Cara membersihkan dispenser

Cara membersihkan dispenser

Cepat atau lambat, hampir dari kita semua akan belajar cara membersihkan dispenser. Kadang kita menganggap kalau cara membersihkan dispenser itu mudah, tapi sebenarnya ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancar dan sukses. Selain ada berbagai jenis dispenser, ada beberapa cara membersihkan dispenser yang berbeda. Meskipun demikian, kebersihan dispenser adalah suatu hal yang sama pentingnya entah apa jenis dispensermu.

Terutama karena dispenser penting untuk kehidupan sehari-hari, mengerti cara membersihkan dispenser dengan tentunya sangat diperlukan. Lakukanlah pembersihan secara berkala agar terhindar dari kotoran-kotoran yang tidak diinginkan dan residu yang mungkin akan bercampur dengan air yang kalian minum.

Baca juga: Aplikasi Pembersih Terbaik di Jakarta

Cek jenis dispensermu

Dispenser jenis apa pun, galon atas ataupun bawah sangat mungkin untuk dibersihkan sendiri secara berkala, namun tata caranya akan sedikit berbeda dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di beberapa bagian, membersihkan dispenser galon atas akan lebih mudah. Kalau dilihat secara umum, dispenser galon bawah akan membutuhkan usaha lebih karena cara kerja dan desainnya secara umum.

Berikut hal-hal yang perlu kalian lakukan agar dapat membersihkan dispenser dengan maksimal. Jangan lupa luangkan waktu yang cukup agar bisa lebih teliti dan bersih menyeluruh!

1. Cabut kabel apapun agar terhindar dari konslet

Langkah pertama dalam membersihkan dispenser ini perlu dilakukan agar tahap-tahap berikutnya lebih mudah diselesaikan. Mencabut kabel juga menghindarkan kalian dari bahaya konslet atau tersetrum. Untuk langkah ini, cara membersihkan dispenser cenderung masih sama untuk kedua jenis dispenser.

Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, pastikan tidak ada sisa-sisa air yang melekat ke bagian-bagian penting. Keringkan bagian-bagian yang dirasa perlu diamankan.

2. Lepas komponen-komponen yang perlu dibersihkan

Di bagian ini, cara membersihkan dispenser galon atas akan cenderung lebih mudah. Hal ini dikarenakan perlunya melepas galon terkait untuk membersihkan dispenser galon bawah, dan cara membersihkan dispenser galon bawah sedikit lebih rumit karena lebih banyaknya komponen.

3. Pilih larutan pembersih

pilih larutan untuk membersihkan galon
Siapkan larutan

Larutan pembersih untuk membersihkan dispenser ada berbagai macam. Untuk solusi yang lebih alami, gunakan sari jeruk nipis, untuk alternatifnya, gunakan larutan sabun cuci piring jenis lemon. Wanginya akan cocok untuk menghilangkan bau-bau kurang enak dari dispenser.

Ada beberapa pilihan untuk larutan pembersih dispenser yang bisa kalian gunakan. Yang pertama adalah dengan sari jeruk nipis yang dicampur air matang, pastikan komposisinya 1:2. Tambahkan cuka apel jika ingin hasil yang lebih maksimal. Cara membersihkan dispenser yang kedua adalah dengan menggunakan sabun cuci piring lemon atau sabun curi piring jeruk nipis dicampur air matang. Gunakan perbandingan yang sama.

Untuk yang efeknya cukup kuat, gunakan alkohol. Perlu diingat membersihkan dispenser dengan alkohol hanya dapat dilakukan dua kali karena efeknya cukup membekas.

4. Bersihkan bagian rentan kotor

Cara membersihkan dispenser galon atas di bagian ini adalah dengan fokus ke bagian dalamnya. Disitulah bagian paling mudah kotornya. Bersihkan dengan larutan pembersih dan air panas. Tunggu larutannya bereaksi di bawah lima menit, kemudian buanglah melalui keran dispenser.

Untuk membersihkan dispenser galon bawah, fokus langsung ke badannya. Langsung saja lap dengan campuran jeruk nipis. Setelah cukup bersih, gunakan air panas untuk membilasnya. Bilas secukupnya dengan air matang agar menghilangkan sisa-sisa yang tidak diinginkan. Entah kimiawi atau jeruk nipis. Idealnya, empat kali bilas sudah cukup.

5. Bersihkan keran dan katup

Membersihkan dispenser di bagian ini menjadi sangat penting mengingat bagian ini langsung bersentuhan dan berdekatan dengan air yang kita minum. Usahakan gunakan larutan jeruk nipis untuk membersihkan bagian ini, dan jangan usahakan menghindari penggunaan zat kimia. Selain akan tidak sehat apabila menempel yang bercampur dengan air minum kita, akan membawa pekerjaan tambahan karena perlunya pembilasan yang ekstra hati-hati setelahnya.

Usahakan untuk menyempatkan diri melepas keran dan katup dispenser kalian untuk dapat menginspeksi dengan lebih jeli kebersihannya. Dengan dilepas, membersihkan komponen ini akan menjadi lebih mudah dan mudah diawasi. Apabila kalian tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melepas keran dan katup, mengelapnya langsung juga tidak apa-apa, namun gunakan lap yang cocok seperti tisu basah yang khusus untuk membersihkan alat makan.

6. Membersihkan bagian pipa penyedot

Cara membersihkan dispenser ini khusus untuk jenis galon bawah. Strukturnya membuatnya memiliki komponen khusus. Buka badan dispenser lalu ambil pipa berbentuk Z. Untuk melepaskan pipa berbentuk Z dari pipa utama, lepaskan pengunci berbentuk cincin warna biru. Setelah terlepas, bersihkan dengan larutan pembersih pilihanmu dan bilas dengan air panas secukupnya setelah cukup bersih.

7. Keringkan semua bagian

Agar usahamu tidak sia-sia, pastikan bagian-bagian yang sudah dilap dan dibersihkan kering. Hilangkan sisa-sisa cairan apa pun dengan lap kering yang bersih. Terutama perhatikan bagian-bagian dalam karena cukup mudah terlewat.

Lakukanlah inspeksi terakhir untuk memastikan komponen-komponen terkait kering. Selesaikan tahap ini dengan memasang bagian-bagian dispenser kembali seperti semula.

8. Bersihkan bagian luar

Setelah bagian-bagian terdalam dispenser dibersihkan, jangan lupa untuk perhatikan kebersihan bagian luar dispensermu. Noda dan bakteri-bakteri yang mungkin menempel di bagian luar dispenser perlu dibersihkan agar kemungkinan penyebarannya ke bagian lain lebih kecil. Lap bersih biasa atau lap sintetis bisa digunakan untuk membersihkan dispenser secara efektif. Pastikan kebersihan lap yang kalian gunakan untuk hasil yang maksimal untuk kebersihan dispensermu.

Demikian cara membersihkan dispenser yang perlu kalian lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Kunci terpenting adalah untuk melakukan pengamatan yang rinci terhadap bagian-bagian yang sedang dibersihkan. Luangkan cukup waktu mungkin di akhir pekan untuk membersihkan dispenser agar tidak terburu-buru dalam proses membersihkannya. Bersihkan diri terlebih dahulu sebelum memulai prosesnya. Bersihkan tangan terlebih dahulu atau gunakan sarung tangan yang plastik/latex yang cukup bersih dan aman untuk digunakan.

Terutama untuk yang memiliki dispenser galon bawah, mungkin perlu ekstra hati-hati karena komponen dan strukturnya yang sedikit lebih rumit. Gunakan senter untuk menerangi komponen-komponen sensitif apabila tidak yakin akan hasilmu. Jangan lupa untuk membersihkan bagian leher galon yang akan kalian pasang agar kebersihannya lebih terjaga.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *