Cara Membersihkan Cat Tembok

Cara Membersihkan Cat Tembok

Jika kamu ingin mengganti cat lama dengan cat baru, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghilangkan cat lama dengan cara mengelupasnya. Pada dinding yang sudah cukup tua, biasanya cat tembok sudah mengalami pengapuran. Cat dinding yang telah dikalsifikasi telah mengurangi daya rekat secara signifikan. Mengelupas cat tembok lama bisa membuat cat baru menghasilkan warna yang lebih baik. Lain halnya bila cat baru langsung diaplikasikan tanpa mengelupas cat lama terlebih dahulu, biasanya cat akan lebih cepat rusak. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus membersihkan dinding terlebih dahulu dengan cara mengelupas semua lapisan cat lama agar dinding menjadi polos kembali.

Namun, tidak semua orang tahu cara mengelupas cat tembok lama dengan benar. Cara mengelupas cat lama di dinding rumah memang pekerjaan yang rumit. Faktor perbedaan dinding disebabkan banyak hal, ada yang terkena sinar matahari, ada yang mudah dibersihkan, ada yang tidak. Namun dengan cara yang tepat, pengelupasan cat tembok lama bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips cara menghilangkan cat tembok lama. Tips mudah dan praktis untuk mempermudah pekerjaanmu!

Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan pengelupasan cat lama, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti penghapus atau pengencer cat, kuas cat, sarung tangan, masker, kain lap, dan amplas. Kamu tidak harus menggunakan peralatan yang sama persis, kamu bisa menggantinya dengan peralatan yang kamu miliki.

Tips Menghilangkan Cat Tembok

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat proses pengelupasan cat. Penghilang atau pengencer cat merupakan cairan kimiawi yang bisa kamu gunakan untuk membantu proses pengelupasan cat. Jangan menghirup aroma kedua bahan kimia tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan masker dan sarung tangan saat kamu melakukan proses pengelupasan ini. Kandungan kimia pada penghapus atau pengencer cat bisa merugikanmu. Jika cairan secara tidak sengaja mengenai bagian tubuhmu dan bereaksi, segera bersihkan dan cuci dengan air bersih. Selain itu, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah bersihkan peralatan setelah digunakan.

Untuk menghilangkan cat tembok lama bisa menggunakan dua macam bahan, yaitu dengan menggunakan penghapus cat atau bisa juga menggunakan thinner (pengencer). Kedua bahan tersebut mengandung senyawa yang bisa menghilangkan bekas cat lama, sehingga lebih mudah dikelupas.

Orang-orang juga membaca Cara Mengecat Tembok Sendiri

Cara Menghilangkan Cat Dinding Menggunakan Penghilang Cat

Sesuai dengan namanya, paint remover atau penghapus cat merupakan cairan yang dapat menghilangkan cat yang menempel di dinding. Banyak toko cat dan material yang menjual semua jenis penghapus cat. Jenisnya pun bermacam-macam, dari tingkat agresi yang tertinggi sampai yang paling rendah. Cara pemakaiannya juga mudah, berikut ini cara mengelupas cat tembok menggunakan penghapus cat.

·         Oleskan cairan penghilang cat pada bagian ingin dihilangkan. Lakukan langkah ini secara bertahap dan jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker dalam pengaplikasiannya, karena cairan ini bersifat korosif dan gatal jika terkena kulit. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya.

  • Biarkan sekitar 2-3 menit agar cat tampak menggelembung.
  • Hilangkan cat menggunakan penggosok saat cat masih lembab dengan cara menekan sisa cat ke dasar cat agar bisa terkelupas seluruhnya.
  • Jika cat sudah benar-benar terkelupas, maka bersihkan sisa cairan penghilang cat dari dinding menggunakan air bersih atau kain.
  • Setelah permukaan dinding kering, gosok dengan amplas. Kamu bisa menggunakan amplas yang paling kasar di awal pengamplasan, setelah itu kamu bisa menggunakan amplas yang lebih halus di bagian akhir. Dengan cara ini, kamu bisa menghilangkan cat dengan cepat.
  • Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding dari sisa debu. Kamu harus memastikan permukaan tembok benar-benar bersih agar hasil akhir bisa maksimal. Lakukan berulang kali jika diperlukan.
  • Jika sudah, maka kamu siap mengecat ulang dinding dengan warna yang kamu inginkan.

Cara Menghilangkan Cat Menggunakan Thinner (Pengencer)

Jika harga penghapus cat terlalu mahal, kamu bisa menggunakan pengencer sebagai alternatif. Yang perlu kamu perhatikan adalah memilih jenis pengencer yang berkualitas. Ada banyak jenis pengencer yang beredar di pasaran, pastikan pilihan kamu adalah Epoxy atau ND. Selain lebih murah, pengencer juga memudahkan pengelupasan cat lama di dinding rumah. Menggunakan pengencer untuk menghapus cat hampir sama dengan menggunakan penghapus cat, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

·         Kamu hanya perlu menyeka cairan pengencer di permukaan yang diinginkan. Tanpa menunggu lama, kamu bisa langsung mengikis bagian yang ingin dikelupas, karena pengencernya akan cepat menguap dan mengering.

  • Jika terlalu lama, proses pengupasan bisa gagal dan dinding harus diaplikasikan ulang dengan pengencer.
  • Jika dinding terlalu lebar, sebaiknya oleskan sedikit demi sedikit agar pengencer tidak menguap dan terbuang percuma.
  • Setelah proses pengelupasan selesai, amplas dan bersihkan tembok dari kotoran yang tersisa.
  • Setelah proses pengelupasan cat lama selesai, barulah kamu bisa mulai mengecat tembok seperti biasa.

Orang-orang juga membaca Cat Terbaik untuk Rumahmu

Nah, itu tips dari kami untuk menghilangkan cat tembok. Kami harap artikel ini bisa membantumu ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

5 Rekomendasi Menu di Ikkudo Ichi yang Harus Anda Coba

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

7 Rekomendasi Menu di Gubug Makan Mang Engking yang Lezat dan Menggiurkan

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

10 Rekomendasi Menu Salad Stop: Enak dan Sehat

Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan

Kost Eksklusif Dekat Gandaria 8, Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *