding Rumah Cantik

Selain menggunakan cat tembok dengan berbagai warna, tren menggunakan wallpaper tidak akan pernah selesai. Motif dan corak yang ditawarkan wallpaper dianggap cocok untuk menambah aksen dirumah Anda. Namun, pemilihan motif pada wallpaper ini harus disesuaikan dengan fungsi ruangan dan juga karakter si pemilik rumah. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Flokq akan memeberikan ide dan inspirasi cara memasang wallpaper untuk beberapa ruangan di rumah Anda.

1. Wallpaper Dinding di Ruang Tamu 

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memasang wallpaper pada area ruang tamu atau ruang keluarga. Yaitu, apakah ruangan berukuran kecil? Atau ruangan berukuran luas dengan ceiling tinggi? Konsep rumah dan furniture? Perhatikan keseluruhan karakter ruangan supaya Anda dapat memilih warna dan motif yang cocok untuk area ini. Idealnya, wallpaper di area jantung rumah ini memiliki warna yang cerah dan memiliki motif yang cukup besar-besar, seperti floral – agar dinding menjadi focus point. Namun, ideal ini tidak berlaku di ruangan yang cenderung kecil dan ceiling yang rendah, karena menggunakan wallpaper ber motif ramai, akan menimbulkan kesan sempit. Solusinya, Anda dapat memilih wallpaper dengan motif vertikal, atau memanjang keatas. Perhatikan juga pemilihan warna yang lebih baik sesuai dengan konsep keseluruhan hunian serta warna furniture, ya!

2. Wallpaper Dinding di Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan area privat dalam sebuah hunian, yang seringkali menjadi cerminan karakter sesungguhnya dari sang pemilik. Selain itu, mendekorasi ruangan ini lekat hubungannya dengan kenyamanan yang sesungguhnya – yap, kamar tidur merupakan destinasi terakhir setelah kamu melalui hari yang melelahkan dan ingin beristirahat. Oleh karena itu, desain-lah kamar Anda senyaman mungkin, dengan sentuhan wallpaper yang tentunya menambah kesan hangat dan nyaman; seperti memilih warna yang cenderung gelap seperti coklat, biru tua, dan hijau tua. Menurut jurnal psikologi, kumpulan warna ini dapat merelaksasi pikiran dan membuat kualitas tidur semakin baik. Hanya saja, pegaplikasian wallpaper ini lebih baik tidak dilakukan untuk kamar tidur yang ukurannya terbilang kecil. Untuk kamu yang memiliki kamar tidur kecil, pilihlah wallpaper dengan warna netral, namun terang seperti cream, dengan sentuhan elemen daun atau Bunga-bunga yang tidak terlalu besar.

3. Wallpaper Dinding Ruang Makan dan Mini Pantry 

Tips memasang wallpaper ruang makan di rumah

Selain ruang keluarga, ruang makan dan mini pantry juga biasanya menjadi tempat berkumpul dan berbincang keluarga, terlebih lagi saat akhir pekan tiba. Tapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa pilihan warna yang dapat meningkatkan selera makan? Yap, menurut penelitian psikologi, warna cerah seperti kuning, hijau muda, orange, dan merah adalah warna-warna yang cocok untuk ruang makan karena dapat memicu selera makan. Namun, penggunaan warna monokrom seperti biru tua, abu-abu juga banyak menjadi pilihan dekorasi ruang makan – hal ini karena sang pemilik rumah lebih mementingkan dan mempertahankan look aestetik di hunian nya. Jadi, tidak ada pilihan salah dalam hal ini, silahkan pilih wallpaper yang dianggap cocok untuk ruang makan kamu, sesuai dengan konsep dan warna kesukaan keluarga!

4. Wallpaper Dinding Kamar Mandi 

Tips memasang wallpaper kamar mandi di rumah

Tidak kalah penting dari ruangan lain, kamar mandi juga menjadi salah satu bagian rumah dimana pemiliknya berelaksasi. Desain cantik yang menciptakan suasana nyaman, dapat dihasilkan dari pemasangan wallpaper berwarna hijau atau biru cerah yang dipercaya mampu memberikan nuansa keteduhan dan segar. Tema floral, laut, atau dedaunan juga banyak menjadi pilihan untuk wallpaper kamar mandi. Eits, tapi ingat ya, pilihlah corak atau motif yang tidak terlalu besar, mengingat ukuran kamar mandi yang kecil, menjadikannya kurang apik apabila dipasangkan dengan motif ukuran besar. Kami juga menyarankan Anda untuk memilih wallpaper berbahan vinyl pada kamar mandi, karena bahan ini tahan dengan area yang lembab dan mudah dbersihkan, hanya denggan menggunakan spons dan sedikit sabun, noda-pun hilang!

5. Wallpaper Dinding Ruang Kerja 

Tips memasang wallpaper ruang kerja di rumah

Bagi sebagian orang, ruang kerja di rumah sangatlah penting. Namun, tidak sedikit pula pemilik hunian yang bingung mencari desain ruang kerja yang sesuai denggan kepribadian dan kebutuhan – terlebih lagi bagaimana menciptakan fokus di ruangan ini. Tips yang bisa Flokq berikan untuk kamu adalah; pilihlah wallpaper yang benar-benar cocok dengan selera-mu. Dengan begitu, mood Anda akan teta terjaga selama bekerja. Penggunaan warna wallpaper yang cerah juga bisa menjadi salah satu cara menjaga-mu tetap dalam good mood dan tingkat konsentrasi yang baik. Jauhilah warna-warna gelap yang dapat membuat-mu terlalu rileks!

Toko Wallpaper Dinding Rumah

1. Toko Wallpaper

Menyediakan berbagai jenis pilihan, mulai dari wallpaper Korea yang sedang hits, hingga wallpaper untuk spesifik area seperti kantor dan bagian dalam rumah, Toko Wallpaper hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda. Menyediakan paket murah wallpaper yang mulai dari Rp50.000 per rol, toko ini bisa jadi pilihan Anda. Bukan hanya itu, toko ini juga menyediakan alat dan bahan yang Anda perlukan sebelum mendekorasi dinding rumah menggunakan wallpaper, loh! Berlokasi di Jakarta Pusat, Toko Wallpaper dapat melayani belanja online dengan layanan antar barang hingga keseluruh Indonesia. Cek website mereka sekarang, dan Anda bisa menemukan penawaran yang menarik setiap harinya.

Alamat: Jl. Samanhudi No.55, RT.1/RW.7, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Website: tokowallpaper.com dan tokowallpaper.co.id 

E-Mail: tokowallpaper@gmail.com

Instagram: @tokowallpaper.co.id 

Telepon: 021 38900227 dan 0896 34777125 (WhatsApp)

Untuk informasi kontak lebih lanjut, dapat ditemui disini.

Jam Operasional: Senin – Jumat (08.30 – 17.00), Sabtu (08.30 – 15.00), Minggu (Tutup)

2. Java Wallpaper

Toko yang berada di Jawa Timur ini menyediakan banyak pilihan wallpaper yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Mulai dari wallpaper motif batu alam hingga motif yang cocok untuk ditempatkan di kamar anak. Mulai dari Rp100.000, kamu bisa mendapatkan wallpaper roll yang cukup untuk meng-cover 5 m2 dinding. Untuk kamu yang membutuhkan lebih dari 5 roll wallpaper, Anda bisa mendapatkan gratis ongkir keseluruh Indonesia! Bagi kamu yang tertarik, bisa langsung cek website mereka, dan disana-pun Anda dapat menemukan laman wallpaper yang sedang promo loh! Jadi, tunggu apa lagi?

Alamat: Perumahan Green Mansion Blok P No. 18, Jl. Ambeng-Ambeng Selatan No.Kelurahan, Ngingas, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256, Indonesia

Website: wallpaperdinding.co.id 

Instagram: @java_wallpaper

Telepon: 031 85582500 dan 0877 54295040 (WhatsApp)

Jam Operasional: Senin – Sabtu (08.00 – 21.00), Minggu (Tutup)

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *