Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet

Salah satu masalah pipa saluran air yang paling umum adalah toilet atau wc yang tersumbat. Masalah ini tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga dapat menyebabkan wc meluap dan kerusakan air yang merugikan. WC yang tersumbat atau mampet bisa terjadi kapan saja menimpa siapa pun. Setiap orang akan beruntung jika mengetahui penyebab masalah ini dan cara mengatasi wc mampet. Mungkin ada terlalu banyak tisu toilet atau bahan yang tidak bisa disiram, tidak larut, maka akan tersangkut. Trap atau saluran wc yang sempit bisa menjadi terhalangi dan menyebabkan mampet.

Jangan khawatir, kami punya solusi untuk mengatasi toilet atau wc yang mampet. Sebelum kamu memutuskan untuk menghubungi layanan penyedot wc atau tukang ledeng, kamu dapat mencoba langkah-langkah mudah berikut secara mandiri. Kamu akan menghemat uang tanpa harus menghubungi petugas layanan perbaikan pipa atau penyedot toilet.

Cara Mengatasi WC Mampet Sendiri:

1. Menggunakan Plunger

Hal pertama untuk mengatasi wc mampet, kamu harus menjaga toilet agar tidak meluap. Jika toiletmu tidak menyiram dengan benar setelah satu kali penyiraman, jangan coba-coba menyiramnya lagi. Hal tersebut akan menyebabkan lebih banyak air dipompa ke dalam mangkuk toilet. Sebaliknya, buka tutup tangki toilet dan tutup toilet flapper. Menutup flapper akan mencegah lebih banyak air masuk ke dalam mangkuk toilet.

Siapkan lantai untuk menyerap cairan

Sebelum hal yang lebih buruk terjadi, kamu mungkin ingin meletakkan beberapa tisu atau kain bekas di lantai kamar mandi untuk menyerap cairan. Selain itu, kenakan sarung tangan karet untuk menjaga kebersihan sanitasi agar kamu terhindar dari kuman yang ada di dalamnya.

Gunakan plunger

Penting untuk menggunakan plunger karet tugas berat yang besar, baik yang berbentuk bola atau yang memiliki flange karet lipat di bagian bawah yang membentuk segel. Plunger jenis ini biasanya bekerja lebih baik daripada plunger jenis suction-cup kecil yang murah.

Tip: Gunakan plunger di bawah air panas sebelum digunakan. Hal tersebut akan membuat plunger lebih lembut sehingga akan sangat membantu untuk mengunci.

Kemudian, pastikan plunger menutupi lubang sepenuhnya. Penting untuk mendorong dan menarik air melalui bukaan, bukan udara. Tambahkan air dari wastafel ke toilet jika perlu. Pompa plunger di atas lubang toilet. Mulailah perlahan pada awalnya, tekan ke bawah, lalu tarik ke atas dengan tajam untuk mengganggu penyumbatan dan melonggarkannya. Teruslah mendorong dan menarik dengan kuat hingga air mulai mengalir. Selama kamu yakin tidak ada benda keras, melakukannya sendiri sering kali sudah cukup. Mungkin tidak langsung terlihat hasilnya dengan cepat tetapi akan berhasil setelah beberapa upaya yang berulang.

2. Tanpa alat, gunakan soda kue dan cuka

Cara Mengatasi WC Mampet: cuka atau soda kue

Hal lain yang dapat kamu coba untuk mengatasi wc mampet jika kamu tidak memiliki plunger adalah pergi ke dapur dan menemukan hal-hal berikut: soda kue dan cuka. Cukup tambahkan satu cangkir soda kue ke toilet yang tersumbat. Tunggu beberapa menit. Selanjutnya, tuangkan dua cangkir cuka secara perlahan ke dalam lubang toilet. Pastikan untuk menuangkan secara perlahan dan hati-hati agar air toilet tidak menyembur atau meluap. Biarkan campuran cuka dan soda kue bekerja selama beberapa menit. Siram toilet untuk melihat apakah sumbatan telah hilang.

3. Sabun cuci piring (atau shampo) dan air panas

Setiap orang memiliki sabun cuci piring dan air di rumah mereka, kan? Cara ini mungkin yang paling mudah untuk di coba. Pertama, tuangkan sabun cuci piring ke toilet. Kemudian dengan hati-hati tuangkan air panas ke dalam lubang toilet. Pastikan airnya panas tapi tidak mendidih. tunggu beberapa menit dan voila! Toiletmu seharusnya sudah tidak tersumbat dan bisa disiram sebebasnya. Kamu juga bisa mengganti sabun cuci piring dengan menggunakan shampo dan air panas jika ingin mencoba membersihkan toilet tanpa meninggalkan kamar mandi.

4. Gunakan Gantungan Baju Kawat

use wire coat hanger

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan wire hanger! Buka dan luruskan gantungan baju kawat. Kemudian bungkus ujung kawat dengan kain atau lap kecil agar ujung yang tajam tidak merusak porselen di toilet. Kamu juga bisa menggunakan lakban untuk menahan kain agar tetap di tempatnya.

Tempelkan ujung kawat yang terbungkus ke saluran pembuangan. Setelah kawat berada di saluran pembuangan, putar, dorong, dan gerakkan dengan gerakan memutar untuk membersihkan saluran pembuangan. Jika kamu bisa merasakan benda yang menyebabkan penyumbatan, dorong ke dalam. Lanjutkan hingga air mulai mengering, lalu bilas toilet setelah air mengering.

5. Mengatasi Toilet Mampet dengan Plastic Wrap

Cara mengatasi WC tersumbat dengan plastic wrap bisa dikatakan merupakan cara yang paling mudah. Tidak memerlukan peralatan lain, Anda hanya harus mempersiapkan plastic wrap gulung. Langkah pertama untuk melakukan ini adalah memasang plastic wrap mengelilingi lubang WC hingga rapat, pastikan tidak ada celah untuk udara luar bisa masuk ke dalam WC, ya! Setelah tertutup rapat, tekan flush WC. Apabila tidak ada lubang udara pada plastic wrap, permukaan plastik akan mengembang, biarkan saja hal ini terjadi. Setelah proses flush selesai, dan plastik sudah mengembang, segeralah tekan gelembung plastik tadi hingga udara benar-benar masuk ke lubang dalam WC. Voila! Hanya dalam 3 menit dan hanya menggunakan satu alat saja, WC-mu dapat terbebas dari kotoran membandel!

6. Gunakan Garam

Adapun cara mengatasi WC mampet menggunakan garam. Ada beberapa keuntungan memilih cara mengatasi toilet mampet dengan garam ini, lho! Yang pertama, garam sebagai bumbu dapur yang mudah didapatkan dimana saja. Kedua, mengatasi WC mampet menggunakan ggaram juga efisien dan terjangkau dari segi budget. Hal ini karena harga garam tidak beggitu mahal. Tidak perlu jenis garam yang mahal, Anda bisa sudah bisa melakukan cara ini menggunakan garam kasar atau balok yang seringkali tersedia di lemari dapur Anda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan garam setidaknya dua bungkus. Lalu, tuangkan garam secukupnya ke lubang toilet dan diamkan selama kurang lebih 2 jam, atau tergantung seberapa parah kloset Anda tersumbat. Setelah didiamkan, Anda bisa menyiram lubang kloset dengan flush sekaligus dengan menggunakan air panas. Mudah bukan cara ini? Memang, perlu kesabaran untuk menunggu garam mengikis kotoran kloset. Akan tetapi, tanpa perlu meroggoh kocek yang banyak, masalah WC mampet dapat teratasi!

7. Solusi Toilet Mampet dengan Soda Api

Sebelum melakukan cara ini, Flokq akan memberikan peringatan keselamatan Anda. Dikarenakan soda api dapat menyebabkan luka bakar pada kulit, gunakanlah secara hati-hati – kenakan sarung tangan karet untuk menghindari kontak antara kulit dan soda api. Kenakan penutup hidung/mulut untuk menghindari terhirupnya gas hasil reaksi. Kenakan pelindung mata dan jauhkan wajah ketika menuangkan soda api ke dalam lubang WC, agar tidak terkkena percikan kimia.

Setelah alat proteksi diri digunakan, tuangkan sekitar setengah cangkir soda api ke dalam lubang kloset – diamkan paling tidak 10 menit. Setelah didiamkan, Anda bisa mencoba menuangkan air kedalam kloset dan cek apabila masih tersumbat atau tidak. Jika masih, lakukan langkah-langkah dari awal kembali, dengan menambah jumlah takaran soda api sebanyak 2-5 kali lipat. Ingat, jangan bilas kloset dengan air panas! Karena sifat soda api yang sudah panas, jika didorong dengan air yang juga panas, pipa pvc pembuangan kloset Anda berpotensi pecah. 

Rekomendasi Produk Pembersih Toilet Mampet

1. Green Gobbler Powder Plunger

Bubuk pelebur kotoran kloset ini bekerja maksimal sebagai solusi WC mampet di rumah Anda. Tidak hanya kloset duduk, kloset jongkok-pun dapat diperbaiki menggunakan produk ini. Green Gobbler Power Plunger dapat menghancurkan material penghambat saluran WC baik itu kotoran, tisu toilet, bahkan produk kewanitaan yang seharusnya tidak dibuang ke dalam kloset. Diamkan paling tidak satu jam, atau untuk hasil yang maksimal selama semalam, lalu dibilas – Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan! Kloset Anda akan terbebas dari kotoran penghambat. Dengan Rp150.000, Anda bisa mendapatkan produk ini yang bisa dibeli di website RupaRupa.

2. Atmos Cairan Pembersih Pipa

Atmos pembersih saluran pipa obat WC tersumbat, Solusi toilet mampet

Bau tidak sedap yang berasal dari saluran pembuangan pipa toilet seringkali sangat menggangu dan tidak nyaman. Maka dari itu, pembersih pipa dari Atmos hadir untuk membantu Anda membersihkan saluran pipa di rumah termasuk saluran pembuangan WC tersumbat. Cairan ini memiliki kandungan aktif yang dapat membersihkan kotoran sekaligus menghilangkan bau tidak sedap yang ditimbulkan WC mampet. Terbuat dari bahan ramah lingkungan yang aman digunakan, membuat Atmos merupakan pilihan yang cocok untuk solusi masalah kamar mandi Anda. Dapat dibeli secara online, Atmos Cairan Pembersih Pipa 500ml dengan mudah ditemui di RupaRupa dengan harga Rp192.000.

3. Shock Anti Sumbat

Shock bubuk obat WC tersumbat, Solusi toilet mampet

Bubuk anti sumbatan ini selain digunakan untuk mengatasi terhambatnya saluran pembuanggan toilet, dapat juga dipakai rutin untuk menjaga kondisi saluran sehingga tidak mudah tersumbat. Shock dapat melancarkan saluran pembuangan air di wastafel maupun WC dengan menghancurkan rambut, lemak, sisa makanan, dll. Hanya dengan menuangkan setidaknya 4-6 sendok makan kedalam saluran yang tersumbat, dan menunggu selama 10-15 menit, Anda dapat terbebas dari masalah WC mampet, lho! Hanya berbekal Rp25.000 saja, Anda dapat mendapatkan produk ini di e-commerce ternama seperti Shopee dan Tokopedia.

4. Biolet

Biolet obat WC tersumbat, Solusi toilet mampet

Dibuat dari bahan alami 100%, membuat Biolet Anti Sumbat menjadi cairan solusi WC mampet bagi banyak konsumen di Indonesia. Selain menjadi solusi mampet, produk ini juga bisa dipakai untuk memelihara kloset di rumah Anda, sehingga Anda dan keluarga terbebas dari mikroba toilet yang dapat membahayakan kesehatan. Biarpun terbuat dari 100% bahan alami, Biolet terbukti dapat efektif menghilangkan bau tidak sedap yang muncul dari kloset. Hanya dengan Rp60.000 Anda dapat mendapatkan produk ini di e-commerce kesayangan Anda seperti Shopee  dan Tokopedia.

Jika Usaha Mengatasi WC Mampet Gagal, Hubungi Sedot WC!

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara di atas dan toiletmu masih tidak tukang ledeng atau sedot WC. Tidak perlu khawatir! Kami telah membuat daftar beberapa layanan toilet pipa yang direkomendasikan di wilayah Jakarta. Dengan hanya satu panggilan, kamu akan segera mendapatkan bantuan

CV INDOJASA PRATAMA

CV Indojasa Pratama menangani toilet yang mampet, kelancaran drainase di kamar mandi dan wastafel, serta permasalahan industri seperti limbah pabrik, minyak limbah atau sludge di kawasan Jakarta Selatan. Untung, mereka tersedia 24 jam!

Harga: Rp 450.000 – Rp 800.000

Nomor Telepon: 0815 1735 8385 / 0812 8785 5816

Website: https://sedot-wc.co.id

JAKARTA SUCTION SERVICE (SEDOT WC JAKARTA)

Inilah salah satu pionir layanan kebersihan toilet terbaik dan terpercaya di Indonesia. Mereka menyediakan layanan kebersihan untuk toilet dalam dan luar ruangan, seperti di kantor, hotel, sekolah, rumah dan tempat lain. Mereka juga tersedia untuk area Bekasi dan Depok.

Harga: hubungi langsung untuk informasi lebih lanjut

Nomor Telepon: 0852-1041-6754

Website: https://sedotwc-jakarta.id

Baca juga: Tempat Terbaik Untuk Membeli Peralatan Dapur di Jakarta

JASA SEDOT WC PASTI

Penyedia jasa satu ini cocok untuk yang tinggal di kawasan Bintaro, BSD, Pamulang, Tangerang, Pondok Indah, atau Tangerang Selatan yang butuh mengatasi wc tersumbat. Mereka juga dapat membantu  membuat septic tank baru jika kamu membutuhkannya.

Cara Mengatasi WC Mampet: Jasa Sedot WC Pasti
Sumber: sedotwcpasti.com

Harga: hubungi langsung untuk informasi lebih lanjut

Website: https://www.sedotwcpasti.com

Nomor Telepon (WhatsApp dan Telepon): 0812-1314-8284 / 0819-0813-2100

SEDOT WC JAKARTA CIBUBUR

Cara Mengatasi WC Mampet: Sedot WC Jakarta Cibubur
Sumber: sedotwcjakartacibubur.com

Jika kamu tinggal di sekitar kawasan Jakarta Timur seperti Cibubur, Bekasi atau Grogol dan kesulitan dalam mengatasi wc tersumbat, mungkin penyedia jasa yang satu ini cocok untukmu. Mereka juga tersedia 24 jam!

Harga: hubungi langsung untuk informasi lebih lanjut

Website: https://www.sedotwcjakartacibubur.com

Nomor Telepon (WhatsApp dan Telepon): +62 813-8150-0604

Nah, itu dia beberapa metode yang bisa kamu coba lakukan terlebih dahulu sebelum menghubungi layanan perbaikan pipa atau tukang ledeng saat toiletmu mampet. Pastikan kamu menjaga kebersihan agar aman dari kuman yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk melihat artikel lain di blog kami!

Baca juga: Tinggal di Co-living dengan Terjangkau

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Inspirasi Rumah Kontainer untuk Hunian yang Unik

Inspirasi Rumah Kontainer untuk Hunian yang Unik

10 Olahan Ayam Simpel yang Lezat dan Bikin Nagih

10 Olahan Ayam Simpel yang Lezat dan Bikin Nagih

11 Aplikasi Desain Rumah: Mudah dan Inspiratif!

11 Aplikasi Desain Rumah: Mudah dan Inspiratif!

Kost Bebas Jakarta

Kost Bebas Jakarta

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *