Cara Mengecat Pintu dan Jendela

Cara Mengecat Pintu dan Jendela

Pintu utama merupakan tempat masuk dan keluarnya tamu dan penghuni, sedangkan jendela berfungsi sebagai jalur masuknya sinar matahari dari luar ke dalam ruangan. Pintu dan jendela merupakan bagian rumah yang sering terkena terik matahari dan hujan atau perubahan cuaca lainnya. Perubahan cuaca ini menyebabkan pintu dan kayu pada jendela terlihat kusam, bahkan rusak.

Ada dua tingkat kerusakan yang harus dipahami sebelum melakukan perbaikan, yaitu kerusakan ringan dan kerusakan berat. Kerusakan ringan adalah kerusakan yang biasanya hanya mengenai lapisan atas cat kayu. Kerusakan ringan bisa kita lihat dari warna yang agak pudar atau adanya jamur di permukaan pintu. Sedangkan kerusakan parah dapat dikatakan jika 70% lapisan pelapis tidak berfungsi lagi. Ciri-cirinya adalah warna pintu sangat pudar, cat pada pintu kayu yang terkelupas banyak kerusakan pada kayu yang terjadi karena tidak adanya pelindung dari lapisan pelapis.

Kamu bisa dengan mudah memperbaiki kerusakan ringan pada pintu dan jendela, misalnya dengan cara mengecat ulang permukaan mereka dan melapisinya dengan obat anti jamur untuk mencegah timbulnya jamur di permukaan. Sedangkan untuk kerusakan parah mengharuskanmu untuk melakukan proses pengecatan ulang. Jangan khawatir, kamu bisa mengecatnya sendiri. Selain bisa memanfaatkan waktu luang, kamu juga bisa menghemat biaya. Kami memiliki tips cara mengecat pintu dan  jendela yang bisa kamu ikuti, mari kita lihat!

Orang-orang juga membaca Cat terbaik untuk rumahmu

Sebelum memulai mengecat pintu dan jendela sendiri, kamu harus terlebih dahulu mengetahui berbagai jenis cat yang bisa digunakan untuk mengecat pintu kayu dan  jendela. Aneka cat untuk kayu memiliki fungsinya masing-masing.

ilustrasi cat pintu
Yang akan terjadi jika kamu melakukannya dengan benar

Jenis cat kayu

Pengisi Kayu

Wood filler berfungsi untuk menutupi cat dari tekstur kayu, seperti simpul, lubang serangga, atau retakan pada kayu. Cat jenis ini cocok digunakan saat terdapat cacat tekstur pada pintu atau jendela yang ingin dicat untuk menutupi cacat tekstur kayu dan menutupi pori-pori kayu yang besar.

Noda Kayu

Jenis cat ini dikenal dengan istilah wood plitur. Pewarnaan kayu berfungsi untuk menutupi permukaan media kayu dan memberikan efek transparan yang menunjukkan keindahan alami serat kayu. Untuk warnanya, semakin tebal kamu melapisi kayu dengan cat ini, semakin gelap warna yang dihasilkan.

Warna Berpigmen

Warna berpigmen adalah cat biasa dengan berbagai varian warna untuk mengecat permukaan kayu secara total agar permukaan kayu tidak terlihat. Jenis cat ini cocok untukmu yang ingin mengecat pintu dan jendela dengan berbagai warna.

Lapisan Bening

Clear coat atau varnish berfungsi untuk menghasilkan tampilan warna yang transparan sekaligus memperkuat serat kayu dan menonjolkan keindahan permukaan kayu. Namun berbeda dengan jenis noda kayu, orang hanya menggunakan cat jenis ini pada proses finishing saat mengecat.

Orang-orang juga membaca Cara mengecat tembok sendiri

Proses nya bisa terlihat seperti ini

Langkah-langkah mengecat pintu dan jendela

Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum mengecat ulang pintu dan jendela, siapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan untuk memudahkan proses pengecatan. Ada juga peralatan yang dibutuhkan, seperti kuas, spons, pemotong, filler kayu, cat pewarna kayu/cat pigmen, pelarut (thinner atau air), amplas halus, kain bersih dan kering, dan selotip.

Pastikan Kondisi Pintu dan Jendela Bersih dan Kering

Dalam membersihkan pintu dan jendela, kamu harus membersihkan lapisan yang lama terlebih dahulu. Pembersihan bisa menggunakan bio remover atau dengan amplas bersih. Pastikan permukaan kayu bersih, bila perlu kikis lapisan lama menggunakan cutter, namun hati-hati jangan sampai merusak tekstur kayu.

Tutup Bagian yang Tidak Dicat Menggunakan Selotip

Untuk bagian yang tidak ingin dicat, seperti kenop pintu dan engsel pintu, kamu bisa menutupnya menggunakan selotip. Lakukan ini agar cat tidak menempel pada bagian yang tidak ingin dicat. Selain itu, cat akan sulit dihilangkan jika mengenai bagian tersebut.

Ratakan Permukaan Kayu

Pintu atau jendela yang rusak parah pasti memiliki banyak cacat tekstur. Gunakan filler kayu untuk mengisi permukaan kayu yang rusak. Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa menggunakan kain katun putih bersih. Gunakan untuk menggosok permukaan kayu yang rusak. Lakukan sambil ditekan agar filler bisa terisi dengan baik.

Campur Cat Kayu dengan Sedikit Pelarut

Sebelum pengecatan, campurkan terlebih dahulu cat dengan pelarut sesuai dengan jenis dan takaran yang tertera pada kemasan. Aduk sampai semuanya tercampur dengan benar. Selalu aduk cat sebelum mengaplikasikannya. Cat yang mengendap bisa memberikan tampilan warna yang berbeda jika tidak diaduk sebelum digunakan.

Lakukan Lukisan Pertama

Lakukan pengecatan dari sisi kiri ke sisi kanan, kamu juga bisa memulainya dari atas pintu. Kemudian, ulangi dengan teknik yang sama di bagian bawah pintu. Untuk jendela, lakukan pengecatan mulai dari samping, lalu lanjutkan dengan bagian atas dan bawah. Jangan lupa untuk menyapu cat ke arah serat kayu. Gunakan kuas atau spons agar sapuan kuas tidak menutupi serat kayu.

Amplas untuk Menghaluskan Tekstur

Setelah cat pertama selesai, tunggu hingga cat benar-benar kering lalu ampelas permukaannya. Lakukan teknik pengamplasan, usahakan cat tidak terkelupas seluruhnya. Ini dilakukan untuk menghaluskan tekstur kayu yang sudah dicat.

Orang-orang juga membaca Cara membersihkan cat tembok

Lapisi dengan Cat Lagi

Setelah selesai mengamplas, cat lagi menggunakan kuas yang sama dengan teknik yang sama. Jika kamu menggunakan cat noda kayu, kamu bisa melakukan langkah ini berulang kali hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Lapisan pelapis yang tebal akan memberikan perlindungan yang lebih baik.

Aplikasikan Pelapis Bening

Terakhir adalah pemberian cat clear coat untuk mempercantik tampilan yang diinginkan. Lakukan ini untuk memberikan perlindungan pada pintu dan jendela. Pelapis bening ini akan membuat lapisan film yang kuat untuk melindungi pintu dari perubahan cuaca dan juga jamur atau serangga. Selain itu, lapisan ini juga akan memberikan tampilan yang menarik.

Nah, itulah cara mengecat pintu dan jendela kayu yang bisa kamu lakukan sendiri. Ayo coba ganti warna pintu dan jendela di rumah, selamat mencoba!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Olahraga Mudah di Rumah

Olahraga Mudah di Rumah

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *