Cara Memilih Apartemen yang Ideal

Cara Memilih Apartemen yang Ideal

Menjelajahi berbagai apartemen adalah suatu keharusan sebelum kamu memilih untuk tinggal di salah satunya. Kamu ingin tinggal di tempat yang membuat kamu betah, jadi jangan jatuh ke lubang yang salah. Memilih apartemen lebih sulit dari kelihatannya. Sebelum kamu melakukannya, kenali faktor-faktor yang akan memengaruhi pilihanmu, serta memiliki gagasan yang jelas tentang preferensi kamu. Apakah kamu lebih suka suasana perkotaan di mana kamu dapat pergi ke pusat perbelanjaan dan tempat hiburan dengan mudah? Atau kamu lebih suka daerah terpencil dengan kicau burung, taman hijau, dan akses cepat ke jalan tol? Memilih tempat tinggal yang ideal bisa jadi sulit. Berikut langkah-langkah mencari apartemen idaman sesuai keinginan dan kebutuhan kamu.

Baca juga artikel mengenai tips berburu apartemen online di sini

Mengetahui apa yang harus dicari

Jika kamu seorang mahasiswa, kamu mungkin memutuskan untuk tinggal di dekat kampus kamu. Jika kamu seorang eksekutif muda yang sibuk, kamu harus mencari apartemen yang terletak di dekat kompleks perkantoran kamu. Saat kamu melakukan survei apartemen, catatlah tipe orang yang tinggal di sana. Apakah mereka mahasiswa? Apakah mereka pengusaha? Atau apakah mereka keluarga dengan tiga anak? Memilih apartemen yang dikelilingi oleh orang-orang dalam lingkungan sosial yang sama akan membantu kamu menetap di tempat baru kamu.

Memilih lokasi

Memilih lokasi apartemen kamu sangatlah penting. Setiap daerah di kota memiliki perbedaan. Beberapa terletak di dekat pusat perbelanjaan, beberapa di dekat klub malam, beberapa hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk sampai ke tempat kerja kamu, dan beberapa terpencil. Setiap orang memiliki preferensinya sendiri dan hanya kamu yang tahu preferensi kamu. Tentukan jenis area yang paling cocok untuk kamu. Tidak apa-apa jika ada beberapa area yang kamu minati, tetapi pastikan untuk membuat daftar pro dan kontra dari setiap apartemen dan menyortirnya.

money inside a jar

Hitung anggaran

Tidak sulit untuk mengetahui apa yang kamu inginkan, tetapi dapatkah kamu membelinya? Setiap orang memiliki pendapatan yang berbeda dan kamu mungkin akan kesulitan untuk mengelola keuangan kamu. Ada beberapa pedoman sederhana untuk membantu kamu menentukan anggaran sewa yang realistis. Kamu dapat mencoba dan mengalokasikan kembali pendapatan kamu ke pengeluaran penting, seperti sewa, telepon, asuransi, utilitas dan makanan, 20% persen untuk pembayaran hutang, tabungan, dan investasi kamu, dan 30% untuk hal-hal lain yang tidak begitu penting seperti pengeluaran untuk hal-hal seperti perjalanan, bioskop, belanja, makan di restoran dan kafe.

Tentukan luas apartemen yang kamu perlukan

Beberapa orang tinggal sendiri, dan beberapa tinggal bersama orang lain, baik itu teman sekamar, anak, atau pasangan. Berapa banyak kamar yang dibutuhkan agar kamu merasa nyaman di apartemen kamu sendiri? Apartemen biasanya menawarkan 1 hingga 4 kamar tidur di setiap unit. Ukuran unit akan bervariasi tergantung pada kerumitannya. Buat daftar furnitur dan barang-barang kamu dan bayangkan kesesuaiannya dengan ruang yang kamu sewa. Jika kamu suka menikmati pemandangan kota, kamu mungkin ingin memilih apartemen yang menyediakan patio atau balkon di setiap unitnya.

man in front of a laptop

Melakukan riset online

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang apartemen kamu yang akan kamu tempati, periksa ulasan online dari setiap tempat tinggal potensial di daftar kamu. Periksa peringkat online dan situs apartemen tersebut. Cantumkan nama apartemen dan voila! Kamu akan menemukan semua yang perlu kamu ketahui tentang apartemen. Jika kamu beruntung, kamu mungkin menemukan ulasan tentang penghuni yang tinggal di sana dan mengetahui pro dan kontra dari apartemen tersebut. Jika kamu memiliki teman atau keluarga yang tinggal di apartemen, tanyakan pendapat mereka tentang tinggal di sana. Apakah mereka senang tinggal di sana? Gaya hidup seperti apa yang ditawarkan apartemen tersebut? Seperti apa komunitasnya? Seberapa bising tempat itu? Apakah staf manajemen dan pemeliharaan di sana tanggap terhadap kebutuhan penghuni? Apakah kamu merasa aman tinggal di daerah tersebut?

Evaluasi pilihan kamu

Apartemen bagus di lokasi yang salah kedengarannya tidak bagus. Begitu pula apartemen yang buruk di lokasi yang ideal. Di setiap apartemen potensial kamu, tentukan bagaimana kamu akan bepergian dan fasilitas umum seperti apa yang ingin kamu jangkau dalam jarak dekat (pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan, rumah ibadah, dll). Apakah kamu ingin pergi ke fasilitas ini dengan kendaraan atau ingin menjangkaunya dengan berjalan kaki? Setelah kamu memutuskan apa yang penting, kamu dapat menilai waktu ke setiap tujuan dengan kendaraan atau berjalan kaki dengan menggunakan GPS.

Kunjungi daftar yang menjadi pilihanmu

Setelah mengevaluasi pilihan kamu, daftar kamu akan disortir. Kunjungi apartemen ini dan periksa perjanjian sewa. Dokumen leasing akan menjelaskan semua peraturan yang ditetapkan oleh pemilik properti serta kewajiban hukum penyewa, jadi pastikan kamu memahami apa yang kamu tanda tangani sebelum mencantumkan nama kamu pada apa pun. Jika kamu tidak yakin tentang hal-hal tertentu dalam sewa kamu, mintalah bantuan manajer apartemen untuk menjelaskannya.

Orang-orang ini diminta oleh hukum untuk memberikan informasi mendetail kepada calon penyewa, dan mereka akan memastikan kamu memahami setiap bagian dari perjanjian yang kamu tandatangani. Kamu mungkin juga ingin bertanya tentang berapa banyak uang jaminan yang diperlukan, apakah kamu membayar ekstra untuk menggunakan kolam renang dan gym, dan yang tidak kalah pentingnya, biaya dan biaya lainnya, termasuk parkir, sampah, atau biaya keanggotaan lainnya.

Pilih yang terbaik dari pilihanmu

Setelah menentukan apartemen seperti apa yang ingin kamu tinggali dan mempertimbangkan hal-hal penting, pada akhirnya kamu akan menemukan apartemen yang paling cocok untuk kamu. Entah itu terletak di kawasan kelas atas atau di kawasan terpencil yang santai, hanya kamu yang tahu tempat seperti apa yang akan membuat kamu betah. Sekarang kamu tahu langkah-langkah untuk menentukan apartemen ideal kamu, ikuti langkah-langkahnya, dan tandatangani sewa. Nikmati tinggal di apartemen baru kamu yang sempurna!

Akhirnya! Kamu memiliki apartemen yang sempurna dan ideal untuk kamu tinggali! Kami harap ini membantu kamu memilih apartemen yang tepat! Jangan lupa untuk melihat artikel kami yang lain untuk membantu kamu pindah ke tempat baru!

Baca juga mengenai tips budgeting untuk para fresh graduate di Jakarta

Avatar

Hello Flokq

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *