4 Tips dan 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

4 Tips dan 5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Selama masa pandemi di tahun 2020 ini, pastinya banyak dari kamu yang jarang atau bahkan tidak sama sekali pergi dari rumah, baik itu untuk hangout, sekolah, bekerja, belanja, apalagi untuk memotong rambut ke salon atau barber.

Nah, untuk kamu yang masih belum berani keluar rumah untuk pergi memotong rambut, jangan khawatir! Asalkan kamu punya alatnya dan tahu teknik memotong rambut sendiri yang benar, hasilnya pasti tidak akan seburuk yang kamu bayangkan, kok. Apalagi kalau rambut kamu sudah benar-benar berantakan, mau tidak mau harus dipotong, kan? Berikut kami berikan tips dan cara memotong rambut kamu sendiri di rumah.

4 Tips Sebelum Memotong Rambut di Rumah

Sebelum kamu memutuskan untuk memotong rambut kamu sendiri di rumah, pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang, dari mulai peralatan, model rambut, dan lainnya. Namun, kamu jangan berharap bisa memotong dengan berbagai macam model seperti di salon atau barber, ya. Utamakan saja supaya rambut kamu tidak berantakan lagi sampai akhirnya kamu bisa pergi ke salon atau barber.

1. Pastikan Kamu Memiliki Alat Potong Rambut yang Bagus

alat potong rambut di rumah yang perlu dimiliki

Belilah gunting rambut dengan kualitas yang bagus. Kamu bisa mencarinya di toko obat atau toko peralatan kecantikan di sekitar rumah kamu, kok, atau bisa juga beli dari toko online. Harga gunting yang berkualitas bagus berkisar antara Rp50.000 sampai dengan Rp220.000. Usahakan untuk memilih gunting kecil dengan bilah sepanjang sekitar 5 sampai 7,5 cm. Semakin pendek bilah gunting, semakin mudah kamu mengendalikan apa yang ingin dipotong.

2. Pilihlah Potongan Rambut yang Diinginkan

tentukan potongan rambut yang diinginkan

Mengetahui jenis model rambut yang diinginkan sebelum memulai persiapan akan membuat kamu lebih fokus ketika mencukur dan memperkecil kemungkinan terjadi kesalahan.

Untuk mencari referensi model rambut, lihatlah foto-foto model rambut di internet. Seteleh kamu menemukan model yang kamu inginkan dari internet, jangan lupa bayangkan dulu jika kamu menggunakan model rambut itu, apakah kamu akan terlihat lebih baik atau malah jadi terlihat lebih norak. Kamu bisa coba membayangkannya sambil bercermin.

Sebaiknya juga kamu tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jika kamu memutuskan untuk memotong rambut panjang kamu menjadi sangat pendek, luangkan waktu setidaknya untuk memikirkannya sebelum membuat keputusan. Jangan impulsif memutuskan untuk memotong rambut kamu, ya, takutnya nanti kamu menyesal di akhir, Flokqers.

3. Putuskan Untuk Memotong Rambut dengan Keadaan Kering atau Basah

tentukan akan memotong rambut saat basah atau kering

Banyak profesional menganjurkan untuk memotong rambut dalam keadaan basah karena lebih mudah ditangani dan dikendalikan. Sebagian profesional juga menyarankan memotong rambut dalam keadaan kering karena memungkinkan kamu melihat hasil potongan secara langsung dan menghindari rambut cow-click (rambut yang membandel) atau ikal.

Jika kamu memotong rambut dalam keadaan basah, potonglah setidaknya beberapa senti lebih panjang dari target kamu karena rambut akan menyusut dan terlihat lebih pendek setelah kering.

Sedangkan memotong rambut dalam keadaan kering terdapat pula kemungkinan menghasilkan potongan yang tidak rata.

4. Persiapkan Rambut Sebelum Proses Pemotongan

persiapkan rambut dengan baik

Jika kamu memutuskan untuk memotong rambut dalam keadaan basah, cucilah dulu rambut dengan sampo dan oleskan kondisioner pada rambut, lalu keringkan rambut dengan cara membungkus rambut dengan handuk dan meremasnya, kemudian sisirlah rambut kamu yang masih agak basah sampai semuanya lurus.

Sedangkan jika kamu memutuskan ingin memotong rambut dalam keadaan kering, cuci dan keringkan rambut, kemudian tatalah semirip mungkin dengan gaya rambut kamu biasanya sebelum dipotong. Jangan mengoleskan produk apapun ke rambut kering sebelum memotongnya karena akan menyulitkan kamu menilai potongan rambut yang sebenarnya.

Baca juga 5 Klinik Rambut di Jakarta

Cara Memotong Rambut Sendiri untuk 5 Jenis Rambut

1. Cara Memotong Rambut yang Pecah-pecah

Kalau kamu sering mewarnai rambut kamu menggunakan alat pemanas rambut, sudah pasti akan banyak ditemukan rambut pecah-pecah.

Nah, untuk kamu yang punya rambut pecah-pecah, berikut ada video tutorial untuk memotong rambut kamu sendiri. Pastikan ditonton sampai selesai ya supaya tidak ada kesalahan dan kamu tidak menyesal nantinya!

2. Cara Memotong Poni

Poni ini sebenarnya adalah salah satu bagian yang cukup sulit untuk dipotong, apalagi jika dipotong sendiri, karena belum tentu hasil potongan poni tersebut bisa cocok dengan wajah kamu. Poni juga waktu tumbuhnya cukup lama, lho. Makanya jangan sampai dipotong sembarangan, ya!

Kalau kamu ingin sekedar merapihkan poni sih boleh-boleh saja dilakukan sendiri, namun harus tetap hati-hati, ya! Kamu bisa melihat video tutorial untuk memotong poni agar hasil potongannya sesuai yang kamu inginkan.

3. Memotong Rambut Keriting

Untuk kamu yang punya rambut keriting, pastinya cukup sulit ya untuk menjaga kondisi rambut kamu tanpa pergi ke salon atau barber.

Nah, berikut ada video bagaimana cara memotong rambut keriting. Simak baik-baik ya seluruh penjelasan yang ada di video, supaya nantinya kamu tidak menyesal di akhir!

4. Memotong Rambut Pendek di Bagian Samping dan Belakang

Untuk kamu yang memiliki potongan rambut jenis side men’s haircut, ada baiknya kamu meminta bantuan orang rumah atau siapapun yang tinggal dekat dengan kamu untuk memotongnya. Sangat sulit jika kamu ingin memotongnya seorang diri saja, karena kamu tidak bisa melihat keseluruhan area rambut yang ingin kamu potong.

Nah, kalau kamu sudah menemukan orang untuk membantu memotong rambut kamu, berikut ada video tutorialnya nih. Disimak baik-baik ya supaya hasil potongannya bisa baik-baik saja juga!

5. Memotong Rambut Lurus dan Panjang

Untuk kamu yang memiliki rambut lurus dan panjang, video di atas akan menunjukkan bagaimana melakukan trim bagi rambut layer dan cara memotongnya adalah dengan membawa rambut ke pundak. Kemudian potong dengan gunting menghadap ke atas di bagian ujung rambut untuk memberikan tekstur.

Sedangkan video ini menunjukkan bagaimana kamu melakukan trim untuk rambut lurus rata. Video ini juga menunjukkan bagaimana memberikan layer dengan bantuan orang lain. Kamu bisa memilih cara mana saja yang mudah bagi kamu.


Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk memotong rambut kamu sendiri di rumah. Pastikan kamu perhatikan dengan seksama ya sebelum kamu memutuskan untuk memotong rambut kamu sendiri.

Jika kamu belum berani untuk memotong rambut kamu sendiri, tetap pastikan kamu merawat rambut kamu, ya! Supaya kamu bisa tetap nyaman walau tetap berdiam diri di rumah saja, Flokqers!


Tentunya bakal seru mencoba hal baru selama pandemi, seperti potong rambut sendiri di kamar. Kamu bisa juga, lho, mendapatkan kamar nyaman dengan desain terkini dengan Flokq. Flokq menyediakan sewa kamar dan apartemen dengan bayar bulanan di berbagai daerah di Jakarta.

Mau tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *