Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Cara Membuat Kamar Kedap Suara

Suara kota mungkin akan sedikit mengganggu, meskipun itu hal yang wajar, terutama ketika kita perlu istirahat setelah bekerja atau hanya membutuhkan kedamaian dan lingkungan yang tenang. Menjadikan ruangan atau kamar apartemenmu kedap suara bisa menjadi pilihan jika kamu menginginkan ruangan yang damai tanpa ada suara yang menguras tenaga. Meskipun mengharuskan kamu untuk melakukan renovasi di apartemenmu sendiri, ada beberapa langkah di mana kamu tidak perlu mengeluarkan tabungan untuk melakukannya. Cara membuat ruangan kamar kedap suara juga tidak harus mahal atau rumit.

Baca juga, situs web teratas untuk sewa apartemen bulanan di sini

1. Pasang Selimut Tebal atau Tirai Peredam Suara di Dinding 

Cara membuat kamar kedap suara dengan selimut tebal
source: aquietrefruge.com

Tahukah kamu bahwa suara memantul melalui permukaan yang keras? Mengganti permukaan keras tersebut dengan memasang selimut tebal atau tirai penyerap suara di dinding akan membantu menyerap setiap suara. Jika kamu dapat membeli sedikit lebih banyak, lebih baik jika dinding tertutupi sepenuhnya. Efek tambahan mungkin terjadi jika dindingmu sudah cukup tebal.

2. Tutup Setiap Celah

source: quiteyourdigs.com

Jika pintu memiliki celah kecil, ada kemungkinan suara akan masuk karena udaranya sendiri. Itu sebabnya, penting untuk menutup celah itu dengan sapuan pintu untuk mencegah suara masuk ke kamarmu. Trik mudah: periksa apakah ada celah di mana kamu dapat melihat cahaya yang masuk atau tidak. Jika kamu menemukan celah, kemungkinan besar kamu perlu menyegelnya. Ini berlaku tidak hanya untuk pintu, tetapi kamu juga dapat mencobanya untuk jendela. Idenya di sini adalah untuk menutup setiap celah yang mungkin bisa kamu lihat. Semakin banyak celah yang kamu tutup, semakin terlindung ruanganmu dari suara apa pun yang mungkin masuk.

3. Menutup Lantai Dengan Karpet Tebal

source: onekingslane.com

Jika dindingmu terbuat dari bahan keras, seperti kayu atau ubin, cara membuat kamar kedap udara sebaiknya adalah dengan menutup lantai dengan permadani atau karpet tebal untuk tujuan yang sama, menyerap suara. Karpet tebal akan menambah perlindungan lebih setelah kamu menutupi dinding dan menutup setiap celah yang kamu lihat.

4. Cobalah Cat Dinding Kamarmu dengan Cat Kedap Suara

Cara membuat ruangan kamar kedap suara: cat dinding kedap suara
source: soundproofpanda.com

Tahukah kamu bahwa ada cat yang khusus dibuat untuk mengurangi kebisingan? Tanpa diragukan lagi, dibuat dengan formula tertentu yang mampu mereduksi suara bising hingga 30 persen! Salah satu produsen cat tembok kedap suara bernama Serenity Coating. Kamu dapat mencoba mencarinya jika ini pertama kalinya kamu berurusan dengan cat dinding kedap suara dan kamu tidak tahu merek mana yang harus dibeli untuk kamarmu.

5. Gunakan Rak Buku

source: pinterest

Jika kamu memiliki rak buku atau rak buku bekas, kamu bisa meletakkannya di dekat dinding agar dindingmu menjadi lebih tebal. Dalam hal ini, rak buku berfungsi sebagai penghalang suara. Inilah saatnya kamu memanfaatkan buku-buku lama atau buku-buku yang sudah lama tidak dibaca agar ruanganmu menjadi kedap suara.

baca juga, tips agar tetap produktif saat bekerja dari rumah. Klik di sini

6. Pertimbangkan Menggunakan Panel Wedges Akustik

Cara membuat apartemen kedap suara dengan panel wedges
source: soundproofexpert.com

Kamu bisa menggunakan bantalan isolasi getaran dengan ukuran sekitar 30,5 cm x 30,5 cm dan kedalaman sekitar 5 cm. Ini terbukti sangat efektif untuk menyerap suara karena kamu dapat meletakkannya di dinding atau bahkan langit-langit, tergantung seberapa tenang ruangan yang kamu inginkan. Jangan khawatir, beberapa bantalan isolasi getaran sudah dilengkapi dengan kulit perekat. Tetapi jika tidak, kamu dapat menggunakan perekat 3M untuk merekatkan semuanya sebagai alternatif.

7. Beri Penyangga pada Barang atau Furnitur yang Goyah

Saat suara menembus getaran, penting juga bagi kamu untuk menopang barang atau furnitur tertentu yang rawan goyah, seperti speaker misalnya. Kamu dapat menggunakan bantalan isolasi getaran di bawahnya, sehingga tidak hanya akan menyerap suara, tetapi juga akan mencegah getaran tersebut mengganggu orang lain di sekitarmu.

8. Tambahkan Drywall

cara membuat kamar kedap suara dengan drywall
source: thespruce.com

Seperti judulnya, langkah ini juga menjadi tambahan cara membuat kamar kedap suara. Kamu bebas untuk melakukannya atau tidak, karena cara ini membutuhkan sedikit kerja dan juga waktu. Dengan senyawa peredam, drywall akan menambah efek suara yang memekakkan telinga di ruangan. Sebagai tambahan, kamu dapat menempatkan langkah ini sebagai pertimbangan ketika langkah lain yang telah disebutkan sebelumnya tidak berhasil. Apalagi, jika kamu ingin kamarmu menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Jika kamu ingin merenovasi sedikit dan menghabiskan lebih banyak uang untuk membuat kamar kedap suara, ada cara rekonstruksi lain yang juga dapat kamu coba untuk membuat kamar menjadi kedap suara:

  1. Bangun Rangka Dinding Dasar

Kamu bisa menggunakan material tebal untuk ditempatkan di permukaan dinding yang ada. Kamu dapat menggunakan drywall lain untuk langkah ini. Ingat, semakin tebal bahannya, maka akan semakin baik daya serap suara nantinya.

  1. Pisahkan Tembok-tembok

Langkah ini disebut decoupling, kamu menciptakan ruang sebanyak yang kamu bisa sehingga energi suara akan diserap saat bergerak melalui setiap zat baru. Lebih baik jika kamu juga dapat menggunakan senyawa redaman untuk langkah ini, karena decoupling sebenarnya lebih buruk dalam menyerap suara dengan frekuensi rendah.

  1. Atur Bagaimana Menempatkan Tiang

Kamu dapat memilih antara dua baris tiang atau baris tiang yang bergoyang-goyang. Yang pertama adalah yang paling efektif, tetapi membutuhkan lebih banyak ruang di antara dua baris, jadi kamu mungkin harus mempertimbangkannya lagi.

  1. Coba Gunakan Klip Suara

Kamu dapat memasang klip suara ke tiang, dan menutupnya dengan hat channel, sebelum menyelesaikannya dengan memasang drywall di atasnya. Penggunaan klip suara juga efektif karena dapat menyerap suara dengan komponen karetnya yang berat.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membuat kamar kedap suara. Apakah kamu ingin menggunakan langkah-langkah mudah atau lebih suka merenovasi kamarmu sekaligus? Semuanya tergantung pada apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu anggap terbaik untuk kamarmu. Jangan lupa untuk memeriksa tips lain di blog ini

Kamu juga bisa membaca tentang panduan sederhana untuk merapikan apartemen di Jakarta, di sini

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

12 Tempat Makan di Sentul

12 Tempat Makan di Sentul

12 Kafe di Tebet

12 Kafe di Tebet

14 Restoran Buffet Hotel di Jakarta

14 Restoran Buffet Hotel di Jakarta

10 Restoran All You Can Eat di Bandung

10 Restoran All You Can Eat di Bandung

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *